10 Novel Indonesia Best Seller November 2018

10 Novel Indonesia Best Seller November 2018

. 6 min read

Desember telah tiba! Tapi sebelum terlarut di bulan Desember, kita cek dulu yuk novel-novel Indonesia apa saja yang mewarnai rak best seller November 2018.

Novel-novel lama karya Dee Lestari dan Fiersa Besari ternyata masih banyak diburu, selain itu ada pula novel dari penulis pendatang baru yang langsung merangsek dalam jajaran best seller meski novelnya sendiri belum dirilis. Siapakah dia?

Berikut daftar 10 novel Indonesia best seller yang paling banyak diburu di Gramedia.com pada bulan November 2018.

10. Rentang Kisah

RENTANG KISAH

Di posisi buncit ada novel karya Youtuber cantik, Gita Savitri. Sejak peluncurannya pada September 2017 lalu, novel Rentang Kisah langsung laris diburu. Kabarnya, hingga kini debut penulisan perdana Gitasav ini telah memasuki cetakan ke-9 dan akan sudah dilirik untuk diangkat ke layar lebar.

Rentang Kisah bercerita tentang pengalaman Gitasav saat kuliah di Jerman, termasuk berbagai permasalahan personal lainnya seperti tujuan hidup serta hubungan dengan sang ibu.

Pengalaman bersama ibudanya lah yang mengajarkan Gita untuk hidup mandiri di negara yang menjadi tempatnya menimba ilmu tersebut.

9. Dia Adalah Kakakku

TERE LIYE

“Buat apa kamu memikirkan apa yang dipikirkan orang lain? Buat apa kamu mencemaskan apa yang akan dinilai orang lain? Kekhawatiran, juga kecemasan yang sejatinya mungkin tidak pernah ada.”

Novel yang menguras air mata ini masuk dalam novel Indonesia best seller November 2018 di Gramedia.com. Novel karya Tere Liye ini semula berjudul Bidadari-Bidadari Surga saat pertama rilis pada 2008. Sempat dialihbahasakan ke bahasa Malaysia pada 2009, akhirnya buku ini rilis kembali pada Oktober 2018 lalu dengan cover dan judul baru, Dia Adalah Kakakku.

Dia Adalah Kakakku mengisahkan perjuangan seorang Laisa, yang berkorban luar biasa demi adik-adiknya dapat bersekolah meski tidak sedarah dengannya. Dengan kondisi fisik Laisa yang sempat membuat keempat adiknya khawatir akibat tak kunjung mendapatkan jodoh.

Tapi apakah sebenarnya Laisa peduli dengan tubuhnya yang gemuk, berambut gimbal, dan pendek? Ataukah dia hanya fokus untuk keempat adiknya?

8. Kata

KATA

“Berharap lebih sama kamu itu seperti menaruh hatiku di tengah jalan raya. Hanya menunggu waktu untuk akhirnya terlindas dan mati.”

Rintik Sedu, penulis Geez & Aan yang juga lebih banyak dikenal dengan nama akun Instagramnya yakni @ntsana ini melahirkan novel barunya, Kata, pada 8 November 2018 lalu. Kata, menjadi novel keempatnya setelah Geez & Aan #1, Geez & Aan #2, dan Buku Rahasia Geez.

Kata, bercerita tentang Nugraha, Biru, dan Binta yang kian menjauh tanpa pernah menjelaskan perasaan satu sama lain. Mereka harus bicara dan mulai membuka hati, dan mengungkapkan isi hati agar persahabatan mereka sempurna kembali dari luka karena cinta.

7. Aroma Karsa

DEELESTARI

Dalam Aroma Karsa, Dee Lestari menjahit dengan apik segala fakta-fakta ilmiah menjadi fiksi. Buku 700 halaman ini bagai sebuah paket lengkap yang membungkus kisah romansa, petualangan, pencarian jati diri, fantasi, detektif, bahkan mitologi. Buku ini masih setia bertengger di jajaran best seller di bulan November lalu.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, memertemukannya dengan Jati Wesi, dengan hidung istimewa yang menjadikannya seorak peracik parfum.

Sampai kemudian, Jati bertemu dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras yang memekerjakannya saat ini ternyata memiliki hidung yang sama istimewanya.

6. Garis Waktu: Sebuah Perjalanan Menghapus Luka

FIERSABESARI

Setelah Konspirasi Alam Semesta, Karya kedua dari Fiersa Besari yang berisikan kumpulan cerita yang saling berkaitan ini merupakan memoar hati yang dirangkai indah lengkap dengan rima yang menarik oleh si penulis yang juga seorang penyanyi ini. Dibuat seolah bermonolog, membuat kisah di dalamnya memiliki daya tarik tersendiri.

"Pelajari sebelum berasumsi. Dengarkan sebelum memaki. Mengerti sebelum menghakimi. Rasakan sebelum menyakiti. Perjuangkan sebelum pergi."

Kumpulan cerpen ini sebenarnya telah terbit sejak 2016 lalu tapi masih begitu banyak dicari hingga November ini pun gelar best seller masih dijajaki.

5. 11:11

Buku1111

Satu lagi buku dari Fiersa Besari yang masuk dalam list best seller novel Indonesia bulan November 2018. Setelah sukses dengan buku Konspirasi Alam Semesta, Garis Waktu, Catatan Juang, dan Arah Langkah, kini penulis asal Bandung ini kembali meluncurkan album buku kedua setelah Konspirasi Alam Semesta. Meskipun cover-nya serupa, 11.11 tidak ada kaitannya dengan albuk pertamanya.

11.11 bercerita tentang jodoh yang sebenarnya nggak akan kemana-mana sebelum akhirnya menetap pada 1 hati ketika waktunya telah tiba.

11.11 begitu ditunggu para penggemar Fiersa yang begitu berhasil membuat terhanyut pembacanya sampai ke hati. 11.11 telah terbit sejak 11 November, dengan 11 lagu, dan 11 cerita.

4. Kids Zaman Neo

NEONA

Sudah dapat bukunya? Pre-order buku Kids Zaman Neo sudah dimulai dari 1 hingga 5 November 2018 kemarin. Buku ini begitu seru untuk dibaca, karena Anodia Shula Neona Ayu atau Neona akan bercerita tentang awal mula dirinya terjun di dunia hiburan, passion, cita-cita, sampai menyanyi bersamanya. Dalam bukunya ini, Neona juga akan bercerita tentang beberapa rahasianya.

Untuk para orangtua yang ingin memotivasi anak, buku ini cocok sekali rasanya dijadikan salah satu referensi. Buku ini pun menjadi salah satu buku yang paling diminati pada November 2018.

3. Bumi Manusia

BUMIMANUSIA

Naskah Bumi Manusia dibuat ketika Pram diasingkan dan dipenjara di Pulau Buru. Naskah ini telah melewati masa-masa buruk bersama Pram mulai disembunyikan, dikubur, disita, hingga ditulis kembali. Kini, buku ini dielu-elukan sebagai karya sastra Indonesia terbesar dan mendapatkan 12 penghargaan internasional.

Dengan mengambil latar belakang Indonesia di awal abad ke-20, Roman Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer yang telah diangkat ke layar lebar pada Agustus lalu ini pun juga masih menjadi bahan baca incaran hingga November ini, lho!

2. Berhenti di Kamu

BerhentidiKamu

Berawal dari cuitan di Twitter tentang jatuh bangun kisah cintanya, kini Gia Pratama yang berprofesi sebagai dokter mencurahkan kisahnya itu ke dalam sebuah buku yang diberi judul #Berhentidikamu.

Meski buku fisik #Berhentidikamu baru bisa didapat 8 Desember 2018, namun pre-order buku ini laris sejak pertama dibuka pada 23 November 2018 lalu.

Perkara cinta yang sempat membuatnya terpuruk, namun pulih kembali setelah berhasil menolong seorang pasiennya yang bisulan. Perkara Tuhan yang memang telah menyiapkan yang terbaik untuk Gia dengan memisahkan cinta yang menurutnya sempurna.

Sungguh roller coaster kisah cintanya begitu menarik untuk disimak sampai membuatnya berada di posisi kedua untuk novel best seller bulan November kali ini.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

NKCTHI

Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, atau yang lebih banyak dikenal dengan NKCTHI ternyata masih berada di posisi pertama sebagai novel Indonesia best seller November 2018 di Gramedia.com.

“Bumi gak hanya berputar buat kita. Jadi jangan egois”

Dengan frasa yang merupa flash fiction, novel ini sesungguhnya merupakan kumpulan wejangan dari seorang ibu bernama Awan, untuk anak cucunya di masa depan.

Tiap halamannya tertoreh kata-kata yang dibalut dengan desain gambar menarik yang begitu mengena di hati. Membuat novel ini banyak digandrungi para penggemarnya yang telah terlebih dulu mengenalnya melalui akun Instagram @nkcthi.


Nah itu dia, 10 novel Indonesia yang berada di jajaran best seller Gramedia.com pada November 2018.

Gimana, Grameds? Jadi tertarik untuk punya buku NKCTHI? Atau penasaran dengan buku dari dokter Gia Pratama? Atau mungkin dengan buku-buku best seller yang lain?

Jangan ambil pusing, check out segera bukunya di Gramedia.com!