Sosial Budaya

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya

agama di indonesia
Written by Wida Kurniasih

Agama di Indonesia – Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang kita ketahui memiliki beragam suku, kebudayaan, dan kepercayaan. Setiap kepercayaan sendiri memiliki perbedaan antara satu sama lain yang membuat seringkali memunculkan perbedaan pendapat antara satu kepercayaan dengan kepercayaan lainnya.

Di Indonesia sendiri, terdapat enam agama yang sudah diakui dan hidup berdampingan dalam lingkungan masyarakat dengan menghargai nilai yang dianut satu sama lain. Enam agama yang sudah diakui di Indonesia adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Berikut penjelasan mengenai setiap agama tersebut.

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 1Mengenal 6 Agama di Indonesia

agama di indonesia

1. Agama Islam

a. Sejarah Singkat Agama Islam

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 2

Masjid umat Islam. Sumber: saveseva.com

Agama Islam merupakan agama yang menjadi mayoritas masyarakat di Negara Indonesia dan diperkirakan awal muncul agama Islam terjadi sekitar 1400 tahun yang lalu yaitu tahun 610 M yang ditandai dengan penerimaan wahyu Al-Qur’an yang pertama di Makkah oleh Muhammad Saw.

Di Indonesia sendiri, Agama Islam pertama kali masuk diperkirakan pada sekitar abad ke 7 atau 8 melalui para pedagang Arab dan Persia yang datang ke Indonesia pada zaman itu.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Islam di Indonesia berjumlah 207.2 juta jiwa, dengan persentase 87,2 persen dari keseluruhan masyarakat Indonesia dan menjadi agama terbesar di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Islam serta penjelasannya dari sudut pandang Islam seperti pada masa Nabi Muhammad, Khalifah Empat, Dinasti Umayah, DInasti Abbasiyah, hingga masa kini. Buku Pintar Sejarah Islam hadir untuk menjelaskan itu semua dan meringkasnya ke dalam satu buku.

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 3

beli sekarang

b. Kitab Suci Agama Islam – Al Qur’an

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 4

Dalam ajaran Islam kitab suci yang digunakan adalah Al-Qur’an yang didalamnya terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6236 ayat menurut riwayat dari Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat dari Ad-Dut, maupun 6214 ayat menurut riwayat dari Warsy.

Berikut beberapa secara berurutan 114 surat yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu, Al Fatihah atau Pembuka, Al Baqarah atau Sapi Betina, Ali Imran atau Keluarga Imran, An Nisa atau Wanita, Al Ma’idah atau Jamuan, Al An’am atau Hewan Ternak, Al-A’raf atau Tempat yang Tertinggi, Al-Anfal atau Harta Rampasan Perang, At-Taubah atau Pengampunan, Yunus atau Nabi Yunus, Hud atau Nabi Hud, Yusuf atau Nabi Yusuf, Ar-Ra’d atau Guruh, Ibrahim atau Nabi Ibrahim, Al-Hijr atau Gunung Al Hijr, An-Nahl atau Lebah, Al-Isra’ atau Perjalanan Malam, Al-Kahf atau Penghuni-penghuni Gua, Maryam, Ta Ha, Al-Anbiya, Al-Hajj, Al-Mu’minun atau Orang-orang mukmin, An-Nur atau Cahaya, Al-Furqan atau Pembeda, Asy-Syu’ara’ atau Penyair, An-Naml atau Semut, Al-Qasas atau Kisah-kisah, Al-’Ankabut atau Laba-laba, Ar-Rum atau Bangsa Romawi, Luqman atau Keluarga Luqman, As-Sajdah atau Sajdah, Al-Ahzab atau Golongan-golongan yang bersekutu Saba’ atau Kaum Saba, Fatir atau Pencipta, dan masih banyak lagi.

Buku Pertamaku Tentang Al Quran

Buku Pertamaku Tentang Al Quran

Beli Buku di Gramedia

c. Hari Besar Agama Islam

Islam memiliki beberapa hari besar, diantaranya adalah :

  • Idul Fitri atau yang lebih kita kenal dengan sebutan lebaran, yang pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.
  • Idul Adha, yang pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 dilakukan untuk memperingati peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.
  • Tahun Baru Hijriyah, yang pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 9 Agustus 2021. Perayaan ini dilakukan untuk terus mengingatkan umat Islam akan sejarah peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.
  • Isra Mi’Raj, yang pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 11 Maret 2021. Perayaan ini dilakukan untuk memperingati perjalanan malam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
    Al Quran & Terjemah A4

    Al Quran & Terjemah A4

Beli Buku di Gramedia

2. Kristen Protestan

a. Sejarah Agama Kristen Protestan

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 5

Kristen Protestan. Sumber: tni.mil.id

Agama Kristen merupakan agama yang muncul pertama kali sekitar 2000 tahun yang lalu. Kemunculan pertama kali agama ini terjadi di Belnda pada abad ke 16 yang dipengaruhi oleh ajaran Calvinisme dan Lutheran.

banner-promo-gramedia

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Kristen Protestan di Indonesia berjumlah 16.5 juta jiwa, dengan persentase 6.9 persen dari keseluruhan masyarakat Indonesia dan menjadi agama kedua terbesar di Indonesia.

Dalam mempelajari lebih dalam mengenai nilai-nilai dari agama Kristen Protestan, Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) mengeluarkan buku Berakar, Bertumbuh, Berbuah di dalam Kristus.

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 6

beli sekarang

b. Kitab Suci Agama Kristen Protestan – Al Kitab

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 7

Bagi para pemegang Agama Kristen Protestan menyebut kita suci mereka dengan sebutan Alkitab yang terdiri dari 66 bagian yang terbagi menjadi dua bagian yaitu 39 yang masuk ke dalam Perjanjian Lama dan 27 yang masuk ke dalam Perjanjian Baru.

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam Alkitab dapat dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian berdasarkan gaya penulisan dan isinya. Perjanjian Lama terdiri dari lima bagian, yaitu:

  • Kitab Taurat yang terdiri atas 5 kitab
  • Kitab Sejarah yang terdiri atas 12 kitab
  • Kitab Puisi yang terdiri atas 5 kitab
  • Kitab Nabi-nabi Besar yang terdiri dari 5 kitab
  • Dan yang terakhir, Kitab Nabi-nabi Kecil yang terdiri dari 12 kitab.

Selanjutnya, Perjanjian Baru dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu:

  • Kitab Injil yang terdiri atas 4 kitab
  • Kitab Sejarah yang terdiri atas 1 kitab
  • Surat-surat Rasuli yang terdiri atas 21 kitab
  • Dan yang terakhir, Kitab Wahyu yang terdiri atas 1 kitab.

c. Hari Besar Kristen Protestan

  • Natal yang merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati kelahiran Yesus yang jatuh pada tanggal 25 Desember,
  • Hari Paskah merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati kebangkitan Yesus.
  • Pentakosta merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati pencurahan Roh Kudus yang dilakukan 50 hari setelah hari Paskah.
  • Kenaikan Isa Almasih perayaan yang dilakukan untuk memperingati kenaikan Yesus yang dilakukan 40 hari setelah hari Paskah.
  • Wafat Isa Almasih perayaan yang dilakukan untuk memperingati kematian Yesus yang dilakukan 3 hari setelah Paskah.
Alkitab 064 Ti Montana Burung

Alkitab 064 Ti Montana Burung

Beli Buku di Gramedia

3. Katolik

a. Sejarah Agama Katolik

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 8

Katolik. Sumber: riauonline.co.id

Agama Katolik merupakan agama yang pertama kali muncul di kepulauan Maluku dengan adanya kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dengan misi untuk mencari rempah-rempah. Para rakyat Maluku juga menjadi penganut pertama dari Agama Katolik di Indonesia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Kristen Katolik di Indonesia berjumlah 6.9 juta jiwa, dengan persentase 2.9 persen dari keseluruhan masyarakat Indonesia dan menjadi agama ketiga terbesar di Indonesia.

Sebagai sarana maupun alat untuk mendalami nilai serta memiliki pemahaman Iman Katolik, buku Iman Katolik: Buku Informasi dan Referensi dapat Grameds jadikan sumber informasi.

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 9

beli sekarang

b. Kitab Suci Agama Katholik

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 10

Dalam Agama Kristen Katolik penyebutan untuk Kitab Suci juga sama dengan Agama Kristen Protestan, yaitu Alkitab. Alkitab dalam ajaran Agama Kristen Katolik terbagi menjadi 73 kitab yang dibagi lagi menjadi 46 yang masuk ke dalam Perjanjian Lama dan 27 yang masuk ke dalam Perjanjian Baru.

Hampir sama dengan Alkitab Kristen Protestan, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam Alkitab Katolik juga dibagi menjadi beberapa bagian. Perjanjian Lama terdiri dari empat bagian, yaitu:

  • Kitab Pentateukh yang terbagi atas 5 kitab yaitu, Kitab Kejadian, Kitab Keluaran, Kitab Imamat, Kita Bilangan, dan Kitab Ulangan.
  • Kitab Sejarah yang terbagi atas 16 kitab yaitu, Kitab Yosua, Kitab Hakim-hakim, Kitab Rut, Kitab 1 Samuel, Kitab 2 Samuel, Kitab 1 Raja-raja, Kitab 2 Raja-raja, Kitab 1 Tawarikh, Kitab 2 Tawarikh, Kitab Ezra, Kitab Nehemia, Kitab Tobit, Kitab Yudit, Kitab Ester, Kitab 1 Makabe, dan Kitab 2 Makabe.
  • Kitab Puitis dan Hikmat yang terbagi atas 7 kitab yaitu, Kitab Ayub, Kitab Mazmur, Kitab Amsal, Kitab Pengkhotbah, Kitab Kidung Agung, Kitab Kebijaksanaan Salomo, dan Kitab Putera Sirakh.
  • Kitab Para Nabi yang terbagi menjadi 18 kitab yaitu, Kitab Yesaya, Kitab Yeremia, Kitab Ratapan, Kitab Barukh, Kitab Yehezkiel, Kitab Daniel, Kitab Hosea, Kitab Yoel, Kitab Amos, Kitab Obaja, Kitab Yunus, Kitab Mikha, Kitab Nahum, Kitab Habakuk, Kitab Zefanya, Kitab Hagai, Kitab Zakharia, dan Kitab Maleakhi.

Selanjutnya, Perjanjian Baru dikelompokkan menjadi lima bagian, yaitu:

  • Injil yang terbagi atas 4 kitab yaitu, Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.
  • Kisah Para Rasul yang merupakan bentuk catatan mengenai iman, pertumbuhannya dan bagaimana cara hidup Gereja Perdana.
  • Epistula atau Surat-surat, yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu, Surat-surat Paulus dan Surat-surat Apostolik.

Surat -surat Paulus merupakan surat yang ditulis oleh Santo Paulus maupun muridnya pada tahun 54 M sampai 80 M. Surat-surat Paulus terbagi atas 14 bagian yaitu, Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 Tesalonika, 2  Tesalonika, 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon, dan Ibrani.

Selanjutnya, Surat-surat Apostolik yang merupakan hasil tulis dari beberapa penulis pada tahun 65 M sampai 95 M. Surat-surat Apostolik terbagi atas 7 bagian yaitu, Yakobus, 1 Petrus, 2 Petrus, 1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes, dan Yudas.

  • Kitab Wahyu yang merupakan kitab terakhir pada Perjanjian Baru yang ditulis pada tahun 90 M.
Cerita Alkitab Pilihan Untuk Anak

Cerita Alkitab Pilihan Untuk Anak

banner-promo-gramedia

Beli Buku di Gramedia

c. Hari Besar Agama Katholik

  • Natal sama seperti Kristen Protestan perayaan dilakukan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember.
  • Hari Raya Santa Perawan Maria merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati kepercayaan Gereja bahwa Bunda Maria dikandung tanpa noda yang jatuh pada tanggal 8 Desember.
  • Kenaikan Isa Al Masih merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus ke surga yang jatuh pada tepatnya hari ke 40 setelah Hari Paskah.
  • Trihari Suci Paskah yang terbagi menjadi tiga hari suci yaitu Kamis Putih yang dilakukan untuk memperingati peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus dengan muridnya, Jumat Agung yang dilakukan untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus di kayu salib, dan hari Paskah untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus.

4. Hindu

a. Sejarah Agama Hindu

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 11

Hindu. Sumber: pesona-indonesia.info

Agama Hindu datang pertama kali ke Indonesia melalui jaringan perdagangan yang terbentang dari Cina hingga India diperkirakan terjadi pada sekitar awal abad ke empat. Kemunculan Agama Hindu ditandai dengan berdirinya kerajaan Ktai dan Tarumanegara yang menganut nilai-nilai Hindu.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Hindu di Indonesia berjumlah 4 juta jiwa, dengan persentase 1.7 persen dari keseluruhan masyarakat di Indonesia dan menjadi agama keempat terbesar di Indonesia.

b. Weda – Kitab Suci Agama Hindu

Dalam Agama Hindu, Kitab Suci yang digunakan sebagai ajaran adalah Weda atau Veda. Weda sendiri memiliki makna yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu Vid yang memiliki arti mengetahui atau pengetahuan. Sehingga Weda atau Veda memiliki makna sebagai ilmu pengetahuan suci yang maha sempurna dan kekal abadi serta berasal dar Hyang Widhi Wasa.

Weda dalam pembagiannya terdiri dari dua kelompok besar yang disebut Weda Sruti yang isi didalamnya mengenai wahyu dan Weda Smrti yang didalamnya merupakan pedoman atau manual yang bersumber dari Weda Sruti.

Weda Sruti dalam ajaran Agama Hindu merupakan kitab wahyu yang secara langsung diturunkan oleh Tuhan. Weda Sruti juga memiliki nama lain yaitu Catur Weda yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Rg. Weda atau Rg Weda Samhita
  • Sama Weda Samhita
  • Yajur Weda Samhita
  • Atharwa Weda Samhita

Weda Smrti yang isinya merupakan bentuk susunan dan pengelompokan materi secara sistematis, dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu

  • Kelompok Wedangga yang terdiri dari enam bidang, yaitu Siksa atau Phonetika, Wyakarana atau Tata Bahasa, Chanda atau Lagu, Nirukta, Jyotisa atau Astronomi, dan Kalpa.
  • Kelompok Upaweda yang terdiri lima jenis, yaitu Itihasa, Purana, Arthasastra, Ayur Weda, dan Gandharwa Weda.

c. Hari Besar Agama Hindhu

  • Nyepi merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati tahun Baru Saka yang dilakukan satu tahun sekali.
  • Kuningan merupakan hari suci yang dirayakan setiap enam bulan sekali yang jatuh tepat setelah sepuluh hari perayaan hari Galungan.
  • Galungan dirayakan setiap enam bulan sekali sebagai hari suci yang dilakukan sebagai perayaan kemenangan kebajikan melawan kebatilan.
Jejak Peradaban Kerajaan Hindu Jawa 1042-1527 M

Jejak Peradaban Kerajaan Hindu Jawa 1042-1527 M

Beli Buku di Gramedia

5. Buddha

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 12

Sumber: m.mediaindonesia.com

Kedatangan Agama Buddha di Indonesia terjadi pada abad ke lima Masehi, hal tersebut diperkirakan dengan melihat dari peninggalan prasasti-prasasti yang ditemukan. Agama Buddha pertama kali diperkirakan dibawa oleh pengelana Fa Hsien yang berasal dari China. Pada abad ke 7, terdapat kerajaan Budha yang berkembang di Indonesia yaitu Kerajaan Sriwijaya yang menjadi pusat dari pengembangan Agama Buddha di Asia Tenggara yang berdiri hingga tahun 1377.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Buddha di Indonesia berjumlah 1.7 juta jiwa, dengan persentase 0.7 persen dari keseluruhan masyarakat di Indonesia dan menjadi agama kelima terbesar di Indonesia.

b. Kitab Suci Agama Buddha

Agama Buddha atau juga yang sering disebut dengan Buddha Dhamma memiliki Kitab Suci yang sering dikenal dengan Pitaka atau Keranjang. Pitaka terbagi menjadi tiga kelompok besar yang terdiri dari Vinaya Pitaka, Sutta Pitaka. Dan Abhidhamma Pitaka.

  1. Vinaya Pitaka, merupakan bagian yang berisi mengenai hal-hal dan peraturan bagi para penganut ajaran Buddha atau yang lebih dikenal dengan Bhikku dan Bhikkuni terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Suttavibhanga, Khandhaka yang memiliki dua kitab (Mahavagga dan Cullavagga), dan yang terakhir Parivara.
  2. Sutta Pitaka yang terbagi menjadi lima bagian dalam bentuk buku.
  3. Digha Nikaya yang terdiri atas 34 sutta, yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu, Silakkhandhavagga, Mahavagga, dan Patikavagga.
  4. Majjhima Nikaya yang terdiri atas khotbah-khotbah menengah, yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Dua Pannasa pertama yang berisi 50 sutta, dan Pannasa terakhir yang berisi 52 sutta.
  5. Anguttara Nikaya yang terdiri atas sebelas bagian yang didalamnya meliputi 9.557 sutta.
  6. Samyutta Nikaya yang terdiri atas 7.762 sutta.
  7. Khuddaka Nikaya yang terdiri atas kumpulan 15 kitab.

Abhidhamma Pitaka terdiri dari tujuh buku, yaitu Dhammasangani, Vibhanga, Dhatukatha, Punggalapannatti, Kathavatthu, Yamaka, dan Patthana

c. Hari Besar Agama Budha

  • Hari Waisak yang dilakukan oleh para pemegang Agama Buddha dalam memperingati kelahiran Buddha.
  • Hari Magha merupakan perayaan yang dilakukan oleh para penganut Agama Buddha yang dirayakan dalam bentuk upacara keagamaan.
  • Hari Asadha merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati pertama kalinya Buddha Gautama mengajarkan Dhamma kepada lima pertapa. Pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 24 Juli 2021.

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 136. Khonghucu

a. Sejarah Agama Konghucu

6 Agama di Indonesia serta Kitab Suci dan Hari Besarnya 14

Sumber: tribunnews.com

banner-promo-gramedia

Ajaran Konfusius atau Konfusianisme yang kemudian berubah menjadi Khonghucu seperti yang kita ketahui sekarang pertama kali muncul di Indonesia terjadi pada abad ke 17, dimana salah satu buktinya terdapat bangunan tua di Pontianak yang digunakan sebagai tempat pemujaan bagi para penganut ajaran tersebut.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, memperkirakan bahwa masyarakat yang memeluk Agama Konghucu di Indonesia berjumlah 0.1 juta jiwa, dengan persentase 0.05 persen dari keseluruhan masyarakat di Indonesia dan menjadi agama keenam terbesar di Indonesia.

b. Kitab Suci Agama Konghucu

Agama Khonghucu memiliki dua kitab utama, yaitu Kitab Si Shu dan Kitab Wu Jing yang terbagi lagi menjadi beberapa bagian.

Kitab Si Shu yang secara langsung bersumber dari Nabi Khongcu hingga Meng Zi memiliki beberapa bab, yaitu:

  • Kitab Ajaran Besar atau yang disebut dengan Da Xue / Thai Hak
  • Kitab Tengah Sempurna atau yang disebut dengan Zhong Yong / Tiong Yong
  • Kitab Sabda Suci atau yang disebut dengan Lun Gi / Lun Yu
  • Dan yang terakhir, Kitab Bingcu atau yang disebut dengan Meng Zi / Bing Cu

Kitab Wu Jing yang bersumber dari para Nabi Purba dan Raja Suci terdiri dari:

  • Kitab Sajak atau yang disebut dengan Shi Jing
  • Kitab Hikayat atau yang disebut dengan Shu Jing
  • Kitab Perubahan atau yang disebut dengan Yi Jing
  • Kitab Kesusilaan atau yang disebut dengan Li Jing
  • Kitab Chun Chiu atau yang disebut dengan Chun Qiu Jing

c. Hari Besar Agama Konghucu

  • Tahun Baru Imlek yang jatuh setiap tanggal satu bulan satu imlek. Dalam melakukan perayaan ini biasanya orang yang lebih muda memberikan salam kepada yang lebih tua.
  • Cap Go Meh merupakan hari raya yang diperingati dengan melakukan upacaya sembahyang yang jatuh pada tanggal 15 bulan satu imlek sebagai bentuk ucapan terimakasih dan memulai kehidupan baru kepada Tuhan.
  • Cheng Beng yang jatuh pada tangga 5 April atau bulan ketiga imlek merupakan kegiatan membersihkan makam dan menaka makam yang rusak.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai beragam Agama yang ada di Indonesia beserta Kitab Suci dan Hari Perayaan Besar masing-masing. Keragaman Agama yang di Indonesia bukan menjadi sebuah sumber perpecahan bagi setiap masyarakatnya. Namun, menjadi suatu kekuatan bagi Negara Indonesia karena keberagaman tersebut dan sifat toleransi dari setiap agama.

Jika Grameds tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai ajaran Agama yang ada di Indonesia, kamu bisa mencari buku-buku Agama yang dapat menambah wawasan kamu yang hanya tersedia di www.gramedia.com sebagai #SahabatTanpaBatas. Semoga Bermanfaat!

Nah. seperti itulah penjelasan mengenai macam-macam kunci gitar yang ada beserta tips untuk memainkan alat musik gitar untuk para Grameds yang tertarik memainkan alat musik tersebut.

Penulis: Andrew

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien