Kisah Nyata Novel Layangan Putus, Kini Jadi Serial Terpopuler!

Kisah Nyata Novel Layangan Putus, Kini Jadi Serial Terpopuler!

. 5 min read

Web series Layangan Putus selalu menjadi perbincangan hangat setiap harinya, sejak serial ini resmi ditayangkan pada 26 November 2021 di WeTV. Kini, trending topic pada Twitter dan media sosial lainnya, selalu membicarakan atau menampilkan potongan scene dari serial populer ini.

Jalan cerita menarik dan kisah nyata yang sungguh miris membuat banyak penonton tertarik. Layangan Putus mengisahkan rumah tangga Aris (dalam serial diperankan oleh Reza Rahadian) bersama Kinan (Putri Marino) yang tiba-tiba diterpa masalah orang ketiga, disaat rumah tangga mereka sebelumnya sangat harmonis.

Awalnya romantis dan manis, namun kian hari Aris semakin berbeda dan menjadi sosok suami yang super sibuk, dengan jarang memberi kabar kepada Kinan dan sering pulang terlambat setiap harinya. Hingga suatu hari akhirnya Kinan mengetahui perselingkuhan oleh orang yang paling ia percayai di dunia, yaitu suaminya sendiri, Aris.

Serial yang digarap sutradara ternama dan dibintangi artis-artis terkemuka di Indonesia ini kerap kali menyebutnya dengan 'Inspired by real-life sensational love affair. Recited by Mommy ASF.' Nyatanya, kisah yang disuguhkan pada serial Layangan Putus ini telah dimodifikasi agar kisah dan makna yang disampaikan menjadi lebih mendalam.

Diangkat dari Kisah Nyata

Tiga tahun lalu sempat viral unggahan dari Mommy ASF di Facebook. Unggahan yang memiliki tiga bagian ini ternyata merupakan kisah nyata dari ibu rumah tangga yang tinggal di Bali, bernama Eka Nur Prasetyawati atau biasa dikenal dengan Mommy ASF.

Hubungan suami istri yang hangat, anak-anak selalu dididik dengan baik dalam lindungan keluarga yang religius, serta hidup serba berkecukupan adalah impian bagi banyak orang.

Selama 8 tahun menikah dan memiliki 5 orang anak, Mommy ASF bercerita jika kehidupan rumah tangganya nyaris sempurna. Selama ini, kondisinya selalu baik-baik saja dan penuh bahagia. Mommy ASF memiliki suami yang tampan, saleh, dan pekerja keras. Hingga suatu ketika anak kelimanya meninggal dunia pada saat masih bayi.

Bagai badai di siang bolong, kehidupan rumah tangga yang nyaris sempurna ternyata tidak selamanya baik-baik saja. Hingga suatu ketika sang suami pergi selama 12 hari untuk menikahi perempuan lain secara diam-diam, dan baru diketahui 1 tahun setelahnya.

Jika kamu tertinggal dengan cerita mengharukannya, berikut kisah Mommy ASF yang berhasil diabadikan oleh pemilik akun twitter @shiyazi yang sempat dihapus 2 tahun lalu.

Peristiwa poligami diam-diam ini membuat Mommy ASF kecewa dan segera menggugat suaminya. Rumah tangga yang dibangun selama 8 tahun dengan perjuangan yang tiada henti, harus segera berakhir.

Perceraian yang selalu menjadi mimpi buruk bagi banyak keluarga, tentu menjadi salah satu hal paling berat dalam hidup. Begitupun dengan Mommy ASF yang harus menghadapi perceraian dan kesulitan finansial untuk menghidupi dirinya sendiri bersama dengan 4 orang anaknya.

Judul "Layangan Putus" merupakan perumpaan dalam unggahan status Mommy ASF melalui akun Facebooknya, yaitu setelah anak-anaknya bermain layangan dan mengadu jika layangannya putus, lalu terbang pergi dan tak kembali.


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Perbedaan Kisah Asli dan pada Serial Layangan Putus

Kisah lengkap Layangan Putus yang ditulis Mommy ASF, melalui unggahan di akun Facebook miliknya yang sempat viral pada tahun 2019. Namun ada perbedaan yang signifikan agar ceritanya kian menarik, kala ditampilkan dalam serial ini. Berikut perbedaan kisah asli dan serialnya yang perlu kamu tahu.

1. Nama Tokoh

Sang suami yang berselingkuh dalam sosok aslinya bernama Arif, sedangkan versi serialnya bernama Aris. Tokoh sang istri yang diperankan Putri Marino ini sosok aslinya bernama Eca Prasetya alias Mommy ASF, dan dalam serialnya bernama Kinan.

2. Pekerjaan Karakter

Pada kisah aslinya, pekerjaan Mommy ASF merupakan seorang dokter hewan, namun dalam serialnya tokoh Kinan diceritakan sebagai dokter umum.

3. Jumlah Anak

Jumlah anak dalam serial hanya memperlihatkan tokoh Kinan yang memiliki seorang putri. Berbeda dengan kisah nyatanya, Mommy ASF memiliki 5 orang anak, namun anak kelimanya meninggal dunia saat masih bayi.

4. Kondisi Mommy ASF dan Kinan

Konflik yang diangkat saat sang istri sedang hamil besar ini, sukses membuat banyak orang emosi akan karakter Aris. Belum lagi ia juga memiliki puteri kecil. Namun nyatanya kondisi Mommy ASF saat mengetahui sang suami berselingkuh, bukanlah saat kondisinya sedang hamil besar.

5. Momen Perselingkuhan Terbongkar

Pada kisah perselingkuhan yang mulai terbongkar ternyata berbeda dengan kisah aslinya. Mommy ASF mengatakan bahwa suaminya berselingkuh secara diam-diam, tidak ada yang aneh, dan tidak ada yang salah pada awalnya. Walaupun begitu, bangkai tidak akan pernah bisa meninggalkan baunya.

Perselingkuhan yang telah disembunyikan sejauh mungkin akhirnya dirasakan oleh Mommy ASF, ketika tiba-tiba ia mengetahui suaminya telah menjadi suami orang lain selama satu tahun lamanya.

Berbanding terbalik dengan yang terjadi pada serial, bahwasannya kejanggalan Aris sudah terlihat dalam beberapa adegan seperti tidak bisa dihubungi, serta kebohongan yang terjadi terus menerus.

Berawal dari cerita bersambung yang viral, kisah ini pun dibukukan menjadi novel pada akhir tahun 2020. Novel ini ditulis sendiri oleh Mommy ASF. Dan berikut sinopsis dari novel Layangan Putus.

Sinopsis Novel Layangan Putus

Seorang gadis remaja polos yang berasal dari daerah, tumbuh, berkembang, dan ia menemukan cinta di kota besar yang sangat berbeda dengan iklim daerah asalnya. Gadis remaja ini hanya memiliki mimpi sederhana, yaitu menyambung pendidikan dan menyelesaikannya tepat waktu.

Namun, semua itu berubah ketika ia bertemu dengan seorang pria yang mengenalkan dunia baru kepada dirinya. Laki-laki bernama Aris itu membuat Kinan jatuh cinta karena sosoknya yang menyenangkan, gigih, mandiri, dan mampu mengubah cara pandangnya akan dunia.

Hingga akhirnya mereka berdua berjanji dihadapan Tuhan, untuk menyamakan tujuan hidup dalam ikatan pernikahan, dan membuat mereka memulai kembali kehidupan dari awal. Kinan melupakan mimpi jadi wanita karier dan memilih merawat keluarga di rumah, sesuai permintaan Aris, sambil kembali mengenal Tuhan.

Kinan mempunyai mimpi pergi ke Capadocia, Turki. Namun takdir berkata lain saat Kinan menemukan foto-foto di ponsel suaminya. Di mana Kinan melihat keindahan Capadocia, tapi dari foto sang suami bersama wanita lain. Dunia seperti runtuh, orang yang paling Kinan percayai, ternyata telah tega berbohong dan menyakitinya selama ini.

buku Ikuti Kisah Rumah Tangga Kinan dan Aris di Sini!

Itulah kisah Kinan dalam menceritakan kehidupan rumah tangga yang tidak selamanya bisa bahagia, namun ia tetap berusaha dan bekerja keras agar mampu menghidupi anak-anaknya dalam menggapai setiap impian.

Yuk, langsung dapatkan bukunya di Gramedia.com dan baca sekarang juga. Apalagi, ada diskon ongkos kirim Rp 5000 yang menguntungkan banget! Jangan lupa masukkan kodenya saat mau checkout ya.

kumpulanBeli dan Dapatkan Potongan Ongkir di Sini!


Baca juga: 5 Novel Islami Terbaru yang Wajib Kamu Baca


Ayo, intip juga promo diskon yang sedang berlangsung pada gambar di bawah ini ya. Sayang kalau sampai terlewatkan, loh!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com sekarang bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: wetv.vip dan Gramedia.com