Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Ingin Jadi Pemimpin Idaman? Baca 20 Rekomendasi Buku Ini

Ingin Jadi Pemimpin Idaman? Baca 20 Rekomendasi Buku Ini

Bukan perkara mudah menjadi seorang pemimpin. Pendapatan yang besar, berjalan seiring dengan tanggung jawab yang besar pula. Seorang pemimpin pun harus memiliki sifat yang bijak dan bersahabat. Namun, sifat ini tidak serta merta dimiliki setiap pemimpin.

Untuk itu, seorang pemimpin haruslah seseorang yang haus untuk berkembang. Perasaan inilah yang nantinya akan membawa rasa pada diri, bahwa selain mengembangkan skill dalam pekerjaan yang diampu, mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin yang baik juga merupakan sesuatu yang patut dipelajari.

Secara sederhana kepemimpinan (leadership) adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam hal bekerja, di mana tujuannya adalah untuk mencapai target organisasi yang telah ditentukan.

Buku-buku di bawah ini bisa menjadi bahan baca untuk mempelajari bagaimana mengembangkan skill kepemimpinan, agar tidak hanya bisa diandalkan, namun juga diidamkan.

20 Rekomendasi Buku Leadership untuk Mengembangkan Skill Kepemimpinan

1. Leadership in Practice – Asnawi Syam & Rhenald Kasali

Buku ini ditulis oleh Asmawi Syam dan Rhenald Kasali, dua tokoh putra terbaik Indonesia yang turut aktif membina dan memberikan ilmu mengenai kepemimpinan.

LeadershipBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Menjadi pemimpin dapat disimbolkan dengan mempunyai follower, dan itu bukanlah perkara gampang. Jika kamu adalah seorang atasan, bukan berarti orang-orang di tim kamu adalah follower. Mereka bisa saja mengikuti apa yang diperintahkan, namun dilakukan karena takut atau terpaksa, bukan karena terinspirasi dan tergerak untuk mengikuti.

Buku yang dikemas ke dalam delapan bab ini akan membantu kamu untuk memahami bagaimana menjadi pemimpin yang ideal, dimulai dengan membangun karakter seorang leader. Setelah karakter, tentu kamu butuh kompetensi dan kapabilitas untuk terus dapat bergerak lincah menghadapi tantangan dalam memimpin, sehingga ide-ide yang kamu punyai tidak hanya sekadar menjadi wacana.

3. The Book of Sukses Memimpin: Cara Paling Serius Untuk Memimpin - Mochtar Prakoso

Sekumpulan SDM terbaik dalam suatu perusahaan tidak akan dapat bekerja dengan optimal tanpa adanya pemimpin andal. Steve Jobs telah membuktikan hal tersebut bersama Apple. Setelah ditinggal olehnya, Apple Inc yang berisi SDM terbaik hanya mampu jalan di tempat selama beberapa tahun. Tetapi, sekembalinya Steve Jobs, tren positif perusahaan terus meningkat hingga mencapai titik puncak.

TheBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Itulah mengapa pemimpin sejati dapat memberikan perubahan besar dan menentukan bagi banyak orang. Jika kamu adalah seorang pemimpin, sudahkah kamu mengenal baik mereka semua yang kamu pimpin? Pernah nggak mereka datang dan menceritakan keluhan kesah mereka? Jika tidak pernah, kamu perlu mempertanyakan esensi diri kamu sebagai orang yang memimpin mereka.

Dalam buku ini kamu akan temukan trik-trik rahasia para pemimpin nomor satu, mulai dari Gandhi sang Pelopor Damai, Sukarno sang Proklamator, Steve Jobs sang Konglomerat, hingga Muhammad SAW sang Rasul.

4. Start With Why

Buku ini menjadi best seller karena pembicaraan sang penulis di TED Talk. Simon Sinek adalah seorang penulis, sekaligus pembicara yang dikenal sangat menginspirasi.

startBaca Sekarang di Gramedia Digital!

Buku ini menjelaskan tentang pentingnya kata “mengapa” dalam membangun sebuah bisnis atau organisasi. Bukan karena uang atau keuntungan, tapi tentang hasilnya. Salah satunya mengambil contoh dari Apple Inc tentang pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnis, untuk membuat keputusan besar sesuai visi.

Tak hanya itu, ada juga bagian tentang bagaimana para pemimpin berpikir, bertindak, dan berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, hingga Martin Luther King Jr., dikatakan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik dan berbeda.

4. Find Your Why Simon Sinek

Apakah kamu termasuk orang yang mudah bosan dan mudah ter-distrack, Grameds? Kalau iya, itu biasanya bisa disebabkan karena kurang kuatnya motivasi untuk apa kamu melakukan satu hal tersebut.

FindBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Melalui buku ini, Simon Sinek akan memberitahu langkah praktis untuk menemukan tujuan kamu dan tim secara lengkap, jelas, dan sistematis, sambil melengkapi teori-teorinya yang ada pada buku Start with Why. Dimulai dengan teori lingkaran emas, setiap organisasi atau karier seseorang memiliki tiga bagian penting, yaitu "apa" yang kamu lakukan, "bagaimana" cara kamu melakukannya, dan "mengapa" kamu melakukannya.

Dengan memiliki “WHY” yang kuat, akan membuat kamu selalu terinspirasi setiap hari dan mampu merencanakan langkah apa yang harus ditempuh. Fyi, Teori lingkaran emas ini sejalan dengan cara kerja otak manusia, di mana bagian luar otak adalah neokorteks yang bersifat rasional dan analitis. Itulah kenapa kamu harus menemukan “WHY” pada diri kamu!

5. Leaders Eat Last

Masih dari Simon Sinek, kali ini ia akan menyampaikan bahwa pemimpin harus memastikan adanya rasa aman di sekeliling kelompoknya. Dengan begitu, mereka akan memiliki rasa saling percaya dan melindungi satu sama lain.

Hal ini berawal dari melihat gaya kepemimpinan Marinir Amerika Serikat yang mengedepankan prinsip bahwa sebagai komandan hendaknya memperhatikan dahulu bawahannya, atau disebut dengan “officer eat last”. Sebagai senior dan pemimpin, mereka mendahulukan junior atau anak buahnya untuk merasakan kenyamanan dan kepentingan mereka dahulu.

leadersBeli dan Baca Sekarang!

Dengan karyawan yang merasa nyaman dan cinta dengan pekerjaannya, suatu perusahaan atau organisasi pun akan mendapatkan kesuksesan, karena sang pemimpin telah membuat suasana tim kondusif, yang membuat bekerja jadi efektif dan lebih produktif. Bagaimana caranya? Lebih lengkapnya kamu bisa membaca buku ini yang dilengkapi dengan contoh-contoh dari para pemimpin perusahaan terkenal.

6. MindsetCarol S. Dweck

Grameds, apakah kamu termasuk tim yang percaya bahwa apa yang kita pikirkan dan yakini itulah yang akan terjadi? Carol S.Dweck, seorang profesor psikologi di Universitas Stanford, mengungkapkan bahwa ada kekuatan dari sebuah keyakinan. Dweck menjelaskan ada dua tipe pola pikir yang berbeda di dalam menghadapi permasalahan kehidupan, yaitu fixed mindset (pola pikir tetap) dan growth mindset (pola pikir berkembang). Kedua pola pikir ini akan memberikan hasil yang berbeda.

MindsetBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Seseorang dengan fixed mindset mempunyai kecenderungan untuk mengkhawatirkan pendapat orang lain. Akibatnya, mereka takut terlihat bodoh dan berbuat salah, tidak menyukai kegagalan dan kritik, serta merasa terancam jika melihat orang lain lebih dari mereka. Sementara orang dengan growth mindset berpikir bahwa kegagalan adalah upaya mereka untuk belajar dan mencoba lagi. Mereka meyakini bahwa semua orang apapun kondisinya mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sukses

Melalui buku ini kamu akan mendapat penjelasan dari mana asal mindset yang kamu miliki, pengaruh apa yang terjadi dalam kehidupanmu ketika mengadopsi salah satu mindset, serta upaya apa saja untuk memperoleh growth mindset. Hal ini perlu kamu pelajari karena growth mindset adalah mindset yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin.

7. Great Leaders Have No Rules

Banyak orang merasa bahwa kepemimpinan adalah keadikuasaan. Tapi, hal itu ditepis oleh penulis buku ini yang menjelaskan 10 prinsip kepemimpinan, yang bertentangan dengan prinsip populer.

greatBeli dan Baca Sekarang!

Kevin Kruse dengan pengalaman berbisnisnya selama tiga dekade, mengajarkan cara menjadi pemimpin yang diidamkan oleh pegawai, karyawan, bawahan, sekaligus menjadi pemimpin berprestasi yang diincar semua CEO. Tanpa drama, tanpa stres, tanpa bekerja sampai larut malam di kantor!

Buku ini juga memberikan pendekatan yang radikal dalam hal kepemimpinan, yang mengungkapkan mengapa sebaiknya menyingkirkan buku peraturan, bersikap pilih kasih, menutup kebijakan pintu terbuka dan lainnya. Segala prinsip dijelaskan lewat contoh nyata serta studi kasus, dan ditunjukkan cara mengaplikasikannya.

8. Leadership Mastery

leadershipBeli dan Baca Sekarang!

Nama Dale Carnegie sangat tersohor selama berpuluh tahun lamanya sebagai pelatih atau motivator pengembangan diri dan lainnya. Ada banyak buku-bukunya yang selalu jadi best seller, termasuk yang satu ini.

Buku ini menjelaskan bagaimana seorang pemimpin yang baik, entah itu untuk memimpin orang lain maupun diri sendiri. Di seluruh isi bukunya, kamu akan membaca prinsip-prinsip kepemimpinan Dale Carnegie yang terkenal dan takkan pernah berubah, hanya cara penerapannya yang telah berubah.

9. How to Win Friends and Influence People in The Digital Age – Dale Carnegie & Associates

Dale Carnegie & Associates adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pelatihan dalam berbagai topik, di antaranya kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kemampuan penjualan, customer service, dan sebagainya. Jadi, mengulik buku satu ini worth it buat kamu yang lagi belajar cara memimpin.

HowBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Komunikasi merupakan hal yang sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan praktik komunikasi yang baik, kamu dapat memiliki network yang bagus, lebih dipercaya, membangun kepemimpinan yang menarik, serta membuat citra diri yang positif.

Banyak tips and trick berkomunikasi yang sangat pas untuk kamu praktikkan sebagai seorang leader. Seperti sebelum memberikan feedback, pastikan kamu sedang dalam emosi yang netral. Kemudian saat menemukan kegagalan dalam kerja tim, cobalah untuk fokus pada hal-hal positif serta penggunaan kalimat afirmasi.


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Bulan Januari hingga Juni 2022


10. Effective Leadership: Bagaimana Cara Memimpin yang Paling Benar dan Bijaksana

effectiveBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini merangkum pandangan para ahli terhadap definisi kepemimpinan yang beragam dan menjelaskan konsep kepemimpinan efektif. Buku ini juga melihat kepemimpinan dari berbagai teori, jenis, dan gaya kepemimpinan.

Ada pula penjelasan tentang perbedaan pemimpin dengan manajer, memahami kepemimpinan efektif, bagaimana menumbuhkan pemimpin efektif, hingga menjadi pemimpin efektif dalam lingkungan yang terus berubah.

11. Seni Manajemen Waktu: Rahasia Bagaimana Orang-Orang Sukses - Cecilia Pretty Grafiani

Salah satu keterampilan hidup yang paling penting untuk dikuasai adalah manajemen waktu. Mengapa? Karena ia tak akan kembali barang sedetik. Sayangnya, manajemen waktu menjadi masalah bagi banyak orang.

ManajemenBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Banyak orang mengakui dan merasa perlu untuk dapat mengatur waktu dengan baik, namun dalam kenyataannya mereka tidak memerhatikan dan menerapkannya. Kita membutuhkan disiplin terhadap diri serta komitmen untuk tidak menunda-nunda tugas yang harus kita selesaikan.

Dengan menguasai manajemen waktu, bukan hanya meningkatkan produktivitas, kamu juga dapat meminimalisir stres dan memperbaiki keseluruhan kualitas hidup baik secara pribadi maupun kehidupan di dalam organisasi. Penting banget, kan?

12. Book of Leadership

Siapa pun bisa menjadi pemimpin, termasuk kamu. Kepemimpinan memang jadi hal yang sangat penting bagi semua orang. Bukan hanya untuk memimpin orang lain, tapi juga untuk memimpin dirimu sendiri.

Buku ini melihat bagaimana potensi kepemimpinan di dalam diri kamu. Di mana akan mengajarkan bagaimana melatih diri, untuk menjadi seorang pemimpin dengan memberikan sejumlah cara yang dapat kamu praktikkan.

bookBeli dan Baca Sekarang!

13. Lancar Berbicara, Mahir Berdebat, Terampil Menaklukkan Lawan - Sony Adams

Sebagai seorang leader rasanya keahlian komunikasi harus jadi prioritas. Buku ini akan mengajak kamu untuk menemukan potensimu dalam bidang komunikasi, seperti bagaimana caranya menjadi pribadi yang penuh percaya diri, cara mengatasi rasa gugup, cara berbicara yang berwibawa, caranya untuk menjadi the center of attention alias pusat perhatian, hingga cara membaca pikiran lawan bicaramu. Terdengar sangat menarik ya, Grameds?

LancarBaca Bukunya Sekarang di Sini!


Baca juga: Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik


14. Menjadi Pemimpin Hebat: Be a Super Leader from Earth

Pemimpin yang baik itu bukan mereka yang bisa memberikan perintah tanpa anak buahnya memprotes, tapi mereka yang mendapatkan kepercayaan dan memperoleh rasa hormat siapa pun.

Buku ini menjelaskan bagaimana menjadi pemimpin yang memiliki integritas, cara menumbuhkan rasa simpati, empati, dan kepercayaan terhadap karyawan, maupun di antara para karyawan. Lalu bagaimana cara mengembangkan potensi karyawan, cara memiliki kemampuan mengarahkan anak buah, dan memberikan tugas dengan baik, hingga cara membangun hubungan yang baik dengan bawahan.

menjadiBeli dan Baca Sekarang!

15. Berpikir dan Bertindak Luar Biasa ala Pebisnis Sukses Dunia - Hari Laksana

Kita hari ini adalah hasil dari tindakan-tindakan yang kita lakukan di hari kemarin. Maka, hari ini menjadi sangat penting untuk kita perhatikan, karena menentukan seperti apa kita di hari esok. Apalagi kalau kita sedang menjadi seorang leader. Keputusan apapun yang kita ambil, akan memengaruhi seluruh kehidupan organisasi yang dipimpin.

BerpikirBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Maka selayaknya pemimpin yang bertanggung jawab, kita harus menjadi pribadi yang bijak dan berani dalam membuat keputusan. Nah, melalui buku ini kita bisa temukan berbagai cara dan strategi yang diambil oleh para tokoh sukses dunia. Selanjutnya, dari pengalaman orang lain tersebut kita dapat modifikasi untuk kemudian mencapai kesuksesan versi kita.

16. Art of War: Strategi Kepemimpinan Bisnis Pemasaran

Sun Tzu adalah dewa perang yang hidup di Tiongkok pada abad ke-5 SM yang sangat ahli di medan tempur. Strategi perangnya ditulis dalam “The Art of War” dan menjadi rujukan orang-orang modern.

artBeli dan Baca Sekarang!

Penulisannya yang filosofis tak menjadikan tulisannya selalu menafsirkan perang berdarah di lapangan, namun pertempuran di kehidupan sehari-hari. Banyak orang menafsirkan karya hebat ini ke dalam strategi kepemimpinan, baik memimpin negara maupun memimpin perusahaan.

Nah, buku ini mengupas strategi perang Sun Tzu yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam urusan bisnis. Bagaimana menjadi seorang eksekutif perusahaan yang efektif, bagaimana menjadi manager yang mampu mendorong timnya, dan lain-lain.

17. The Pilot Way: Seni Memimpin Diri, Tim & Organisasi ala Pilot

Penerbangan mengajarkan tentang memandang dan memaknai kehidupan. Dari fisik pesawat, kita diajarkan untuk hidup seimbang. Dari sisi pilot, kita diajarkan bagaimana cara memegang kendali kehidupan, karena pilot yang profesional tahu bagaimana cara bersikap saat cuaca buruk datang, dan para penumpang bisa selamat.

theBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini akan mengajak kamu menyelami makna kepemimpinan dan kehidupan dengan perspektif penerbangan, khususnya pada pilot. Disajikan dengan gaya bertutur perspektif tanpa menggurui, buku ini penuh dengan cerita menggelitik, dilengkapi dengan studi kasus dan best practices yang memudahkan kita untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan.

18. Lead Like Soekarno: Kalau Soekarno Sukses Memimpin, Mengapa Kita Tidak?

Kita semua tahu dengan citra Presiden Indonesia pertama yang begitu gagah memimpin perjuangan kemerdekaan. Semuanya tak mudah, beliau memulai perjuangannya sejak menimba ilmu di usia muda yang sangat rajin mengasah pidato, mendirikan perkumpulan politik, dan lainnya.

LeadBeli dan Baca Sekarang!

Lalu, bagaimana perjuangan Ir. Soekarno memimpin banyak orang hingga negara Indonesia bisa merdeka? Buku ini memperlihatkan perjuangan dan jejak-jejak langkah beliau, lewat penggambaran yang sangat unik melalui ilustrasi komik. Dengan begitu, kamu juga bisa mengambil ilmu dari cara beliau memimpin.

19. The 5 Am Club: Bangun Rutinitas Pagi untuk Level Up Hidupmu! - Robin Sharma

Robin Sharma merupakan seorang penulis buku best seller, pembicara terkemuka, ahli kepemimpinan, dan juga pendiri perusahaan nirlaba yang membantu anak-anak kurang mampu memperoleh kehidupan yang lebih baik.

5Baca Bukunya Sekarang di Sini!

Di bukunya yang satu ini, ia membahas waktu paling potensial di dalam satu hari, yaitu waktu pagi. Tokoh-tokoh sukses di dunia memiliki kebiasaan berbeda dengan orang rata-rata. Salah satu kebiasaan tersebut adalah memulai aktivitas sejak dini hari pukul 5 pagi dan memaksimalkannya.

Kamu akan menemukan jawaban kenapa harus memulai aktivitas di waktu pagi, lalu bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal untuk diri kita, dan yang paling menarik adalah Robin menjelaskan formula 20/20/20 yang worth it banget dicoba! Seperti apa sih formulanya? Yuk, kita lanjut baca di buku ini!

20. Organisasi & Kepemimpinan Positif - M. Taufiq Amir

Sudah menjadi hakikatnya, sebuah organisasi harus mampu bertahan dan tumbuh sesuai dengan tujuannya. Maka tak heran apabila organisasi menjadi hal yang menarik untuk diteliti dan didalami.

Di Indonesia, perkembangan ini juga cukup dirasakan. Di kampus-kampus tertentu yang memiliki fakultas atau program studi psikologi, yang juga sangat berhubungan sekali dengan organisasi, menghadirkan mata kuliah khusus untuk mempelajarinya.

OrganisasiBaca Bukunya Sekarang di Sini!

Buku ini akan menambah wawasan kamu sebagai seorang pemimpin untuk menerapan psikologi positif dalam organisasi. Seorang pemimpin dapat menciptakan iklim yang positif, dengan tindakannya yang dapat menjadi panutan bagi kolega, bawahan, serta para mitra organisasi. Begitupula lewat keputusan-keputusannya pemimpin dapat mengarahkan kebijakan yang sangat membantu organisasi berkembang.


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Pria Muda Masa Kini


Siap menjadi pemimpin yang baik? Jika tertarik dengan ke-10 rekomendasi buku di atas, segera checkout bukunya di Gramedia.com. Jangan takut dompet tipis, karena masih ada diskon untuk #SahabatTanpaBatas yang begitu spesial! Yuk, langsung cek di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash.com

Penulis: Meutia Ersa Anindita, Almira Rahma Natasya, Siti Rochmawati


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus