Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Keuangan dan Perbankan

Jurusan Keuangan

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Keuangan dan Perbankan_[473 x 314]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Keuangan

Jurusan Keuangan dan Perbankan mempelajari ilmu tentang keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan. Di Jurusan ini kamu juga akan mempelajari operasional perbankan baik bank konvensional maupun syariah, seperti tugas-tugas frontliner (teller dan customer services) dan tugas-tugas back office seperti administrasi, akuntansi, dan audit.

Program studi Keuangan dan Perbankan umumnya berjenjang Diploma, baik Diploma 3 (D3) ataupun Diploma 4 (D4) atau setara dengan Strata 1 (S1). Namun ada juga beberapa perguruan tinggi yang menyediakan Jurusan ini dalam jenjang S1. Karenanya lulusannya dapat bergelar Ahli Madya ataupun Sarjana Ekonomi. Lulusan Keuangan dan Perbankan memiliki kesempatan yang besar untuk berkarier di bidang keuangan.

Kenapa Jurusan Keuangan

Tenaga profesional di bidang Keuangan dan Perbankan akan terus dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha. Dalam bidang keuangan, kamu akan diajarkan bagaimana caranya berinvestasi. Sementara pada bidang perbankan, kamu akan diajarkan memahami proses bisnis dari bank atau secara keseluruhan sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang perbankan.

Prospek kerja untuk lulusannya sangat terbuka lebar karena Industri perbankan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Kamu dapat bekerja sebagai manajer keuangan, manajer investasi, analisis keuangan, analis kredit, konsultan, maupun profesi lainnya yang terkait dengan kegiatan investasi dan keuangan.

Kamu juga memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti bursa efek, perusahaan asuransi, jasa investasi, perusahaan pialang, dan lainnya. Munculnya start-up teknologi keuangan juga merupakan angin segar untuk lulusan Perbankan lho. Kamu dapat menjadi financial advisor, ataupun konsultan keuangan yang bertugas sebagai penasehat individu maupun organisasi dalam mengelola keuangan jangka panjang.

Jurusan Keuangan dan Perbankan_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Keuangan

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan matematis

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan negosiasi

✓ Kemampuan berpikir rasional

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Keuangan dan Perbankan_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Keuangan di Dunia Kerja

  • Konsultan Bisnis, banyak Perusahaan nasional atau internasional yang menggunakan konsultan bisnis untuk membantu perkembangan suatu perusahaan. Tak heran jika bayaran yang ditawarkan pada konsultan bisnis yang telah ahli sangat besar atau mencapai angka puluhan juta rupiah
  • Konsultan Perbankan, Berbeda dengan bisnis yang berkaitan dengan bisnis secara umum, konsultan perbankan hanya berkaitan dengan serba-serbi perbankan. Jadi bagimu yang tertarik dengan profesi ini, segeralah fokus pada manajemen perbankan saat masih kuliah Manajemen Keuangan, edufriends
  • Manajer Pemasaran, Semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli suatu layanan, produk atau jasa, semakin tinggi gaji yang akan kamu dapatkan
  • Akutan, atau sebagai tulang punggung perusahaan. Untuk menjadi akuntan kamu harus lebih dulu menyukai Matematika. Akuntan sebagai seseorang yang paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan yang paling akhir dikeluarkan saat perusahaan jatuh atau gulung tikar
  • Customer service, teller, account officer, analis kredit (credit analyst), administrasi kredit, supervisor kredit, asisten manajer pemasaran dan operasional, funding officer, supervisor administrasi kredit, supervisor pelayanan dana dan jasa (DJS), dealer

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Keuangan

Perkuliahan Jurusan Keuangan dan Perbankan akan mempelajari bank sebagai lembaga keuangan, mulai dari tugas dan fungsinya, sistem pengadministrasiannya sampai bagaimana pengelolaannya. Kuliah di ini umumnya kamu akan ketemu dengan Ekonomi Pasar Modal dan Reksadana, Manajemen Keuangan Bank, Kebijakan Moneter, Koordinasi Moneter-Fiskal, Analisis Risiko dan Investasi, Kebanksentralan, Evaluasi dan Pengawasan Lembaga Keuangan dan Perbankan, Manajemen Treasury, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dan sebagainya.

Pada program vokasi, biasanya akan banyak dilakukan praktik, seperti Praktik Komputer Perbankan, Praktik Pemasaran Lembaga Keuangan, Praktik Akuntansi Perbankan, Praktik Manajemen Risiko, Praktik Risiko Kredit, Praktik Pengukuran Kinerja Bank, Praktik Indikator Kesehatan Bank, dan lainnya.

Mata Kuliah Jurusan Keuangan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Keuangan, edufriends:

  1. Pengantar Akuntansi
  2. Manajemen Keuangan
  3. Hukum Komersial
  4. Business English for Banking
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Aplikasi Komputer
  7. Penganggaran Perusahaan
  8. Analisa Laporan Keuangan
  9. Akuntansi Perbankan
  10. Bank dan Lembaga Keuangan Lain
  11. Produk-Produk Bank
  12. Jasa-Jasa Bank
  13. Customer Service dan Etika Perbankan
  14. Audit Perbankan
  15. Lalu Lintas Pembayaran Luar Negeri
  16. Pasar dan Instrumen Keuangan
  17. Komunikasi Bisnis
  18. Manajemen Perkreditan Bank
  19. Manajemen Operasional
  20. Perpajakan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Keuangan

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  •  Senang bekerja sendiri
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Keuangan

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Keuangan dan Perbankan di Indonesia:

  1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  6. Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Semarang
  7. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Bandung
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Keuangan

ANALIS KREDIT

Memiliki tanggung jawab sebagai seseorang yang berkompeten untuk melakukan penilaian kredit dengan penuh dedikasi, jujur, objektif, dan sesuai dengan SOP dari bank. Secara spesifik analis kredit akan melakukan suatu penilaian berdasar kemampuan khusus dalam penilaian karakter calon peminjam. Apakah memenuhi standar willingness to pay atau dapat diberikan kepercayaan dan jujur dalam membayar tepat waktu. Kedua mengetahui kapasitas dari calon peminjam apakah dapat melunasi pinjaman. Ketiga menganalisis dengan baik track record peminjam atau nasabah tersebut selama memiliki akun di bank tersebut. Serta dapat melihat agunan atau objek yang dapat digunakan sebagai jaminan bila di tengah jalan terdapat kredit macet. Sehingga akan sangat cocok bila kamu yang memiliki kemampuan analisis dan ketelitian yang baik untuk memilih peluang posisi ini.

ACCOUNT OFFICER

Bila kamu adalah orang yang supel dan persuasif, account officer akan cocok untuk dipilih, karena dalam pekerjaannya akan selalu berhubungan dengan klien. Dapat dijabarkan bahwa tugas dari posisi ini antara lain melakukan pengenalan produk suatu perusahaan finansial atau bank yang berupa jasa kredit, pinjaman, deposito, dan juga asuransi. Selain itu, seorang AO dapat dikatakan adalah sebuah jembatan yang menghubungkan pihak bank dengan para nasabah, karena seorang AO haruslah selalu menjalin hubungan yang baik dan senantiasa mem-follow up para nasabahnya.

FUNDING OFFICER (FO)

Posisi ini cukup memegang peran yang tak kalah penting, di mana seorang FO bertugas sebagai pengumpul atau penghimpun dana dari para nasabah sebuah bank seperti dalam bentuk dana tabungan. Selain itu bila di lihat secara spesifik, tugas dari funding officer terbagi atas dua hal yaitu FO sebagai pembina relasi dengan para konsumen atau nasabah supaya tetap menyimpan dan memberi kepercayaan di bank tersebut sekaligus sebagai penghimpun dana tabungan. Kedua adalah fungsi seperti account officer sebagai penyampai informasi produk jasa bank.

PERBANKAN SYARIAH

Jangan mengira bahwa perbankan hanya melulu pada bank konvensional. Beberapa tahun ini bank syariah justru memiliki respons positif dari masyarakat dalam melakukan kegiatan kredit, menabung dan program lainnya. Faktanya manajemen finansial bank syariah jauh lebih aman dari bank konvensional. Hal ini dibuktikan bahwa di sistem perbankan syariah, para nasabah akan ditempatkan sebagai pemegang saham. Maka hal tersebut akan juga memperkuat investasi bank dan memperkuat keuntungan bank. Kamu juga diuntungkan karena skema keuntungan yang bersifat bagi hasil. Maka lewat penjelasan di atas, terlihat peluang yang semakin besar dalam perekrutan pegawai dalam bank syariah. Sehingga dapat dijadikan opsi yang sangat baik bagi kamu yang ingin masuk di dunia perbankan.

STARTUP TEKNOLOGI KEUANGAN

Sering disebut sebagai fintech atau financial technology yang saat ini sangat diminati para kaum milenial dalam urusan mengatur keuangannya yang erat kaitannya dengan teknologi. Di sini peran kamu sebagai seorang founder startup tersebut atau sebagai advisor keuangan dalam mengatur sistem aplikasi yang digunakan.

KONSULTAN KEUANGAN

Selain membuat sebuah startup atau menjadi pegawai, Kamu harus punya cukup nyali untuk membuat suatu konsultan keuangan. Konsultan keuangan adalah orang yang berkompeten untuk memberi nasihat finansial secara profesional. Baik untuk pengelolaan keuangan bagi individu atau perseorangan maupun organisasi. Serta perusahaan yang memiliki tantangan berupa masalah dalam manajemen pinjaman atau hutang, penentuan target keuangan secara long term.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari segala hal tentang ilmu-ilmu perbankan dan keuangan.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Bekerja di Lembaga Keungan, Instansi Pemerintahan, Perusahaan Perbankan, Staff administrasi, Marketing Perusahaan.

Apa jurusan yang masih mirip dengan Jurusan Keuangan dan Perbankan?

Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Keuangan Syariah, Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan, Manajemen Perbankan, Computerized Accounting dan Manajemen Aset.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *