Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Profile
  

Universitas Pendidikan Ganesha

“Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna”, itulah moto Universitas Pendidikan Ganesha. Moto tersebut memiliki arti “Kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti.” Universitas Pendidikan Ganesha atau yang akrab disebut Undiksha adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Singaraja, Bali.

Undiksha sebagai perguruan tinggi yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dikembangkan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kampus berlogo Dewa Ganesha ini mampu menghasilkan tenaga kependidikan dan non kependidikan dengan kemampuan akademis-profesional tinggi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sesuai dengan pedoman Tri Dharma perguruan tinggi, Undiksha berupaya melahirkan sumber daya manusia yang unggul dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Universitas Pendidikan Ganesha menempati peringkat ke-1 sebagai Universitas Pendidikan terbaik di Provinsi Bali. Undiksha berhasil menempati posisi ke-58 sebagai universitas terbaik di Indonesia  versi 4ICU 2021.

Orientasi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai institusi pendidikan tinggi negeri ialah merealisasikan mandat dalam mencetak sumber daya manusia dalam bidang kependidikan dan non kependidikan. Undiksha menjadi pencetak sumber daya manusia pendidik terbesar di Bali. Universitas yang telah didirikan sejak tahun 2006 ini berhasil mencetak lebih dari 33.000 lulusan yang sebagian besar merupakan tenaga pendidik.

Awal mula berdirinya Undiksha ditandai dengan adanya kursus B-1 untuk menyediakan Guru Bahasa Indonesia di tahun 1955 dan Guru Perniagaan di tahun 1957. Kedua kursus tersebut diperuntukkan bagi tingkat SMA. Kemudian di tahun 1962, kedua kursus yang telah dibentuk tergabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) Universitas Airlangga. Tak perlu waktu lama, di tahun yang sama FKIP sepakat bergabung dengan Universitas Udayana. Pada tahun berikutnya secara resmi menjadi bagian dari IKIP Malang cabang Singaraja.

Tahun 1968, FKIP dibagi menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana. Setelah melewati proses yang cukup panjang, kedua kursus di atas akhirnya ditetapkan menjadi Universitas Pendidikan Ganesha berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 2006. Dibangun di atas tanah yang terpelihara subur, Undiksha kini memiliki 62 program studi yang terakreditasi. Berikut tautan video profil Universitas Pendidikan Ganesha.

Visi Undiksha:

“Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Pada Tahun 2045”

Misi Undiksha:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif.

Tujuan Undiksha:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan universitas lain dalam mengisi pasar kerja.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara bersama-sama atau dalam bentuk tim di tempat kerja.
  3. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan kelestarian alam dalam menjalankan tugas.
  4. Menghasilkan karya penelitian yang mampu bersaing dengan karya-karya penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika universitas lain.
  5. Menghasilkan karya penelitian yang dilakukan secara bersama-sama dengan sivitas akademika lain dan/atau masyarakat, baik yang berasal dari dalam maupun luar Undiksha.
  6. Menghasilkan karya penelitian yang memiliki kebaruan.
  7. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang mampu bersaing dengan karya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh universitas lain.
  8. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersama-sama antar sivitas akademika dan/atau pegawai, baik yang berasal dari dalam maupun luar Undiksha.
  9. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan atas permintaan masyarakat.
  10. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang memiliki kebaruan.
  11. Menghasilkan kerjasama nasional, regional, dan internasional yang saling menguntungkan.

Akreditasi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) : A

Fakultas dan Jurusan di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Biaya Kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Rincian biaya kuliah di Universitas Pendidikan Ganesha dapat disimak pada tautan berikut.

https://undiksha.ac.id/pmb/snmptn/pembiayaan/

Jurusan Favorit di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Fasilitas

Berdiri di atas lahan seluas 32,10 hektar, Undiksha memiliki berbagai fasilitas sebagai berikut.

1. Perpustakaan

Perpustakaan hadir sebagai sarana penunjang dalam mendapatkan sumber ilmu pengetahuan. Keberadaan perpustakaan sangat penting bagi instansi pendidikan tinggi untuk kemajuan dan perkembangan institusi itu sendiri. Memiliki luas 242 m2, fasilitas Perpustakaan Undiksha mampu menyimpan 4.275 judul buku dengan jumlah koleksi total sebanyak 37.818 eksemplar.

2. UPT TIK

UPT TIK merupakan unit yang menjadi pusat pelayanan sistem teknologi dan komunikasi. Sebagai pusat informasi, fasilitas UPT TIK terletak di pusat Undiksha. UPT TIK menjadi tempat untuk menemukan berbagai informasi, seperti program semester mahasiswa, IPK mahasiswa, e-learning, jadwal mata kuliah, dan internet hotspot serta pendaftaran program kursus siswa secara online.

3. Laboratorium

Laboratorium yang didirikan di atas lahan seluas 5.118 m2, memiliki 70 unit yang berbeda. Laboratorium dengan 70 unit yang berbeda, terdiri dari unit-unit biologi, komputer, elektro, fisika, kimia, dan bahasa. Laboratorium tersebut memfasilitasi berbagai keperluan mahasiswa dalam belajar dan berlatih sesuai dengan  kemampuan yang mereka miliki.

4. Auditorium

Berbagai fasilitas di Universitas Pendidikan Ganesha disediakan untuk mendukung kegiatan mahasiswa. Ruang auditorium menjadi fasilitas  penting dalam menunjang kegiatan kampus. Ruang auditorium mewah berdesain artistik yang dimiliki Universitas Pendidikan Ganesha mempunyai daya tampung 800 kursi yang diperuntukkan bagi lulusan di lantai pertama dengan daya tampung pengunjung mencapai 2.000 orang. Auditorium Undiksha memiliki tata panggung yang lengkap untuk melangsungkan upacara wisuda, perayaan dies natalis, penyelenggaraan pameran, aksi panggung, dan kegiatan lain dalam skala besar.

5. Ruang Seminar

Ruang seminar menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting bagi sebuah kampus. Ruangan ini kerap digunakan untuk seminar akademik, lokakarya, dan acara pertemuan. Ruang seminar Undiksha ini memiliki daya tampung 150 orang.

6. Fasilitas Olahraga

Olahraga memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan. Ketersediaan fasilitas olahraga yang mendukung diharapkan dapat membuat mahasiswa terbantu dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kemampuan berolahraga. Fasilitas olahraga yang dimiliki Universitas Pendidikan Ganesha berupa lapangan sepak bola, basket, voli, tenis, dan bulu tangkis.

7. Internet Hotspot

Layanan internet memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang proses belajar-mengajar di lingkungan perguruan tinggi. Layanan internet Undiksha dapat digunakan di seluruh area kampus dengan akses yang tak terbatas. Selain mendukung proses perkuliahan, fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk memperkaya wawasan mahasiswa.

8. Laboratorium Pendidikan Sekolah

Tersedianya laboratorium pendidikan sekolah menjadi perhatian yang besar bagi Universitas Pendidikan Ganesha. Undiksha sebagai pencetak tenaga pendidik terbesar di Bali memiliki laboratorium pendidikan sekolah yang terdiri atas TK, SD, SMP, dan SMA. Laboratorium pendidikan sekolah berfungsi sebagai untuk berlatih dan belajar siswa, serta melakukan penelitian di bidang pendidikan bagi dosen Undiksha.

9. Ruang teater

Berbicara soal seni teater, Undiksha  menyiapkan ruang teater sebagai tempat untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pertunjukan seni seperti opera dan drama teater. Fasilitas ruang teater dapat ditemui di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

10. Studio seni

Studio seni adalah sebuah tempat untuk memamerkan beberapa hasil karya seni. Bagi mahasiswa penggiat seni, Undiksha menyediakan fasilitas studio seni yang dapat digunakan untuk banyak hal, seperti kerajinan, lukisan, dan patung. Lokasi studio seni berada di Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha.

11. Asrama kampus

Salah satu fasilitas penting pendukung kegiatan akademik di lingkungan kampus Undiksha ialah asrama mahasiswa. Fasilitas asrama sebagai hunian atau bangunan tempat tinggal dapat  ditinggali mahasiswa asli dan mahasiswa asing. Asrama kampus Undiksha menyediakan 88 kamar dengan tempat tidur, Asrama yang dibangun menyuguhkan pemandangan indah dengan jarak yang cukup dekat ke kampus.

12. Pura

Fasilitas yang satu ini dapat kalian temukan di Universitas Pendidikan Ganesha. Di dalam kampus Undiksha sendiri terdapat Pura sebagai tempat beribadah mahasiswa beragama Hindu untuk berdoa. Jadi, mahasiswa dapat beribadah di kampus dengan nyaman.

13. Konseling

Universitas Pendidikan Ganesha menyediakan bimbingan konseling untuk mendampingi serta menemani mahasiswa dalam menyelesaikan masalah akademik dan non akademik. Pelayanan konseling ini ditangani langsung oleh konselor berpengalaman. Layanan konseling Undiksha mambantu mahasiswa dalam menyelesaikan studi, memilih dan mencari pekerjaan. Bagi mahasiswa yang membutuhkan fasilitas konseling ini dapat menghubungi nomor berikut.

Informasi: (+6281246318813).

14. Unit pelayanan bahasa

Universitas yang berdiri sejak tahun 2006 ini memiliki fasilitas unit pelayanan bahasa yang dimulai pada tahun 2012. Unit pelayanan bahasa Undiksha menjalankan beberapa program, seperti Darmasiswa, Kurbias (Kursus bahasa Inggris awal semester) untuk Fakultas MIPA, dan Kursus bahasa Inggris untuk siswa dan dosen, Unit ini juga menyediakan layanan penerjemahan berbagai jenis dokumen seperti abstrak dan artikel. Selain itu, tersedia pelayanan tes institusional TOEFL dari IIEF Jakarta.

Beasiswa

– KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan pengganti program beasiswa Bidikmisi yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi dengan potensi akademik baik. Pemerintah menyediakan kuota beasiswa sebanyak 200.000 kursi untuk KIP Kuliah tahun 2021. Bantuan ini tersebar secara merata di seluruh perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta tanah air. Bentuk bantuan yang diberikan berupa pembebasan biaya kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan.

– Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi adalah program pemerintah dalam memberikan bantuan kepada mahasiswa yang memiliki keterjangkauan akses jenjang pendidikan tinggi. Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari Papua, Papua Barat, dan daerah 3T. Sama halnya dengan beasiswa KIP Kuliah, beasiswa afirmasi ini memberikan bantuan berupa biaya pendidikan yang dikirimkan langsung ke perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup setiap bulan.

– Bank Indonesia (BI)

Bank Indonesia menawarkan beasiswa bagi mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1 di pelbagai perguruan tinggi tanah air. Program beasiswa yang dicanangkan Bank Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 2011. Ada dua jenis beasiswa yang diberikan Bank Indonesia, yaitu Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Reguler. Kedua jenis beasiswa tersebut memiliki beberapa perbedaan seperti persyaratan dan nominal bantuan. Untuk nominal Beasiswa Unggulan sebesar Rp 1.500.000 setiap bulan dan untuk nominal Beasiswa Reguler sebesar Rp 1.000.000 setiap bulan.

– Beasiswa Lain

Beasiswa lain yang ditawarkan kepada mahasiswa Undiksha, antara lain Beasiswa Masuk Universitas (BMU), Beasiswa Bank BRI, Beasiswa Bank BNI, dan Beasiswa Pemda Bali.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Bali

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp900.000)
Rata-rata (Rp1.350.000)
Tertinggi (Rp1.800.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp450.000)
Rata-rata (Rp. 413.500)
Tertinggi (Rp1.800.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)?

Ada di Jl. Udayana No.11, Banyuasri, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116

Apa saja jalur seleksi masuk Undiksha?

Terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tahun 2020 dengan mekanisme seleksi yang berbeda, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan SBMJM.

Apakah akreditasi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)?

A

Bagaimana sistem biaya kuliahnya?

Berbasis UKT

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video