Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Kriminologi-02

Jurusan Kriminologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang berbagai aspek kejahatan. Kriminologi dapat didefinisikan sebagai studi sistematis tentang sifat, jenis, penyebab, dan pengendalian dari perilaku kejahatan, penyimpangan, kenakalan, serta pelanggaran hukum. Kriminologi sebagai ilmu sosial terapan di mana kriminolog bekerja untuk membangun pengetahuan tentang kejahatan dan pengendaliannya berdasarkan penelitian empiris. Penelitian ini membentuk dasar untuk pemahaman, penjelasan, prediksi, pencegahan, dan kebijakan dalam sistem peradilan pidana. Memilih jurusan ini, kamu juga akan mempelajari bidang ilmu lain seperti sosiologi, antropologi, biologi, ekonomi, geografi, sejarah, filsafat, ilmu politik, psikiatri dan psikologi. Masing-masing disiplin mengembangkan pemikiran, sudut pandang, serta metode yang berbeda untuk mempelajari dan menganalisis penyebab kejahatan dengan berbagai implikasi kebijakan.

Kenapa Jurusan Kriminologi

Memilih kuliah di jurusan kriminologi, kamu akan mempelajari hal yang tak biasa yaitu menganalisa rahasia dan sisi tergelap manusia. Selain itu, perkuliahan di jurusan ini juga tidak membosankan sebab kamu tak akan hanya duduk di kelas, kamu akan menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai dari kenakalan remaja kecil, hingga kejahatan yang bersifat gaib seperti santet, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional. Melihat kejahatan bukan hanya sebatas pelanggaran hukum saja, tetapi juga sebagai sebuah fenomena sosial, kamu bahkan bisa berdiskusi secara langsung dengan para penghuni penjara untuk lebih memahami lagi tentang kejahatan serta pelanggaran yang pernah terjadi dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, prospek kerja lulusannya pun cukup luas. Dengan kemampuan berpikir kritis, pandai meneliti, analitis dan komunikasi yang baik kamu dapat bekerja sebagai kriminolog, jurnalis, bekerja di lembaga kepolisian, Departemen Kehakiman, Departemen Pertahanan, Kejaksaan, KPK, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Hukum dan HAM, dan lain sebagainya.

Jurusan Kriminologi-03

Keahlian Jurusan Kriminologi

✓ Kemampuan observan

✓ Kemampuan senang memcahkan masalah

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan bekerja dalam tim

✓ Pemahaman ilmu sosiologi

✓ Pemahaman tentang HAM

✓ Pemahaman hukum

Jurusan Kriminologi-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kriminologi di Dunia Kerja

  • Di jurusan Kriminologi kamu akan mendapatkan fondasi yang kuat melalui kursus interdisipliner yang berfokus pada topik-topik seperti perilaku kriminal, kekerasan sosial, analisis kejahatan, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan. Sehingga kamu dapat membuat kontribusi untuk bidang peradilan pidana melalui administrasi polisi dan kebijakan, peradilan anak, koreksi, etnografi kriminal, dan victimology.
  • Sebagai lulusan Kriminologi, prospek karirmu akan terbuka di berbagai lembaga penegak keadilan, seperti kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman. Di lembaga kepolisian ini nantinya akan bekerja sebagai bagian dari penyidik kepolisian untuk kasus –kasus kriminal yang banyak beredar saat ini.
  • Kamu yang perduli akan tindak kriminal korupsi yang merajalela, juga dapat bekerja di KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai penyidik kasus korupsi, edufriends.
  • Kamu juga dapat menjadi seorang jurnalis indepth yang menyajikan ulasan berita mendalam di media massa terkait tindak-tindak kriminal.
  • Prospek Kerja jurusan ilmu kriminologi lainnya adalah di Lembaga Departemen Pertahanan tugasnya sebagai penjaga pertahanan bangsa dan negara agar terhindar dari berbagai aksi kekerasan dan kriminal, juga aksi terorisme.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Kriminologi

Jurusan ini tergolong jurusan yang unik, sulit dan agak rumit, karena merupakan gabungan antara ilmu hukum, sosiologi, dan psikologi dalam menjelaskan perilaku kriminal dan bagaimana suatu kejahatan dilakukan serta tindakan yang tepat untuk menanganinya. Proses kuliah akan diisi dengan menganalisia faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, penyimpangan dan pelanggaran hukum. Kamu juga akan mempelajari banyak tindak kriminal dari kacamata si pelaku dan juga korban. Ada 4 sudut pandang yang dipelajari dalam ilmu kriminologi yaitu pelaku kejahatan, korban, kejahatan itu sendiri dan reaksi masyarakat. Kamu juga akan mempelajari tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Bidang peminatan di jurusan ini diantaranya Konsentrasi Kriminologi Teoretis, Konsentrasi Kepenjaraan, Konsentrasi Industrial Sekuriti, Konsentrasi Penegakan Hukum , Konsentrasi Cyber Crime, Konsentrasi Kriminologi Jurnalistik, dan Konsentrasi Kejahatan Transnasional.

Mata Kuliah Jurusan Kriminologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kriminologis:

  1. Sosiologi Perilaku Menyimpang
  2. Sistem Peradilan Pidana
  3. Strategi Pencegahan Kejahatan
  4. Kejahatan Kerah Putih
  5. Hak Asasi Manusia
  6. Etnografi Kejahatan di Indonesia
  7. Kenakalan Anak
  8. Viktimologi
  9. Kriminologi dan Pembangunan
  10. Kejahatan Terencana
  11. Kejahatan Lingkungan
  12. Ekonomika dan Pembangunan Sosial
  13. Hukum dan Pembangunan
  14. Manajemen Industrial Sekuriti
  15. Jurnalistik Investigasi
  16. Penologi
  17. Perempuan dan Keadilan
  18. Psikologi Kriminal
  19. Analisa Resiko Kejahatan
  20. Intelijen dan Investigasi Kejahatan
  21. Teror dan Terorisme
  22. Bisnis dan Kejahatan White-Collar
  23. Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Kriminologi
  24. Kejahatan Transnasional dan Globalisasi
  25. Organisasi Kejahatan dan Kejahatan Terorganisir
  26. Pengendalian Sosial Kejahatan
  27. Sosiologi Peradilan Pidana
  28. Teori Kriminologi Post-Modern dan Budaya

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Kriminologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Kriminologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Kriminologi di Indonesia, hanya terdapat di dua universitas yakni:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Islam Riau (UIR), Riau

*Sedangkan untuk tingkat Strata dua dan tiga (S2 dan S3) juga terdapat di Universitas Indonesia.

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Saat ini Indonesia, bahkan dunia, masih membutuhkan lebih banyak orang yang mau berkecimpung di profesi yang kurang populer ini. Sebagai lulusan Kriminologi, prospek karir mu akan terbuka lebar di berbagai lembaga penegak keadilan, seperti kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman, juga ahli antropologi, detektif dan Investigator swasta, psikolog forensik, dan lainnya. Berikut dibawah ini beberapa gambaran pekerjaannya.

LEMBAGA PEMERINTAHAN

Di lembaga pemerintahan kamu dapat menjadi pegawai bagian Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian. Usai menyelesaikan studi Ilmu Kriminologi, kamu dapat mendaftar seleksi Bintara Polri yang diadakan setiap tahunnya. Selain itu kamu juga dapat berkarir di Pegawai Kementrian Hukum dan HAM atau Kementrian Pertahanan, dengan mengikuti Seleksi terbukanya setiap tahun dalam Seleksi CPNS.

KOMISI PEMBERANTASAN KORUPI (KPK)

Kamu juga bisa bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang semakin membutuhkan lebih banyak lagi staf dan anggota penyidik. Tugasnya diantaranya berkoordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, juga melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi.

PENYIDIK BADAN INTELEJEN NEGARA

Kamu juga bisa bekerja sebagai penyidik di BIN atau Badan Intelejen Negara (BIN). Tugasnya adalah melakukan penyidikan sesuai dengan aturan perundangan untuk mencari serta mengumpulkan bukti tentang suatu tindak pidana guna menemukan tersangka.

PSIKOLOGI FORENSIK

Psikologi forensik adalah penelitian dan teori psikologi yang berkaitan dengan efek-efek dari faktor kognitif, afektif, dan perilaku terhadap proses hukum. Tugas seorang psikolog forensik sendiri diantaranya menganalisa kondisi mental terdakwa atau narapidana, mediasi atau membantu menyelesaikan masalah psikologi terdakwa atau narapidana, menyembuhkan kondisi psikologisnya, mengkaji motif pelaku kasus hukum dan mempelajari karakter orang-orang yang terlibat dalam kasus tersebut hingga melakukan asesmen terhapap perilaku tersangka, pelaku, atau korban, untuk membantu proses hukum dan pengambilan keputusan.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Pemahaman yang mendalam mengenai Ilmu Kriminologi yang dibarengi dengan studi hingga setidaknya hingga tahap magister (S2) bisa membawamu menjadi seorang Dosen.

PENGAMAT KRIMINOLOGI

Tenaga ahli seperti analis atau pengamat handal juga bisa menjadi pekerjaan untuk mereka yang sudah malang melintang di bidang hukum dan kriminologi bertahun-tahun, sehingga sering dijadikan sebagai profesi sampingan setelah masuk di masa-masa pensiun.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di jurusan Kriminologi?

Mulai dari ruang lingkup kejahatan yang mencakup kejahatan itu sendiri, perilaku menyimpang, kenakalan, pola tingkah laku kejahatan, latarbelakang kejahatan, korbannya, hingga reaksi sosial masyakarat.

Apa bedanya antara Ilmu Hukum dan Kriminologi?

Meski hampir sama karena bersinggungan dengan kejatan, namun kriminologi tak hanya sekadar menganalisa melalui pasal, namun juga menganalisa tingkah laku manusia yang melakukan kejahatan. Hal tersebut juga termasuk dengan lingkungan kejahatan, pelaku, sampai pada reaksi masyarakat edufriends.

Berada di bawah fakultas apa jurusan ini?

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *