Ingin Jadi Pemimpin Idaman? Baca 5 Rekomendasi Buku Ini

Ingin Jadi Pemimpin Idaman? Baca 5 Rekomendasi Buku Ini

. 3 min read

Bukan perkara mudah menjadi seorang pemimpin. Pendapatan yang besar, berjalan seiring dengan tanggung jawab yang besar pula. Pun seorang pemimpin harus memiliki sifat yang bijak dan bersahabat. Namun sifat ini tidak serta merta dimiliki setiap pemimpin.

Untuk itu, seorang pemimpin haruslah seseorang yang haus untuk berkembang. Perasaan haus inilah yang nantinya akan membawa rasa pada diri, bahwa selain mengembangkan skill dalam pekerjaan yang diampu, mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin yang baik juga merupakan sesuatu yang patut dipelajari.

Rekomendasi buku-buku di bawah ini bisa menjadi bahan baca untuk memelajari bagaimana mengembangkan skill kepemimpinan agar tidak hanya bisa diandalkan, namun juga diidamkan.

1. Leadership 101: Hal-Hal yang Harus Diketahui oleh Para Pemimpin - John C. Maxwell

JOHNMAXWELL

John C. Maxwell merupakan salah satu penulis ternama yang banyak melahirkan buku perihal self improvement dan buku tentang mengolah kepemimpinan ini menjadi salah satu buku best seller-nya.

Leadership 101: Hal-Hal yang Harus diketahui oleh Para Pemimpin merupakan sebuah intisari dari keberhasilannya dalam memimpin yang lengkap dengan motivasi dan langkah tepat untuk mengembangkan potensi menjadi pemimpin.

Mulai dari bagaimana mengajak rekananmu untuk mengikuti apa yang kamu impikan, menumbuhkan kesetiaan, pendisiplinan untuk mengembangkan karakter, sampai menentukan identitas kepemimpinan seperti apa yang ingin diperlihatkan.

2. Extraordinary Leadership: Menyingkap 4 Rahasia Kepemimpinan - Jenni Catron

JENNICATRON

Sebuah buku dari Jenni Catron yang diberi judul Extraordinary Leadership: Menyingkap 4 Rahasia Kepemimpinan juga dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk kamu yang ingin lebih memahami bagaimana menjadi pemimpin yang sesungguhnya.

“Memimpin itu tidak mudah, tetapi sangat mungkin untuk beralih dari yang biasa menjadi luar biasa.”

Dalam bukunya, Catron menerangkan bagaimana kepemimpinan yang baik terbentuk dengan gaya bertutur yang menyenangkan.

Buku ini akan menceritakan beberapa kisah inspiratif dengan mengupas sedikit demi sedikit empat aspek fundamental yang akan membawa seorang pemimpin menjadi sosok yang memberi pengaruh positif bagi relasinya.

3. Great Leader in You - Derli Fahlevi

DERLIFAHLEVI

Hanya organisasi yang masuk dalam pusaran perubahan lah yang akan tetap eksis menjangkau zaman. Meski itu menandakan bahwa akan ada banyak hal yang harus dibenahi, pemimpin yang baik dapat memilah dan memilih bagian yang semestinya dipertahankan ataupun diubah.

Selain itu, pemimpin juga memiliki peran besar sebagai seorang yang mampu memberikan motivasi, inspirasi, dan solusi agar tidak hanya menggerakkan, tapi juga ikut bergerak untuk mencapai tujuan bersama.

Great Leader in You yang ditulis oleh Derli Fahlevi ini merupa sebuah harapan yang dapat menjadi asupan para pemimpin dan praktisi bisnis, agar organisasi yang dipimpin mampu melakukan disrupsi dan berjalan pada keputusan yang tepat.

4. Change Leadership: Non-Finito - Rhenald Kasali

RHENALDKASALI

Kali ini rekomendasi buku dari akademisi dan praktisi bisnis asal Indonesia, Rhenald Kasali. Selain Change Leadership Non-Finito, beberapa buku lainnya pun turut menjadi best seller, seperti Disruption dan The Great Shifting.

Kali ini, Rhenald Kasali juga akan berbagi inspirasi untuk terus bergerak di tengah kertidakpastian (non-finito) perekonomian dunia. Dalam Change Leadership non-finito, Rhenald akan menjelaskan bahwa dalam perubahan, selalu ada risiko yang harus dibayar.

Alih-alih pamer kekuasaan ataupun mewariskan kerusakan, pemimpin yang sesungguhnya akan berjuang bersama-sama untuk menggapai tujuan dan menebas segala risiko yang menghadang.

5. Leadership itu Dipraktekkin - Tim Wesfix

Tim Wesfix

Kharisma itu mungkin memang dibawa sejak lahir, namun lain halnya dengan persoalan memimpin. Memimpin merupakan sebuah skill dan sama halnya dengan skill lainnya, memimpin pun perlu latihan.

Bukan dengan duduk dalam seminar dan teori-teori menggunung, buku ini akan membuka matamu karena sesungguhkan cara yang tepat untuk mengasah skill kepemimpinan adalah dengan “dipraktekkin”.

Dari keempat buku lainnya, buku inilah yang paling ringan untuk dibaca, dengan desain halaman yang serba visual dan gaya penyampaiannya singkat, padat, berisi.

Tidak sedikit halaman yang akan mengundang tawa ataupun terperangah dengan contoh-contoh yang dijelaskan.


Siap menjadi pemimpin yang baik? Jika tertarik dengan lima rekomendasi terbaik untuk mengetahui bagaimana menjadi pemimpin idaman di atas, segera check out bukunya di Gramedia.com!

Atau untuk kamu yang lebih suka membaca versi e-book, kamu bisa mencarinya di Gramedia Digital.


Sumber header foto: Unsplash.com