10 Buku Self Improvement Best Seller Tahun 2021

10 Buku Self Improvement Best Seller Tahun 2021

. 7 min read

Siapapun yang ingin sukses, pasti ingin mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik dan positif. Tapi kalau cuma niat semata tanpa tindakan, tentu hasilnya tidak terlihat kan? Makanya, niat harus berjalan seiring dengan usaha.

Sebelum menyambut tahun 2022, ini waktu yang tepat untuk kamu mulai mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi di tahun baru. Bagaimana membuat diri menjadi lebih baik bisa diusahakan dengan cara yang paling mudah dahulu, yaitu dengan membaca buku-buku pengembangan diri.

Gramedia.com selalu menghadirkan buku-buku terbaru mengenai pengembangan diri setiap harinya. Buku-buku yang akan direkomendasikan ini juga bisa menjadi teman untuk membantu kamu menggapai resolusi di tahun baru.

Dari buku untuk menenangkan jiwa agar tak melulu overthinking, meningkatkan skill dan kemampuan diri, hingga mengubah pandangan tentang kebiasaan kita. Kira-kira, ada buku yang sedang kamu cari dan udah penasaran buat dibaca nggak ya? Berikut telah Admin rangkum untukmu 10 buku self improvement yang menjadi best seller selama tahun 2021.

10 Buku Self Improvement Best Seller Selama Tahun 2021

10. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa - Alvi Syahrin

Setelah buku Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta yang ditulis untuk menemani kaum-kaum patah hati agar mampu bangkit kembali, Alvi lanjut melahirkan buku ini yang sampai sekarang masih menjadi best seller. Buku ini akan membantumu kembali jadi lebih tenang dengan gaya penulisan yang sangat ringan dan membuatmu serasa sedang diperhatikan.

JikaBeli Sekarang!

Kamu yang khawatir akan masa depan dan melihat pencapaian teman yang jauh di depan, akan diingatkan bahwa hidupmu dengan mereka bukan balapan. Buku ini akan menemani kamu dalam berproses tanpa harus tergesa dan serasa diburu waktu. Tidak ada yang salah dengan jatuh lalu bangun lagi. Kamu juga akan dibuat menerima dengan setiap proses yang berjalan, bahwa segala perjuangan tidak akan sia-sia, serta melihat arti kesuksesan dari sudut pandang yang berbeda.


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Bisa Membuatmu Serasa Dipeluk dan Dimengerti


9. Think & Grow Rich - Napoleon Hill

Ditulis oleh motivator istimewa dan juga seorang penasihat presiden Franklin D. Roosevelt selama 3 tahun, Napoleon Hill membeberkan rahasia sukses dari ratusan orang kaya di Amerika dalam menggapai impiannya dari titik nol, tentang pengaruh autosugesti hingga imajinasi.

thinkBeli Sekarang!

Jadi karya paling terkenal dan buku klasik terlaris sepanjang masa, buku yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1937 ini, sekarang dilengkapi contoh-contoh baru serta contoh kasus-kasus modern yang bisa dengan jelas mendemonstrasikan bahwa semua prinsip Hill tetap bisa diaplikasikan, dan sampai saat ini masih membimbing orang menuju kesuksesan.

Baca e-book-nya di sini >>> Think & Grow Rich

8. Tak Apa-Apa Tak Sempurna - Brene Brown

Tekanan hidup pasti pernah dirasakan semua orang, hanya berbeda porsinya saja. As a human, kita juga pasti pernah merasa kalau kegagalan itu ada masalah yang besar. Kita pernah merasa bahwa kemampuan kita kurang, unworthy, dan merasa lebih rendah dibandingkan orang lain.

TakBeli Sekarang!

Tapi tahukah kamu bahwa tidak sempurna itu bukan hal yang buruk? Tidak perlu memikirkan kata orang lain, pada buku ini Dokter Brown akan membantu kamu belajar menerima diri apa adanya dan tidak perlu cemas akan apa kata orang lain tentang diri kita.

Jadi, kita bisa fokus lebih mencintai diri sendiri dan menumbuhkan keberanian untuk mendobrak kemampuan diri. Buku ini masuk dalam jajaran buku best seller di New York Times dan telah direkomendasikan oleh banyak orang di Goodreads, lho.

Baca e-book-nya di sini >>> Tak Apa-Apa Tak Sempurna


Baca juga: Dear Army, Ini Buku Rekomendasi dari Member BTS untuk Kamu


7. Start With Why - Simon Sinek

Buku ini menjadi best seller karena pembicaraan sang penulis di TED Talk. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya kata “mengapa” dalam membangun sebuah bisnis atau organisasi. Bukan karena uang atau keuntungan, tapi tentang hasilnya. Salah satunya mengambil contoh dari Apple Inc tentang pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnis untuk membuat keputusan besar sesuai visi.

startBeli Sekarang!

Tak hanya itu, ada juga bagian tentang bagaimana para pemimpin berpikir, bertindak, dan berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, hingga Martin Luther King Jr., dikatakan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik dan berbeda.

Baca e-book-nya di sini >>> Start With Why

6. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Buku ini memaparkan ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Buku ini juga menjawab fenomena di Jepang yaitu mengisolasi diri di kamar atau ansos (anti sosial) hingga bertahun-tahun.

beraniBeli Sekarang!

Insecure atau terlalu memikirkan kata orang lain hingga membuat tak percaya diri menjadikan kita tidak bahagia. Buku ini terdiri dari lima bab, dimana tiap babnya belajar memahami bagaimana masing-masing dari kita mampu menentukan arah hidup, bebas dari belenggu trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Banyak sekali pelajaran penting dari buku ini. Kamu akan dipandu memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran.

Baca e-book-nya di sini >>> Berani Tidak Disukai

5. Psychology of Money - Morgan Housel

Belajar finansial jadi lebih oke dengan buku yang ditulis oleh pemenang penghargaan bisnis terbaik dari Society of American Business Editor and Writers dan mantan kolumnis di The Wall Street Journal. Morgan Housel, membahas bagaimana sudut pandang perilaku manusia terhadap uang. Bahkan katanya, mengelola uang itu tidak selalu butuh kepintaran finansial.

psychologyBeli Sekarang!

Buku ini berisi 19 cerita pendek tentang cara aneh orang-orang berpikir tentang uang dan kenapa mempertahankan kekayaan itu lebih sulit dibanding mendapatkannya. Selain dapat ilmu bermanfaat, buku ini juga sangat mengibur karena ada cerita jenaka dari cara pandang orang-orang terhadap uang.

4. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness - Fellexandro Ruby

Buku ini membicarakan tentang quarter life crisis yang cukup memusingkan diri. Semua tentang kegalauan hidup anak muda yang bingung tentang karir, bisnis, keuangan, bahkan relationship, dijawab oleh penulis bahwa semuanya berasal dari diri kita sendiri. Penulis juga menjelaskan bagaimana kita menemukan ikigai atau kebahagiaan kita sendiri.

youBeli Sekarang!

Ditekankan bahwa kita lah yang menjalankan kehidupan kita sendiri, tapi buku ini bisa menjadi kompas untuk membantu kita menemukan gerbang keluar dari quarter-life crisis. Dengan adanya ilustrasi, bahasa yang simple, serta bab yang bisa dibaca acak tanpa harus runtut, membuat kamu tidak mudah bosan dan bebas membacanya. Buku ini best seller banget, lho! Baru terbit selama 4 bulan, buku langsung terjual hingga lebih dari 10 ribu eksemplar.

Baca e-book-nya di sini >>> You Do You


Baca juga: You Do You: Kompas untuk Keluar dari Quarter-Life Crisis


3. Insecurity is My Middle Name - Alvi Syahrin

Admin bangga banget! Tiga besar buku self improvement best seller pada tahun 2021 ini diisi oleh dua penulis lokal kita. Lagi-lagi buku Alvi Syahrin masuk dalam jajaran buku best seller karena tulisannya memang benar-benar menenangkan jiwa! Buku ini jadi buku self-healing pertama yang ditulis oleh Alvi namun sangat sukses membuat orang-orang serasa dipeluk ketika membaca buku ini.

insecurityBeli Sekarang!

Alvi membicarakan tentang insecure yang mungkin sering menghantui diri ketika melihat pencapaian orang lain atau karena tidak pede dengan diri sendiri. Jika kamu sering merasa insecure, coba baca buku ini ya. Ada 45 bab yang akan membantu kamu untuk berdamai dengan ke-insecurity-an kamu. Buku ini akan menemani dan membuka wawasan atau cara pandang kamu terhadap hal-hal yang biasanya membuat kamu insecure.


Baca juga: Insecurity is My Middle Name, Membantumu Berdamai Dengan Diri Sendiri


2. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Ini dia buku self-improvement yang jadi mega best seller dan memenangkan penghargaan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Akhirnya, buku ini kembali hadir dengan sampulnya yang baru dan lucu! Buku ini membantu kamu dalam menerapkan hidup ala filsafat stoa atau stoisisme yang berasal dari Yunani. Penulis membuat stoisisme lebih mudah dicerna dengan kata filsafat teras.

filosofiBeli Sekarang!

Filosofi ini membantu kamu untuk mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi naik-turunnya kehidupan. Tak perlu khawatir, bukunya ditulis dengan bahasa yang sangat sederhana, praktis, dan relevan dengan kehidupan masa kini.


Baca juga: (REVIEW BUKU) Filosofi Teras: Filsafat Kuno, Panduan Hidup Zaman Now


1. Atomic Habits - James Clear

Kebiasaan kecil yang kita lakukan bisa jadi hal yang mendatangkan pengaruh besar pada kehidupan dan buat kamu berhasil nantinya lho. Ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal kelas dunia, ia menemukan bahwa perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil. Seperti rutin melakukan push-up sehari 2 kali hingga bangun lebih pagi, ini semua disebut dengan atomic habits.

atomicBeli Sekarang!

Ada banyak tips dan panduan dalam buku ini yang bisa kamu ikuti. Diceritakan juga kisah-kisah inspiratif dari para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan bahagia. E-book dari buku ini juga menjadi e-book yang paling banyak dibaca di Gramedia Digital lho, Grameds.

Baca e-book-nya di sini >>> Atomic Habits


Baca juga: Buku Terbaru yang Wajib Masuk List To Be Read Kamu!


Nah, itu dia daftar 10 buku self improvement best seller yang bisa jadi bantuan kamu untuk meningkatkan diri. Buku-buku tersebut juga bisa jadi sahabat untuk menemani dirimu di masa sulit.

Segera check out buku pilihanmu di Gramedia.com, dan tingkatkan terus potensi dirimu ya, Grameds!

Untuk lihat info promo yang sedang berlangsung di Gramedia.com, bisa langsung klik di bawah ini ya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Saatnya serbu dan borong buku sekarang juga sebelum nanti menyesal. Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil di beberapa toko Gramedia yang tersebar di Jabodetabek dan pulau Jawa, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Unsplash