Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik

Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi merupakan pondasi awal dalam kehidupan. Dalam bersosialisasi dengan orang-orang, kita perlu berkomunikasi secara efektif agar pesan yang kita sampaikan diterima dengan baik tanpa ada kesalahpahaman. Kemampuan berkomunikasi ini sangat vital terhadap kehidupan karir, hubungan sosial, maupun dalam keluarga.

Setiap individu harus memahami pentingnya menjaga komunikasi yang baik. Komunikasi itu begitu penting karena memberikan dampak luar biasa bagi kehidupan kita. Kamu bisa lihat bagaimana kemampuan berkomunikasi bisa memberikan kesempatan lebih dalam meningkatkan karir, maupun mendekatkan hubungan dengan orang-orang tersayang.

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi bisa kamu lakukan dengan sering membaca buku. Dengan membaca buku, kosa kata dan kemampuan verbal kita akan meningkat. Maka dari itu, kamu bisa membaca buku-buku rekomendasi ini untuk meningkatkan kosa kata, sambil mendapatkan ilmu lebih banyak tentang cara meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik.

Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill atau Kemampuan Komunikasi

1. Bicara Itu Ada Seninya

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku yang ditulis oleh pakar komunikasi terkenal asal Korea Selatan ini menyatakan bahwa ucapan yang baik adalah yang mampu menggetarkan hati. Sama seperti MC yang selalu berhasil menghidupkan suasana dengan kekuatan ucapannya yang penuh semangat.

Buku ini berisi cara untuk meningkatkan diri dalam teknik berkomunikasi, seperti teknik persuasi dan negosiasi. Ada berbagai metode yang bisa dilakukan dan buku ini akan menjelaskan secara step by step cara berkomunikasi yang baik. Di dalamnya juga dipaparkan rahasia cara berkomunikasi dari orang-orang terkenal. Buku ini bisa membuat kamu lebih percaya diri untuk berbicara di depan publik.

2. Cara Berbicara kepada Setiap Orang dalam Setiap Situasi

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kadang, kita suka kikuk saat harus memasuki ruangan yang dipenuhi orang-orang tak kita kenal. Kita nggak tahu cara memulai obrolan, bagaimana caranya bicara di depan banyak orang, atau cara menanggapi ajakan bicara dari seseorang. Nah, buku ini oke banget dalam memberikan cara melakukan percakapan yang tenang dan terkendali, menghilangkan rasa malu, mengatasi kecanggungan, dan masalah lainnya seputar berbicara dengan orang lain.

Ditulis oleh psikolog dan pelatih NLP (Neuro Linguistic Program), buku ini cocok banget untuk kita yang masih pemula, karena bahasanya ringan dan sederhana, jadi tips yang diberikan akan mudah diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Semua tipsnya dilengkapi latihan agar kita bisa lebih percaya diri dan nggak takut lagi ngajak ngobrol orang lain!

3. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, dan di Mana Saja

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini menegaskan bahwa tidak ada orang yang tidak bisa diajak berbicara. Isi dalam buku ini akan membuat pembaca mampu mengikuti segala percakapan dengan penuh keyakinan. Cara penyampaian pesan yang baik dan efektif juga dijelaskan dalam buku ini, sehingga bisa membuat seseorang mampu berkomunikasi dengan lebih baik.

4. Seni Melayani Curhat

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Curhat adalah salah satu perilaku manusiawi yang setiap orang pernah lakukan untuk mendapatkan solusi, empati, atau sekadar merasa lega. Siapapun orangnya, dari usia muda hingga tua, pasti membutuhkan curhat sebagai upaya meminimalisir tingkat stres akan masalah hidup yang sedang dialami.

Buku ini menjelaskan bahwa tempat curhat yang baik adalah yang bisa menjaga kerahasiaan dan kepercayaan, bisa menyimak dan mendengarkan, serta dapat memberikan sudut pandang yang baru. Namun, ada banyak hal yang tidak disadari dapat membuat teman curhat kita menjadi kurang nyaman. Oleh karena itu, buku ini tersaji dengan baik untuk kita mahir melayani dan menanggapi curhat agar berbuah kebaikan manis.

5. The Power of Language

Pernah nggak sih kamu sudah buat caption media sosial panjang-panjang, tapi setelah dibaca kembali, kok kayanya orang lain nggak akan mengerti maksud tulisanmu ya? Atau sudah buat kalimat paling manis dan tulus, namun belum mampu membuat hati seseorang luluh? Ini nih masalahnya, kita cuma fokus pada cara penyampaiannya aja, tapi kita melewatkan makna yang seharusnya terkandung dalam ucapan tersebut.

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku yang sudah dibaca oleh V BTS ini mengajak kita untuk lebih perhatian dengan cara kita berbahasa. Kita akan diajarkan bagaimana setiap kata-kata yang kita ucapkan mampu tersampaikan maknanya dengan jelas tanpa ada kesalahpahaman dari lawan bicara kita.

Lewat ilmu humaniora dan kutipan-kutipan dari para filsus Barat maupun Timur, penulis mampu menjelaskan bagaimana cara berbahasa yang baik tanpa menimbulkan bahaya yang mungkin akan terjadi dari ucapan kita. Jadi, hati-hati, ya, Grameds! Mulutmu harimaumu, hihihi. 🐯


Baca juga: Dear Army, Ini Buku Rekomendasi dari Member BTS untuk Kamu


6. Seni Berbicara Tanpa Bikin Sakit Hati

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Pernah bingung cara minta maaf ke pasangan, ke orang tua, ke teman, atau mungkin ke bos kamu? Atau lagi ngobrol asyik sama seseorang, eh tiba-tiba jadi hening dan canggung? Hati-hati salah ucap ya, Grameds! Yuk, kita belajar cara membangun percakapan yang baik bersama pakar komunikasi terbaik dari Korea Selatan ini.

Ada panduan tentang cara membuka diri dan berkomunikasi dengan orang lain untuk mencegah kesalahpahaman dalam buku ini. Tak hanya itu, biar kamu mampu meminimalisir kesalahpahaman dalam percakapan, buku ini juga membahas sisi psikologi dalam berkomunikasi. Kalau sudah selesai baca buku ini, dijamin kamu bisa jaga keharmonisan dalam hubungan dengan semua relasi. No more overthinking gara-gara konflik atau percakapan yang sudah terjadi deh!

7. Komunikasi Itu Ada Seninya

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini menjelaskan tentang seni berkomunikasi yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Kamu akan diajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik pada siapa pun dan pada situasi apa pun. Mulai dari komunikasi antara orang tua dan anak, komunikasi antar teman, komunikasi kepada pasangan, hingga komunikasi untuk para mahasiswa.

Strategi yang dituliskan dalam buku ini berdasarkan teori psikologi serta riset ilmiah. Walaupun begitu, kamu tak perlu khawatir, karena buku ini memiliki jenis penulisan dan penyampaian yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Selain itu, diberikan juga contoh-contoh kalimat efektif untuk berkomunikasi yang baik.

8. Seni Menguasai Lawan Bicara

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Agar hubungan kita dengan orang lain terus berjalan harmonis tanpa ada kesalahpahaman, kita harus buat koneksi yang kuat dengan cara bangun komunikasi. Dalam komunikasi dengan seseorang, kita diharuskan bisa jadi pendengar dan pembicara yang andal, serta mampu menguasai keadaan dan menyeimbangkan pembicaraan. Dengan kata lain, kamu harus menaklukkan lawan bicara.

Supaya orang lain terkesima dan takluk denganmu, buku ini memberikan seni komunikasinya yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya cara berbicara, kamu akan dijelaskan pula tentang sosok, karakter, dan teknik percakapan lawan bicara serta cara kamu untuk menundukkannya. Oiya, panduan teknis, trik, dan contoh praktiknya juga ada, lho. Jadi kamu bisa terapkan langsung konsepnya dengan mudah!

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

9. Berbicara Memikat, Orang Lain Terpikat, Hubungan Semakin Dekat

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Uhuy, siapa nih yang mau lebih dekat dengan si doi? Atau mau mendapatkan hati si bos dan calon mertua? Nah, kemampuan berbicara yang baik ini bisa jadi aset yang berharga! Kita bisa jadi seseorang yang disukai oleh orang lain dengan hanya mampu membangun percakapan yang menarik.

Kalau seseorang sudah tertarik, maka kita akan mampu memikat mereka pula. Dengan begitu, hubungan dengan orang tersebut bisa terjalin semakin dekat. Mau tahu caranya? Yuk, baca buku ini yang memberikan berbagai pedoman untuk membuat orang lain terpikat lewat percakapan kita, dan pada akhirnya akan membuat hubungan kita dengan orang lain semakin dekat.

10. The Book of Menjalin Komunikasi

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Seni berbicara atau retorika ini tak hanya bisa dicapai melalui bakat alami, tapi kamu juga bisa mengasahnya sendiri! Bukan hanya sekadar berbicara lancar, kamu akan belajar cara berbicara yang padat, terarah, mengesankan, dan memikat banyak orang lewat buku ini. Ada panduan menciptakan daya tarik ketika berkomunikasi dengan rekan bisnis, lawan bisnis, atasan, rekan kerja, dan semua orang pada umumnya!

Masih ada jawaban tentang bagaimana menciptakan pembicaraan dan obrolan yang memikat serta meninggalkan kesan, cara memenangkan hati audiens, tips berbicara tanpa rasa gugup atau ragu-ragu, hingga trik terampil berbicara yang buat orang tak akan berpaling dari kamu!

11. Stand and Deliver

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Seorang pembicara hebat adalah yang memiliki kepercayaan diri, karisma, kefasihan berbicara, dan pengetahuan yang luas. Tapi, kemampuan ini semua bisa kamu asah, biar kamu bisa memikat banyak orang dengan berbicara di depan umum dan jadi pembicara yang andal. Buku ini bisa jadi pedomanmu!

Stand and Deliver memberi pengetahuan tentang segala hal yang harus kamu tahu untuk jadi komunikator yang tenang, matang, dan mumpuni. Berbagai teknik dari para pembicara besar dalam sejarah dibocorkan dalam buku ini. Kamu akan diajarkan cara mempersiapkan presentasi yang baik, membentuk dan memperagakan gaya yang unik, mengatasi demam panggung, serta menarik perhatian audiens dalam satu menit.

12. Seni Negosiasi: Intisari Ilmu Negosiasi

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Selain public speaking, negosiasi juga jadi salah satu skill komunikasi yang wajib kamu punya untuk menggapai berbagai keuntungan dalam hidupmu. Tak hanya negosiasi dalam kebutuhan bisnis, politik, atau kegiatan sosial lainnya, tapi ternyata bernegosiasi ini kerap seringkali kita lakukan sehari-hari.

Negosiasi ini perlu banget kamu kuasai, biar kamu dapat solusi dan bisa memberikan jawaban yang sama-sama menang dengan lawan bicaramu. Cara dan strategi negosiasi yang efektif, bisa kamu baca dari buku ini yang berikan cara ampuh berhasil negosiasi di semua situasi!

13. The Art of Negotiation: Kiat Efektif Menjadi Negosiator Andal

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Masih sama dengan yang sebelumnya, yaitu cara biar jago negosiasi. Nah, buku ini menyajikan kiat-kiat praktis yang dapat diterapkan siapa saja yang ingin menjadi negosiator yang andal, dengan panduan yang sangat mudah dipahami!

14. Seni Memenangkan Debat

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Debat juga jadi salah satu skill komunikasi yang oke banget kalau bisa kamu kuasai. Debat bukan berarti bagaimana caranya memenangkan pertengkaran ya, tapi saling memberikan argumentasi dengan bukti-bukti yang valid, bukan hanya sekadar kata-kata.

Cara biar kita bisa unggul dalam berdebat, bisa kamu intip dari buku ini yang akan ajarkan teknik-teknik dalam berdebat, teknik menyampaikan argumentasi, teknik mematahkan argumentasi lawan, dan teknik-teknik menaklukkan lawan dengan argumentasi yang logis dan etis. Dijamin lawan bicaramu bisa auto skakmat!

15. Bukan Asal Debat: Trik Ampuh Memenangkan Debat Secara Cerdas

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Nah, kalau buku yang ini mengupas tuntas mengenai konsep debat yang biasa digunakan dalam kompetisi. Disajikan pula tips dan trik sebagai panduan praktis untuk kamu ikut kompetisi debat. Ingat, ya, Grameds, debat bukan berarti kita harus menghancurkan lawan, tapi dengan debat kita bisa mendapatkan hal yang positif dan bermanfaat, asalkan dilakukan secara benar dan bermartabat.


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Pria Muda Masa Kini


Itu dia rekomendasi buku untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Semua buku-buku ini bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.com.

Jangan lupa untuk ikuti promo-promo menarik dari Gramedia.com untuk mendapatkan diskon serta penawaran spesial lainnya. Langsung klik gambar di bawah ini ya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: freepik.com

Penulis: Almira R. Natasya dan Nur Qomariyah


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus