Tips dan Trik

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Selama #BelajardiRumah

Written by Feby

Wabah corona telah dinyatakan sebagai pandemi global. Hampir seluruh dunia telah terjangkiti oleh wabah ini. Hingga per tanggal 9 april 2020, korban yang dinyatakan positif mencapai 1.508.224 orang, yang berhasil sembuh sebanyak 329.542 orang, dan yang meninggal berjumlah 88.280 orang.

Untuk mengurangi bertambahnya korban akibat pandemi ini, pemerintah Indonesia pun menganjurkan masyarakat melakukan social distancing, dan menyarankan agar kita selalu menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Keputusan lain dari pemerintah Indonesia ialah menerapkan WFH (Work From Home) untuk para kalangan pekerja, dan kelas online untuk kalangan pelajar atau disebut #BelajardiRumah. Keputusan tersebut termasuk dalam penerapan gerakan Stay at Home.

Berada di rumah terus-menerus selama beberapa minggu, terbatasnya aktifitas yang bisa di lakukan di rumah, membuat kita kurang berolahraga. Untuk mengatasi masalah tersebut, Eduteam akan menjelaskan 5 olahraga ringan yang bisa dilakukan selama #BelajardiRumah. yuk kita simak!

1. Naik-Turun Tangga atau Berkeliling Rumah

Buat teman-teman yang memiliki rumah dengan banyak ruangan, berlantai 2 dan halaman rumah cukup luas bisa menerapkan olahraga ini. Naik turun tangga atau berkeliling rumah adalah olahraga efektif pengganti cardio. Seperti yang sudah di ketahui olahraga cardio sangat di sarankan untuk oramg orang yang ingin menurunkan berat badan. Langkah-langkahnya pun gampang Grameds hanya butuh niat, dan mulailah dengan melangkahkan kaki ke area rumahmu.

2. Menari

Menari bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat, akan tetapi sering kali membuat mood kita menjadi bahagia. Dengan menari biasanya tubuh akan melepaskan hormon endorfin, dimana hormon ini akan membantu menghilangkan stres. Saat ini sangat banyak video tutorial menari di youtube atau aplikasi yang lainnya. Kamu juga bisa merekam aktifitas menarimu dengan mengcover tarian dari grup idolamu. Sangat menarik ya Grameds dengan menari kamu bisa tetap bugar selama di rumah aja  dan juga bisa terus mengasah kemampuan menarimu.

3. Workout

Workout sangat cocok untuk kalian yang suka tantangan. Olahraga workout sejatinya adalah gabungan dari gerakan-gerakan dasar seperti push up, situp, plank, burpees, squat, dan beberapa gerakan lainnya. Gerakan ini sebetulnya adalah orahraga yg simple karena tidak perpatok pada alat dan bisa Grameds lakukan di mana saja, termasuk tempat yang sempit seperti kamar. Nilai lebih dari workout ini badan kalian akan lebih cepat berbentuk.

4. Lompat Tali

Lompat tali atau biasa disebut juga dengan skipping, juga merupakan pilihan menarik untuk berolahraga di rumah nih Grameds. Olahraga ini dipercaya dapat membuat badan cepat kurus karena mampu membakar kalori jahat secara efektif. Grameds  juga bisa mengajak adik atau kakak untuk melakukan olahraga ini secara bersamaan.

5. Beres-Beres Rumah

Beres-beres rumah dengan cara menyapu, mengepel, dan menghilangkan debu bisa menjadi cara memebakar kalori dan sarana yang bermanfaat bagi kebersihan rumah kamu Grameds. Usai membersihkan rumah, badan menjadi bugar dan rumahpun menjadi semakin nyaman.

Itulah 5 olahraga ringan yang bisa dilakukan selama #BelajardiRumah. Selamat mecoba dan tetap semangat!