Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Katolik Atma Jaya (UNIKA Atma Jaya)

 

Profil dan Sejarah

Universitas Katolik Atma Jaya, atau sering disebut Unika Atma Jaya, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1960 di Jakarta. Universitas ini merupakan hasil dari gagasan mengenai kemungkinan pembentukan suatu perguruan tinggi Katolik di Indonesia dalam rapat para Uskup se-Jawa pada Juni 1952. Gagasan tersebut terwujud setelah lahirnya Yayasan Atma Jaya pada tahun 1960 yang mendirikan Universitas Katolik Atma Jaya. Yayasan ini dibentuk oleh sekelompok cendekiawan muda Katolik, yaitu Ir. J.P. Cho, Drs. Lo Siang Hien-Ginting, Drs. Goei Tjong Tik, I.J. Kasimo, J.B. Legiman, S.H., Drs. F.X. Seda, Pang Lay Kim, Tan Bian Seng, Anton M. Moeliono, St. Munadjat Danusaputro, J.E. Tan, Ben Mang-Reng Say.

Nama Atma Jaya sendiri memiliki arti roh yang jaya, yang diharapkan dapat memberikan semangat untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut sesuai dengan orientasi utama dari Unika Atma Jaya, yaitu memiliki keunggulan akademis dan lulusan profesional.

Pada awal didirikan, Unika Atma Jaya belum dapat beroperasi secara mandiri. Unika Atma Jaya mendapatkan bantuan dari para suster Ursulin. Mereka memberikan bantuan berupa fasilitas ruang kuliah untuk Unika Atma Jaya di kompleks persekolahan Ursulin yang berada di Jalan Lapangan Banteng Utara dan kompleks Santa Theresia yang berada di Menteng.

Kini Unika Atma Jaya telah mengalami banyak perkembangan. Unika Atma Jaya memiliki delapan fakultas yang menaungi dua puluh satu program studi untuk program sarjana dan tujuh program magister untuk program pascasarjana. Fakultas tersebut terbagi di tiga lokasi kampus berbeda, yaitu Kampus Semanggi di Jakarta Selatan, Kampus Pluit di Jakarta Utara, dan Kampus BSD di Serpong. Unika Atma Jaya secara bertahap menempati kampus yang berada di Sudirman pada tahun 1967. Setelah itu, Unika Atma Jaya menempati kampus yang berada di Pluit untuk Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Atma Jaya (RSA), dan Rumah Duka Atma Jaya.

Unika Atma Jaya menjadi salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Indonesia. Beberapa tokoh terkenal, seperti Laura Basuki, Daddy Corbuzier, Ariel Tatum, Gading Marten, dan Marissa Anita merupakan alumni dari universitas ini. Unika Atma Jaya juga telah meraih beberapa penghargaan. Unika Atma Jaya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan persentase jabatan akademik dan sertifikat pendidik atau dosen terbanyak dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta serta berhasil masuk di jajaran tiga besar Skor Kinerja Penelitian Tertinggi berdasarkan Klasterisasi Pendidikan Tinggi Katergori Universitas Tahun 2020. Selain itu, Unika Atma Jaya juga berhasil mendapatkan peringkat ketiga sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia menurut QS Asia University Ranking 2021.

Visi dan Misi

Unika Atma Jaya memiliki visi dan misi yang dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pendidikan.

Visi yang dimiliki Unika Atma Jaya, yaitu “menjadi perguruan tinggi terkemuka yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional yang secara konsisten mewujudkan perpaduan antara iman kristiani, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Misi Unika Atma Jaya, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi untuk pengembangan ilmu, profesionalisme, dan karakter peserta didik.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan untuk kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS)
  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang IPTEKS untuk kepentingan masyarakat.
  4. Mengelola pendidikan tinggi secara efektif dan efisien dalam suasana akademik yang beretika dan bermartabat.

Akreditasi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya : A

Unika Atma Jaya memiliki akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2013 berdasarkan Surat Keterangan No.070/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013. Kemudian pada tahun 2016, Unika Atma Jaya memperbarui akreditasinya dan berhasil meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan Surat Keterangan No. 3007/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi tersebut berlaku mulai tanggal 20 Desember 2016 sampai tanggal 20 Desember 2021.

Fakultas dan Jurusan di Unika Atma Jaya

Biaya Kuliah di Unika Atma Jaya

Rincian biaya kuliah di Unika Atma Jaya dapat dilihat di sini.

Jurusan Saintek Akreditasi A di Unika Atma Jaya

Jurusan Soshum Akreditasi A di Unika Atma Jaya

Fasilitas

Unika Atma Jaya menyediakan berbagai fasilitas sebagai penunjang kegiatan pendidikan para mahasiswanya. Beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Perpustakaan
    Unika Atma Jaya menyediakan empat fasilitas perpustakaan yang terbuka untuk umum. Perpustakaan tersebut terbagi di dua kampus, yaitu tiga perpustakaan di Kampus Semanggi dan satu perpustakaan di Kampus Pluit. Perpustakaan di Kampus Semanggi meliputi Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat (PKPM), dan Perpustakaan Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB). Sedangkan perpustakaan di Kampus Pluit adalah Perpustakaan Kedokteran. Perpustakaan Pusat Unika Atma Jaya menyediakan fasilitas pencetakan dokumen yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.
  2. Laboratorium Komputer
    Terdapat sebanyak lima laboratorium komputer yang dimiliki Unika Atma Jaya. Empat di antara laboratorium komputer tersebut berada di Kampus Semanggi dan satu laboratorium komputer berada di Kampus Pluit.
  3. Gedung Aula Serbaguna
    Unika Atma Jaya memiliki empat gedung aula serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti rapat, seminar, pelatihan, lokakarya, kegiatan seni dan orkestra, serta pengukuhan guru besar. Keempat aula serbaguna tersebut, yaitu Aula D, Ruang Arinze, Ruang Lo Siang Hien Ginting, dan Auditorium Unika Atma Jaya.
  4. Sarana Olahraga
    Unika Atma Jaya menyediakan berbagai sarana olahraga yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Sarana olahraga tersebut berupa gelanggang olahraga indoor (Sport Hall), lapangan bulu tangkis indoor, dan sarana tenis meja. Gelanggang olahraga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan dan pertandingan olahraga.
  5. Poliklinik dan Ruang Bimbingan Konseling
    Polikinik Unika Atma Jaya merupakan fasilitas yang memberikan pelayanan mengenai masalah kesehatan fisik mahasiswa. Sedangkan Ruang Bimbingan Konseling Unika Atma Jaya memberikan pelayanan yang berhubungan dengan psikis mahasiswa, seperti mahasiswa yang memiliki masalah pribadi atau keluarga dan membutuhkan tempat curhat agar mendapat saran yang baik.
  6. Free Akses Internet
    Mahasiswa di seluruh area Kampus Semanggi dan Kampus Pluit dapat tersambung ke jaringan Wifi Unika Atma Jaya.
  7. Fasiltas Lainnya
    Beberapa fasilitas lain yang tersedia di Unika Atma Jaya, yaitu Drinking Fountain, Museum Anatomi, Gua Maria, Le Cafe by Hospitallity, Lab Fakultas Teknik, Lab PGSD, dan Lab Peradilan Semu Fakultas Hukum.

Beasiswa

Unika Atma Jaya menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa berprestasi, tetapi memiliki keterbatasan biaya. Beasiswa tersebut berasal dari lembaga pemerinta maupun swasta. Beberapa beasiswa yang bisa didapatkan di Unika Atma Jaya antara lain:

  1. Beasiswa Bidikmisi
  2. Beasiswa Jabodetabek
  3. Beasiswa ASAK ( Ayo Sekolah Ayo Kuliah)
  4. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  5. Beasiswa Reguler
  6. Beasiswa Lotte
  7. Beasiswa Pembangunan Jaya
  8. Beasiswa Pertiwi
  9. Beasiswa Perusahaan
  10. Beasiswa Smart
  11. Beasiswa Tempat Kost

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi Kampus Semanggi Unika Atma Jaya?

Di Jl. Jend. Sudirman No.51, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Ada berapa kampus yang dimiliki Unika Atma Jaya?

Unika Atma Jaya memiliki tiga kampus yang berada di tiga lokasi berbeda, yaitu Kampus Semanggi di Jakarta Selatan, Kampus Pluit di Jakarta Utara, dan Kampus BSD di Serpong, Banten.

Apa jurusan favorit di Unika Atma Jaya?

Jurusan favorit yang memiliki peminat terbanyak di Unika Atma Jaya, yaitu Kedokteran, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video