10 Novel Indonesia Best Seller di Awal Tahun 2021

10 Novel Indonesia Best Seller di Awal Tahun 2021

. 5 min read

Tidak terasa pada tahun 2021 ini kita sudah memasuki bulan ketiga. Tapi sebelum terlarut jauh, kita cek dulu yuk novel-novel Indonesia apa saja yang mewarnai rak best seller di awal tahun. Siapa tahu bisa masuk ke daftar book to read kamu selanjutnya!

Novel terbaru dari karya tertua Dee Lestari dan lanjutan trilogi New York dari Ilana Tan masih banyak diburu. Selain itu, novel bertemakan horor ternyata jadi pilihan para Grameds! Tak ketinggalan dari Ria Ricis yang kembali mencetak ulang bukunya dengan versi terbaru. Sudah bisa menebak novel apa saja?

Nah, berikut daftar 10 novel Indonesia best seller yang paling banyak diburu di Gramedia.com pada bulan awal tahun 2021.

10. Ten Years Challenge - Mutiarini

tenBeli Sekarang!

Berkisah tentang Atya yang berumur 27 tahun. Ia diputuskan sepihak oleh Diga, pacarnya sejak SMA, dan Atya merasa hidupnya hancur. Reuni SMA yang diharapkannya bisa sedikit menghibur, malah berakhir dengan buruk karena Diga datang dengan pacar baru, dan di hadapan semua orang mereka bertengkar hebat. Saat Atya pulang, ia mengalami kecelakaan, dan membawanya ke masa lalu saat membuka matanya.

Buku yang ringan dan penuh pesan kehidupan. Mengangkat tema "rebirth", sang tokoh utama dihadapkan pada kecelakaan yang ternyata membawanya kembali ke masa 10 tahun lalu. Ia pun berusaha memperbaiki kesalahannya yang lalu. Namun, hidup selalu punya rencana lain yang membuatnya bimbang pada pilihan lain.

9. Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut - @kisahtanahjawa

kisahBeli Sekarang!

Buku ini menjadi lanjutan dari investigasi sejarah, mitos dan kisah-kisah mistis di pulau Jawa dari kelompok yang beranggotakan Genta, Om Hao (Hari), serta Mada Zidan.

Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut menceritakan kisah kecelakaan tragis bus study tour di tikungan maut Paiton, Jawa Timur. Kalau ingin mengetahui kisah mistis lainnya, yang diselidiki oleh tim Kisah Tanah Jawa di daerah pulau Jawa, kamu bisa pilih-pilih buku lainnya di sini.

8. Rapijali - Dee Lestari

bukuBeli Sekarang!

Baru rilis pada akhir Februari 2021 lalu, Rapijali sudah menarik minat banyak pecinta buku! Tentu saja menarik perhatian, karena Rapijali adalah naskah tertua dari Dee Lestari yang sempat tertunda sejak 27 tahun lalu. Bahkan, buku lanjutan dari Rapijali akan segera hadir kembali di pertengah tahun 2021 ini!

Rapijali mengisahkan tentang Ping, remaja yang tinggal di tepi Sungai Cijulang bersama sang kakek tercinta dan rumahnya yang penuh alat musik. Ia mempunyai bakat istimewa dalam bermusik. Namun, diam-diam Ping menyimpan kegelisahan tentang masa depannya yang buram.

Hidup Ping jungkir balik ketika ia harus pindah ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon Gubernur. Ping harus menghadapi sekolah baru, kawan-kawan baru, dan tantangan baru. Mungkinkah ia menemukan apa yang hilang selama ini?

7. Taipan: The Winner Takes it All - William Narmada

bukuBeli Sekarang!

Buku pertamanya berjudul Taipan - Lahirnya Para Konglomerat Indonesia, dan buku kedua berjudul Taipan - Di Bawah Bayangan Papi - Buku 2. Di buku ketiga serial Taipan ini mengupas para elit keuangan yang pada akhirnya menjadi pemenang, mengambil keuntungan dari semua kejadian di tanah air.

Sama seperti Nero yang bernyanyi dan berpesta di tengah kota Roma yang terbakar. Kelompok ini masih ada. Mungkin orangnya berbeda, tetapi semangatnya tetap sama. Mereka muncul lagi untuk menyelamatkan tokoh-tokoh penting dengan menciptakan kambing hitam dari kalangan tidak bersalah, dan pada saat yang sama mereka melakukan pembantaian untuk mengambil aset-aset bagus dengan harga sangat murah. Sebuah kisah tentang ambisi dan korupsi yang dilatarbelakangi peristiwa bersejarah di Indonesia.

6. Selamat Tinggal - Tere Liye

selamatBeli Sekarang!

Tere Liye kembali dengan menceritakan kisah realistis dan inspiratif. Ia mengemas topik pembajakan dan penggunaan barang ilegal lainnya dengan cerita yang sangat apik. Tokoh utama di sini masuk dalam lingkaran penjualan produk bajakan. Lalu, apakah ia bisa keluar dari hal-hal buruk tersebut?

Dengan penilaian tinggi dari para pembaca, buku ini mengajak kamu untuk bisa “selamat tinggal” dengan hal-hal buruk yang mungkin pernah dilakukan. Nah, agar resolusi kamu menjadi pribadi yang lebih baik tercapai, buku ini bisa jadi inspirasi kamu.

5. #Temantapimenikah (Living In A Campervan)

temantapimenikahBeli Sekarang!

Setelah mengeluarkan buku pertamanya yang menceritakan bagaimana pertemanan Ayudia dan Ditto sebelum menikah pada #TemantapiMenikah. Pada buku kedua, kita bisa mengikuti kisah mereka setelah menikah dan mempunyai Sekala (anak) pada #Temantapimenikah 2. Kedua buku ini menjadi Mega Best Seller!

Nah, pasangan ini kembali merilis buku mengenai kesukaan mereka dalam traveling dan ingin keliling dunia bersama selamanya. Setelah vlog mereka di YouTube, mereka menuliskan keseruaannya bepergian dan berkeliling di luar negeri dengan campervan.

4. Pulang-Pergi - Tere Liye

pulangBeli Sekarang!

Lagi dari Tere Liye. Pulang-Pergi adalah trilogi dari novel aksi sebelumnya, yaitu Pulang dan Pergi yang pertama kali terbit di tahun 2018. Pulang-Pergi menjadi kisah lanjutan dari tokoh utama, Bujang, atau “Si Babi Hutan”, alias Agam. Karena itu kelanjutan kisahnya sangat ditunggu-tunggu oleh para pembaca.

Mantan tauke besar keluarga Tong, penguasa shadow economy Indonesia. Bujang diancam harus segera mengawini Maria, putri penguasa shadow economy di Rusia, Otets, yang berhasil dikalahkannya dalam duel pistol dan berhak menikahinya. Namun, Bujang membujuk Salonga, guru dan sahabatnya untuk menunda pernikahan itu. Bagaimana ya kelanjutannya? Apakah jadi menikah atau tidak?

3. The Star and I - Ilana Tan

theBeli Sekarang!

Kembali dari masa hiatusnya, Ilana Tan melanjutkan kisah trilogi New York. Buku pertamanya adalah Sunshine Becomes You (2012) dan sudah diadaptasi ke film layar lebar. Lalu In A Blue Moon (2015), dan The Star and I adalah buku ketiga.

Seorang aktris teater, Olivia Mitchell, berada di New York untuk pekerjaan dan ingin mencari tahu keberadaan orang tua kandungnya. Dibantu sahabat masa kecilnya, Rex Rankin, Olivia mencari fakta atas masa lalunya dan juga berhasil mendapatkan jawaban atas perasaan hatinya. Buku ini sukses membuat penggemar Ilana Tan menyerbu pre-order pada akhir tahun 2020 lalu, dan hingga saat ini, bukunya masih terus dicari oleh para pembaca setianya.

2. Wingit - Sara Wijayanto

bukuBeli Sekarang!

Sampai saat ini, novel Wingit masih jadi buku terpopuler di Gramedia.com sejak rilis pada akhir tahun 2020. Novel horor dari Sara Wijayanto ini menceritakan 7 hantu yang pernah ia dan beserta timnya temukan, selama perjalanannya dalam menekuni dunia supranatural. Kisah masing-masing hantu itu diceritakan berdasarkan komunikasinya bersama mereka (7 hantu).

1. Bukan Buku Nikah - Ria Ricis

bukanBeli Sekarang!

Sudah sempat rilis sejak tahun 2020 lalu, Ria Ricis kembali merilis Bukan Buku Nikah dengan cover dan versi terbaru. Lika-liku kisah cinta dan penantian dari Ricis dalam buku ini ternyata begitu banyak menyita perhatian publik.

Ditulis pada masa pandemi, kisah ini merupakan pengalaman Ricis sendiri dalam perjalanan kisah cintanya sejak puber hingga saat ini, yang tidak sesuai harapan. Buku ini pun akan diangkat ke film layar lebar juga lho! Hayo, siapa yang penasaran sama kisah cintanya dan bagaimana cara Ria Ricis menghadapinya?

Nah itu dia, 10 novel Indonesia yang berada di jajaran best seller Gramedia.com pada awal tahun 2021. Segera masukkan ke dalam keranjang belanja, sebelum kehabisan stoknya. Setelah itu check out bukunya di Gramedia.com!


Sumber foto header: Dok. Gramedia