Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Cara Baca Novel Serial Bumi Karya Tere Liye untuk Kamu yang Mau Ikuti Ceritanya

Cara Baca Novel Serial Bumi Karya Tere Liye untuk Kamu yang Mau Ikuti Ceritanya

Darwis atau yang dikenal dengan nama pena Tere Liye, adalah sosok di balik 50 buku best seller dengan berbagai genre, mulai dari romance, action, sci-fi, slice of life, kumpulan sajak, kumpulan cerpen, buku anak-anak bergambar, hingga kumpulan kutipan. Ia dikenal sebagai penulis Indonesia yang paling produktif. Bahkan, Tere Liye berencana untuk menulis buku bergenre horor dan detektif.

Penulis yang juga seorang akuntan ini, memiliki karya yang sudah diadaptasi ke layar lebar, seperti Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, Moga Bunda Disayang Allah, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

serialTemukan di Sini!

Pada tahun 2014, Tere Liye mulai melirik genre science fiction untuk kalangan pembaca remaja lewat novel serial Bumi, yang berangkat dari keprihatinannya terhadap bacaan anak remaja Indonesia. Tak disangka, hingga kini serial Bumi sudah sampai pada buku ke-13. Pembacanya yang kala itu remaja mungkin saja saat ini sudah berkuliah, bekerja, atau bahkan sudah memiliki anak.

Selama bertahun-tahun masih banyak dari pengikut serial ini yang setia mengikuti ceritanya. Bahkan, Bang Tere sudah mengatakan jika akhir dari serial ini akan ada pada buku Aldebaran. Kalau kamu, sudah baca sampai buku yang keberapa, nih? Atau malah baru mau mengikuti ceritanya?

Buat yang belum tahu, serial Bumi menceritakan kehidupan tiga anak SMA, yaitu Raib, Seli, dan Ali, yang ternyata bukan penduduk asli Klan Bumi. Karena harus melewati berbagai petualangan menegangkan, mereka akhirnya menjadi sahabat dan berusaha mengalahkan musuh besar yang akan menghancurkan Dunia Paralel.

Ketiga sahabat ini akan mengajakmu bertualang ke Dunia Paralel yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi masa depan. Sama dengan novel-novel Tere Liye lainnya, kamu juga akan menemukan beberapa pesan sederhana di serial novel ini, namun dengan formula yang berbeda.

Meski sudah sampai belasan novel dengan banyak karakter di dalamnya, kamu jangan bingung dulu, ya. Berikut ini Admin akan kasih tutorial cara membaca serial Bumi, alias urutan novelnya yang bisa kamu ikuti dan nikmati secara maksimal. Daripada makin penasaran, yuk, lanjut bacanya!

Urutan Novel Serial Bumi

1. Bumi

Novel serial pertama Bumi dibuka dengan kisah Raib yang telah menyadari bahwa dirinya berbeda. Sejak usia dua tahun, ia suka sekali menutup wajah dengan kedua telapak tangannya saat bermain petak umpat dengan mama. Ternyata, ia memiliki kekuatan di mana saat menutup wajah dengan telapak tangannya, akan membuat tubuhnya menghilang.

serialBeli dan Mulai Petualangamu di Sini!

Raib adalah anak SMA yang memiliki teman bernama Seli. Ternyata, Seli juga memiliki kekuatan yang dapat mengeluarkan petir dari tangannya. Tak hanya Raib dan Seli, pertemanan tak sengaja mereka bersama Ali pun tersaji. Ali adalah seseorang yang sangat jenius, bahkan ternyata ia juga bisa berubah menjadi beruang raksasa.

Sebelum mereka memulai petualangannya ke Dunia Paralel, beberapa peristiwa aneh terjadi. Seperti sosok hitam yang hadir di dalam cermin kamar Raib, robohnya tower listrik yang berada di belakang sekolah mereka, sampai kunjungan pertama mereka ke klan Bulan.

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Bumi

2. Bulan

Di buku keduanya ini, Raib, Ali, dan Seli bertualang ke klan Matahari untuk menyatukan klan Matahari dengan klan Bulan. Saat tiba di klan Matahari, ketiga sahabat ini ditemani seorang remaja dari klan Bulan bernama Ily. Tak disangka, petualangan mereka kali ini malah menjadi peserta olimpiade perburuan bunga. Bunga tersebut dapat mengabulkan permintaan orang yang berhasil mendapatkannya saat pertama kali mekar.

Petualangan mereka untuk menemukan bunga tentu tidak mudah untuk diselesaikan. Mereka bertemu banyak tokoh baru dan pertarungan yang seru, hingga mereka mengetahui bahwa olimpiade menemukan bunga ini bagian dari taktik politik penguasa klan Matahari. Sudah kebayang kan bagaimana mendebarkannya petualangan mereka?

serialBeli dan Lanjut Baca Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Bulan

3. Matahari

Novel ketiga setebal 390 halaman ini, menceritakan tentang bagaimana petualangan Raib, Seli, dan Ali dalam mengeksplor Dunia Paralel. Setelah mengunjungi dua klan yang ada di Dunia Paralel, hal ini membuat rasa penasaran mereka semakin besar, terutama si jenius Ali. Ia mengajak kedua sahabatnya bertualang ke dalam perut bumi.

Ali yakin pasti ada klan lain yang juga berdampingan dengan klan Bumi selain klan Bulan dan klan Matahari. Benar saja, mereka menemukan klan Bintang. Novel ketiga ini mampu menarik kamu untuk semakin hanyut dalam ikut bertualang!

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Matahari

FYI, beberapa novel serial bumi ini tersedia dalam versi bahasa Inggrisnya lho, dengan judul Earth, Moon, dan Sun. Kamu pun bisa baca dalam versi e-book di sini.

4. Bintang

Di buku keempat ini, misi dari Raib, Seli, dan Ali akan semakin berat dan sangat menegangkan, karena mereka harus menyelamatkan manusia yang berada di klan Bumi. Mereka harus menemukan di mana keberadaan pasak Bumi dan mencegah terjadinya ledakan yang dapat menghancurkan klan Bumi.

Begitu menemukan pun mereka harus menghadapi persoalan yang rumit. Seperti harus memilih apakah akan menyelamatkan klan Bumi namun membiarkan sosok kuat yang merupakan musuh mereka bebas dari penjaranya, atau membiarkan Dunia Paralel lain aman namun klan Bumi hancur. Kira-kira, pilihan mana yang akan mereka pilih?

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Bintang

5. Ceros dan Batozar

Buku Ceros dan Batozar adalah novel ke-4½ dalam serial Bumi. Mengapa bisa dibilang seperti itu, karena novel ini merupakan pecahan atau spin off sebelum kamu memasuki petualangan selanjutnya.

Di buku ini cerita tidak berpusat pada ketiga jagoan kita lagi, yaitu Raib, Seli, dan Ali, melainkan pada Ceroz dan Batozar yang merupakan dua makhluk berbeda yang sempat hadir dalam petualangan di Dunia Paralel sebelumnya. Kira-kira, kamu bisa nebak nggak bagaimana ceritanya Ali, Raib, dan Seli, bisa bertemu dengan dua makhkuk dunia paralel ini? Pasti seru dan menegangkan!

serialBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Ceros merupakan dua makhluk raksasa yang berada di bawah sebuah bangunan yang cukup terkenal dan merupakan objek bersejarah. Kedua makhluk itu secara tidak sengaja ditemukan oleh Ali, Raib, dan Seli saat mereka mengikuti study tour ke salah satu situs kuno bernama Bor-O-Bdur.

Sedangkan Batozar adalah penduduk klan Bulan yang baru saja dibebaskan dari penjara karena berbuat kriminal dan sedang bersembunyi di klan Bumi. Namun siapa sangka di balik sosoknya yang menyeramkan, Batozar adalah seorang pengintai klan Bulan yang sangat hebat dan siap menemani petualangan Raib CS selanjutnya.

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Ceros dan Batozar

6. Komet

Di sini, petualangan Raib, Seli, dan Ali berlanjut di klan Komet. Sebuah klan dengan petualangan yang tak kalah seru dari sebelumnya. Di sini, mereka mendapati sebuah pulau-pulau dengan masing-masing keanehannya.

Pulau itu mempunyai nama sesuai dengan nama-nama hari, mulai dari hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di sana mereka juga bertemu dengan orang berwajah sama, namun dengan nama yang berbeda di setiap pulaunya. Cukup aneh, ya. Tapi,  jadi makin penasaran kan dengan petualangan mereka seperti di novel ini?

serialBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Komet

7. Komet Minor

Masuk ke petualangan selanjutnya, kini jagoan kita bertarung menghadapi tokoh antagonis utama, yakni si Tanpa Mahkota. Mereka tidak memiliki kesempatan lagi untuk dapat menemukan klan Komet dan mencegah si Tanpa Mahkota, karena nyatanya merekalah yang membawa si Tanpa Mahkota menemukan portal menuju klan Komet.

Membaca buku ini akan memenuhi kamu dengan pertarungan yang hebat, serta dentuman dan teknik-teknik bertarung baru. Sangat tidak mudah untuk mengalahkan si Tanpa Mahkota. Raib CS dan si Tanpa Mahkota berlomba dalam kisah kali ini untuk menemukan potongan tombak yang dapat menguasai seluruh Dunia Pararel. Tak hanya itu, masih ada banyak misteri yang harus diungkap setelah pertarungan hebat bersama si Tanpa Mahkota.

serialBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Komet Minor

8. Selena

Buat kamu yang sudah mengikuti petualangan Raib, Seli, dan Ali, tentu akrab dengan nama tokoh satu ini. Miss Selena atau murid-murid kerap menjulukinya Miss Keriting, adalah guru matematika yang selalu mengurus izin mereka saat bertualang.

Di buku ini, kamu akan diajak kembali ke masa kecil Selena di Distrik Sabit Enam, yaitu kawasan yang kumuh, padat, dan tertinggal. Setelah kedua orang tuanya meninggal, Selena harus pindah ke kota Tishri dan tinggal bersama keluarga Paman Raf.

novelserialIkuti Serunya Petualangan Mereka di Sini!

Kepindahannya ke kota Tishri menjadi awal dari perjalanan Selena menjadi petarung hebat di klan Bulan. Ia mengikuti ujian masuk Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT), namun sayang ia tidak lulus di ujian terakhirnya. Dari sinilah kamu akan tahu hubungan Selena dan sosok yang muncul di cermin kamar Raib.

Setelah berhasil masuk ABTT, Selena berteman akrab dengan Tazk dan Mata. Mata adalah teman sekamar Selena yang merupakan seorang putri keturunan murni dan memiliki teknik bertarung yang luar biasa. Sementara Tazk adalah mantan anggota boyband yang mempunyai skill leadership yang baik. Penasaran kan bagaimana caranya Miss Selena bisa menjadi mahasiswa ABTT, padahal di ujian terakhir dia nggak lolos? Temukan jawabannya di buku ini!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Selena

9. Nebula

Kisah Selena dan kedua sahabatnya masih berlanjut, nih, Grameds. Perjalanan menuntut ilmu Selena sebagai mahasiswa ABTT juga terus berjalan dan semakin menyenangkan. Mata kuliah dan dosen-dosen yang mengajar juga keren-keren. Pada mata kuliah bertarung, ketiga sahabat ini dipisahkan dari mahasiswa lainnya. Apalagi ketika di semester peminatan khusus, Selena mengambil kelas pengintai.

Di sini, Selena melakukan pencarian tentang klan Nebula untuk mencari lokasi Cawan Abadi yang diperintahkan Tamus, makhluk jahat yang sering mengancamnya. Persahabatan Selena, Mata, dan Tazk pun diuji. Oiya, di novel ini kamu juga akan mengetahui siapa orang tua Raib yang sesungguhnya!

novelIkuti Petualangannya Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di Gramedia Digital atau klik di sini >>> Nebula

10. Si Putih

Si Putih merupakan buku kesepuluh dari serial Bumi yang mengisahkan tentang kucing kesayangan Raib. Sayangnya, di sini kamu kembali tak menemukan kehadiran Raib CS.

FYI, si Putih ini bukan kucing biasa, lho. Di sini kamu juga akan diajak bertualang bersama No-u di klan Polaris yang berada di Konstelasi Ursa. Peradaban mereka juga maju, nggak kalah dengan Klan Bulan.

novelIkuti Petualangannya Sekarang!

Suatu hari, terjadi pandemi di Klan Polaris dan penduduk harus dievakuasi ke sisi lain klan yang selama ini dibiarkan. Begitu No-u dan keluarganya bersiap, layar di pergelangan tangan mereka menunjukkan warna hijau yang berarti mereka sehat dan terbebas dari virus mematikan.

Namun sesampainya di lorong evakuasi untuk berpindah ke benda terbang yang akan membawa mereka menuju Polaris Baru, layar pada pergelangan tangan No-u menjadi merah, dan menandakan bahwa ia telah terinfeksi, sehingga secara otomatis tidak dapat melewati detektor.

Kalau Raib CS dimentori oleh Miss Selena, petualang kali ini ada Pak Tua. Sosok ini menyadarkan No-u bahwa dia memiliki gen khas Klan Polaris yang dapat berbicara dengan hewan dan tumbuhan. Wah, pasti keren banget!

11. Lumpu

Seperti namanya, Lumpu yang menjadi tokoh antagonis utama di petualangan ini memiliki keahlian khusus untuk melumpuhkan lawan. Dia bisa menghapus kekuatan yang dimiliki oleh orang lain!

novelDapatkan Bukunya di Sini!

Pada kali ini, kamu akan kembali ditemukan dengan Raib, Seli, dan Ali, yang akan melakukan misi penyelamatan guru matematika mereka. Mereka mencari musuh dari musuh mereka. Di buku kali ini musuh utamanya adalah Lumpu, dan musuh Lumpu yang dimaksud adalah Tamus. Hal ini karena Tamus berada di lokasi saat 18 tahun lalu, sewaktu Selena mengambil cawan keabadian.

Bersama Tamus mereka menemukan kapal peninggalan klan Aldebaran, tempat berasalnya orang-orang yang memiliki kekuatan. Tempat yang akan memulai peradaban manusia.

12. Bibi Gill

Bibi Gill mencuri perhatian sejak kemunculannya di novel Selena. Sosoknya begitu unik karena penuh misteri, seperti mata kuliah yang diajarnya. Di awal buku setelah melanjutkan pertarungan yang menggantung di buku Si Putih, kamu akan diceritakan tentang masa lalu Gill kecil yang tinggal di Distrik Malam & Misterinya.

novelDapatkan Bukunya di Sini!

Yap, itu bukan hanya nama mata kuliah di ABTT, tapi juga nama sebuah distrik di klan Bulan. Distrik tersebut hanya mendapat cahaya matahari selama 24 jam, sisanya gelap, dan malam yang 'abadi'.

Tidak hanya Raib yang menjadi sosok unik, tapi juga Gill yang memiliki kekuatan es dan membuat penduduk distrik Malam & Misterinya takut. Dengan kekuatannya ini, ia mampu memanggil makhluk penguasa kegelapan yang akhirnya menyebabkan distrik Malam & Misterinya lenyap.

13. Sagaras

Di buku ke-13 serial Bumi ini, kamu akan diajak mencari keberadaan orang tua si jenius Ali. Apakah kedua orang tuanya benar masih hidup dan sedang melakukan perjalanan kerja ke luar negeri? Atau kisah yang Ali ceritakan di talkshow Kulture saat mereka berada di kota Archantum adalah sebuah kebenaran?

novelDapatkan Bukunya di Sini!

Ali dengan kejeniusannya berusaha untuk memecahkan misteri tentang siapa orang tuanya. Berhari-hari Ali tidak meninggalkan basement dan tidak masuk sekolah. Raib dan Seli tentu tidak akan membiarkan Ali melakukannya sendirian. Master B alias Batozar juga hadir menemani petualangan mereka untuk menemukan orang tua Ali.

Namun, ternyata tidak semudah itu mereka dapat menemui orang tua Ali yang berada di SagaraS, karena tembok kokoh yang sangat sulit ditembus menjadi penghalangnya. Apalagi pertarungan hidup dan mati melawan kesatria SagaraS. Kira-kira, mampukah mereka melewati itu semua?


Baca juga: Berkenalan dengan Raib, Seli, Ali, dan Serial BUMI


Nah, sekarang sudah tahu dong urutan novel serial Bumi. Cerita fantasi ini siap untuk kamu nikmati tanpa perlu takut salah urutan membacanya. Nggak perlu takut juga untuk mendapatkan bukunya, karena seluruh novel serial Bumi ini tersedia di Gramedia.com!

Yuk, dapatkan semua seri Bumi dengan mudah di Gramedia.com dan dapatkan diskon serta penawaran spesial lainnya di bawah ini yang akan membuat belanjaanmu jadi lebih hemat!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Selain serial Bumi, Tere Liye juga telah memiliki karya serial lainnya yang mampu memberikan kamu keseruan dan atmosfer yang berbeda dari serial Bumi. Pastinya semua buku ini juga tersedia di Gramedia.com! Ada apa saja? Check this out!

Serial Negeri Para Bedebah: Negeri Para Bedebah, Negeri Di Ujung Tanduk, dan Bedebah Di Ujung Tanduk.
Serial Pulang-Pergi: Pulang, Pergi, dan Pulang-Pergi.
Serial Anak Nusantara: Si Anak Kuat, Si Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, Si Anak Cahaya, Si Anak Badai, dan Si Anak Pelangi.


Sumber foto header: focebook.com/tereliyewriter

Penulis: Siti Rochmawati


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus