Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Astronomi_[626 x 626]-02

Jurusan Astronomi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari fisika, biologi, kimia, dan evolusi yang berhubungan dengan bintang, planet, serta benda-benda luar angkasa lainnya. Dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, kamu akan belajar tentang struktur dan evolusi alam semesta, mulai dari karakteristik, pergerakan, persebaran meteorid, asteroid, komet, dan benda-benda langit lainnya.

Jurusan Astronomi juga akan menjawab berbagai pertanyaanmu tentang “Bagaimana bintang dan planet terbentuk? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana alam semesta dimulai? Bagaimana kehidupan bisa tumbuh dan berkembang? hingga pertanyaan Apakah ada kehidupan di planet lain? Jawaban-jawaban ini bisa diperoleh dari pengamatan atau dari teori yang dibangun berdasarkan hukum-hukum fisika yang bekerja di alam semesta. Ilmu astronomi juga merupakan ilmu tertua dalam sejarah lho, dimana dahulu suku-suku prasejarah kuno telah lama menggunakan ilmu tersebut untuk membaca rasi bintang.

Kenapa Jurusan Astronomi

Ilmu astronomi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita, karenanya sangat menyenangkan untuk dipelajari. Dengan ilmu astronomi kita dapat mengetahui pergerakan dan sebaran benda-benda angkasa seperti galaksi, komet, asteroid, planet, black hole, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat mengetahui hitungan waktu berdasarkan peredaran matahari atau bulan. Ilmu atau pelajaran astonomi juga banyak digunakan sebagai patokan dalam perhitungan dan prediksi cuaca, hal ini tentunya sangat berguna dalam  kegiatan pelayaran, penerbangan, dan transportasi lainnya edufriends.

Ilmu perbintangan juga membawamu selangkah lebih dekat denganmu yang bercita-cita bekerja di NASA. Sebab ilmu ini mengajak kita mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi. Siapa tahu, kamu bisa menjadi peneliti ruang angkasa yang menemukan planet, benda langit, maupun kehidupan lain di luar kehidupan yang kita kenal di bumi edufriends.

Selain itu tahukah kamu berdasarkan data sensus yang diperoleh Wall Street Journal, lulusan sejumlah program studi memiliki tingkat pengangguran nol persen, salah satunya adalah lulusan Ilmu Astronomi. Sebab kamu juga berkesempatan bekerja di lembaga penelitian pemerintahan bidang astronom dan observatorium. Karena di luar negeri jurusan Astronomi sangat diminati, maka bersiaplah dikirimkan oleh pemerintahan Indonesia untuk bekerja dimana saja.

Jurusan Astronomi_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Astronomi

✓ Kemampuan teliti

✓ Kemampuan detail dan tekun

✓ Kemampuan observasi

✓ Kemampuan menganalisa

✓ Pemahaman matematika

✓ Pemahaman fisika

Jurusan Astronomi_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Astronomi di Dunia Kerja

  • Profesi yang menjanjikan ketika kamu mengambil jurusan ini adalah sebagai seorang peneliti (astronom) dan sains komunikator
  • Jika kamu memiliki keingintahuan yang tinggi tentang bagaimana alam semesta bermula, bagaimana kehidupan berkembang, apakah ada kehidupan di planet lain, maka kamu telah memiliki jiwa Astronom.
  • Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi astronot edufriends.
  • Kamu juga berkesempatan menjadi pegawai pemerintah di berbagai lembaga negara seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT),
  • Kamu juga bisa menjadi seorang analis sistem di perusahaan swasta atau perusahaan negara
  • Dengan pengetahuanmu dalam menentukan waktu berpatokan pada bulan dan matahari, juga kemampuan dalam memperkirakan cuaca sangat bermanfaat bagi industri penerbangan atau pelayaran edufriends
  • Lulusan ilmu astronomi dapat bekerja sebagai tenaga pendidik atau dosen, memberimu kesempatan untuk terus belajar dan meneliti objek-objek langit.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Pada Jurusan Astronomi kamu akan mempelajari Pemahaman Kimia, Fisika, dan Matematika yang memang diperlukan guna memahami fenomena alam dalam rentang waktu yang ekstrim, seperti pembentukan unsur helium dari hidrogen melalui reaksi fusi pada inti matahari. Pada tahun kedua perkuliahan, kamu akan dihadapkan pada pilihan bidang keahlian diantaranya Fisika Bintang, Tata Surya Galaksi dan Kosmologi. Ilmu atau pelajaran astronomi sendiri dalam perkembangannya terbagi dalam cabang-cabang ilmu khusus yang lebih spesifik yaitu Astronomi Praktis, Astrometry, Astrofisika, Kosmogoni, dan Astronomi diskriptif, Astronomi planetary hingga Astronomi stellar edufriends. Kesemuanya akan kamu pelajari jika mengambil jurusan ini, sungguh menarik bukan.

Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Berikut ini mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Astronomi:

  1. Matematika
  2. Fisika Dasar
  3. Kimia Dasar
  4. Pengantar Rekayasa & Desain
  5. Pengantar Keilmuan MIPA
  6. Pengenalan Teknologi Informasi
  7. Mekanika
  8. Astrofisika
  9. Statistika dalam Astronomi
  10. Astronomi Posisi
  11. Mekanika Benda Langit
  12. Metode Matematika dan Astronomi
  13. Astronomi Komputasi
  14. Fisika Termal
  15. Tata Surya
  16. Proses Astrofisika
  17. Gelombang 18Fisika Galaksi
  18. Fisika Bintang
  19. Fisika Galaksi

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Astronomi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Astronomi

Hanya ada satu universitas saja yang menawarkan jurusan Astronomi di Indonesia, bahkan satu-satunya di Asia Tenggara yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan Astronomi sendiri berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB edufriends. FMIPA ITB menyediakan jurusan Astronomi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Ketiga jenjang tersebut berakreditasi A, menurut data termutakahir Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Sebagai satu-satunya universitas dengan Astronomi di Asia Tenggara, Astronomi ITB memiliki kerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Planetarium dan Observatorium DKI Jaya, SRON, University of Leiden, University of Amsterdam, The University of Tokyo, Kyoto Unversity, Gunma Observatory, National Astronomical Observatory, AAO, serta negara-negara lain di dunia seperti India dan Amerika Serikat.

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Astronomi

Meski ilmu yang dipelajari dalam program studi Astronomi tampak spesifik, namun nyatanya seorang lulusan Astronomi memiliki prospek kerja yang cukup luas edufriends. Prospek paling utama dari lulusan ini tentuya menjadi seorang Astronomer, disamping itu lulusan program studi Astronomi yang juga mempelajari fisika, matematika, atau bahkan programming dapat terjun ke banyak industri. Berikut dibawah ini beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan jurusan ilmu Astronomi edufriends:

ASTRONOM

Astronom di masa kini, memang masih mempelajari dan melakukan pengamatan. Namun pada astronomi modern, teleskop kini dikendalikan dari jarak jauh dan astronom bisa menunggu hasil pengamatannya dari ruangan yang nyaman dan hangat. Ketika hasil itu datang, maka yang dilakukan adalah pengolahan dan analisa data pengamatan. Jika tertarik menjadi astronom handal dan profesional, sebaiknya kamu perlu melanjutkan pendidikanmu hingga doktor. Selanjutnya kamu bisa meneliti berbagai hal dalam dunia astronomi. Kemudian kamu bisa menuliskan dan menerbitkannya dalam jurnal-jurnal ilmiah.

LEMBAGA PENELITIAN

Bagimu yang cinta akan ilmu Astronomi dan sekaligus lulusan Astronomi, kamu berkesempatan untuk bekerja di lembaga-lembaga penelitian seperti planetarium, antariksa. Negara-negara Asia Tenggara memiliki SEAN (South East Asia Networking) yang masih membutuhkan tenaga peneliti antariksa dan benda-benda langit. Kamu juga bisa bekerja di LAPAN, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), bahkan NASA (The National Aeronautics and Space Administration).

KOMUNIKATOR SAINS

Banyak sekali kebijakan yang dibuat pemerintah atau perusahaan yang bertentangan dengan ilmuwan. Karenanya ilmuwan kemudian dituntut untuk mempelajari komunikasi publik. Tak heran jika komunikator sains sangat dibutuhkan agar dapat menjembatani dan menerjemahkan pandangan ilmuwan untuk dapat menemukan sebuah kebijakan atau pengembangan sains yang lebih baik lagi.

PROGRAMMER

Tak terlalu mengejutkan jika lulusan astronomi juga dapat menjadi seorang programmer atau pengembang perangkat lunak. Memanfaatkan ilmu yang dimiliki secara luas. Pasalnya, Kamu pasti mahir di bidang fisika serta sains yang kemudian jika dipadukan dengan komputerisasi, kamu dapat menjadi pengembang perangkat lunak dengan pendapatan jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulannya edufriends.

ANALIS SISTEM

Kamu juga berkesempatan menjadi seorang analis sistem di perusahaan swasta atau perusahaan negara. Kini, banyak sekali perusahaan. Baik perusahaan swasta ataupun pemerintahan yang membutuhkan analis sistem pengembang perangkat lunak. Spesifikasi perangkat lunak di bidang astronomi. Mereka sangat membuka peluang besar untuk para lulusan Astronomi untuk bekerja di pusat satelit dan komunikasi, edufriends.

EDITOR/PENULIS/JURNALIS SAINS

Dalam bidang media, seorang lulusan Astronomi juga berkesempatan menjadi seorang penulis kolom ataupun editor. Kamu bisa menulis di majalah-majalah populet ataupun jurnal ilmiah. Melalui tulisan, kamu bisa menyampaikan konsep-konsep sains dan astronomi dengan lebih kreatif dan menarik.

DOSEN ASTRONOMI

Prospek kerja astronomi berikutnya adalah menjadi Dosen. Menjadi pengajar untuk memberikan semangat kepada para pecinta benda langit agar semakin mencintai sains tentu cocok bagimu yang memiliki passion sebagai pengajar. Namun tentu saja kamu harus meneruskan kuliahmu hingga ke jenjang S2 atau bahkan S3 untuk dapat menggeluti profesi ini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Bagaimana prospek kerja dan masa depan para Lulusan Astronomi?

Lulusan astronomi dapat bekerja di lembaga penelitian, lembaga antariksa, observatorium, planetarium, pusat sains, maupun media massa astronomi.

Apakah untuk menjadi seorang Astronom hanya bisa melalui jurusan Ilmu Astronomi?

Bagimu yang bercita-cita menjadi seorang astronom, jurusan yang bisa ditekuni sebenarnya bukan hanya astronomi. Kamu bisa memulai dengan jurusan fisika, matematika atau jurusan teknik terkait edufriends.

Bagaimana caranya berkuliah di jurusan Ilmu Astronomi ITB?

Mereka yang ingin berkuliah di Astronomi ITB harus memilih FMIPA ITB saat mendaftar kuliah, apapun jalurnya. Hal ini berlaku sebab di dua semester pertama kuliah, mahasiswa ITB menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) dan belum dijuruskan langsung ke jurusan Astronomi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *