Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Ekonomi_[473 x 314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kamu dapat memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian dapat digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan ini termasuk dalam ranah studi IPS. Meskipun berada dalam rumpun sosial, mata kuliah ilmu ekonomi tidak jauh dari angka dan perhitungan matematis.

Karenanya selain kemampuan mengingat untuk menghafal berbagai teori ekonomi, Kamu juga perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik untuk berkuliah di jurusan ini, edufriends.

Kenapa Jurusan Ekonomi

Ilmu Ekonomi memegang peranan vital dalam kehidupan dan lulusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja, kamu bisa menjadi seorang ekonom, bekerja di perusahaan nasional maupun internasional sebagai staf keuangan, bagian manajemen pemasaran, manajemen produksi dan lain-lain, menjadi pengusaha, bahkan menjadi pejabat yang mengatur kebijakan perekonomian. Selain itu Ilmu ini juga bersifat aplikatif, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan Ekonomi sebagai salah satu jurusan dengan peminatan yang variatif, diantaranya:

  • Ekonomi Internasional: Mempelajari aspek-aspek ekspor-impor, kerja sama, dan transaksi ekonomi internasional
  • Ekonomi Publik: Mempelajari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
  • Ekonomi Regional: Menelaah kasus-kasus ekonomi dalam skala daerah
  • Ekonomi Moneter: Mempelajari peran-peran Bank sentral seperti Bank Indonesia
  • Ekonomi Pembangunan: Mengkaji kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi proses pembangunan serta praktik ekonomi suatu negara
  • Ekonomi Industri: Mempelajari ranah ekonomi mikro, dan industri yang saling mempengaruhi satu sama lain
  • Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Menelaah kasus-kasus ekonomi terkait penyediaan sumber daya alam dan lingkungan. Ekspor-impor SDA, kelangkaan SDA, penyediaan SDA, dan lainnya
  • Ekonomi Sumber Daya Manusia: Menelaah kebijakan tata kelola SDA. Isu-isu mengenai upah, kesejahteraan hidup, hingga peningkatan kualitas SDM
Jurusan Ekonomi_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Ekonomi

✓ Kemampuan matematika

✓ Kemampuan observasi terhadap masalah sosial ekonomi

✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan menganalisis

✓ Kemampuan menyelesaikan persoalan

Jurusan Ekonomi_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ekonomi di Dunia Kerja

  • Investor Relation Associate, sebagai Sarjana Ekonomi kamu memiliki kesempatan besar untuk menekuni profesi ini. Investor Relation Associate bertugas melakukan pendekatan dan pengenalan dengan calon penanam modal atau saham di perusahaan tempatnya bekerja
  • Risk Analyst, Profesi analis resiko di suatu perusahaan akan banyak berhubungan dengan tim legal, tugasnya mengumpulkan data keuangan perusahaan yang nantinya akan dijadikan data saat mengajukan pinjaman atau mengajukan kerja sama
  • Akuntan Publik, Lulusan Jurusan ekonomi dapat bekerja sebagai accounting atau membuka jasa Akuntan Publik yang akan berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan surat-surat keuangan dan juga pengurusan pengembalian pajak (tax returns)
  • Compensation & Benefits Manager, Posisi ini ada untuk membantu perusahaan mengorganisir regulasi pemberian bonus dan kompensasi pada karyawannya
  • Juru Taksir atau disebut juga Appraiser bertugas menentukan nilai sesungguhnya dari suatu properti, hingga menetapkan pajak yang dibutuhkan perusahaan yang menawarkan jasa gadai

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ekonomi

Ruang lingkup Mata kuliahnya terbagi menjadi Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro dengan modul pembelajaran teori ekonomi sebagai elemen pentingnya.

Selain itu kamu akan mempelajari berbagai dampak dari perbedaan kebijakan terhadap aspek ekonomi, teknik pengambilan sebuah keputusan secara rasional, efektif, dan efisien, pengalokasikan sumber daya yang terbatas agar mencapai keuntungan optimal, pengumpulan, intrepertasi data, serta penggunaan rumus matematika untuk membuat suatu perhitungan. Tidak hanya itu kamu juga akan mempelajari tren industri, dan kebijakan-kebjakan di dalamnya.

Secara umum ada 7 bidang keahlian Jurusan Ekonomi diantaranya Ekonomi Internasional, Ekonomi Publik, Ekonomi Regional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Industri, Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA) & Lingkungan dan Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM).

Mata Kuliah Jurusan Ekonomi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ekonomi:

  1. Matematika Ekonomi
  2. Statistik Ekonomi
  3. Ekonometrika
  4. Ekonomi Mikro
  5. Ekonomi Makro
  6. Pengantar Manajemen
  7. Pengantar Bisnis
  8. Pengantar Akuntansi
  9. Sejarah Pemikiran Ekonomi
  10. Ekonomi Koperasi
  11. Evaluasi Proyek
  12. Ekonomi Moneter
  13. Ekonomi Publik
  14. Ekonomi Pembangunan
  15. Sistem Ekonomi
  16. Ekonomi Internasional
  17. Kebanksentralan
  18. Demografi
  19. Ekonomi Industri
  20. Ekonomi Pertanian
  21. Ekonomi Regional
  22. Ekonomi SDM
  23. Ekonomi SDA & Lingkungan
  24. Perencanaan Pembangunan
  25. Ekonomi Kependudukan
  26. Analisis Optimasi
  27. Ekonomi Manajerial
  28. Bank dan Lembaga Keuangan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ekonomi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Ekonomi

 

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ekonomi (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  4. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  6. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  7. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  8. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  9. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  10. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Secara umum, lulusan dari jurusan ekonomi dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor public, actuarial dan analisis data, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa diantaranya:

ANALIS RISET PASAR

Analis Riset Pasar menganalisa nilai dari suatu produk atau jasa sebelum dipasarkan. Dalam pekerjaan mengumpulkan dan menganalisa data, analis riset pasar biasanya menggunakan perangkat lunak (software). Dipadukan dengan keahlian menulis laporan dan statistik, mereka kemudian akan membuat laporan dan grafik untuk dijelaskan kepada klien.

AUDITOR

Profesi ini hampir sama dengan akuntan. Bedanya, akuntan lebih ditekankan pada pencatatan keuangan atau arus keluar masuk kas. Sedangkan auditor bertugas menganalisis laporan keuangan dengan tujuan mengambil kesimpulan apakah laporan keuangan yang ada wajar atau tidak

KONSULTAN EKONOMI

Konsultan Ekonomi menggunakan keahlian riset dan analitik untuk menganalisa keadaan ekonomi, berbagai hal dan tren industri yang akan mempengaruhi produksi, perluasan usaha dan investasi dari klien mereka. Untuk memberikan laporan yang akurat, konsultan ekonomi harus menguasai banyak wawasan, baik itu hukum, peraturan pemerintah, kejadian terkini yang mungkin mempengaruhi investasi atau usaha klien.

MANAJER KOMPENSASI DAN TUNJANGAN

Manajer kompensasi dan tunjangan mengatur sistem pembayaran dan tunjangan untuk para karyawan di suatu perusahaan. Mereka biasanya bekerja sama dengan departemen sumber daya manusia. Manajer kompensasi dan tunjangan akan mempelajari tren permintaan dan ketersediaan tenaga kerja terkini, untuk menentukan seberapa besar gaji yang dibayarkan untuk setiap posisi kerja.

AKTUARIS

Aktuaris menggunakan keahlian matematika dan statistic untuk menentukan nilai dari aset-aset yang dapat diasuransikan, baik itu akibat kebakaran, sakit, tutup usia atau kebangkrutan. Mereka akan berhadapan dengan angka-angka dan rumusan, untuk menghitung nilai aset-aset tersebut.

AKUNTAN

Akuntansi termasuk salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Seorang yang menggeluti profesi ini disebut dengan akuntan. Tugasnya menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk. Semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan karena itu, profesi ini bisa menjadi prospek kerja ilmu ekonomi yang menjanjikan untukmu. Dari laporan ini, perusahaan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan dan menjadikannya acuan untuk pengambilan kebijakan-kebijakan.

ANALIS KREDIT

Analis kredit menilai resiko dari suatu pinjaman, baik itu pinjaman untuk individual atau perusahaan. Mereka akan menilai berdasarkan tren ekonomi terkini dan berbagai faktor lainnya seperti keadaan industri, competitor dan lain sebagainya, kemudian menentukan jumlah dan bunga pinjaman yang dapat diberikan kepada klien.

ANALIS KEUANGAN

Analis keuangan meriset perusahaan, industri, saham, aset dan investasi. Mereka kemudian membuat laporan untuk departemen keuangan dari perusahaan, bank, agen kredit, dan investor swasta. Keputusan mereka akan sangat menentukan jalur investasi, penawaran nilai saham, dan harga merger atau akuisisi suatu perusahaan.

ANALIS MANAJEMEN BISNIS

Analis manajemen bisnis bertugas menganalisa prosedur, desain sistem operasional, dan sistem lainnya dalam suatu perusahaan atau organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Termasuk diantara pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisa program, konsultasi manajemen, dan analis bisnis

KONSULTAN MANAJEMEN

Konsultan Manajemen menganalisa masalah-masalah bisnis dan solusinya. Fresh Graduate biasanya memulai karir mereka di posisi analis riset, asisten riset, atau konsultan junior dimana mereka membantu akan pekerjaan para staf yang lebih senior.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Ekonomi?

Mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran masyarakat dalam mengambil, mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Instansi Pemerintahan, Lembaga Keungan, Analis Riset Pasar, Konsultan Ekonomi, Aktuaris, Analis Keuangan dan Kredit, Tenaga Pengajar.

Apa saja pengetahuan dan keahlian dasar yang dibutuhkan untuk berkuliah di jurusan ini?

Kemampuan matematika, Kemampuan observasi terhadap masalah sosial-ekonomi, Kemampuan berpikir logis dan terstruktur, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan menganalisis, daan Kemampuan menyelesaikan berbagai persoalan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *