Jurusan Sastra Rusia

Jurusan Sastra Rusia

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Russia_[473x314]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Rusia

Jurusan Sastra Rusia mempelajari bahasa rusia, kebudayaan rusia, politik, militer, IPTEK dari zaman Rusia kuno Hingga kini. Jurusan ini akan mendidik mahasiswanya agar terampil, komunikatif, dan profesional berbahasa Rusia sesuai standar untuk memenuhi uji kompetensi level TRKI-2 (tes kemampuan bahasa Rusia untuk orang asing).

Melalui kemampuan berbahasa Rusia tersebut mahasiswa juga dididik untuk memiliki wawasan dalam bidang kesusastraan dan kebudayaan Rusia. Program studi Sastra Rusia di Indonesia hanya ada di dua universitas, yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (UNPAD). Gelar yang akan diperoleh untuk para lulusannya ialah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Kenapa Jurusan Sastra Rusia

Dibutuhkan banyak tenaga ahli di bidang Bahasa Rusia. Di bidang pariwisata, banyak dibutuhkan tenaga ahli bahasa Rusia untuk menangani turis-turis asal Rusia dan negara pecahan Uni Soviet. Di bidang diplomatik, lulusan Sastra Rusia sangat dibutuhkan untuk menjadi diplomat atau staf kedutaan Indonesia di Rusia dan negara-negara pecahan Uni Soviet. Selain itu, kamu dapat bekerja di instansi pemerintah, mulai dari Kemenlu, Kemenham, BIN (Badan Intelejen Negara), Lembaga Sandi Negara, Setneg, TNI, Polri, BUMN, Perbankan dan beberapa instansi swasta terutama di bidang pariwisata dan media massa serta wirausaha.

Selain bekerja, lulusan Sastra Rusia dapat melanjutkan program studi pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri, yaitu di universitas-universitas terbaik di Rusia dengan beasiswa dari pemerintah Federasi Rusia dan dari pemerintah RI melalui kemenkeu dalam program LPDP, edufriends.

Jurusan Sastra Russia_[473x314]

Keahlian Jurusan Sastra Rusia

✓ Kemampuan sastra

✓ Kemampuan linguistik

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan berdebat

✓ Menyukai budaya

✓ Kemauan belajar hal-hal baru

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

Jurusan Sastra Russia_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Rusia di Dunia Kerja

  • Kantor Kedutaan Rusia, Kamu berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Rusia yang ada di Indonesia
  • Kementerian Luar Negeri, Selain bekerja pada lembaga Rusia, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang berada di Rusia. Kamu dapat berkarir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS
  • Penerjemah, Menjadi seorang translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Kamu dapat menerjemahkan buku, makalah dan karya sastra Rusia ke dalam bahasa Indonesia
  • Penulis, Menjadi penulis dapat menjadi salah satu prospek kerja Sastra Rusia. Semua ilmu yang Kamu peroleh saat berada di bangku kuliah baik sastra, budaya, sejarah dan nilai sosial masyarakat Rusia bisa menjadi bahan utama risetmu sebagai penulis kekinian. Kamu bisa menulis buku atau menjadi blogger yang mengupas segala hal seputar Rusia
  • Ahli Bahasa, Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.
  • Akademisi, menjadi guru Bahasa Rusia. Bagimu yang senang mengajar dan berbagi ilmu, maka profesi ini sangat cocok untukmu. Jika ingin menjadi dosen, miliki gelar magister atau S2, edufriends
  • Penerjemah Bahasa, Translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Profesi ini bertugas menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa sumber ke bahasa Indonesia

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Rusia

Jurusan Sastra Rusia akan mendidikmu agar mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Rusia dan menganalisis gejala bahasa, sastra, dan budaya Rusia, negara-negara Slavia dan Eropa Timur lainnya.

Perkuliahan di jurusan ini akan mempelajari bahasa, sastra, dan budaya Rusia yang terbagi dalam berbagai mata kuliah meliputi 4 kemampuan dasar berbahasa asing: mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Pembelajarannya juga mencakup pengetahuan linguistik, kesusastraan, sejarah (politik, militer, IPTEK dari zaman Rusia kuno sampai sekarang) dan kebudayaan Rusia.

Peminatan Jurusan ada di semester lima dengan tiga spesialisasi yang dapat dipilih, yaitu Kesusastraan, Linguistik, dan Kajian Budaya. Tidak hanya itu, Lulusannya juga akan diberikan kemampuan pendukung seperti diplomasi, kewirausahaan, kepariwisataan Rusia sebagai penunjang kompetensi utama dan menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah di dunia kerja nasional maupun global, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Rusia

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Rusia edufriends:

  1. Seni atau Olahraga
  2. Bahasa Rusia I
  3. Pengantar Linguistik Rusia
  4. Perkembangan Prosa Rusia
  5. Sejarah Kekaisaran Rusia
  6. Bahasa Inggris
  7. Bahasa Rusia II
  8. Fonetik dan Fonologi Rusia
  9. Sejarah Sovyet dan Federasi Rusia
  10. Dasar-dasar Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan
  11. Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  12. Bahasa Rusia III
  13. TerjemahanRusia-Ind
  14. Morfologi Rusia
  15. Kajian budaya Populer Rusia
  16. Kajian Puisi Rusia
  17. Pengantar kesenian Rusia
  18. Kajian Drama Rusia
  19. Analisa Teks Rusia
  20. Sastra dan Masyarakat Rusia
  21. Bahasa Rusia untuk Bisnis
  22. Sejarah Eropa Timur
  23. Sintaksis Rusia
  24. Kritik Satra Rusia
  25. Masyarakat danPemerintahan Rusia
  26. HAM & Demokrasi di Rusia

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Rusia

  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Rusia

Hanya ada dua universitas terbaik terakreditasi A oleh BAN-PT untuk Jurusan Sastra Rusia di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Rusia

PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Setelah lulus dari Sastra Rusia kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional milik Rusia. Lulusannya biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Inggris, kamu juga kesempatan untuk bekerja di Rusia lho, edufriends.

DIPLOMAT

Prospek kerja lulusan Sastra Rusia tentu sangat besar untuk menjadi diplomat dengan kemampuan komunikasi bahasa Rusianya. Tugas seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara di suatu negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang terbaik sehingga negara yang diwakilkan dapat memperoleh keuntungan.

LEKSIKOGRAFER

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika kamu lulusan Sastra Rusia dan sangat menyukai bahasa Rusia, maka profesi sebagai ini dapat menjadi pilihan.

PUBLIC RELATION

Jika suka menulis, mampu berbahasa Rusia secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation bertugas merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness. Kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorangpublic relation.

WRITER

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Sastra Rusia adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau buku cerita yang berdasarkan dari cerita-cerita tradisional Rusia. Di Jurusan ini, kamu juga akan diajarkan untuk mengulik berbagai macam karya sastra seperti kritik sastra.

TOUR GUIDE

Suka jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang, pilihan karier sebagai pemandu wisata cocok untukmu. Kamu bisa memandu wisatawan Rusia saat berlibur di Indonesia bahkan bisa memandu masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Rusia, Asyik bukan? Seorang pemandu wisata bertugas menjelaskan informasi obyek wisata yang dikunjungi. Selain itu, tak jarang pemandu wisata bertugas memastikan lancarnya perjalanan wisata, edufriends.

EDITOR

Editor atau Penyunting Bahasa, Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editorpun kian bertambah. Terlebih banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

JURNALIS

Wartawan, jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dimuat di media massa seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya, seorang jurnalis diharapkan menulis sebuah berita secara objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

INTERPRETER

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra Rusia yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun mirip dengan translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa inggris secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia berlatar bahasa yang berbeda.

TENAGA PENGAJAR

Semakin banyak yang ingin belajar Bahasa Rusia, membuat kebutuhan akan seorang pengajar semakin meningkat. Jika kamu suka bahasa ini dan senang berinteraksi dengan orang lain maka menjadi pengajar merupakan pilihan yang tepat. Baik itu pengajar di suatu lembaga pendidikan bahasa Rusia, mengajar siswa SD, SMP, dan SMA, atau menjadi Dosen dengan minimal pendidikan S2/Magister.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah saja yang dipelajari di Jurusan Sastra Rusia?

Mempelajari bahasa rusia, kebudayaan rusia, politik, militer, iptek dari zaman Rusia kuno sampai sekarang.

Apa saja prospek kerjanya?

Lulusan program studi ini dapat diserap oleh berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Kompetensi lulusan meliputi kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan secara luas, sehingga lulusan siap dengan kondisi pekerjaan yang tersedia. Hal itu terjadi karena selain kompetensi tersebut, mereka ditunjang juga oleh kompetensi lain yang dapat mendukung kebutuhan kerja, antara lain kepariwisataan, diplomasi, dan kewirausahaan.

Apa saja spesialisasi di Jurusan Sastra Rusia?

Pilihan peminatan Sastra Rusia: Linguistik - Sastra - Kajian Budaya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *