Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Ilmu Politik-01

Jurusan Ilmu Politik

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik adalah bidang ilmu yang mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik dan dampaknya terhadap masyarakat sosial mulai dari teori, praktik politik, sistem politik, hingga perilaku politik. Tak hanya itu kamu juga akan mempelajari lebih banyak teori tentang berbagai sistem politik yang ada di Indonesa, dan dunia serta sejarahnya. Cakupan ilmu politik ini diantaranya kebebasan berpolitik, politik gender, demokrasi, ideologi politik, partisipasi politik, komunikasi politik dan opini publik, hingga sistem politiknya. Untuk Bidang Peminatannya, terbagi kedalam lima cakupan berbeda, diantaranya Politik Indonesia, Partai Politik, Pemilu, dan Parlemen, Ekonomi Politik, Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal.

Kenapa Jurusan Ilmu Politik

Berkuliah di ilmu politik sama dengan mempelajari awal terbentuknya sebuah negara. Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki jiwa nasionalis tinggi, selalu penasaran dengan sebuah sistem, konflik serta elemen-elemen didalamnya. Berkuliah di jurusan ilmu politik juga akan melatih daya analisamu dalam memahami peristiwa-peristiwa sejarah yang mempengaruhi pembentukan struktur politik suatu negara. Perkuliahan di jurusan ini tentu saja tidak akan membosankan, sebab meskipun diklaim sebagai ilmu tertua, ilmu politik tetap mengikuti arus dan perubahan zaman yang semakin maju. Saat ini, belajar ilmu politik tidak hanya belajar tentang negara, Kamu juga akan belajar kesetaraan gender, politik identitas, hubungan antara agama dan negara, dan masih banyak lagi.

Peluang kerja lulusan Ilmu Politik cukup menjanjikan, Sebagai contoh Kamu bisa bekerja menjadi jurnalis politik seperti Najwa Shihab, atau menjadi Asisten Legislatif, Konsultan Politik, Analis Kebijakan, Spesialis Hubungan Masyarakat atau disebut juga public relations (PR), Staf Kampanye Politik, Analis Riset Pasar, Pengacara hingga Penulis buku politik.

Jurusan Ilmu Politik-01

Keahlian Jurusan Ilmu Politik

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan berdebat

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berpikir rasional

✓ Kemampuan melakukan observasi

Jurusan Ilmu Politik-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Politik di Dunia Kerja

  • Peluang karir lulusan ilmu politik cukup beragam, kamu bisa masuk ke instansi pemerintah, menjajal dunia media, menjadi akademisi, aktivis LSM, bahkan masuk ke berbagai perusahaan sebagai staf bagian government relations.
  • Mempelajari ilmu politik secara fokus bisa membuatmu lebih kompeten mengurus berbagai hal mengenai pemerintahan. Karenanya peluang  menjadi aparat pemerintah terbuka lebar, baik tingkat pusat maupun daerah.
  • Peneliti dan pengamat politik semakin dibutuhkan di era ini. Sebab apa yang diulas oleh para peneliti dan pengamat politik dapat menjadi bahan referensi para partai politik, anggota legislatif, calon pemimpin daerah dan lain-lain.
  • Lulusan Ilmu Politik umumnya memiliki wawasan yang luas dan peka terhadap isu-isu politik nasional maupun global. Dengan kemampuan tersebut kamu memiliki peluang terjun ke dunia jurnalistik sebagai jurnalis bidang politik.
  • Bekerja sebagai Humas juga bisa menjadi pilihan karirmu, perannya dalam pengelola penyebaran informasi dari perusahaan ke masyarakat luas.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Perkuliahan di Jurusan Ilmu Politik bersifat humaniora. Tidak seperti ilmu murni dan aplikasi, mayoritas perkuliahannya akan dilakukan di dalam kelas dan dinilai berdasarkan tugas tertulis serta ujian akhir semester. Di luar jam perkuliahan, kamu diharapkan melakukan penelitian dan riset mandiri terhadap banyak kritik politik. Biasakan dirimu untuk bersikap kritis, serta asah terus daya analisamu agar lebih bisa memahami berbagai peristiwa sejarah dengan lebih baik. Tidak hanya sejarah dan teori, kamu juga akan menganalisa dinamika politik saat ini mulai dari demokrasi, birokrasi, sistem politik, hak asasi manusia, hingga etika sosial politik.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Politik, edufriends:

  1. Pengantar Ilmu Politik
  2. Pengantar Ilmu Sosiologi
  3. Pengantar Ilmu Antropologi
  4. Sistem Politik Indonesia
  5. Metodologi Ilmu Politik
  6. Pemikiran Politik Barat
  7. Politik Lokal dan Otonomi Daerah
  8. HAM dan Perubahan Politik
  9. Bisnis dan Politik
  10. Hukum dan Pembangunan
  11. Kekuatan Politik di Indonesia
  12. Politik Perkotaan
  13. Perubahan Sosial Ekonomi dan Dinamika Politik
  14. Masyarakat dan Politik di Asia Tenggara
  15. Pemikiran Politik Islam
  16. Perempuan Politik
  17. Nasionalisme dan Resolusi Konflik Etnis
  18. Lembaga Eksekutif dan Birokrasi di Indonesia
  19. Pemerintahan dan Politik Desa
  20. Politik Kebijakan Publik
  21. Globalisasi dan Politik di Indonesia
  22. Politik di Eropa Barat
  23. Politik di Timur Tengah dan Afrika
  24. Politik di Asia Selatan
  25. Politik di Asia Timur
  26. Politik di Australia
  27. Politik di Rusia dan Eropa Timur
  28. Politik Perburuhan dan Hubungan Industrial
  29. Sistem Perwakilan Politik
  30. Pembangunan Politik dan Studi Demokratisasi
  31. Pemikiran Politik Kontemporer
  32. Pemilu
  33. Perilaku Pemilih dan Lembaga Perwakilan di Indonesia
  34. Geopolitik dan Strategi Keamanan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Politik

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Politik

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Politik (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  2. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  5. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  7. Universitas Sumatera Utara (USU), Padang
  8. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  9. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

Lulusan Ilmu Politik tak hanya bisa menjadi politisi, anggota partai politik, atau anggota legislatif, kamu juga bisa berkarier sebagai Diplomat, apalagi jika kamu memiliki ketertarikan terhadap upaya menjalin dan merawat hubungan politik antarnegara. Selain itu kamu juga bisa menjajal berbagai profesi lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

ASISTEN LEGISLATIF

Tugas asisten legislatif adalah membantu anggota legislatif melaksanakan tugas mereka, seperti membantu melakukan riset untuk membuat kebijakan. Asisten legislatif juga menyiapkan briefing untuk legislator dan staf kantor lainnya. Asisten legislatif menggunakan keterampilan menulis dan verbal yang dipelajari di jurusan ilmu politik untuk mengatur komunikasi dengan konstituen, dan memberi tahu mereka tentang perkembangan di dalam wilayahnya.

KONSULTAN POLITIK

Jurusan ilmu politik mempelajari proses politik. Ini penting bagi seorang konsultan politik yang bertugas menyusun strategi bagi para kandidat untuk mempengaruhi pemilih dan mendapatkan dukungan dalam kampanye mereka. Para politisi atau orang-orang yang ingin menjadi politisi memanfaatkan jasa konsultan politik untuk membentuk imej positif, mempengaruhi liputan media, dan tujuan akhirnya supaya politisi ini mendapatkan jabatan yang mereka inginkan. Selain untuk politisi, konsultan politik juga bisa bekerja untuk kelompok kepentingan umum seperti organisasi kemanusiaan. Konsultan politik membantu dalam hal birokrasi, dan merumuskan strategi untuk memajukan tujuan mereka.

AKTIVIS LSM

Berusaha untuk menjadikan masyarakat ideal dengan kebijakan yang efektif dan tidak memberatkan masyarakat, pekerjaan ini cocok untukmu. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela dalam memberikan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat umum tanpa memiliki tujuan untuk mendapat keuntungan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

PENGAMAT POLITIK

Saat ini, peneliti di bidang politik itu sendiri masih belum begitu terekspos secara mendalam. Akan tetapi, peranan dari peneliti dan pengamat dalam dunia politik ini begitu diperlukan oleh beberapa pemangku kepentingan contohnya seperti partai politik, calon pemimpin daerah, hingga calon anggota legislatif.

ANALIS KEBIJAKAN

Peran analis kebijakan adalah mempelajari proses untuk menghasilkan kebijakan publik dan implikasinya untuk menerapkan berbagai kebijakan. Analis kebijakan harus menyusun tesis yang kuat dan membangun argumen yang meyakinkan untuk mengadopsi inisiatif kebijakan tertentu atau untuk menentang inisiatif kebijakan tertentu.

ANALIS INTELIJEN

Analis Intelijen bekerja untuk agen rahasia pemerintah seperti BIN (Badan Badan Intelijen Negara). Pemahaman jurusan ilmu politik dimanfaatkan oleh mereka untuk menilai perkembangan di wilayah yang sedang mengalami gejolak politik. Tugasnya diantaranya menganalisis pola kepemimpinan dan dukungan rakyat, mempelajari kelompok-kelompok tertentu yang diduga menimbulkan ancaman terhadap keamanan negara.

PENGACARA

Pengacara butuh keterampilan penelitian hukum yang dikembangkan oleh jurusan ilmu politik untuk melakukan penelitian tentang masalah legislatif dan kebijakan di bidang politik. Tugas ini adalah bagian dari tanggung jawab pengacara yang bekerja untuk tokoh-tokoh politik, perusahaan lobi, dan kelompok kepentingan tertentu.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah saja yang dipelajari di jurusan ini?

Jurusan atau program studi (prodi) Ilmu Politik Islam Mempelajari tentang berbagai teori dan fenomena politik khususnya dalam Islam.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Peneliti Politik, Pemerintahan, Partai Politik, Konsultan Politik, Pengamat Politik, Dosen Ilmu Politik.

Apa saja mata kuliah penting di Jurusan Ini?

Politik dan Pemerintahan Lokal, Psikologi Politik, Agama dan Politik, Politik Hukum, Pengantar Ilmu Politik, Teori Hubungan Internasional dan Studi Keislaman

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *