Jurusan Sastra Korea

Jurusan Sastra Korea

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Korea_[626x626]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Korea

Jurusan Sastra Korea Berbeda dari kursus bahasa, Jurusan ini tak hanya mempelajari bahasanya saja (cara bicara, dialek, mendengar, membaca, bahkan menulis) tapi juga mempelajari Sejarah dan Kebudayaan Korea yang sudah ada lebih dari 4.000 tahun lalu secara keseluruhan. Kamu juga akan mempelajari linguistik, fonetik, dan fonologi, serta kesusastraan Korea, yang mengantar pada budaya modernnya saat ini.

Mata kuliah yang akan kamu temukan pada Jurusan Sastra Korea mulai dari Bacaan Bahasa Korea, Pengantar Sejarah Korea, Hanja, Tata Bahasa Korea, Percakapan Bahasa Korea, Menulis Bahasa Korea, Terjemahan Korea-Indonesia, dan Terjemahan Indonesia Korea. Kamu juga akan mempelajari wisata di Korea melalui mata kuliah Tourism Korea, atau bahkan belajar komunikasi bisnis di Korea melalui mata kuliah Bahasa Korea Bisnis dan Korespondensi dalam Bahasa Korea, edufriends.

Kenapa Jurusan Sastra Korea

Kini tren budaya Korea sedang digemari semua orang. Mulai dari menonton drama Korea, mendengarkan musik Korea, menggunakan produk kecantikan Korea, hingga berwisata ke Korea. Hallyu atau gelombang budaya pop Korea telah mendunia. Pemerintah Korea memang sudah mempersiapkan Hallyu sejak awal tahun 1990-an. Psy, SNSD, atau Girls Generation adalah contoh produk Hallyu yang paling sukses. Jika kamu memiliki ketertarikan yang besar terhadap budaya Korea, baik tradisional ataupun pop, maka jurusan ini cocok untukmu.

Dengan semakin populernya Kebudayaan Korea, peluang kerja untuk para lulusannya juga sangat terbuka lebar. Kamu dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari media hingga perusahaan multinasional asal Korea seperti Samsung misalnya. Profesi yang bisa dipilih pun beragam seperti penerjemah, penulis teknis, jurnalis, hingga content creator, pemandu pelajaran, penulis perjalanan, public relation, novelis, content strategist, dan masih banyak lagi.

Jurusan Sastra Korea_[626x626]

Keahlian Jurusan Sastra Korea

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan linguistik

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan berdebat

✓ Menyukai budaya

✓ Kemauan belajar hal-hal baru

✓ Kemampuan berpikir kritis

Jurusan Sastra Korea_[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Korea di Dunia Kerja

  • Kantor Kedutaan Korea, Kamu berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Korea yang ada di Indonesia
  • Kementerian Luar Negeri, Selain bekerja pada lembaga Korea, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang berada di Korea. Kamu dapat berkarir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS
  • Penerjemah, Menjadi seorang translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Kamu dapat menerjemahkan buku, makalah dan karya sastra Korea ke dalam bahasa Indonesia
  • Penulis, Menjadi penulis dapat menjadi salah satu prospek kerja Sastra Korea. Semua ilmu yang Kamu peroleh saat berada di bangku kuliah baik sastra, budaya, sejarah dan nilai sosial masyarakat Korea bisa menjadi bahan utama risetmu sebagai penulis kekinian. Kamu bisa menulis buku atau menjadi blogger yang mengupas segala hal seputar Korea
  • Ahli Bahasa, Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.
  • Akademisi, menjadi guru Bahasa Korea. Bagimu yang senang mengajar dan berbagi ilmu, maka profesi ini sangat cocok untukmu. Jika ingin menjadi dosen, miliki gelar magister atau S2, edufriends
  • Penerjemah Bahasa, Translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Profesi ini bertugas menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa sumber ke bahasa Indonesia

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Korea

Perkuliahan di Jurusan Sastra Korea mempelajari sejarah, linguistik, ekonomi, dan lain sebagainya, mulai dari Bahasa (tata bahasa, berbicara, menulis, membaca, dan mendengar) dan Kebudayaannya. Mata kuliahnya  mulai dari Pengantar Linguistik Umum yang mempelajari dasar-dasar linguistik seperti cara pengucapan, penulisan, pembentukan kata dan sebagainya. Selain itu kamu juga akan mempelajari Pengantar Sejarah Korea Kuno. Mulai dari pendirian Korea yang didasari legenda Dangun sekitar 4000 tahun yang lalu. Mempelajari Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea yang mempelajari mengenai bunyi dalam bahasa Korea. Kamu juga akan mempelajari Pengantar Kebudayaan Korea, mengenai keseharian orang Korea dan budaya yang terekat di dalam masyarakatnya. Mempelajari Pengantar Kesusastraan, di dalam mata kuliah ini kamu akan belajar sastra secara umum, walaupun diselingi dengan sastra Korea. Mempelajari Sejarah Korea Modern mulai dari masa dinasti Joseon akhir sampai penjajahan Jepang, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Korea

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Korea edufriends:

  1. Tata Bahasa Korea
  2. Pengantar Sejarah Korea
  3. Seni atau Olahraga
  4. Pengantar Linguistik Umum
  5. Sejarah Korea Modern
  6. Pengantar Kesusastraan
  7. Pengantar Sejarah Korea
  8. Masyarakat dan Kebudayaan Korea
  9. Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea
  10. Pariwisata Korea
  11. Hubungan Internasional Kawasan Asia Timur dan Pasifik
  12. Pemahaman Lintas Budaya
  13. Retorika, Public Speaking
  14. Bahasa Korea Bisnis
  15. Pengantar Ekonomi Korea
  16. Pengantar Kebudayaan Korea
  17. Bahasa Inggris
  18. Agama
  19. Budaya Perusahaan Korea
  20. Semantik dan Pragmatik Bahasa Korea
  21. Morfosintaksis Bahasa Korea

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Korea

  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Korea

Berikut ini adalah list universitas terbaik terakreditaasi A oleh BAN-PT untuk Jurusan Sastra Korea di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Bandung
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  4. Universitas Nasional (UNAS), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Korea

PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Setelah lulus dari Sastra Korea kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional milik Korea. Lulusannya biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Inggris, kamu juga kesempatan untuk bekerja di Korea lho, edufriends.

DIPLOMAT

Prospek kerja lulusan Sastra Korea tentu sangat besar untuk menjadi diplomat dengan kemampuan komunikasi bahasa Koreanya. Tugas seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara di suatu negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang terbaik sehingga negara yang diwakilkan dapat memperoleh keuntungan.

LEKSIKOGRAFER

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika kamu lulusan Sastra Korea dan sangat menyukai bahasa Korea, maka profesi sebagai ini dapat menjadi pilihan.

PUBLIC RELATION

Jika suka menulis, mampu berbahasa Korea secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation bertugas merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness. Kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorangpublic relation.

WRITER

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Sastra Korea adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau buku cerita yang berdasarkan dari cerita-cerita tradisional Korea. Di Jurusan ini, kamu juga akan diajarkan untuk mengulik berbagai macam karya sastra seperti kritik sastra.

TOUR GUIDE

Suka jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang, pilihan karier sebagai pemandu wisata cocok untukmu. Kamu bisa memandu wisatawan Korea saat berlibur di Indonesia bahkan bisa memandu masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Korea, Asyik bukan? Seorang pemandu wisata bertugas menjelaskan informasi obyek wisata yang dikunjungi. Selain itu, tak jarang pemandu wisata bertugas memastikan lancarnya perjalanan wisata, edufriends.

EDITOR

Editor atau Penyunting Bahasa, Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editorpun kian bertambah. Terlebih banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

JURNALIS

Wartawan, jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dimuat di media massa seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya, seorang jurnalis diharapkan menulis sebuah berita secara objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

INTERPRETER

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra Korea yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun mirip dengan translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa inggris secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia berlatar bahasa yang berbeda.

TENAGA PENGAJAR

Semakin banyak yang ingin belajar Bahasa Korea, membuat kebutuhan akan seorang pengajar semakin meningkat. Jika kamu suka bahasa ini dan senang berinteraksi dengan orang lain maka menjadi pengajar merupakan pilihan yang tepat. Baik itu pengajar di suatu lembaga pendidikan bahasa korea, mengajar siswa SD, SMP, dan SMA, atau menjadi Dosen dengan minimal pendidikan S2/Magister.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang akan dipelajari oleh Jurusan Sastra Korea?

Mempelajari linguistik, bahasa, dan karya sastra Korea.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Lulusannya dapat bekerja sebagai Tour guide, tenaga pengajar, media, perusahaan multinasional, dan masih banyak lagi.

Apa saja Universitas yang menyediakan Jurusan ini?

UI, UGM, UPI, dan UNAS.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *