Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis adalah bidang studi yang akan mengajarkanmu langkah mengatur sebuah bisnis, baik bisnis yang baru dirintis maupun perusahaan yang telah lama beroperasi. Jurusan ini akan banyak berfokus pada sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis. Kamu akan dilatih kemampuannya dalam mengatasi berbagai tantangan pekerjaan serta dibekali pengetahuan yang luas tentang prinsip-prinsip dunia bisnis. Silabus pendidikannya sendiri mencakup cara pengelolaan organisasi, administrasi bisnis, strategi bisnis, dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika, perencanaan bisnis juga manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Hal inilah yang membuat lulusan jurusan Manajemen Bisnis cenderung banyak diminati oleh berbagai perusahaan besar maupun organisasi lainnya.

Kenapa Jurusan Manajemen Bisnis

Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis banyak diminati perusahaan, bahkan untuk tingkatan manager atau posisi lain yang lebih tinggi. Lulusannya juga dapat masuk ke berbagai bidang industri, sebab Ilmu Manajemen Bisnis merupakan ilmu yang mudah diaplikasikan ke semua lini pekerjaan. Kariernya tak terbatas hanya pada satu bidang tertentu saja, namun dapat merambah ke macam-macam sektor mulai dari ritel, logistik dan distribusi, trading, properti, jasa, hingga ke berbagai industri e-commerce dan masih banyak lagi.

Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa masuk dalam badan-badan pemerintahan, hingga organisasi internasional, atau membangun usaha sendiri sebagai seorang entrepreneur. Sebab telah mempelajari teori dan prinsip-prinsip dasar dalam mengelola modal dan sumber daya perusahaan juga dilatih menghadapi berbagai skenario nyata yang muncul di dunia usaha di masa perkuliahannya.

Keahlian Jurusan Manajemen Bisnis

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan menghitung dan administrasi

✓ Kemampuan bekerja dalam tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis di Dunia Kerja

  • Seorang lulusan Manajemen Bisnis dapat berkarir sebagai Konsultan bisnis di Perusahaan nasional atau multinasional, tugasnya membantu perkembangan bisnis suatu perusahaan, dan mengelola resiko
  • Manajemen Traine, tim elit perusahaan yang bertugas melakukan pelatihan pada para peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut
  • Manajer Administrasi, memiliki fungsi umum melakukan perencanaan dan mengkoordinasi suatu perusahaan, dalam bidang administratif tentunya. Hal ini mencakup pencatatan, informasi, surat menyurat, hingga operasi custodian
  • Perencana Bisnis Berkelanjutan, Tanggung jawab seorang perencana bisnis berkelanjutan secara umum adalah melakukan analisis risiko bisnis serta efeknya terhadap kelanjutan bisnis suatu perusahaan setelah krisis
  • Manajer Akuntansi bertanggung jawab pada administrasi keuangan perusahaan seperti mencatat pengeluaran atau pemasukan, melaporkan kesehatan keuangan dengan laporan-laporannya dan semua kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan keuangan

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Di awal perkuliahan kamu akan mendapat materi pembelajaran dasar mengenai bisnis dan manajemen, seperti pengantar ekonomi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ekonomi makro, komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga akan banyak mengumpulkan dan menganalisa data, menyusun suatu rencana atau strategi berdasarkan prinsip efisien dan efektif, melaksanakan rencana, hingga mengevaluasinya.

Bidang spesialisasi untuk jurusan Manajemen Bisnis diantaranya Akuntansi, Administrasi, Manajemen keuangan, Pemasaran (Marketing), Manajemen operasional, Manajemen sumber daya manusia, Ekonomi Kewirausahaan, Transportasi dan logistik juga Perbankan dan keuangan.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen Bisnis:

  1. Pengantar Ekonomi
  2. Matematika Bisnis
  3. Akuntansi Biaya
  4. Ekonomi Makro
  5. Ekonomi Mikro
  6. Manajemen Keuangan
  7. Manajemen Perkantoran
  8. Manajemen Pemasaran
  9. Manajemen Sumber Daya Manusia
  10. Statistika Deskriptif
  11. Komunikasi Bisnis
  12. Manajemen Pengadaan
  13. Praktik Perencanaan dan Pengendalian Produksi
  14. Studi Kelayakan Bisnis
  15. Perilaku Organisasi
  16. Praktik Human Resources Information System
  17. Sistem Manajemen Mutu
  18. Manajemen Pelayanan
  19. Manajemen Mutu
  20. Analisa Pasar Modal
  21. Manajemen Distribusi dan Logistik
  22. Negosiasi Bisnis
  23. Praktik MICE
  24. Manajemen Resiko

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen Bisnis

  • Tekun
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen Bisnis

 

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Manajemen Bisnis (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  5. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  6. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  9. Universitas Riau (UNRI), Riau
  10. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis

MANAJER PROYEK

Seorang manajer proyek bertugas merencanakan dan mengawasi semua aspek proyek, termasuk memulai, merencanakan, melaksanakan, memantau dan meringkas proyek. Manajer proyek dapat bekerja sama dengan manajemen tingkat atas untuk memastikan bahwa setiap proyek berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal. Manajer proyek juga bertugas mengelola tim dan membagi tugas-tugasnya kedalam anggota tim tersebut, selain itu ia juga bertugas menyusun anggaran yang seefektif mungkin.

PERENCANA BISNIS BERKELANJUTAN

Sebagai orang yang memiliki ilmu manajemen dan bisnis, banyak perusahaan yang mencari orang-orang ini untuk ditempatkan di dalam posisi perencana bisnis berkelanjutan. Tanggung jawab seorang perencana bisnis berkelanjutan secara umum adalah melakukan analisis risiko bisnis serta efeknya terhadap kelanjutan bisnis suatu perusahaan setelah krisis. Menjadi ahli perencana bisnis memiliki jenjang karir yang sangat bagus seperti analis, manajer, koordinator, hingga direktur manajemen bisnis berkelanjutan.

KONSULTAN BISNIS

Prospek manajemen bisnis adalah menjadi konsultan bisnis. Tugas utama profesi ini adalah menganalisis sebuah bisnis dan memberikan solusi agar sebuah bisnis dapat berkembang pesat atau keluar dari zona berbahaya (kebangkrutan misalnya). Seorang konsultan bisnis minimal harus menguasai beberapa ilmu pengetahuan dan teknis seperti keuangan, akuntansi, manajemen, bisnis, data analys dan lain sebagainya. Konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan analysis yang baik, sehingga dapat menyusun strategi dan rencana yang strategis agar dapat diikuti oleh perusahaan untuk mencapai goals. Sebagai lulusan manajemen bisnis yang berprofesi sebagai konsultan bisnis, harus bisa memahami kebutuhan konsumen perusahaan dan kondisi pasar. Sehingga keputusan yang diambil tepat dan berimpact bagus bagi perusahaan.

ANALIS BISNIS

Seorang analis bisnis adalah seorang spesialis yang tanggung jawabnya mirip dengan konsultan bisnis. Analis bisnis memiliki kedalaman dan keluasan pengetahuan yang mendalam di masing-masing bidang. Seorang analisis bisnis harus familiar dengan data-data, sehingga kemampuan analys data sangat diperlukan. Beberapa kemampuan khusus yang harus dikuasai antara lain keuangan, teknologi informasi, bisnis, marketing, dan statistika dasar. Posisi ini sangat sesuai untukmu yang suka berpikir, menanalisis dan menyukai tantangan untuk memecahkan suatu masalah kompleks pada sebuah bisnis.

MANAJER SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

Memperoleh gelar dari jurusan manajemen bisnis tidak berarti Kamu harus bekerja dalam batas-batas strategi bisnis, analisis, atau produksi. Jika Kamu lebih suka bekerja dengan mengurusi para karyawan, menjadi manajer SDM mungkin pilihan yang tepat untukmu. Tugas manajer SDM adalah mengelola karyawan mulai dari perekrutan, pelatihan, manajemen kinerja, motivasi karyawan, layanan konsultasi, menghitung kebutuhan karyawan organisasi dan masih banyak lagi.

MANAJER BISNIS

Lulusan manajemen bisnis memiliki prospek kerja sebagai manajer event. Biasanya perusahaan-perusahaan besar membutuhkan manajer event ini untuk mengelola eventnya. Kamu bisa membentuk sendiri tim mu atau EO (Event Organizer) dengan kamu sebagai leadernya. Tugas utama dari manajer event ini adalah merencanakan, membuat dan mengatur berlangsungnya sebuah acara sampai selesai dan sukses. Intinya membuat acara itu dapat berlangsung dengan baik dan sukses, termasuk didalamnya mempersiapkan tempat, alat-alat, randown acara, konsumsi hingga artis dan undangannya. Beberapa event sekala besar seperti konferensi, konser, konvensi, pameran, seminar, festival dan acara lain.

MANAJER OPERASIONAL

Prospek kerja manajemen bisnis yang selanjutnya adalah menjadi manajer operasi. Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola dan memantau tim memaksimalkan efisiensi, produktivitas, dan keuntungan untuk bisnis. Pada beberapa perusahaan, manajemen operasi juga bertugas membuat anggaran, merumuskan prosedur (alur kerja) dan sistem serta menganalisis keuangan produksi mengendalikan pengeluaran. Seorang manajer operasi juga bertugas menetapkan goals serta membagi dan mengawasi tugas para staffnya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis?

Mempelajari manajemen bisnis, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan , teknik pemecahan masalah dan tanggung jawab bisnis terhadap sosial dan lingkungan.

Apakah saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Wirausaha/pebisnis/entrepreneur terutama dibidang teknologi, Manajer di berbagai indusri manufaktur, energi transportasi, kimia, dan lain-lain.

Apa perbedaannya antara jurusan Manajemen Bisnis dan Administrasi Bisnis?

Secara umum, perbedaan utama antara jurusan management bisnis dengan administrasi bisnis dapat dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya administrator bisnis merupakan spesialis, sedangkan manager bisnis merupakan generalis.