Jurusan Broadcasting

Jurusan Broadcasting

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Broadcasting_[626 x 626]-02 (2)

Jurusan Broadcasting

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Broadcasting

Jurusan Broadcasting atau Penyiaran memiliki kontribusi yang sangat besar dalam upaya pengkomunikasian suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas. Penyiaran baik secara lokal, nasional, maupun internasional ini berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial dan juga menjalankan fungsi ekonomi dan seni juga budaya.

Dalam ilmu broadcasting sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja tetapi praktek bagaimana membuat sebuah tayangan atau konten yang menarik dan enak untuk dilihat atau didengar. Broadcasting dibedakan menjadi 2 jenis, yakni :

  • Broadcasting Radio atau Kepenyiaran Radio di frekuensi AM, FM, sistem Digital, sistem satelite, maupun online di internet
  • Broadcasting Televisi atau Kepenyiaran Televisi di frekuensi VHF, UHF, sistem Digital, sistem satelite, maupun online di internet.

Kenapa Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Kuliah di Jurusan ini pastinya sangat menyenangkan, sebab kamu akan mempelajari dunia Broadcasting yang merupakan sub disiplin dari ilmu komunikasi terapan (khusus mempelajari pengemasan pesan melalui media massa elektronik seperti televisi, radio, dan internet). Jurusan Broadcasting cocok bagimu yang bercita-cita sebagai jurnalis atau penyiar, juga memiliki pribadi yang komunikatif, kreatif, camera face, dan  tangguh. Tugasmu menciptakan konten-konten bermutu tinggi dan mendidik, tidak hanya sebatas mengejar rating dan profit, serta menyuguhkan informasi yang berimbang dan tidak memihak. Secara general, jurusan broadcasting terbagi menjadi 3 yakni:

  • Manajemen Pemberitaan. Jurusan ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi penyiar berita, penulis naskah berita, reporter, presenter, dan lain sebagainya, disini kamu akan mempelajari public speaking, TV performance, menulis naskah berita, menyusun bulletin berita, meliput berita, dan lain sebagainya.
  • Manajemen Produksi. Jurusan ini cocok untuk mereka yang ingin menjadi produser, sutradara, penulis skenario, tim kreatif, dan lain sebagainya, yang dipelajari adalah cara-cara mengambil gambar yang baik, menyusun program acara, memahami dunia televisi, menulis naskah program maupun skenario.
  • Teknik produksi, jurusan ini cocok bagimu yang ingin mempelajari bagian teknis, seperti kameramen, editor, soundman, lightingman, dan lain sebagainya. Yang dipelajari adalah soal teknik mengambil gambar yang baik, konsep tata cahaya, tata suara, editing gambar, dan editing grafis.
Jurusan Broadcasting_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan pemikiran out of the box

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan problem solving

✓ Pemahaman Jurnalistik

✓ Pemahaman ilmu fotografi

✓ Pemahaman public speaking

Jurusan Broadcasting_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Penyiaran (Broadcasting) di Dunia Kerja

  • Lulusan Ilmu Broadcasting, bisa menjadi tim creative, reporter, produser, script writer, sutradara, camera person, floor director, program director, penata cahaya, penata musik, editor, penyiar radio (announcer), dan masih banyak profesi yang berkaitan dengan penyiaran
  • Lulusan Ilmu Broadcasting juga bisa menjadi pembawa berita (news anchor) dengan syarat memiliki wawasan luas, memiliki kemampuan bicara sekaligus artikulasi yang baik edufriends
  • Videografer, jika memiliki kemampuan mengoperasikan kamera sekaligus mengedit, profesi Videografer bisa jadi pilihan kariermu, Selain itu kamu juga bisa membuat konten video yang diproduksi sendiri lho! Misalnya, video vlog untuk Youtube, membuat produksi film pendek, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan sebagai seorang videografer edufriends.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Peerkuliahan di Jurusan Broadcasting tidak hanya mempelajari proses siarannya, namun juga bagaimana memenejemen stasiun broadcast, termasuk memproduksi file-file audio maupun video untuk digunakan sebagai bahan siaran. Broadcasting akan mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan teknis industri media. Misalnya teknik produksi program, teknik mengambil gambar, teknik siaran, dan penggunaan teknologi siaran lainnya. Lulusan Broadcasting diharapkan memiliki kompetensi keahlian seperti membuat konsep program televisi dan radio, serta riset dan marketing siaran program media.

Mata Kuliah Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Penyiaran (Broadcasting), edufriends:

  1. Pengantar Jurnalistik
  2. Dasar-dasar Fotografi
  3. Aplikasi Komputer
  4. Teknik Mencari dan Menulis Berita
  5. Multimedia Komunikasi
  6. Produksi Pertelevisian
  7. Advertising Visual
  8. Perencanaan Media Periklanan
  9. Komputer Grafis TV
  10. Teknik Reportasi dan Wawancara
  11. Pasca Produksi TV
  12. Media dan Sistem Studio TV
  13. Manajemen Produksi TV
  14. Ekonomi Politik Media
  15. Riset Media
  16. Teknik Olah Vocal dan Pembawa Acara
  17. Jurnalistik Televisi
  18. Manajemen Penyiaran
  19. Penulisan Naskah Film dan TV
  20. Jurnalisme Online
  21. Hukum Etika Pers

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Penyiaran (S1 Broadcasting) terakreditasi A oleh BAN-PT di Indonesia:

  1. Sekolah Tinggi Desain Interstudi, Jakarta
  2. Institut Ilmu Sosial dan Politik (IISIP), Jakarta
  3. Universitas Esa Unggul (UEU), Jakarta
  4. Universitas Prof. Dr. Moestopo (UPDM), Jakarta
  5. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  6. Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta
  7. Universitas Paramadina, Jakarta

 

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Banyak peluang kerja yang dimiliki lulusan Penyiaran (Broadcasting). Berikut ini beberapa gambarannya edufriends:

SCRIPT WRITER

Profesi ini juga banyak diminati oleh para lulusan broadcasting, kamu bisa menjadi seorang penulis naskah di TV, radio, maupun di production house edufriends. Tugas seorang penulis naskah diantaranya menciptakan jalan cerita, membuat ringkasan sinopsis, menciptakan dan menulis dasar acuan dalam bentuk naskah atau  skenario atas dasar ide cerita sendiri atau dari pihak lainnya.

VIDEOGRAFER

Dalam dunia broadcasting baik TV, radio, maupun di production house, pasti membutuhkan videografer. Apalagi kini media video tidak hanya di TV, tapi juga Youtube serta di berbagai media sosial lainnya. Dengan perkembangan tersebut, dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam hal pengeditan video dan audio edufriends. Tugas editor diantaranya menyunting atau mengumpulkan video yang sudah diambil atau direkam, menyusun ulang video-video tersebut sesuai dengan urutan sebagaimana tercantum dalam naskah atau skenario,memilih gambar-gambar yang penting saja dan memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video agar lebih enak dilihat, Setelah memfilter video, tugas selanjutnya dari seorang editor video adalah mengolah suara, baik suara asli yang muncul ketika proses pengambilan gambar atau suara-suara tambahan yang perlu ditambahkan untuk memperkuat suasana video, membuat titel informasi teks atau keterangan yang berkaitan dengan materi video dan finishing.

REPORTER

Reporter sebagai salah satu profesi untuk lulusan ilmu broadcasting. Agar bisa menjadi reporter, kamu harus membuka cakrawala pemahaman yang lebih luas dari khalayak, memiliki kemampuan berbicara yang baik dan sikap percaya diri untuk melaporkan suatu peristiwa langsung dari tempat kejadian dan mengungkap aspek why, who serta pandai menggali persoalan dibalik peristiwa edufriends.

PRODUSER

Produser TV bertugas membuat program, mulai dari konsep, penyusunan anggaran produksi, menentukan proses pra produksi hingga pasca produksi. Sementara tugas dari produser radio tidak jauh berbeda dengan TV. Produser radio memiliki tugas membuat rundown, materi siaran, menyiapkan daftar lagu, hingga memastikan acara berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Berbeda lagi dengan produser di dunia perfilman yang bertugas mengawasi proses dari praproduksi hingga pascaproduksi. Ia terlibat dalam setiap proses pembuatan film, mulai dari pemunculan ide, pengembangan ide, hingga penyaluran proyek film tersebut. Produser juga mengurusi masalah biaya untuk proses praproduksi hingga pascaproduksi edufriends.

PENYIAR RADIO

Lulusan broadcasting juga dituntut untuk bisa berbicara bukan hanya di TV, tapi juga stasiun radio. Dalam dunia broadcast, tak hanya keahlian mengedit, menulis, atau mengoperasikan alat yang diutamakan, tapi juga berbicara dan berkomunikasi dengan baik. Secara umum, seorang penyiar radio memiliki tugas untuk menghibur dan menginformasikan audiens mereka dengan informasi atau hiburan yang berguna dan menarik. Informasi yang diberikan penyiar radio dapat bervariasi sesuai dengan materi dari program yang sedang dijalankan edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Mulai dari kehumasan, creative thinking, proses menjadi praktisi yang baik dan lain sebagainya.

Tugas kuliah seperti apa yang diberikan di Jurusan Ilmu Broadcasting?

Membuat Event dalam mata kuliah Creative Thinking Praktek produksi, dan Membuat Film pendek, dan lainnya.

Apakah mata kuliah yang penting di jurusan ini?

Mata kuliah penting di Jurusan broadcasting diantaranya Penyutradaraan, Produksi Radio & Tv, Produksi Film dan Teknik Editing.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *