Universitas Narotama (UNNAR) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Narotama (UNNAR)

Profil

Universitas Natotama, atau disingkat Unnar, merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 8 Februari 1981 di Surabaya, Jawa Timur. Unnar didirikan atas semangat dan keinginan sekelompok Dosen dari Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) serta beberapa tokoh masyarakat, yaitu Moh. Noer (mantan Gubernur Jawa Timur), Drs. Muhadji Widjaja (mantan Wali kota Surabaya), dan Brigjen Blegoh Soemarto (mantan Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya) yang ingin ikut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka sepakat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya karena banyak lulusan SLTA yang tidak dapat ditampung oleh perguruan tinggi di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, pada saat itu.

Untuk mewujudkan gagasan pendirian perguruan tinggi tersebut, dibentuk Yayasan Pawiyatan Gita Patria sebagai Badan Hukum Pembina PTS pada tanggal 20 Februari 1981. Kemudian yayasan ini mendirikan perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Narotama. Nama Narotama sendiri merupakan nama seorang tokoh sejarah Mahapatih dari Prabu Airlangga, yang juga merupakan guru ilmu kenegaraan serta guru agama dan ilmu kedigdayaan.

Saat ini Universitas Narotama telah mengalami berbagai perkembangan. Unnar telah mengembangkan program pendidikan dengan memiliki 5 (lima) fakultas yang menaungi 12 (sepuluh) program studi untuk jenjang sarjana dan magister. Fakultas tersebut terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Ilmu Pendidikan. Unnar juga berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan dengan masuk nominasi 5 besar universitas swasta terbaik se-Jawa Timur. Selain itu, Unnar juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan Unnar, yaitu Universitas Mercu Buana, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universiti Malaysia Kelantan, University of Derby, Universiti Kebangsaan Malaysia, University Malaysia Pahang, dan Erasmus+.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Narotama memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki Unnar adalah “Terwujudnya Universitas yang Modern dan Bermutu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tahun 2025.”

Misi yang dimiliki Unnar, yaitu “Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman melalui, kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya saing global dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.”

Unnar memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menjadi Universitas yang mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menjadi universitas yang mampu menciptakan proses dan pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bertata kelola baik (Good University Governance), serta memiliki daya saing tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menjadi Universitas yang mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermutu dan menghasilkan penemuan-penemuan inovatif.

Informasi Pendaftaran

Pendafataran masuk Universitas Narotama dapat dilakukan secara online. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran di situs resmi Universitas Narotama https://pmb.narotama.ac.id/. Berikut beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran secara online:

  1. Formulir pendaftaran online Universitas Narotama tidak boleh digunakan untuk melakukan uji coba. Pendaftar dapat dikenakan sanksi jika terjadi penyalahgunaan yang bertentangan dengan hukum dalam penggunaan formulir online ini.
  2. Data yang diisikan pada formulir pendaftaran online harus berupa data valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Apabila nantinya ditemukan ketidaksesuaian dengan data asli, proses pendaftaran akan dibatalkan.
  3. Formulir pendaftaran ini berada dalam lingkup Biro Admisi dan Registrasi Universitas Narotama.
  4. Calon mahasiswa yang telah melakukan pembayaran uang pendaftaran akan langsung mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Jumlah biaya pendaftaran di Universitas Narotama, yaitu:
    Rp500.000,00 untuk Program Sasjara (S1)
    Rp1.000.000,00 untuk Program Magister (S2)

Setelah memahami dan mengikuti ketentuan tersebut, calon mahasiswa dapat langsung mengisi formulir pendaftaran. Kemudian, calon mahasiswa perlu mengonfirmasi data yang telah diisi. Tahap selanjutnya adalah persiapan test online. Setelah melakukan persiapan, calon mahasiswa dapat login untuk melakukan test online. Selanjutnya, calon mahasiswa perlu melakukan pembayaran pendaftaran dan uang pangkal, sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Setelah melewati semua tahapan tersebut, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) serta cetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Akreditasi Universitas Narotama (UNNAR) : B

Universitas Naratoma mendapatkan akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 2997/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 20 Desember 2021.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Narotama (UNNAR)

Biaya Kuliah di Universitas Narotama (UNNAR) 2019/2020

Rincian biaya kuliah di Universitas Narotama dapat dilihat di sini.

Jurusan Saintek di Universitas Narotama

Jurusan Soshum di Universitas Narotama

Fasilitas

Universitas Narotama menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki Unnar, yaitu:

  1. Sistem Informasi Akademik
    Sistem informasi akademik Universitas Narotama menyediakan berbagai pelayanan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Beberapa informasi yang tersedia pada sistem ini, yaitu transkrip nilai, profil mahasiswa, pembayaran, mata kuliah yang Sudah & Belum Diambil, dan informasi lainnya. Melalui sistem informasi akademik ini, proses penyampaian informasi kepada mahasiswa menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Laboratorium
    Universitas Narotama memiliki berbagai laboratorium untuk mendukung kegiatan praktik dan eksperimen mahasiswa. Beberapa laboratorium yang terdapat di Unnar, yaitu Laboratorium Komputer, Laboratorium teknik sipil, Laboratorium pendidikan Guru PAUD, dan Laboratorium Akuntansi.
  3. Ruang Kuliah
    Universitas Narotama menyediakan ruang kuliah yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti AC dan proyektor.
  4. Perpustakaan
    Perpustakaan Universitas Narotama memiliki koleksi buku dalam bentuk fisik maupun online. Koleksi yang tersedia di perpustakaan ini akan sangat berguna bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia. Selain itu, perpustakaan Unnar juga berfungsi sebagai foreign culture center dengan hadirnya Podjok Perancis dan Podjok China.
  5. Fasilitas Ibadah
    Universitas Narotama memiliki masjid di lingkungan kampus untuk mempermudah kegiatan ibadah warga kampusnya. Selain sebagai tempat ibadah, mahasiswa dapat menggunakan masjid ini untuk kegiatan keagamaan lainnya.
  6. Fasilitas Olahraga
    Universitas Narotama menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya. Beberapa fasilitas olahraga yang terdapat di Unnar, yaitu lapangan futsal, arena latihan bela diri, lapangan panahan,serta area fitnes.
  7. Jaringan Internet Gratis
    Jaringan internet gratis yang tersedia di Universitas Narotama akan sangat mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswanya. Jaringan internet ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa Unnar yang berada di area kampus.
  8. Auditorium
    Ruang auditorium Universitas Narotama biasa digunakan untuk berbagai kegiatan atau acara besar kampus, seperti wisuda mahasiswa dan seminar ilmiah.
  9. Tempat Parkir
    Mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi menuju kampus tidak perlu mengkhawatirkan tempat parkir kendaraannya karena Universitas Narotama menyediakan area parkir yang cukup luas untuk mahasiswa.

Beasiswa

Universitas Narotama menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa yang terdapat di Unnar, yaitu Beasiswa Bantuan Prestasi Mahasiswa (BPM), Beasiswa Jalur Prestasi (JaPres), Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Program Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM), serta Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di Unnar dapat dilihat di sini.

Biaya Hidup Di Surabaya

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp720.000)
Rata-rata (Rp900.000)
Tertinggi (Rp.1.350.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp300.000)
Rata-rata (Rp600.000)
Tertinggi (Rp1.000.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Universitas Narotama Akreditasi Apa?

Universitas Narotama mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2016.

Dimana Lokasi Universitas Narotama?

Universitas Narotama berkolasi di Jl. Arief Rachman Hakim 51, Sukolilo – Surabaya (60117)

Fakultas Apa Saja yang Ada Di Universitas Narotama?

fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas ilmu komputer, dan fakultas ilmu pendidikan

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video