Bahasa Inggris

Pengertian Adverb dan Adjectiva Disertai dengan Contohnya

adverb dan adjective
Written by Ahmad

Pengertian Adverb dan Adjectiva Disertai dengan Contohnya – Pada artikel sebelumnya, penulis telah menjelaskan mengenai part of speech. Salah satu jenis part of speech merupakan adverb yaitu keterangan dan adjective yang berarti kata sifat. Kedua part of speech ini seringkali tertukar-tukar karena beberapa kemiripan yang dapat dilihat sekilas. Untuk dapat membedakan serta memahami lebih lanjut, berikut pembahasan mengenai adverb serta adjective.

A. Adverb

1. Pengertian Adverb

Menurut Cambridge dictionary, adverb merupakan kata bantu yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi tambahan tentang verb, adjective, atau adverb sendiri. Namun, dalam menggunakan adverb dengan baik, Grameds juga haru melatih kosakata bahasa Inggris dengan baik menggunakan buku Kamus Bergambar Pintar Bahasa Inggris.

beli sekarang

Adverb memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu.

  1. Adverb dapat menjadi keterangan tambahan
  2. Adverb dapat diletakan di depan, di belakang atau terpisah dengan kata sebelumnya
  3. Adverb biasanya berupa adjective dengan tambahan akhiran –ly
  4. Adverb tidak bisa menjadi noun

2. Jenis dan Contoh Adverb

Adverb memiliki lima jenis yang dibagi berdasarkan penggunaanya. Berikut jenis-jenis serta contoh adverb.

  • Adverb of time, merupakan adverb yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang waktu. Contohnya, now, early, yesterday, tomorrow, today, soon, late, the day after tomorrow, the day before dan lain sebagainya.
  • Adverb of place, merupakan adverb yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan mengenai lokasi atau tempat. Contohnya there, home, down, here, somewhere dan lain sebagainya.
  • Adverb of degree, merupakan adverb yang digunakan untuk menambah atau melengkapi informasi. Contohnya, just, almost, quite, enough, too, extremely, very dan lain sebagainya.
  • Adverb of manner, merupakan adverb yang digunakan untuk menambah informasi mengenai kondisi atau menjelaskan bagaimana suatu peristiwa itu terjadi. Bentuknya berupa adjective + ly, contohnya softly, gently, happily, easily dan lain sebagainya.
  • Adverb of frequency, merupakan adverb yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai seberapa sering seseorang melaksanakan suatu hal. Contohnya never, always, occasionally dan lain sebagainya.

Pelajari cara pelafalan berbagai adverb di atas agar mempermudah kamu dalam membacanya melalui Kamus Pocket Bahasa Inggris (2021) yang disertai dengan ribuan entri, tata bahasa, dan masih banyak lagi.

beli sekarang

3. Fungsi Adverb

Adverb atau kata keterangan memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Adverb berfungsi sebagai penekanan atau emphasis. Contohnya I (only) love you. Kata dalam kurung yaitu only merupakan bentuk adverb yang memiliki fungsi untuk menekankan bahwa subjek yaitu ‘I’ hanya melakukan ‘love’ kepada objek yaitu ‘you’.
  1. Adverb berfungsi sebagai negasi (kalimat dalam bentuk negative) serta penyangkalan atau negation. Contohnya, he does (not) know us. Kata not merupakan bentuk adjective yang memiliki fungsi untuk memberikan negasi pada kalimat tersebut serta bentuk penyangkalan yang disampaikan oleh subjek mengenai objek kalimat.
  1. Adverb berfungsi sebagai penyambung atau conjunctive adverb. Contohnya, stop spying on me, (otherwise) I will call the police. Pada kalimat tersebut kata otherwise merupakan bentuk adverb yang digunakan untuk menyambung induk kalimat.
  1. Berfungsi untuk menerangkan kata kerja, contohnya sleep (soundly) kata dalam kurung merupakan adverb untuk menerangkan bahwa seseorang tidur atau ‘sleep’ dengan nyenyak atau ‘soundly’.
  1. Adverb berfungsi untuk menerangkan kata depan. Contohnya, long (before) this moment she came. Kata dalam kurung merupakan adverb yang menjelaskan kata depannya.
  1. Adverb berfungsi untuk menerangkan kata sifat atau adjective. Contohnya that was (too) easy. Kata dalam kurung merupakan adverb of degree yang berfungsi untuk menerangkan kata sifat, dalam kalimat tersebut berarti ‘easy’.
  1. Adverb berfungsi untuk menerangkan kata sambung. Contohnya shortly (when). Kata dalam kurung, yaitu when merupakan adverb yang berfungsi sebagai kata sambung dari kata adjective sebelumnya.
  1. Adverb memiliki fungsi untuk menerangkan kata keterangan atau adverb itu sendiri. Contohnya too hard, terlalu sulit. Very well, sangat bagus. Kedua contoh kalimat tersebut merupakan adverb yang memiliki fungsi untuk menjelaskan keterangan yang berada di depannya atau sebelumnya.

Berdasarkan berbagai fungsi adverb diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya penggunaan adverb dapat membantu dalam penyampaian sebuah kalimat dan percakapan baik formal maupun informal yang dibahas pula pada Buku Auto Pintar Bahasa Inggris dibawah ini.

beli sekarang

B. Adjective

1. Pengertian Adjective 

Adjective merupakan kata sifat yang berfungsi untuk menjelaskan atau membatasi kata ganti atau pronoun serta kata benda atau noun yang masih bersifat general atau umum dan dapat berupa orang, tempat, hewan, benda atau konsep abstrak.

2. Jenis dan Contoh Adjective

Adjective terbagi menjadi dua jenis yaitu descriptive nouns serta limiting adjectives, berikut penjelasannya.

a. Descriptive nouns

Descriptive nouns erupakan adjective yang menggambarkan serta menjelaskan keadaan dari noun atau pronoun yang berupa ukuran, bentuk, warna, bau, rasa dan sebagainya. Terdiri dari enam pola sebagai berikut:

  1. Character and quality, contohnya kind, friendly, humble, arrogant, charitable, careful, greedy, lazy, helpful, bad, ugly, smart, handsome, beautiful, pretty, smart dan lain sebagainya.
  2. Size, contohnya short, long, low, big, small, huge, tall, high, narrow, thick, wide, far, near, thin dan lain sebagainya.
  3. Age and temperature, contohnya warm, hot, cold, old, young, ancient, modern dan lain sebagainya.
  4. Participles (verb – ing dan Verb3), contohnya amazed, amazing, scaring, scared, bored, boring, tired, tiring, confused, confusing, interested, interesting dan lain sebagainya.
  5. Shape, contohnya oval, cube, circle, square, triangle dan lain sebagainya.
  6. Color, contohnya reddish, blue, yellowish, crimson, purple, white, black dan lain sebagainya.

Contoh descriptive noun dalam bentuk kalimat,

    1. A pretty tall young smiling girl
    2. Three large old abandoned building
    3. His small round reddish cheek

b. Limiting adjectives

Limiting adjectives, merupakan adjectives yang membatasi noun atau pronoun tanpa memberikan informasi tentang keadaan, jenis dan lain sebagainya. Limiting adjectives ini terbagi menjadi delapan yaitu sebagai berikut :

  • Possessive adjective, merupakan bentuk adjective kepemilikan yang diikuti oleh noun. Contohnya (your) book, (our) food, (her) dress, (its) name, (his) money, (my) hat. Kata dalam kurung merupakan bentuk dari possessive adjective sedangkan kata setelahnya merupakan noun.
  • Possessive proper adjective, merupakan bentuk kepemilikan yang menggunakan noun sebagai adjectivenya. Contohnya, the girl (singular noun) menjadi the girl’s; my husband (singular noun) menjadi my husband’s; Edward (singular noun) menjadi edward’s. untuk menggunakan possessive proper adjective pada singular noun, tambahkan tanda apostrof atau tanda satu petik dan akhiran –s. Sedangkan pada plural noun atau jamak Anda dapat menambahkan tanda apostrof saja.
  • Demonstrative adjective, merupakan kata tunjuk yang diikuti noun. Contohnya, this book is mine, that book is hers, I write these books, those dog are cute.
  • Article adjective, merupakan kata sandang yang diletakan di depan noun serta terdiri dari a; an dan the; contohnya, an umbrella, a baseball. Awalan an digunakan untuk kata yang memiliki awalan huruf vokal , sedangkan awalan a digunakan untuk kata yang berawalan konsonan.
  • Exclamatory adjective, merupakan adjective yang digunakan untuk kalimat atau kata bertanda seru. Contohnya what a lucky boy he is!, what a bright sun it is!. Dari dua kalimat tersebut exclamatory adjective memiliki pola yaitu what + a/ an + noun / pronoun (subject + verb) !
  • Interrogative adjective, merupakan jenis adjective yang digunakan untuk memberikan pertanyaan. Dapat digunakan dengan what + noun, whose + noun, which + noun. Contohnya what time is ti? What a bright sun isn’t it? Which book your bring?
  • Numeral adjective, sesuai dengan namanya adjective ini merupakan bilangan yang difungsikan sebagai adjective. Terbagi menjadi tiga jenis yaitu cardinal number, ordinal number, multiplication. Contohnya, one year, two months (cardinal number), the first edition, the seventh line (ordinal number), a pair of shoes, single room (multiplication).
  • Adjective of indefinite quantity, merupakan jumlah yang tidak jelas dan difungsikan sebagai adjective. Contohnya many mistakes, much money, a few times.

Temukan berbagai contoh adjectives lainnya yang dapat kamu gunakan pada buku The Highly Selective Dictionary of Golden Adjectives karya Eugene Ehrlich.

beli sekarang

3. Fungsi Adjective

Secara garis besar, adjective memiliki beberapa fungsi sebagai berikut,

  • Berperan sebagai penjelas subjek atau subjective complement. Contohnya:  her idea is (brilliant). Kata brilliant merupakan kata yang bersifat adjective dan berfungsi sebagai penjelas dari subjek atau dalam contoh kalimat tersebut yaitu ‘her’.
  • Adjective berperan sebagai penjelas objek atau objective complement. Contohnya let’s make it (possible). Kata possible atau dalam kurung merupakan kata sifat atau adjective yang memiliki fungsi untuk memperjelas objek atau dalam contoh dalam kalimat tersebut adalah ‘it’.
  • Adjective berperan sebagai penjelas frasa noun atau modifier of noun phrase. Contohnya (full scare) political war. Kata full scare merupakan noun phrase yang dijelaskan dengan kata adjective scare.
  • Adjective berfungsi sebagai inti dari frasa atau kalimat yang bersifat adjective itu sendiri atau head of adjective phrase. Contohnya completely (later). Kata later merupakan adjective, yaitu jenis adjective of time yang menjelaskan kata atau inti dari adjective itu sendiri, yaitu pada contoh kalimat tersebut berarti benar-benar nanti.
  • Adjective berfungsi sebagai perbandingan atau comparison degrees. Contohnya, this laptop is (better) than the other one. Pada contoh kalimat tersebut, better merupakan bentuk adjective yang menjelaskan perbandingan antara laptop yang satu dengan laptop yang lainnya.

 

Perbedaan Adverb dengan Adjective

Untuk dapat mengenali kedua part of speech tersebut, berikut adalah perbedaan dari adverb serta adjective yang dapat Anda ketahui.

  1. Adjective memiliki fungsi untuk menjelaskan noun serta pronoun, sedangkan adverb berfungsi untuk menjelaskan verb, adverb, adjective.
  2. Adjective selalu diikuti dengan to be atau kata kerja bantu seperti is, am, are, was, were, be, been, to be.
  3. Adjective selalu diikuti oleh senses of verb yang berperan sebagai linking verb atau kata kerja bantu ketika menjelaskan noun atau pronoun sebagai subjek kalimat. Contoh senses of verb adalah taste, seem, sound, smell, look, feel dan lain sebagainya.
  4. Adverb biasanya berupa adjective namun ditambah dengan akhiran –ly. Contohnya quick (adjective) menjadi quickly (adverb), sad (adjective) menjadi sadly (adverb), simple (adjective) menjadi simply (adverb) dan lain sebagainya.

Contoh Soal Adverb dan Adjective Serta Pembahasan

Setelah membaca dan memahami materi mengenai adverb serta adjective ini. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman Anda kerjakanlah soal-soal adverb serta adjective. Temukan berbagai soal pada buku 300+ Soal Bahasa Inggris Prediksi UNBK dan USBN SMA/MA 2019 .

beli sekarang

Berikut adalah contoh soal adverb serta adjective dan pembahasannya.

Pilihlah jawaban yang tepat pada soal pilihan ganda di bawah ini!

1. My____(rajin) daughter are studying

a. smart
b. diligent
c. kind

Jawabannya adalah b. diligent, karena diligent merupakan bahasa inggris dari rajin, serta kata diligent merupakan bentuk adjective yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

2. My mom is cooking (now). The brackets word is adverb of?

a. place
b. manner
c.time

Jawabannya adalah c.time, sesuai dengan penjelasan sebelumnya, adverb of time menjelaskan atau memiliki fungsi untuk memberikan keterangan soal waktu.

3. Are they ____(bosan)?

a.bored
b. bore
c. boring

Jawabannya adalah a. bored. Hal ini dikarenakan bored merupakan bentuk verb 3 dari bore yang sesuai untuk melengkapi kalimat di atas dan berfungsi sebagai kata adjective.

4. She can not walk (far). The brackets word is part of speech of?

a. adjective
b. adverb
c. noun

Jawabannya adalah b. adverb, karena kata far merupakan adverb, yaitu jenis adverb of degree yang digunakan untuk memberikan tambahan informasi.

5. My cat wake me up in a (lovely) way. The brackets word is part of speech of?

a. adjective
b.pronoun
c.adverb

Jawabannya adalah a. adjective, karena lovely merupakan bentuk adjective.

6. Last time I visited (Bandung) and it was so fun. The brackets word is adverb of?

a. manner
b. time
c.place

Jawabannya adalah c.place, karena kata Bandung menunjukan adverb of place atau tempat.

7. I found her home very____. What is the correct word to fill the blank?

a. easily

b.difficulty

c.frequently

Jawabannya adalah a.easily, karena kata easily merupakan bentuk adjective yang dapat menjelaskan keadaan dari noun atau termasuk dalam adjective descriptive noun.

8. Where did you buy the cut price (daily) newspaper?

a. adjective

b.adverb c.noun

Jawabannya adalah a.adjective, karena daily merupakan bentuk adjective yang berfungsi untuk menerangkan seberapa sering atau jarak seseorang melakukan suatu hal adjective of frequently.

9. Nesi acts (silly) in front of her friends (sometimes)

a.adjective, adjective
b. adjective, adverb
c.adverb,adjective

Jawabannya adalah b.adjective,adverb. Karena silly merupakan kata sifat atau adjective, sedangkan sometimes merupakan kata keterangan atau adverb of time.

10. I wonder how can you speak English (very well)

a.adjective
b.adverb
c.pronouns

Jawabannya adalah b.adverb, karena frasa very well merupakan bentuk adverbia yang berfungsi untuk menerangkan adverbial itu sendiri.

11. The child was playing___near to edge of swimming pool

a. dangerous
b. dangerously
c. with danger

Jawabannya adalah b. dangerously, karena kata dangerously merupakan adverb yang menjelaskan kata kerja.

12. The office was___

a. close
b.quit
c. safely

Jawabannya adalah c.safely, karena kata safely merupakan adverb yang menjelaskan kata kerja.

13. The soup is very ___

a. tasty
b. floppy
c. large

Jawabannya adalah a. tasty. Karena kata tasty merupakan adjective yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

14. My uncle food is ___

a. delicious
b. sharp
c. fluffy

Jawabannya adalah a.delicious, karena kata tersebut merupakan adjective yang dapat menjelaskan objek sebelumnya.

15. The weather was ___yesterday

a. smooth
b.chilly
c.sharp

Jawabannya adalah b.chilly, karena merupakan kata adjective untuk menjelaskan subjek.

Grameds juga dapat menemukan soal adverb serta adjective lainnya pada buku 1700 Plus Bank Soal Bahasa Inggris SMA/MA – SMK X-XI-XII karya Otong Setiawan DJ. yang ada dibawah ini.

beli sekarang

Dari pembahasan tersebut, dapat penulis simpulkan bahwa adverb serta adjective memiliki beberapa perbedaan signifikan yang dapat Anda kenali, yaitu adjective merupakan kata sifat, sedangkan adverb merupakan kata keterangan.

Dari perbedaan tersebut Anda dapat mengetahui kata dasar yang memiliki arti serta berfungsi sebagai kata keterangan atau kata sifat jika diartikan dalam bahasa inggris. Adverb dapat dengan mudah Anda kenali, seperti keterangan tempat, waktu dan lain sebagainya.

Perbedaan signifikan yang kedua merupakan adverb biasanya berbentuk verb 1 sedangkan adjective dapat berbentuk verb 3. Apabila Anda menemukan soal yang memiliki kalimat dengan tenses harus menggunakan verb 3, maka jawabannya kemungkinan besar adalah adjective.

Itulah penjelasan mengenai adverb serta adjective, kedua part of speech yang sering tertukar cara penggunaanya. Untuk dapat memperlancar serta melatih bahasa inggris Anda, penulis menyarankan Anda untuk berlatih dengan melakukan percakapan berbahasa inggris serta mengerjakan latihan soal.

Rutinlah menambah kosa kata bahasa inggris dalam berbagai bentuk seperti verb 1, verb 2 dan verb 3 untuk dapat menjangkau bentuk dari tenses lain. Penulis harap artikel ini dapat membantu Anda menambah serta memahami pengertian, fungsi, perbedaan dari adverb serta adjective. Selamat berlatih dan selamat belajar.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien