Universitas Sanata Dharma (USD) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Sanata Dharma (USD)

Profil

Universitas Sanata Dharma (USD) merupakan perguruan tinggi Katolik yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1955 di Yogyakarta. Nama Sanata Dharma memiliki arti “kebaktian yang sebenarnya” atau “pelayanan yang nyata” yang ditujukan pada tanah air dan gereja (Pro Patria et Eclessia).

Universitas Sanata Dharma pada awalnya merupakan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Sanata Dharma, yang digagas oleh Prof. Moh. Yamin, S.H. PTPG Sanata Dharma dibentuk dari hasil penggabungan antara kursus B1 Mendidik milik Yayasan De Britto di Yogyakarta dan B1 Bahasa Inggris milik Yayasan Loyola di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1955 dan diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 17 Desember 1955.

Pada bulan November 1958, PTPG Sanata Dharma menjadi bagian dari Universitas Katolik Indonesia cabang Yogyakarta, yaitu sebagai Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Sanata Dharma. Meskipun pada saat itu menjadi bagian dari Universitas Katolik Indonesia, FKIP Sanata Dharma tetap menjalankan kegiatan pendidikannya secara mandiri. Karena itu, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 237 / B – Swt / U / 1965, FKIP Sanata Dharma berubah menjadi IKIP Sanata Dharma sehingga secara resmi menjadi lembaga pendidikan yang berdiri sendiri.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, IKIP Sanata Dharma pun dikembangkan menjadi Universitas Sanata Dharma pada tanggal 20 April 1993 berdasarkan SK Mendikbud No. 46/D/O/1993. Setelah mengalami perubahan ini, USD terus berusaha untuk meningkatkan dan memperluas sistem pendidikannya dengan menambah beberapa fakultas dan program studi baru. Kini Universitas Sanata Dharma memiliki 8 Fakultas yang menaungi 25 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Profesi, 8 Program Studi Magister, dan 1 Program Program Studi Doktor.

Universitas Sanata Dharma juga terus berusaha mengembangkan berbagai aspek lainnya, seperti sarana dan prasarana kampus, layanan administrasi, mutu akademik, penelitian, pengajaran, serta pengabdian pada masyarakat. selain itu, USD juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan USD, yaitu Universitas Kristen Maranatha, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Tomsk State University, University of Deusto, Sogang University, Dongseo University, dan Kyoto Sangyo University.

Visi, Misi, dan Nilai-Nilai

Universitas Sanata Dharma memiliki visi, misi, dan nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki USD adalah “Menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat”

Misi yang dimiliki USD antara lain:

  1. Mengembangkan sistem pendidikan holistik yang merupakan perpaduan keunggulan akademik dan nilai-nilai kemanusiaan melalui pendekatan yang berciri cura personalis, dialogis, pluralistik, dan transformatif
  2. Menciptakan komunitas akademik Universitas yang mampu menghargai kebebasan akademik serta otonomi keilmuan, mampu bekerja lintas ilmu, dan lebih mengedepankan kedalaman daripada keluasan wawasan keilmuan dalam usaha menggali kebenaran lewat kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menghadirkan pencerahan yang mencerdaskan bagi masyarakat melalui publikasi hasil kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerja sama, dengan berbagai mitra yang memiliki visi serta kepedulian yang sama, dan pemberdayaan para alumni dalam pengembangan keterlibatan nyata di tengah masyarakat

Nilai-Nilai dasar yang dimiliki USD, yaitu:

  • Mencintai Kebenaran
  • Memperjuangkan Keadilan
  • Menghargai keberagaman
  • Menjunjung Tinggi Keluhuran Martabat Manusia

Akreditasi Universitas Sanata Dharma (USD) : A

Universitas Sanata Dharma mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 2993/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 20 Desember 2021.

Biaya Kuliah di Universitas Sanata Dharma (USD) 2019/2020

Rincian biaya kuliah di Universitas Sanata Dharma dapat dilihat di sini.

Jurusan Akreditasi A di Universitas Sanata Dharma

Fasilitas

Universitas Sanata Dharma menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki USD, yaitu:

  1. Perpustakaan Pusat USD.
    Perpustakaan Universitas Sanata Dharma memiliki memiliki perpustakaan yang menyediakan berbagai koleksi, seperti buku, majalah, koran, skripsi, dan tugas akhir dari mahasiswa. Di perpustakaan ini, mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia. Selain itu, USD juga memiliki perpustakaan Korea yang menyediakan berbagai koleksi mengenai bahasa dan budaya Korea, seperti buku materi, buku tentang budaya, komik, buku masakan korea, serta koleksi film korea. Koleksi tersebut merupakan kerja sama Lembaga Bahasa USD dengan Korean Foundation untuk mendukung kegiatan pembelajaran Bahasa Korea di Lembaga Bahasa.
  2. Laboratorium Multimedia Komputer
    Universitas Sanata Dharma menyediakan laboratorium bahasa multimedia berbasis komputer untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Melalui laboratorium ini, tenaga pengajar dapat mengamati kegiatan mahasiswa secara langsung melalui komputernya.
  3. Guest Room.
    Universitas Sanata Dharma memiliki Gues Room Realino yang dapat digunakan oleh mahasiswa asing yang belajar di Lembaga Bahasa. Gues Room Realino terdiri dari delapan kamar yang setiap kamarnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti dua buah tempat tidur, kamar mandi dalam, Air Conditioner (AC), dan pemanas air. Selain itu, tempat ini memiliki tempat parkir untuk mobil dan motor sehingga dapat diakses dengan mudah.
  4. Laboratorium Bahasa Audio
    Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma memiliki 2 Laboratorium Bahasa untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai yang mendukung presentasi multimedia dengan memungkinkan mahasiswa untuk dapat membagikan data dari komputer mahasiswa ke jaringan laboratorium. Laboratorium ini juga mampu menampilkan kualitas audio dan video yang sangat baik. selain itu, di laboratorium ini, mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan mengerjakan soal-soal secara langsung melalui students booth.
  5. Fasilitas Ibadah
    Universitas Sanata Dharma memiliki gereja di lingkungan kampus untuk mendukung dan memudahkan kegiatan ibadah warga kampusnya.
  6. Fasilitas Olahraga
    Universitas Sanata Dharma menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya.
  7. Tempat Parkir
    Universitas Sanata Dharma menyediakan area parkir yang cukup luas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi ke kampus.
  8. Fasilitas Lainnya
    Beberapa fasilitas lain yang terdapat di Universitas Sanata Dharma, yaitu gedung teater, gedung serbaguna, tempat diskusi, jaringan internet gratis, berbagai laboratorium fakultas, dan poliklinik.

Beasiswa

Universitas Sanata Dharma Universitas Udayana menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di USD berasal dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa yang terdapat di USD, yaitu Beasiswa Sanata Dharma Student Fund (SDSF), Beasiswa Cerdas dan Humanis, Beasiswa Driyarkara, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Toyota dan Astra, Beasiswa APTIK Mentawai, Beasiswa Kutai Barat, Beasiswa Nias Barat, Beasiswa Mimika, Beasiswa Belu, Beasiswa Keuskupan Sorong, Beasiswa Pegunungan Bintang, Beasiswa KBKK Mentawai, Beasiswa Alumni NTT, serta Beasiswa VDMS. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di USD dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Ada jurusan apa saja di Universitas Sanata Dharma?

Ekonomi, Farmasi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Psikologi, Sains dan Teknologi, Sastra, Teologi, Program Magister (S2), Program Doktor (S3)

Universitas Sanata Dharma terakreditasi apa?

Universitas Sanata Dharma mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2016.

Kapan Universitas Sanata Dharma pertama kali didirikan?

Universitas Sanata Dharma (USD) merupakan perguruan tinggi Katolik yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1955 di Yogyakarta. Nama Sanata Dharma memiliki arti “kebaktian yang sebenarnya” atau “pelayanan yang nyata” yang ditujukan pada tanah air dan gereja (Pro Patria et Eclessia).

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video