Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering

Kategori Komputer dan Teknologi

Jurusan Software Engineer_[473x314]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering mempelajari prinsip dan teknik untuk mendesain suatu software yang tepat guna, dan mudah digunakan. Kamu akan mempelajari caranya mendesain dan menganalisis suatu algoritma dan pemrograman dengan menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau mobile. Jurusan Software Engineering dapat berada di Fakultas Teknik atau Fakultas Ilmu Komputer, tergantung dari kurikulum acuannya. Namun pada dasarnya, ilmu yang kamu peroleh dapat memberimu peluang untuk menjadi seorang Web Developer, Pengembang Sistem Operasi, Developer Aplikasi, dan masih banyak lagi. Takkan habis peluangmu dibidang ini seiring dengan terus bermunculannya start-up dalam bisnis digital, edufriends.

Kenapa Jurusan Software Engineering

Lima kategori pekerjaan yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di Indonesia adalah Software Engineer (61,15%), Product Management (14,54%), Operationals (14,54%), Marketing and Communications (9,72%), dan Data Science and Analysis (3,56%). Software Engineer sebagai lulusan Jurusan Software Enginering berada di nomer satu. Selain itu Profesi ini juga sangat dihargai di perusahaan e-commerce lho, dengan gaji mencapai Rp. 23.000.000,00 per bulannya.

Hal ini dikarenakan, jika kebanyakan orang berfokus untuk membangun sebuah perangkat lunak dengan jutaan baris kode program. Namun dengan Software Engineering dapat merencanakan semuanya dan mengeleminasi segala hal yang dianggap tidak penting. Hasilnya, biaya produksi dari pengembangan perangkat lunak dapat ditekan dibandingkan pengembangan perangkat lunak lainnya yang tidak menggunakan pendekatan Software Engineering, edufriends.

Jurusan Software Engineer_[473x314]

Keahlian Jurusan Software Engineering

✓ Kemampuan melakukan rekayasa komputer

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berpikir sistematis

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan memahami bahasa pemrograman

✓ Kemampuan matematis

✓ Kreatif, Tekun, Teliti, Detail

Jurusan Software Engineer_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Software Engineering di Dunia Kerja

  • Profesi yang dapat dijalankan oleh lulusan software engineering di antaranya Requirement engineer, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, dan Arsitek Aplikasi (Application Architect),  Manajer Proyek pengembangan sistem informasi (Project Manager), perancang antarmuka pengguna (UI designer).
  • Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak juga memiliki jiwa technopreneurship sehingga mampu mengembangkan bisnis di bidang ICT diantaranya dapat menjadi konsultan IT, menyediakan jasa pengembangan sistem informasi (software specialist).
  • Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak juga memiliki kemampuan untuk  berperan aktif dalam hal yang terkait sikap seorang intelektual seperti kritis, analitis, dan mampu menghasilkan karya ilmiah yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Akademisi seperti staf pengajar Perguruan Tinggi (dosen) dan guru, Peneliti (di lembaga-lembaga riset dan atau survey seperti LIPI, Balitbang, Lembaga Sandi Negara, serta perusahaan swasta yang mempunyai lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) seperti Apple, Google, Samsung dan lainnya).

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Software Engineering

Perkuliahan di jurusan Software Engineering akan banyak bersinggungan dengan Computer Science dan Computer Engineering. Apalagi, kurikulum Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak masih mengacu pada Ilmu Komputer maupun Teknik Komputer. Perbedaan utama Rekayasa Perangkat Lunak dari jurusan-jurusan komputer lainnya adalah skala software yang dikembangkan. Karenanya, Jurusan ini memiliki materi yang tak diajarkan pada jurusan lain, seperti arsitektur atau rancang bangun software, uji coba dan kendali mutu software, perluasan pemakaian software, perawatan dan update software, Matematika diskrit, analisa sistem, dan masih banyak lagi. Bagimu yang menyukai Matematika, jurusan Software Engineering cocok untukmu. Apalagi, teknologi dan inovasi bisnis digital memiliki prospek cerah dimasa depan. Meskipun belum sepopuler jurusan-jurusan lain, Jurusan Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak sudah semakin diminati, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Software Engineering

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Software Engineering edufriends:

  1. Manajemen Proyek Perangkat Lunak
  2. Interaksi Manusia dan Komputer
  3. Pengembangan Sistem Berorientasi Objek
  4. Arsitektur Enterprise

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Software Engineering

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Software Engineering

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Software Engineering di Indonesia:

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  2. Universitas Prasetya Mulya (PRASMUL), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Software Engineering

Lulusan jurusan Software Engineering dapat berkontribusi di berbagai sektor, seperti manufaktur, bank, konsultan, dan lainnya. Lulusan jurusan ini juga dapat berprofesi sebagai ahli modeling dan desain, ahli programming dan pengembangan software, ahli pengelolaan basis data, ahli manajemen software, dan pelaku digital bisnis. Selain itu, berikut prospek kerja lainnya, edufriends:

ANALIS SISTEM KOMPUTER

Seorang lulusan Software Engineering dapat menekuni profesi sebagai analis sistem komputer. Tugasnya menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan. Nantinya, seorang analis sistem komputer akan memeriksa sistem atau model bisnis dalam suatu proyek dan menganalisa kebutuhan sistem, melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan atau mengatur juga mengujinya. Jika kamu tertarik terjun di bidang ini maka kamu harus menguasai ilmu komputer dan elektronik, matematika, bahasa Inggris serta punya ketelitian yang tinggi.

PROGRAMMER

Menjadi salah satu pilihan pekerjaan untuk lulusan jurusan Software Engineering yang paling umum. Tugasnya membuat sebuah program tertentu. Contohnya bila berada di tim IT perbankan, maka kamu akan diminta mengembangkan sistem core banking yang sesuai dengan SOP instansi. Pembuatan program ini pun biasanya kerap disebut proyek dan dibagi atas beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perlu diketahui ada beberapa jenis programmer, di antaranya:

  • Web Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi berbasis web
  • Mobile Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi untuk mobile phone seperti android dan iOS.

KONSULTAN IT

Beberapa orang yang sudah lama menekuni dunia Software Engineering merasa lelah untuk terus bekerja di depan komputer. Mereka yang sudah berpengalaman biasanya memutuskan untuk menjadi IT consultant yang bertugas menerapkan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien untuk mencapai suatu tujuan dan target tertentu. Konsultan IT harus berpikir kritis serta memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah dan membuat solusinya agar tidak merugikan banyak pihak. Penghasilan IT consultant berkisar antara 7 hingga 10 juta, tergantung dengan beban kerjanya. Biasanya, IT consultant tidak hanya menangani satu atau dua perusahaan saja edufriends.

SOFTWARE ENGINEER

Software Engineer bertugas melakukan pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi pada perangkat lunak. Sementara Software Engineer yang masih pemula biasanya hanya bertugas menulis, men-debug, memelihara, dan menguji suatu software saja. Seorang Software Engineer akan melakukan perubahan pada software jika memang ada hal yang perlu diubah ketika melakukan pengujian. Software Engineer juga akan berkutat dengan bahasa pemrograman umum seperti Java, C++, dan Python. Software Engineer memberikan instruksi untuk mengerjakan tugas tertentu. Misalnya menyimpan informasi, menampilkan kalkulasi, dan lain-lain. Pada hakikatnya Software Engineer menghadirkan solusi untuk mengurangi berbagai kompleksitas pada setiap proyek dengan cara membagi sekumpulan masalah besar menjadi masalah-masalah yang lebih kecil. Dengan demikian, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan solusi yang lebih baik dan efektif.

MEMBANGUN STARTUP

Jika enggan bergabung dalam perusahaan dan bekerja sebagai karyawan kamu juga bisa mencoba menjadi seorang pebisnis. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan IT yang bermunculan bahkan dengan kantor di garasi sendiri namun memiliki keuntungan yang fantastis. Kamu bisa mulai membangun startupmu sendiri. Mulailah bersama dengan orang-orang di inner circlemu yang kompeten dan dapat dipercaya. Dengan bekerja seperti ini, kamu tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, edufriends.

DOSEN IT

Jika sudah mahir dan memahami lebih dalam ilmu yang kamu peroleh, serta memiliki passion sebagai pengajar, maka menjadi Dosen di bidang Software Engineering dapat menjadi pilihanmu. Untuk dapat bekerja sebagai dosen kamu harus mengantongi gelar magister atau S2, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau mobile.

Apa saja Mata Kuliah yang akan dipelajari di Jurusan ini?

Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Interaksi Manusia dan Komputer, Pengembangan Sistem Berorientasi Objek dan Arsitektur Enterprise.

Apa saja prospek karir untuk para lulusannya?

Lulusan jurusan ini dapat berprofesi sebagai Pengembang Sistem Operasi, Ahli Programming dan Pengembangan Software, Ahli Pengelolaan Basis Data, Ahli Manajemen Software, dan lain-lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *