Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Kesehatan Lingkungan – Mata Kuliah, Prospek Kerja, Universitas

Jurusan Kesehatan Lingkungan

Kategori Kesehatan

Jurusan Kesehatan Lingkungan

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Kesehatan Lingkungan

Jurusan Kesehatan lingkungan merupakan suatu disiplin ilmu untuk memperoleh keseimbangan antara lingkungan hidup dan manusia, tujuannya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman, aman serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal-hal yang berusaha ditanggulangi di jurusan ini misalnya pencemaran lingkungan yang saat ini semakin tak terkendali penyebarannya.

Perlu diketahui  tenaga kesehatan lingkungan umumnya memiliki dua area mainstream, yakni sebagai programmer atau officer dan kelompok auditor atau pengawas. Area garapannya terkait masalah sanitasi lingkungan, health safety and environment baik di tempat umum, industri, sektor informal maupun pertambangan, serta kelompok yang memiliki visi makro seperti pembangunan berwawasan kesehatan atau disebut juga sebagai risk management.

Kini, area garapan tenaga kesehatan lingkungan semakin luas, mulai dari penyehatan industri, pertambangan, perkotaan, sanitasi dasar, restoran, perhotelan, pariwisata, dan lain sebagainya. Gelar kesarjanaan luluan jurusan Kesehatan Lingkungan adalah (S,KL), kamu juga dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni sebagai Praktisi Konsultan Kesehatan Lingkungan, Auditor Kesehatan Lingkungan, hingga Inspektur Kesehatan Lingkungan .

Kenapa Jurusan Kesehatan Lingkungan

Jurusan ini sangat cocok untukmu yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan sekitar dan kesehatan. Prospek kerja jurusan ini jug sangat luas, kamu bisa bekerja di sektor publik misalnya di Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi maupun daerah, Badan Perencana Nasional dan Daerah, Rumah Sakit, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BUMN, Dosen, Badan Narkotika Nasional, Sucofindo, WHO, dan lain sebagainya atau sektor swasta seperti di divisi HSE (Health Safety Environmental) dan berbagai perusahaan minyak, gas, pertanian, manufaktur, dan lain sebagainya.

Selain itu pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang mulia, sebab seperti yang kita ketahui Indonesia sangat membutuhkan para profesional di bidang kesehatan lingkungan, sebab pencemaran lingkungan semakin bertambah parah setiap harinya dan tentunya akan berdampak terhadap buruknya kualitas kesehatan masyarakat. jika tidak segera ditangani .

Jurusan-Kesehatan-Lingkungan-01-626x430

Keahlian Jurusan Kesehatan Lingkungan

✓ Kemampuan melakukan observasi

✓ Kemampuan menganalisis

✓ Independen

✓ Kemampuan berpikir terstruktur

✓ Pemahaman dasar kesehatan lingkungan

✓ Pemahaman ekologi kesehatan

Jurusan-Kesehatan-Lingkungan-01-626x430

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan di Dunia Kerja

  • Lulusan kesehatan lingkungan sangat dibutuhkan di Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi maupun daerah, Badan Perencana Nasional dan Daerah, Rumah Sakit, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BUMN, Dosen, Badan Narkotika Nasional, Sucofindo, WHO, dan lain sebagainya.
  • Di sektor privat, lulusannya juga dapat berkarir di berbagai perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur, minyak dan gas, dan konsultan lingkungan
  • Jika kamu termotivasi untuk melindungi lingkungan dan memiliki pemahaman tentang menjalankan bisnis, maka karir sebagai konsultan lingkungan bisa menjadi pilihan yang tepat
  • Jika mampu berpikir secara metodologis, ilmiah, dan senang melakukan eksperimen, karier di bidang toksikologi lingkungan mungkin cocok untukmu
  • Jika ingin menjadi petugas konservasi alam, kamu akan bekerja melindungi, mengelola, dan meningkatkan lingkungan setempat (padang rumput, hutan, daerah pesisir, gunung dan sungai) tergantung pada wilayahnya, kamu juga bisa bekerja di habitat laut

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Lingkungan

Di jurusan ini kamu akan mempelajari hubungan atau interaksi suatu kelompok penduduk dan lingkungan hidup yang memiliki potensi bahaya terhadap kesehatan diri maupun masyarakat di sebuah wilayah. Gambaran mata kuliahnya antara lain kimia lingkungan, fisika lingkungan, mikrobiologi lingkungan, penyehatan air, tanah, makanan dan minuman, analisis dampak kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya.

Mata kuliah ini tentunya akan didukung juga oleh berbagai macam praktikum, sehingga kamu tidak hanya ahli dalam hal teori, tetapi juga mampu mempraktekkan teori tersebut dengan baik, sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai negara yang lebih sehat.

Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Lingkungan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kesehatan Lingkungan, :

  1. Dasar Kesehatan Lingkungan
  2. Entomologi Kesehatan
  3. Fisika Lingkungan
  4. Kimia Lingkungan
  5. Patofisioanatomi
  6. Mikrobiologi Lingkungan
  7. Ekologi Kesehatan
  8. Pengawasan Pencemaran Lingkungan Fisik
  9. Penyehatan Air dan Pengelolaan Limbah Cair
  10. Etika Profesi Sanitarian
  11. Ekotoksikologi
  12. Epidemiologi Kesehatan Lingkungan
  13. Fisioanatomi
  14. Penyehatan Tanah dan Pengelolaan Sampah
  15. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  16. Penyakit Berbasis Lingkungan
  17. Pemberdayaan Masyarakat
  18. Ilmu Budaya Sehat
  19. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  20. Penyehatan Makanan Minuman
  21. Penyehatan Air
  22. Pengendalian Vektor dan Binatang Pengganggu
  23. Sanitasi Tempat Tempat Umum dan Pariwisata
  24. Penyehatan Udara
  25. Statistik Kesehatan
  26. Sanitasi Permukiman
  27. Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan
  28. Sanitasi Rumah Sakit
  29. Manajemen Risiko Lingkungan
  30. Kesehatan Lingkungan Darurat dan Bencana
  31. Rekayasa Sarana Sanitasi
  32. Operasi dan Pemeliharaan IPAM & IPAL

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Kesehatan Lingkungan

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Kesehatan Lingkungan

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Kesehatan Lingkungan (terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Sriwijaya (UNSRI), Palembang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Seiring dengan perkembangan IPTEK, permasalahan kesehatan lingkungan harus ditangani secara terintegrasi, baik dari sisi keilmuan dan pengembangannya, lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan dengan keahlian health promotor, inspector, community leader, programmer, peneliti, penyidik, auditor kemudian akan menanggulanginya. Berikut ini beberapa gambaran prospek kerja untuk paara lulusannya :

SPESIALIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN LINGKUNGAN

Tugas profesi ini diantaranya melakukan pembersihan area polusi, mengurangi limbah, dan memberikan saran kepada para pembuat kebijakan. Spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan bertujuan melindungi masyarakat dan lingkungan dengan mengidentifikasi masalah, menegakkan peraturan, menganalisis bahaya, dan mencegah kecelakaan. Mereka bekerja dengan kebijakan keselamatan, meneliti kelemahan dan efektivitasnya, serta menyarankan perubahan yang dapat mengoptimalkan keselamatan dan kesehatan.

PENGAWAS PANGAN

Pengawas keamanan pangan bertugas melindungi konsumen dari makanan yang berbahaya. Mereka bertanggung jawab untuk menerapkan, menafsirkan, dan menjelaskan standar produk makanan, serta melakukan inspeksi harian produk sebelum dan sesudah pemrosesan.

ANALIS POLUSI UDARA

Analis polusi udara bertanggung jawab untuk menganalisis, mengambil sampel, serta mengukur data yang mereka kumpulkan dari udara yang tercemar. Setelah menemukan atau membuat teori tentang sumber polutan, mereka bekerja dengan ilmuwan lain untuk mengembangkan teknik yang akan mengurangi atau memberantas polusi udara.

TOKSIOLOGI LINGKUNGAN

Saat organisme memetabolisme bahan kimia beracun, di situlah peran seorang toksikologi lingkungan untuk mempelajari bagaimana hal itu bisa terjadi. Mereka juga meneliti bagaimana organisme bergerak melalui ekosistem dan jaringan makanan, serta efek bahan kimia yang tidak mematikan dan mematikan pada suatu spesies. Jika kamu mampu berpikir metodologis, ilmiah, dan senang melakukan eksperimen, karier di bidang toksikologi lingkungan mungkin cocok untukmu.

SPESIALIS PERLINDUNGAN AIR TANAH

Salah satu hal penting bagi kehidupan kita adalah air, yang bersumber dari dalam tanah. Bagimu yang ingin mengejar karir sebagai spesialis perlindungan air tanah, kamu akan bekerja di lapangan serta di laboratorium. Kamu juga harus siap untuk menghadapi segala cuaca dan dapat bertahan dalam kondisi yang buruk. Kamu akan bertugas menemukan bahan kimia dari limbah industri, aliran, dan sumber lainnya .

KONSERVASI ALAM

Jika kamu tertarik pada lingkungan dan ingin memotivasi orang lain untuk menjaga lingkungan, maka kamu bisa berkarier sebagai petugas konservasi alam.

KONSULTAN LINGKUNGAN

Jika kamu termotivasi untuk melindungi lingkungan dan memiliki pemahaman tentang menjalankan bisnis, maka karir sebagai konsultan lingkungan bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai konsultan lingkungan, kamu akan bekerja dengan perusahaan dalam berbagai masalah lingkungan. Kamu akan menawarkan layanan konsultasi dan penilaian ahli untuk klien dengan tujuan meminimalkan atau menghilangkan kerusakan lingkungan. Profesi ini biasanya akan dipekerjakan oleh perusahaan konsultan dan mengerjakan berbagai kontrak komersial atau pemerintah, atau menangani berbagai masalah lingkungan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mendalami dan menganalisis faktor lingkungan (fisik, biologis, kimia, sosial) yang berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat .

Apa saja prospek kerja lulusan Kesehatan Lingkungan ?

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penyakit Berbasis Binatang, Konsultan Air Bersih dan Sanitas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Kesehatan Paru (BP4), Balai Kesehatan Mata (BKM).

Siapa yang cocok mengambil jurusan kesehatan lingkungan, ?

Jurusan ini sangat cocok bagimu yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan sekitar dan kesehatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *