Profesi Patiseri

Profesi Patiseri

Gaji Patiseri

Rp 4.5Jt - Rp 10Jt / Bulan

Pendidikan Patiseri

S1 Baking and Pastry Art

Sertifikasi Patiseri

Pelatihan dan Sertifikasi Pastry

Daftar Isi

Deskripsi Patiseri

Patiseri atau yang dikenal dalam bahasa asalnya Pâtissier, merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk membuat kue dan dessert, seperti pastry, roti, mousse, kue kering, dan masih banyak lainnya. Patiseri merupakan bahasa serapan dari bahasa Prancis yaitu Pâtissier dan pâtissière untuk penyebutan chef pastry perempuan. Tanggung jawab seorang Patiseri tidak hanya membuat kue yang  nantinya akan dijual atau disajikan di toko, melainkan juga menciptakan resep, mempersentasikan kue yang dibuat dengan seindah mungkin, mengatur dan merencanakan menu yang nanti akan dihidangkan ke konsumen, dan masih banyak lagi.

Peran dan Tanggung Jawab Patiseri

  • Bertanggung jawab untuk membuat dessert dan roti khas Eropa dan Prancis seperti Tiramisu cake, Opera cake, Baguette, dan masih banyak lainnya.
  • Meriset tren yang berkembang di konsumen, agar dapat berinovasi dalam pembuatan resep-resep baru dan memberikan evaluasi pada hasil resepnya.
  • Merencanakan dan mengatur berbagai jenis hidangan pastry yang akan dijual di toko.
  • Bertanggung jawab dengan stok bahan kue dan biaya operasional. Mulai dari biaya bahan kue, peralatan makan, dan lain-lain.

Keterampilan dan Pengetahuan Patiseri

  • Seorang Patiseri harus memiliki pengetahuan bahan yang baik. Pasalnya, bahan-bahan dalam pembuatan dessert atau makanan penutup sangatlah banyak dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Contoh sederhananya seperti tepung, seperti yang kita tahu tepung mempunyai banyak jenis seperti tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan masih banyak lagi yang mana setiap jenis tepung tersebut pasti memiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, seorang Patiseri harus belajar tentang kandungan gizi.
  • Dalam profesi Patiseri, garnishing dan platting  merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting. Pasalnya, selain harus membuat hidangan yang dapat memanjakan lidah, seorang Patiseri juga dituntut dapat mempersentasikan hidangannya seindah dan semenarik mungkin.
  • Matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian juga sangat penting untuk profesi Patiseri. Karena untuk membuat dessert  yang enak, dibutuhkan takaran bahan kue yang tepat. Selain itu, matematika dasar juga sangat berguna ketika seorang Patiseri sedang membuat resep baru. Pasalnya, jika takaran bahan kue kurang atau lebih dari 1 gram saja, maka rasa dan tekstur dessert tersebut akan berbeda.

Kepribadian Patiseri

Sabar

Seorang Patiseri harus mempunyai kesabaran yang ekstra, karena kebanyakan dessert atau makanan penutup akan memakan waktu sekitar dua-tiga jam, mulai dari mempersiapkan bahan hingga menyediakannya ke pelanggan. Selain itu, dalam proses pembuatannya seorang Patiseri harus sabar dan teliti dalam menakar setiap bahan, pasalnya jika kelebihan atau kurang satu gram saja maka hasilnya akan berbeda. Begitu pula dalam proses memanggang, dessert yang dipanggang kurang dari satu menit dan dessert yang dipanggang lebih dari satu menit dari waktu yang seharusnya, hasilnya akan jauh berbeda.

Kreatif

Seorang Patiseri harus memiliki jiwa seni yang tinggi dan kreatif. Lantaran, Patiseri Chef harus meriset kue-kue apa yang sedang tren di pelanggan dan tampilan seperti apa yang mereka suka.

Pantang Menyerah

Seorang Patiseri Chef, pasti tidak bisa lepas dari eksperimen resep baru. Dalam proses tersebut pasti akan mengalami banyak kegagalan sebelum menemukan resep yang pas. Jika seorang Patiseri Chef sudah menyerah pada percobaan pertama, maka dapat dipastikan dia tidak akan bisa berkembang dan mendapatkan resep yang benar.

Profesi Patiseri

Cara Menjadi Patiseri

Pendidikan Strata 1

Beberapa hotel, restoran, bahkan perusahaan yang bergerak di industri pangan memberikan persyaratan harus memiliki pendidikan gelar sarjana di bidang patiseri. Dengan mendapatkan gelar strata satu, akan lebih mudah meyakinkan perusahaan yang ada di bidang industri. Karena mereka menilai jika sudah mendapatkan gelar strata satu, maka kemampuan yang dimiliki oleh lulusan tersebut sudah matang.

Prospek Kerja Patiseri

Peluang kerja sebagai Patiseri akan selalu terbuka, karena industri pangan merupakan salah satu industri yang tidak akan pernah mati dan selalu berkembang. Bahkan, restoran-restoran besar, hotel, kafe, dan perusahaan selalu kesulitan untuk mencari Patiseri Chef. Selain itu, pada saat ini kue-kue Eropa seperti croissant, choux, bagle, pie, dan masih banyak lainnya sangat populer di kalangan pelanggan.

Bahkan, sekarang mulai banyak bermunculan kafe-kafe dessert baik dalam skala kecil hingga besar. Karena itu, Patiseri Chef pada saat ini merupakan profesi yang sangat potensial.

Dimana Patiseri Bekerja?

Berikut ini beberapa gambaran, dimana Patiseri bekerja.

 

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa tugas dari seorang patiseri?

Patiseri bertanggung jawab untuk membuat dessert atau makanan penutup khas dari Eropa dan menganalisis dessert atau makanan penutup yang sedang tren di kalangan pelanggan.

Bagaimana menjadi seorang Patiseri?

Dengan mengambil pendidikan strata 1 atau vokasi di jurusan Baking and Art Pastry, bisa juga mengambil sertifikasi dan pelatihan di bidang pastry.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *