Universitas Pasundan (UNPAS) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Pasundan Bandung (UNPAS)

Profil

Universitas Pasundan, atau disingkat Unpas, merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 14 November 1960. Sejak awal didirikan hingga saat ini, Unpas telah mengalami berbagai perkembangan. Salah satunya dengan berhasil menjadi salah satu universitas terfavorit dan terkemuka, dengan memiliki jumlah mahasiswa terbesar di lingkungan Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten. Besarnya jumlah mahasiswa ini merupakan hasil dari kepercayaan masyarakat kepada Unpas. Melalui survei yang dilakukan oleh majalah Tempo pada tahun 2005 dan Kompas pada tahun 2006, Unpas masuk dalam 3 besar Perguruan Tinggi terfavorit di Kota Bandung. Unpas juga menjadi salah satu dari 4 Perguruan Tinggi dengan akreditasi terbaik se-Jawa serta 25 Perguruan Tinggi terfavorit se-Jawa dalam survei yang dilakukan majalah SWA pada tahun 2007.

Tingkat pengakuan dan kepercayaan masyarakat kepada Universitas Pasundan terus mengalami peningkatan, baik dari tingkat nasional maupun internasional. Pada tingkat nasional, hal tersebut dibuktikan dengan masuknya Unpas dalam 50 Perguruan Tinggi yang menjanjikan di Indonesia (50 Promising Indonesia Universities) dan 80 Perguruan Tinggi berbasis kesehatan organisasi dan daya saing bangsa pada tahun 2007. Kemudian pada tingkat internasioal, Unpas mendapat kepercayaan untuk melaksanakan The Communityb Enpowerment Program dari JICA serta kepercayaan untuk mengadakan pendidikan bahasa Mandarin yang bekerja sama dengan Hebei Normal University P. R. Cina. Dari kegiatan pendidikan bahasa Mandarin tersebut, Unpas berhasil menempatkan 8 orang dosen asing, 7 orang berasal dari Cina dan 1 orang berasal dari Korea Selatan.

Universitas Pasundan memiliki mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga berasal dari berbagai negara sahabat, seperti Singapura, Hunggaria, Polandia, Turki, Korea Selatan, Malaysia, Kanada, Uzbekistan, Jerman, Jepang, Cina, Tajikstan, Yunani, Spanyol, Lithuania, dan Australia. Unpas berusaha meningkatkan pelayanan kepada Mahasiswa asing sehingga pada tahun 2010 didirikan International Office, yaitu divisi kerja sama internasional, yang mengurus atau mengelola mahasiswa asing dan kerja sama internasional. Masih di tahun yang sama, Unpas memulai Program Jint degree dengan Guangxi Normal University P.R. China. Unpas juga membuka Kelas Internasional pada tahun akademik 2012/2013 melalui beasiswa unggulan.

Mahasiswa Universitas Pasundan telah berhasil meraih berbagai prestasi membanggakan, baik dari dalam maupun luar negeri. Prestasi yang telah diraih berasal dari berbagai bidang, seperti bidang ilmiah, olahraga, seni, dan teknologi. Prestasi yang telah diraih mahasiswa Unpas dalam bidang olahraga berasal dari kejuaraan tingkat nasional maupun internasional, seperti The world Alpinis Championship di Amerika Serikat, The International Taekwondo Bronze Medal in 25th Sea Games Laos Vientiane 2009, dan juara nominasi Terbaik Gokart Indonesia 2009. Unpas sendiri juga telah meraih berbagai penghargaan, salah satunya adalah memperoleh penghargaan Bintang Tiga “Rated for Exellence” untuk Employability dan Teaching serta Bintang Dua untuk Internalization pada tahun 2012.

Universitas Pasundan saat ini memiliki 7 Fakultas dengan 25 Program Studi S1, 7 Program Studi Pascasarjana (S2), dan 3 Program Doktor (S3). Sebagian program studi yang dimiliki Unpas, yaitu sebanyak 14 program studi, telah berhasil mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT. Pada tahun 2008, Satuan penjamin Mutu Internal (SPMI) Unpas juga telah meraih penghargaan Keberhasilan Implementasi Sistem Penjamin Mutu Internal Perguruan Tinggi dari Dirjen Dikti Kemendiknas.

Universitas Pasundan melaksanakan kegiatan akademiknya dengan dosen berpegalaman. Dari data per Agustus 2013, Unpas memiliki sebanyak 416 orang dosen yang terdiri dari, Guru Besar/Profesor sebanyak 35 orang, S-3/Doktor sebanyak 137 Orang, S-2/Magister sebanyak 248 orang, dan S-1 sebanyak 31 orang (dalam proses studi lanjut S-2).

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Pasundan memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki Unpas adalah “Menjadi komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai Sunda dan Islam di tahun 2021.”

Misi yang dimiliki Unpas antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional
  2. Mewujudkan penelitian bertaraf internasional
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia
  4. Menjaga, memelihara, dan mengembangkan budaya Sunda
  5. Menjaga, memelihara, dan mengembangkan Syi’ar Islam

Unpas memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menjadi Universitas yang mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional.
  2. Menjadi Universitas yang mampu mewujudkan penelitian bertaraf internasional.
  3. Menjadi Universitas yang mampu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia.
  4. Menjadi Universitas yang mampu mempertahankan Memelihara dan Mengembangkan budaya Sunda.
  5. Menjadi Universitas yang mampu mempertahankan Memelihara dan Mengembangkan Nilai-nilai luhur Keislaman.

Akreditasi UNPAS : A

Universitas Pasundan mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 484/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 28 Desember 2023.

Fakultas dan Jurusan di UNPAS

Biaya Kuliah di UNPAS

Rincin biaya kuliah di Universitas Pasundan dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di UNPAS

Jurusan Favorit Soshum di UNPAS

Fasilitas

Universitas Pasundan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki Universitas Pasundan, yaitu:

  1. Ruang Kuliah
    Universitas pasundan menyediakan ruang kuliah yang dilengkapi dengan berbagai peralatan memadai, seperti LCD proyektor, layar wall-screen, sound system, dan AC.
  2. Perpustakaan
    Perpustakaan menjadi fasilitas yang sangat berguna bagi mahasiswa. Di perpustakaan, mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi yang berasal dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lainnya. Perpustakaan Unpas menyediakan koleksi yang cukup lengkap untuk dibaca dan dipinjam oleh mahasiswa.
  3. Sarana Olahraga
    Universitas pasundan menyediakan berbagai sarana olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui sarana olahraga ini mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya.
  4. Laboratorium
    Universitas Pasundan menyediakan berbagai laboratorium di masing-masing fakultas untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa. Beberapa laboratorium yang dimiliki Unpas, yaitu Laboratorium Komputer Mikro, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Statistika, Laboratorium Komputer, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, dan Laboratorium Informatika.
  5. Jaringan Internet
    Universitas Pasundan menyediakan fasilitas jaringan internet gratis untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa. Jaringan internet ini dapat diakses oleh mahasiswa yang berada di lingkungan kampus.
  6. Sarana Ibadah
    Universitas memiliki masjid dan musala di lingkungan kampus untuk memudahkan kegiatan ibadah mahasiswa. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, sarana ibadah ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Beasiswa

Universitas Pasundan menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa tersebut berasal dari Universitas Pasundan dan lembaga lainnya. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa yang terdapat Universitas Pasundan, yaitu:

  1. Beasiswa Bidikmisi
  2. Beasiswa Unggulan
  3. Beasiswa keringanan sebesar 25% untuk mahasiswa yang berasal dari SLTA Pasundan dan keluarga besar Paguyuban Pasundan.
  4. Beasiswa potongan hingga 100% serta bebas SPP dan DP untuk mahasiswa yang hapal 30 juz Al Quran.
  5. Beasiswa potongan hingga 75% untuk mahasiswa yang hapal 20 juz Al Quran.
  6. Beasiswa potongan hingga 50% untuk mahasiswa yang hapal 10 juz Al Quran.
  7. Beasiswa potongan hingga 25% untuk mahasiswa yang hapal 5 juz Al Quran.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi kampus Universitas Pasundan?

Unpas memiliki lima kampus yang berada di lokasi berbeda, yaitu Kampus I di Jl. Lengkong Besar No.68, Kampus II di Jl. Tamansari No.6-8, Kampus III di Jl. Wartawan IV No.22, Kampus IV di Jl. Dr. Setiabudhi No.193, dan Kampus V di Jl. Sumatera No.41.

Apa akreditasi Universitas Pasundan?

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video