Jurusan Metrologi

Jurusan Metrologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Metrologi-03

Jurusan Metrologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Metrologi

Jurusan Metrologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, kalibrasi serta akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam jurusan metrologi, pengukuran bukan hanya dilakukan untuk mengukur panjang saja, tetapi juga terhadap massa dengan alat ukur timbangan, suhu dengan alat ukur termometer, waktu diukur dengan stopwatch dan lain sebagainya. Jurusan Metrologi mencakup penetapan definisi satuan ukur internasional (misal: meter untuk panjang, ˚C untuk suhu, dan lainnya). Metrologi juga mencakup pengukuran yang berkaitan dengan aspek eknonomi, kesehatan, serta keselamatan.

Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang pengukuran, tapi juga berhubungan dengan elektronika, insturmentasi, otomasi, dan arus kuat edufriends. Sebagai satuan perhitungan yang dibutuhkan oleh semua orang, Metrologi dikelompokkan ke dalam tiga kategori utama dengan tingkat kerumitan dan akurasi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Metrologi Ilmiah: Berhubungan dengan pengaturan dan pengembangan standar-standar pengukuran dan pemeliharaannya
  • Metrologi Industri: Bertujuan memastikan bahwa sistem pengukuran dan alat-alat ukur di industri berfungsi dengan akurasi yang memadai, baik dalam proses persiapan, produksi, maupun pengujiannya
  • Metrologi Legal: berkaitan dengan pengukuran yang berdampak pada transaksi ekonomi, kesehatan, dan keselamatan.

Kenapa Jurusan Metrologi

Jika menyukai pelajaran matematika dan fisika, juga tertarik mempelajari lebih dalam mengenai ilmu pengukuran, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Dengan mengambil jurusan metrologi kamu juga akan turut berjasa pada perkembangan dunia ilmu pengetahuan lho, sebab hampir semua bidang ilmu pengetahuan memang sangat bergantung pada ilmu metrologi, misalnya saja untuk Para geolog mengukur kekuatan gelombang kejut ketika terjadi gempa bumi, Para astronom yang mengukur cahaya lemah yang dipancarkan bintang untuk mengetahui umurnya, hingga Para fisikawan yang mempelajari partikel elementer dan harus mengukur waktu dalam orde seperjuta second untuk memastikan adanya partikel yang sangat kecil.

Selain itu ilmu metrologi juga mempermudah penemuan serta hidup banyak orang. Sebab tanpa kita sadari telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya saja pada komoditas bahan pokok seperti sembako atau bahan bangunan dan bahan keperluan infrastruktur yang diperjualbelikan berdasarkan berat atau ukuran. Kebutuhan rumah tangga, air ledeng, listrik, gas, hingga pulsa telepon edufriends. Prospek kerja lulusannya juga cukup beragam, mulai dari menjadi Ahli Madya di Dinas-dinas Perindustrian dan Perdagangan, tenaga tera di industri dan badan export-import, bekerja di laboratorium penelitian dan kalibrasi serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan Metrologi-03

Keahlian Jurusan Metrologi

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Metrologi-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Metrologi di Dunia Kerja

  • Lulusan Metrologi sangat potensial berkarir di industri minyak dan gas, manufaktur, pembangkit listrik, jasa kalibrasi, juga sebagai pejabat fungsional di dinas-dinas perdagangan, perindustrian, dan laboratori seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).
  • Lulusan Metrologi sangat potensial berkarir di industri minyak dan gas, manufaktur, pembangkit listrik, jasa kalibrasi, juga sebagai pejabat fungsional di dinas-dinas perdagangan, perindustrian, dan laboratori seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) edufriends.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Metrologi

Perkuliahan Jurusan Metrologi diisi oleh Ilmu Metrologi Dasar dan Terapan, Ilmu Metrologi Legal, dan Ilmu Instrumentasi Dasar sedangkan keilmuan pendukungnya diantaranya Ilmu Pengetahuan Dasar Matematika, Ilmu Pengetahuan Dasar Fisika, Ilmu Pengetahuan Kerekayasaan Metrologi, Ilmu Sosial yang mendukung mutu peneraan, perilaku dan etika serta entrepreneurship. Dengan kegiatan perkuliahan berupa teori, tutorial, praktikum serta kerja lapangan edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Jurusan Metrologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Metrologi, edufriends:

  1. Ilmu Metrologi Dasar dan Terapan
  2. Ilmu Metrologi Legal
  3. Ilmu Instrumentasi Dasar
  4. Ilmu Pengetahuan Dasar Matematika
  5. Ilmu Pengetahuan Dasar Fisika
  6. Ilmu Pengetahuan Kerekayasaan Metrologi
  7. Pengantar Metrologi dan Instrumentasi
  8. Elektronika Industri
  9. Teknik Otomasi
  10. Sistem Pengukuran Massa
  11. Undang Undang Metrologi
  12. Teknik Pengukuran dan Klaibrasi
  13. Sistem Pneumatik dan Hidrolik
  14. Sistem Pengukuran Aliran
  15. Sistem Pengukuran Listrik
  16. Sistem Pengukuran Geometri
  17. Termmodinamika Terapan
  18. Metrologi Optik
  19. Teknik Audit Energi
  20. Instrumentasi Laser dan Serat Optik
  21. Sistem Pengukuran Elemen Minyak dan Gas
  22. Technopreneurship

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Metrologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Metrologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Metrologi di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  3. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  4. Universitas Sumatera Utara (USU), Padang
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Negeri (ITS), Surabaya
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Metrologi

Lulusan Jurusan Metrologi dan Instrumentasi dapat berkarir sebagai pejabat fungsional, penera di dinas-dinas perindustrian dan perdagangan atau yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia, serta tenaga tera di industri, badan export-import, laboratorium penelitian dan kalibrasi sertapihak-pihak lain yang membutuhkan. Berikut dibawah ini beberapa gambaran pekerjaan untuk Lulusan Metrologi:

PENERA

Orang yang ahli dalam bidang ukur-mengukur dinamakan dengan “Penera”. Tugas seorang penera yaitu melakukan penyuluhan dan pengawasan terhadap alat-alat ukur dan melakukan tera. Seorang penera diharuskan memiliki keahlian dalam bidang metrologi, harus teliti, mampu mengikuti prosedur-prosedur dalam pengukuran dan juga harus adil dalam ukur-mengukur untuk menghindari adanya kerugian dan juga menghindari kecurangan.

QUALITY CONTROL

Quality control bertugas menguji produk secara manual sebelum, selama atau setelah proses produksi berlangsung, ia bertanggung jawab dalam menjalankan dan memantau peralatan inspeksi, serta merekam dan menganalisis data kualitas suatu produksi, memantau perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan, menganalisis, meneliti, menguji suatu produk, memverifikasi kualitas produk, hingga memastikan kualitas barang produksi sesuai standar.

LEMBAGA PENELITIAN

Bekerja sebagai peneliti di metrologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) edufriends. Tugasnya diantaranya Persiapan bahan dan perumusan kebijakan penelitian, Penyusunan pedoman dan pemberian bimbingan teknis penelitian, Penyusunan rencana, program, serta pelaksanaan penelitian, Pemantauan pemanfaatan hasil penelitian, Evaluasi dan penyusunan laporan penelitian hingga pengurusan bagian tata usaha.

AHLI TEKNOLOGI PANGAN

Pekerjaan ahli teknologi pangan yang satu ini lebih kurangnya sama dengan peran research and development. Di mana kamu akan “melahirkan” produk-produk baru, atau pun mengembangkan produk yang sudah ada. Kamu akan lebih banyak melakukan riset, tes pasar, juga mengecek kandungan bahan yang sesuai untuk produk yang ada edufriends.

AHLI KALIBRASI

Ahli Kalibrasi, tugasnya untuk menyesuaikan keluaran atau indikasi dari suatu perangkat pengukuran agar sesuai dengan besaran dari standar yang digunakan dalam akurasi tertentu. Contohnya, termometer dapat dikalibrasi sehingga kesalahan indikasi atau koreksi dapat ditentukan dan disesuaikan (melalui konstanta kalibrasi), sehingga termometer tersebut menunjukan temperatur yang sebenarnya. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, terdapat Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (Puslit KIM LIPI) yang memiliki standar pengukuran tertinggi (dalam SI dan satuan-satuan turunannya) yang akan digunakan sebagai acuan bagi perangkat yang dikalibrasi. Puslit KIM LIPI juga mendukung infrastuktur metrologi di suatu negara (dan sering kali negara lain) dengan membangun rantai pengukuran dari standar tingkat tinggi atau internasional dengan berbagai perangkat yang digunakan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah ilmu Metrologi dan Ilmu Meteorologi sama?

Beda edufriends, ilmu Metrologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, akurasi, kalibrasi, tera/tera ulang sementara Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari bumi beserta gejala-gejalanya, terkait dengan komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, terutama gas dan udara.

Dimana lulusan Jurusan ini bisa bekerja?

Lulusan program studi Metrologi dapat berkarir sebagai pejabat fungsional, penera di lingkungan Dinas-dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta tenaga tera di industri, badan export-import, laboratorium penelitian dan kalibrasi serta pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Apa gelar yang akan didapat lulusan metrologi?

Lulusan jurusan Metrologi akan meraih gelar Ahli Madya (A.Md).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *