Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan-Kartografi-dan-Penginderaan-Jauh-02-1-626x430

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh, dengan Kartografi sebagai ilmu, seni dan teknologi pembuatan peta yang melibatkan pekerjaan geodesi, fotogrametri, kompilasi dan reproduksi peta. Kartografi menyediakan sarana untuk kita melihat dunia di sekitar dan mencegah kebutaan spasial. Dengan kemajuan teknologi, bidang kartografi telah memberi kita sejumlah data besar yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan terkait lokasi dan menyadari ruang. Sementara Penginderaan Jauh adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut. Contohnya satelit pengamatan bumi, satelit cuaca, memonitor janin dengan ultrasonik dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit.

Jadi Jurusan Ilmu Kartografi dan Penginderaan Jauh merupakan ilmu yang  mempelajari bagaimana menganalisis informasi spasial geografi kemudian menyajikannya dalam bentuk peta tematik yang komunikatif, di jurusan ini kamu juga akan belajar menganalisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan regional, menerapkan teknik analisis citra dan peta, serta pengolahan informasi spasial secara terpadu dengan dukungan teknologi sistem informasi geografi (SIG) Grameds.

Kenapa Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Berkuliah di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh tentunya akan jauh dari kata membosankan, sebab termasuk ke dalam ilmu Geografi maka perkuliahannya akan diisi dengan mengeksplor banyak tempat-tempat baru untuk membuat perhitungan pemetaan secara manual maupun digital secara langsung Grameds. Jurusan ini cocok untukmu yang logis dan kreatif juga memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi dan sains Grameds.

Selain itu prospek kerja lulusannya juga terbuka lebar, kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Badan Perencanaan baik di tingkat Pusat maupun Daerah (BAPPENNAS, BAPPEDA), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD hingga Dinas-dinas sektoral, teknisi daerah, universitas, Konsultans Software, Perkebunan, Pertambangan, Perbankan, dan lain-lain.

Jurusan-Kartografi-dan-Penginderaan-Jauh-02-1-626x430

Keahlian Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

✓ Teliti, tekun, detail

✓ Kemampuan observasi

✓ Kemampuan terstruktur

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Senang melakukan riset

✓ Dapat bekerjasama dalam tim

✓ Keterampilan komunikasi

Jurusan-Kartografi-dan-Penginderaan-Jauh-02-1-626x430

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Dunia Kerja

  • Lulusan program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh akan bekerja sebagai kartografer, tugasnya merancang (map design) yang meliputi desain symbol (symbol design), tata letak peta (map lay out) isi peta (map contect) dan generalisasi (generalization).
  • Seorang kartografer menyelidiki dan mengukur data, mengoreksi, menganalisis, membuat konsep, dan menggambar data, mengoreksi kembali dengan mencocokkan kenyataan di lapangan, melakukan pencetakan terhadap peta yang sudah benar dalam bentuk digital atau grafik, Grameds.
  • Lulusan program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh dapat bekerja di berbagai instansi pemerintahan seperti BIG (Badan Informasi Geospasial), Kementrian Kehutanan, KKP (Kementrian Kelautan perikanan), Kementrian Dalam Negeri, Kemenko dan Kementrian lainnya
  • Kamu juga bisa bekerja di lembaga swasta seperti Perusahaan Sawit, Perusahaan tambang seperti Freeport
  • Jika kalian ingin membantu melestarikan kekayaan alam Indonesia atau bahkan dunia maka NGO adalah paling tepat, NGO atau Non Government Organization yang dimaksud disini diantaranya WWF, UNICEF, CIFOR dan masih banyak lagi.
  • Bagi yang gemar belajar kamu bisa melanjutkan pendidikan ke S2, dan menjadi tenaga pendidik atau dosen Grameds.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Program Studi S1 Kartografi dan Penginderaan Jauh merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Georgafis guna mendukung penyediaan Informasi Geospasial untuk berbagai kepentingan.

Pada semester pertama perkuliahan Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh masih sama dengan 2 jurusan lain di Fakultas Geografi yaitu Pembangunan Wilayah dan Geografi Lingkungan. Mata Kuliah yang diajarkan masih berupa geografi secara luas belum spesifik kepada jurusannya masing-masing. Memasuki tahun kedua pembelajaran mulai fokus kepada mata kuliah Kartografi dan Penginderaan Jauh seperti Kartografi Dasar, Penginderaan Jauh Dasar, Geologi Umum, Hidrologi, dan lain-lain.

Pada semester genap kamu akan melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk praktik langsung mengenai ilmu yang telah dipejari. Pada tahun pertama Kuliah Kerja Lapangan (KKL) akan dilakukan bersama satu angkatan geografi yang artinya 3 jurusan tadi menjadi satu tidak hanya jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh saja. Gambaran perbandingan teori dan praktek di jurusan ini adalah 65:30, dengan 65% (62 teori dan mata kuliah) dan 35% (33 praktikum).

Mata Kuliah Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh, Grameds:

  1. Kartografi Dasar
  2. Penginderaan Jauh Dasar
  3. Pengantar Geografi
  4. Geologi Umum
  5. Geografi Regional Indonesia
  6. Hidrologi Dasar
  7. Meteorologi dan Klimatologi
  8. Geomorfologi Dasar
  9. Ilmu Tanah
  10. Ilmu Wilayah
  11. Sistim Informasi Geografis
  12. Biogeografi
  13. Kartografi Tematik
  14. Ilmu Ukur Tanah
  15. Fotogrametri Dasar
  16. Fisika Optik dan Gelombang
  17. Proyeksi Peta
  18. Pemrosesan Citra Digital
  19. Oceanografi
  20. Manajemen Survey dan Pemetaan
  21. Pemetaan Kebencanaan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Universitas Terbaik Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Hanya ada satu Universitas yang membuka Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta yang telah Terakreditasi A oleh BAN-PT.

 

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Prospek kerja lulusan ini diantaranya sebagai Ahli Sistem Informasi Geografis, Peneliti dan Ahli Teknologi Informasi, Geospasial, hingga Ahli Peta Geografi Grameds, kesemuanya tentu saja berhubungan dengan pemetaan atau kartografi, dengan profesi yang digeluti bernama kartografer, Tanggung jawabnya adalah meneliti, mempelajari, serta menyiapkan peta dan data spasial lainnya dalam bentuk digital atau grafik untuk tujuan hukum, sosial, politik, pendidikan, juga desain Grameds. Profesi kartografer dibutuhkan di banyak sektor, berikut beberapa diantaranya:

INSTANSI PEMERINTAHAN

Kamu memiliki kesempatan besar untuk bekerja di instansi pemerintahan seperti di Kementrian Lingkungan Hidup, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pusat Statistik, Badan Pertanahan Nasional, Badan Informasi Geospasial (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional (LAPAN), Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Lembaga ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jawatan Topografi TNI AD, DISPOTRUD TNI AU (Dinas Pemotretan Udara), DISHIDROS (Dinas Hidro Oceanografi),

SEKTOR SWASTA

Di perusahaan swasta baik pertambangan atau perkebunan pekerjaannya juga tetap sama yakni pemetaan akan tetapi biasanya pemetaan untuk area pertambangan atau perkebunan ini memanfaatkan foto udara, untuk sawit, pemetaan biasanya digunakan untuk menghitung jumlah pohon dan mengestimasi hasil produksi sawit, Grameds.

NON GOVERMENT ORGANIZATION (NGO)

NGO adalah singkatan dari Non Governmnet Organization, merupakan suatu organisasi atau kelompok yang beraktifitas di luar struktur politik. Bagimu yang ingin menjaga habitat alam serta hewan-hewan di dalamnya bekerja di NGO Lingkungan dapat menjadi pilihan. Misalnya saja WWF atau World Wide Fund for Nature (WWF) sebagai sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan, selain itu Forest Watch Indonesia dan lain-lain. Fokus Kartografer disini bisa bermacam-macam, mulai dari pelestarian hutan, pelestarian satwa seperti orang utan hingga satwa-satwa langka lainnya Grameds.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Gelar apa yang akan didapat oleh lulusannya?

Lulus jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh akan mendapatkan gelas (S.Si) Grameds.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh?

Mempelajari tentang pemetaan, dan cara memeroleh informasi mengenai objek atau fenomena yang berada di sekitar permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung, melainkan dengan menggunakan alat perekam yang memanfaatkan energi gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan citra.

Apa saja prospek kerja untuk lulusannya?

Perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, survei, dan industri serta di berbagai instansi atau badan milik pemerintah, contohnya Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD Grameds.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *