Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kategori Kesehatan

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja-01

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut K3 adalah program studi yang mempelajari pengelolaan bahaya dan resiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja atau proyek. Kamu akan belajar melakukan pengukuran terhadap faktor-faktor bahaya, melakukan pengawasan dan audit terhadap fasilitas di lingkungan kerja, dan lain sebagainya. Jurusan ini juga mempelajari gizi kerja dan pengelolaan amdal.

Pada mulanya Keselamatan Kesehatan dan Kerja merupakan peminatan yang ada di prodi Kesehatan Masyarakat, namun seiring tuntutan yang tinggi akan pengelolaan aspek K3 yang baik di berbagai perusahaan, maka dibukalah jurusan yang fokus mempelajari tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Setelah menyelesaikan perkuliahan S1, gelar yang akan didapat adalah S.KKK yang kemudian dapat dilanjutkan lagi menjadi ahli K3 Umum dengan mengambil training profesi K3 Umum yang telah tersertifikasi oleh Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) ataupun BNSP (Badan Nasional Standar Profesi) edufriends.

Kenapa Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, mampu berpikir kritis, tanggap di berbaga situasi darurat serta senang berinteraksi dengan orang lain, sebab dalam beberapa waktu kamu harus bekerja sama dalam sebuah tim edufriends. Selain itu jurusan ini juga cocok bagimu yang menyukai tantangan sebab kamu akan belajar menanggulangi berbagai macam bahaya seperti di mata kuliah Advance Fire Drill dimana kamu akan belajar memadamkan kebakaran dan menyelamatkan korban yang terjebak dalam situasi tersebut layaknya pemadam kebakaran profesional.

Selain keseruan -keseruan yang ada dari berbagai prakteknya, kuliah di jurusan ini akan membuatmu lebih berhati-hati dalam keseharian. Prospek kerja lulusan jurusan kesehatan keselamatan kerja juga terbuka lebar, kamu bisa berkarir di bidang Manufacture, Pertambangan, Minyak dan Gas, Konstruksi, Garmen, Rumah Sakit, Puskesmas, Pegawai Pemerintah, Auditor K3 Makanan dan Minuman, Lembaga Penelitian hingga menjadi Dosen.

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja-01

Keahlian Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan cepat tanggap

✓ Kemampuan problem solving

✓ Pemahaman manajemen bencana

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Dunia Kerja

  • Banyak perusahaan semakin memperhatikan aspek K3 di lingkungan kerjanya, karenanya prospek kerjanya kemudian meluas ke perusahaan-perusahaan di berbagai industri, terutama yang bergerak di bidang manufaktur, minyak dan gas, pertambangan, konstruksi, dan rumah sakit.
  • Kamu juga bisa bekerja di Safety auditor, tugasnya mengecek kesesuaian praktek di lapangan dengan prosedur, standard an regulasi yang berlaku. Biasanya mereka akan mengunjungi sebuah area kerja hanya dalam waktu yang singkat saja.
  • Profesi lainnya adalah sebagai Industrial Hygiene. Profesi ini bertugas memastikan semua aspek fisika, kimia dan biologi di sebuah lingkungan kerja berada dalam kondisi yang “sehat” .
  • Permit to work coordinator. Bertugas mengkoordinasi semua aktifitas terkait dengan izin kerja. Melakukan administrasi yang rapih dan memastikan semua pekerjaan yang membutuhkan izin telah memenuhi aspek keselamatan dan kesehatan kerja
  • Safety coordinator, sebagai Posisi sebagai coordinator atau leader biasanya berada langsung di bawah manager. Semua pekerjaan yang terkait dengan keselamatan kerja akan dikoordinasikan dengan mereka.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Mata kuliah di prodi ini beberapa memiliki tingkatan tertentu, kamu akan mempelajari mulai dari Manajemen Risiko tingkat I, Manajemen Risiko tingkat II, Manajemen Kebakaran I, Manajemen Kebakaran II, Basic Fire Drill, Advance Fire Drill, Investigasi Insiden I, Investigasi Insiden II dan beberapa mata kuliah wajib lainnya seperti Manajemen Lingkungan, AMDAL, Safety Offshore, Keselamatan Kilang dan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Industri dan beberapa hal umum lainnya seperti transportasi misalnya. Karena berada dibawah Fakultas Vokasi dan merupakan Program Diploma IV maka sebagian mata kuliah adalah mata kuliah praktik.

Mata Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, edufriends:

  1. Komunikasi Kesehatan
  2. Ilmu Biomedik Dasar
  3. Pengelolaan Bencana
  4. Biostatistik Dasar
  5. Epidemiologi
  6. Kesehatan Global
  7. Dasar K3
  8. Dasar Kimia & Fisika K3
  9. Regulasi & Kebijakan K3
  10. Manajemen K3
  11. Ergonomi
  12. Kajian Pra Rancang
  13. Kesehatan Kerja
  14. Penyakit Akibat Kerja & Surveilans
  15. Pemeliharaan & Peningkatan Kesehatan Kerja
  16. Pelayanan Kesehatan Kerja
  17. Toksikologi Industri
  18. Manajemen Risiko Keselamatan
  19. Kebakaran & Bahaya Utama
  20. Konsep Kecelakaan & Investigasi
  21. Keselamatan Publik
  22. Program & Implementasi Keselamatan
  23. Higiene Industri
  24. Manajemen Bahaya Kimia & Biomonitoring
  25. Manajemen Bahaya Fisik
  26. Manajemen Bising & Getar
  27. Manajemen Kualitas Udara dalam Ruangan
  28. Higiene Makanan & Sanitasi Industri
  29. Penilaian Faktor Manusia
  30. Bahaya & Risiko Psikososial di Tempat Kerja
  31. Kesalahan Manusia & Pencegahannya

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Observan
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Berikut ini adalah 2 universitas terbaik untuk Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  2. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya

 

*Kampus di luar negeri pun membuka jurusan K3 karena kesadaran negaranya untuk memperkecil kemungkinan kecelakaan kerja. Kebanyakan prodi ini terbuka untuk jenjang master seperti Kansai University di Jepang, Monash University di Australia, dan Harvard University di USA edufriends.

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Prospek kerja lulusan jurusan Kesehatan Keselamatan Kerja juga beragam karena dibutuhkan tidak hanya di industri kesehatan, tapi juga manufacture Pertambangan Minyak dan Gas, Konstruksi, Garme, Rumah Sakit, Puskesmas, Pegawai Pemerintah, Auditor K3, Makanan dan Minuman Peneliti, Dosen, Bahkan proyek pembangunan dan maintenance gedung, pertambangan dan perminyakan juga sangat membutuhkan mahasiswa dengan kompetensi K3. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaannya:

SAFETY INSPECTOR

Profesi ini lebih seperti “polisi keselamatan kerja”. Para safety inspector biasanya akan berkeliling di seluruh area pekerjaan dan mereka akan memberi tindakan kepada setiap pelanggaran terkait keselamatan dan kesehatan kerja yang mereka temui. Tindakan tersebut bisa berupa teguran lisan saja, sanksi, atau bahkan bisa mendapatkan peringatan keras dari manajemen.

SAFETY OFFFICER

Profesi ini lebih kepada pembangunan sistem. Mereka biasanya ahli dalam implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kerja ataupun OHSAS 18001.

SAFETY TECHNICIAN

Profesi ini lebih banyak berhadapan dengan mesin-mesin seperti mesin produksi, mesin utility, alat angkat dan angkut dan lain-lain. Safety technician bertugas memastikan semua alat dan fasilitas yang digunakan sudah memenuhi aspek keselamatan.

PROCESS SAFETY

Profesi ini bertugas memastikan rangkaian proses produksi dari bahan mentah ke bahan jadi melalui berbagai macam instalasi pipa, tangki dan peralatan lain berlangsung dengan aman. Profesi ini juga mempertimbangkan aspek fisik dan kimia barang yang diproses. Biasanya para lulusan Teknik Kimia paling cocok untuk mengisi posisi ini

FIRE SAFETY

Mereka yang bekerja sebagai fire safety bertugas untuk memastikan semua proteksi kebakaran baik aktif maupun pasif selalu siap sedia untuk digunakan jika terjadi kebakaran. Mereka juga akan membuat organisasi Tim Tanggap Kebakaran

SAFETY ADVISOR

Mereka yang bekerja sebagai safety advisor biasanya hanya diminta saran-sarannya untuk meningkatkan keselamatan kerja di suatu tempat. Safety advisor biasanya tidak bertanggung jawab langsung terhadap tingkat keselamatan dan kesehatan kerja di suatu tempat kerja

CORPORATE SAFETY

Perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak pabrik atau cabang di sebuah Negara atau area biasanya akan memiliki orang yang bekerja sebagai corporate safety. Merekalah yang bertanggung jawab untuk membuat standar keselamatan kerja untuk seluruh pabrik, melakukan audit ke pabrik, mengadakan training, merumuskan target, dan mengumpulkan laporan keselamatan dan kesehatan kerja dari seluruh pabrik untuk dapat dianalisa.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari pengelolaan bahaya dan resiko yang berpotensi terjadi di lingkungan kerja ataupun proyek edufriends.

Apa saja prospek kerjanya?

Berbagai Industri, Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pengawas Konstruksi dan Bangunan, dan Analis Kontrol Kualitas, edufriends

Apa gelar yang akan didapat oleh jurusan ini

S.KKK atau Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *