Profesi Penyiar

Profesi Penyiar_626 x 626 px

Gaji Penyiar

Rp. 4.5Jt - Rp. 7.2Jt / Bulan

Pendidikan Penyiar

S1 Broadcasting

Sertifikasi Penyiar

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Penyiaran Radio

Daftar Isi

Deskripsi Penyiar

Profesi Penyiar bertugas menyampaikan informasi kepada para pendengarnya, selain itu penyiar juga berfungsi sebagai penghibur dan teman beraktivitas. Jika dijabarkan lebih lanjut, penyiar radio berfungsi sebagai seorang komunikator yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat (public service) dengan menyampaikan informasi-informasi update yang valid, dan menarik. Seorang penyiar juga wajib memiliki wawasan yang luas termasuk diantaranya pemahaman musik, edufriends.

Dengan begitu banyak media yang digunakan untuk menyampaikan sebuah berita saat ini, mulai dari media cetak maupun elektronik yang salah satunya adalah radio. Meskipun umumnya masyarakat lebih memilih mencari informasi melalui sosial media, namun radio masih tetap eksis di tengah pendengar setianya. Hal ini dikarenakan Radio memiliki efek kedekatan personal dengan paraa pendengar. Kedekatan itulah yang menjadi kekuatan besar radio dibandingkan media lainnya.

Sebagai sebuah profesi yang berbasis pada komunikasi lisan, penyiar radio memiliki keterkaitan dengan beberapa profesi lainnya, seperti penyiar berita, news anchor, newscaster, dan reporter. Secara umum, keahlian utama yang dibutuhkan untuk menjadi penyiar radio adalah kemampuan berbahasa secara lisan lantaran tugasnya untuk menyampaikan informasi yang dimilikinya kepada pendengar melalui medium suara. Namun, keahlian berbicara bukanlah satu-satunya keahlian yang harus dikuasai seorang penyiar radio. Seorang penyiar radio harus memiliki keahlian menulis yang baik guna menyusun dan merangkai informasi agar efektif juga tepat guna. Tanpa keahlian menulis yang baik, penyusunan dan perangkaian informasi tidak akan terbentuk dengan baik; dan penyampaiannya tidak akan baik pula.

Peran dan Tanggung Jawab Penyiar

  • Membawakan acara baik melalui media audio seperti radio, audiovisual seperti televisi, dan juga secara langsung
  • Menulis script atau outline, melakukan analisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui radio ataupun televisi
  • Melakukan wawancara kepada narasumber guna mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan
  • Memberikan informasi-informasi terkini kepada para pendengar
  • Menyampaikan iklan baik komersial maupun non-komersial
  • Memutar lagu melalui playlist yang telah diciptakan sebelumnya
  • Meng-eksplor topik-topik yang sedang hangat beredar atau dibicarakan
  • Menyiapkan konten program yang menarik, dan menyenangkan hati, edufriends

Keterampilan dan Pengetahuan Penyiar

  • Artikulasi Berbicara, Seorang penyiar radio adalah dia yang 100% menjual suara. Oleh karenanya artikulasi dari berbagai ucapan seorang penyiar haruslah jelas dan dapat diterima oleh pendengar
  • Seorang penyiar haruslah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, haus akan pengetahuan dan hal-hal baru serta up date dalam berbagai hak terbaru yang sedang kekinian
  • Seorang penyiar radio juga harus memiliki keahlian menulis yang baik guna menyusun dan merangkai informasi agar efektif juga tepat guna
  • Cinta Musik, Dunia penyiaran radio tentu tidak bisa terlepas dari musik, oleh karenanya kamu harus memiliki kecintaan terhadap musik serta memiliki pengetauan yang baik soal musik.
  • Spontanitas yang baik, Seorang penyiar harus memiliki spontanitas yang baik. Mengingat terkadang ada berbagai hal yang tidak tertulis di skrip atau tidak sesuai dengan rencana

Kepribadian Penyiar

  • Memiliki kepekaan terhadap berbagai situasi, sebab seorang penyiar harus mampu membawa suasana siaranya agar mampu menyentuh hati para pendengar
  • Kreatif, Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik
  • Sense of humor, Seorang penyiar harus memiliki selera humor yang baik. Hal ini berguna untuk membawa pembicaraan kearah yang lebih akrab dan menyenangkan. Sense of humor menjadi nilai plus bagi seorang penyiar radio mengingat tidak semua orang memilikinya
  • Konsentrasi penuh selama siaran menjadi hal yang mutlak dilakukan. Seorang penyiar tidak boleh kehilangan konsentrasi dan melakukan kesalahan yang dapat mengacaukan kegiatan siarannya
  • Kemampuan Persuasi, Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka
Profesi Penyiar_626 x 626 px

Cara Menjadi Penyiar

Pendidikan Strata 1

Profesi Penyiar Radio sesungguhnya tidak menetapkan jurusan-jurusan atau ilmu tertentu, meskipun lulusan Jurusan Broadcasting lebih diutamakan sebab telah mempelajari Teknik Mencari dan Menulis Berita, Manajemen Penyiaran, Teknik Olah Vocal dan Pembawa Acara, Teknik Reportasi dan Wawancara, Pengantar Jurnalistik hingga Riset Media dan Hukum Etika Pers di masa perkuliahannya, edufriends. Selain broadcasting kamu juga bisa memilih jurusan terkait seperti Ilmu Komunikasi, sastra indonesia, sastra inggris, periklanan, dan lain-lain. 

Info lengkap mengenai jurusan Jurusan Broadcasting dapat dilihat di Jurusan Broadcasting

 

Untuk Menjadi seorang penyiar radio kumpulkan pengalamanmu sebanyak-banyakya dimulai dari sekarang, seperti dengan menjadi Master of Ceremony (MC) ataupun memulai dar menjadi penyiar radio komunitas, edufriends.

Prospek Kerja Penyiar

Peluang mejadi seorang Penyiar akan selalu terbuka, karena:

Industri Radio Masih Tinggi Peminat

Masih melansir data Nielsen Radio Audience Measurement, menyebut setidaknya empat dari 10 orang mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone. Penetrasi jangkauan pendengar radio menurut laporan ini mencapai angka 38 persen. Angka penetrasi mingguan ini menunjukkan bahwa media radio masih didengarkan oleh sekitar 20 juta konsumen di Indonesia. Para pendengar radio di 11 kota di Indonesia yang disurvei Nielsen setidaknya menghabiskan rata-rata waktu 139 menit per hari untuk mendengarkan radio. Selain di radio, penyiar bisa juga bekerja di stasiun televisi. Di TV, profesi ini lebih sering disebut sebagai pembaca berita. Nah, selain bergabung di stasiun TV atau radio, ada juga lho penyiar yang bekerja sebagai freelancer atau dihubungi oleh suatu agensi. Untuk menjadi penyiar, konon kabarnya jalannya cukup sulit karena persaingannya cukup ketat.

Dimana Penyiar Bekerja

Seorang Penyiar Radio Bekerja di Radio atau Industri Media Massa

Seiring dengan perkembangan dunia digital, tentu saja akan lahir beberapa jenis pekerjaan yang sebelumnya tidak ada yang berkaitan dengan komunikasi lisan. Misalnya, sebagai pembicara di sebuah podcast. Selain itu, mengingat peran radio yang merupakan media massa, pekerjaan sebagai penyiar radio juga akan berkaitan dengan pekerjaan lainnya di bidang media massa. Dalam konteks radio konvensional, penyiar radio akan bekerja di institusi media massa.

Radio sebagai media yang powerful dan paling memiliki engagement (keterikatan) terhadap pendengar. Menjadi penyiar radio sebagai salah satu profesi yang menyenangkan, sebab jam kerjanya fleksibel, tidak terikat dengan seragam kerja, tingkat stress yang rendah dan tentu bagimu si pencinta musik, bekerja di radio adalah pilihan terbaik. Berikut ini beberapa kategori penyiar radio, edufriends:

1. News reader

News reader, penyiar yang tugasnya membaca berita. Pembawa acara radio berperan membacakan (menyampaikan) berita. Tugasnya sebatas menyampaikan berita yang telah dipersiapkan sebelumnya atau diproduksi oleh tim redaksi. Hingga saat ini para reporter radio kerap melakukan siaran langsung dari lokasi kejadian (live report).

2.  News caster

News caster, atau penyiar yang menyiarkan program berita radio sekaligus berperan sebagai reporter/jurnalis/wartawan yang mencari, menyusun berita dan menyampaikan berita tersebut untuk para pendengarnya dalam membuat naskah berita yang akan ia bacakan, edufriends.

3. Program Announcers

Program Announcers, penyiar yang membawakan suatu program tertentu atau program khusus seperti pertunjukan (show), kuis dan sebagainya. Biasa disebut juga MC, host, Vj, atau Quiz master.

4. Anchor

Anchor, Penyiar yang berfungsi sebagai perangkai berita. Anchor juga bertugas sebagai produser saat siaran, sehingga seorang anchor dituntut memiliki wawasan yang luas, nalar yang baik, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mental yang kuat.

Universitas Terkait

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Berapa kisaran pendapatan seorang Penyiar?

Pendapatan seorang penyiar radio berkisar antara Rp 4.500.000 hingga Rp 7.200.000 atau lebih sesuai dengan lokasi tempat bekerja, ketenaran, dan pengalaman.

Apa keahlian utama yang dibutuhkan oleh seorang Penyiar?

Secara umum, keahlian utama yang dibutuhkan untuk menjadi penyiar radio adalah kemampuan berbahasa secara lisan lantaran tugasnya untuk menyampaikan informasi kepada pendengar melalui medium suara.

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Penyiar?

Suara yang baik dan jelas dengan nada dan artikulasi suara yang mumpuni, Kemampuan komunikasi yang baik dan kreativitas untuk berinteraksi dengan pendengar, Berpengetahuan luas terhadap isu terkini dan tren sosial, Kemampuan untuk mengembangkan gaya mereka sendiri serta rasa humor yang tinggi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *