Berkenalan dengan Raib, Seli, Ali, dan Serial BUMI

Berkenalan dengan Raib, Seli, Ali, dan Serial BUMI

. 8 min read

Serial novel fiksi ilmiah dan fantasi ini belum berakhir! Masih banyak yang ingin diceritakan dari petualangan ketiga sahabat karib pada Dunia Paralel oleh Tere Liye. Penulis handal ini sudah membawa kita hanyut dalam dunia fantasinya, lewat seri BUMI/serial Dunia Paralel, yang novel pertamanya terbit pada tahun 2014. Tak disangka setelah bertahun-tahun lamanya, para penggemar masih setia menunggu kelanjutan petualangan Raib, Seli, dan Ali. Siapa mereka?

Kalau kalian sudah mengikuti serial novel ini, ketiga nama tersebut tentunya sangat menarik perhatian kalian. Bercerita tentang tiga anak SMA yang tiba-tiba harus berhadapan dengan sosok jahat dan mereka masuk ke Dunia Paralel. Ketiga anak ini mempunyai kekuatan masing-masing yang membawanya dalam petualangan penyelamatan klan-klan di dunia paralel.

Tere Liye benar-benar mengemas tokoh utama dalam seri ini dengan karakternya yang kuat. Tiap tulisan pada alur cerita membuat pembaca ikut mendalami peran heroik ketiga tokoh utamanya. Ini dia ketiga karakter kuat seri BUMI yang bisa buat kamu jatuh cinta!

1. Raib

Gadis berumur 15 tahun yang menyimpan rahasia besar dalam hidupnya. Ia layaknya gadis kelas 10 biasanya yang sedikit pemalu, tapi tak disangka ia mempunyai kekuatan menghilang, hanya dengan menutup muka dengan kedua tangannya. Sebetulnya, ia adalah keturunan murni Klan Bulan. Kekuatan menghilang itu sudah ada sejak ia kecil.

berkenalan
Sumber foto: Dok. Gramedia.com

Raib yang pemalu ini suka menyendiri, namun senang memerhatikan sesuatu. Walaupun begitu, ia adalah karakter yang berani dan pantang menyerah. Makanya, ia juga mampu berbicara dengan alam dan mampu menyembuhkan luka. Masih ada kekuatan lain yang ada pada dirinya, tapi Admin nggak mau spoiler ah.😜 Nah, ia bisa mendapatkan banyak kekuatan ini berdasar latihan dan petualangannya ke berbagai klan.

2. Seli

Teman sebangku Raib yang ternyata juga menyimpan rahasia besar. Walaupun terlihat seperti remaja kebanyakan yang sangat ceria, senang fangirling dengan idolanya, menonton drakor, nongkrong ke restoran fast food, ternyata tangannya bisa mengeluarkan petir biru. Yap, dia adalah keturunan dari Klan Matahari. Petarung pertama yang berjalan di atas Bumi.

berkenalan
Sumber foto: Dok. Gramedia.com

Ia adalah sahabat karib dari Raib dan sahabat yang selalu setia menemani serta melindungi. Perlindungannya bukan hanya dari bisa mengeluarkan petir, tapi mengeluarkan cahaya dan suhu panas, hingga mampu menyerap listrik tenaga tinggi ke dalam tubuhnya. Ia juga mampu melakukan telekinesis atau menggerakkan benda-benda di sekelilingnya.

3. Ali

Tadinya musuh, eh malah jadi sahabat. Dia Ali, sosok murid laki-laki yang terlihat berantakan, misterius, dan tidak suka dengan semua yang ada di sekolahnya. Tapi hal itu cuma karena semua terasa membosankan bagi dia. Yap, dia adalah karakter yang sangat genius dan saking pintarnya ia bosan dengan pelajaran maupun kegiatan di sekolah.

berkenalan
Sumber foto: Dok. Gramedia.com

Sampai akhirnya ia melihat Raib tak sengaja menghilang. Rasa keingintahuannya yang besar membuat dirinya semakin bergairah, setelah mengetahui kedua temannya ini mempunyai kekuatan yang luar biasa. Ia jadi antusias dan ikut dalam petualangan. Ia juga sering menciptakan benda-benda berteknologi tinggi yang ia pelajari dari klan lain. Ia sendiri berasal dari Klan Bumi.

Eits, ternyata eh ternyata, kalau Ali marah, ia bisa berubah menjadi raksasa beruang yang menyeramkan lho! Beruntung ia bisa menciptakan sarung tangan untuk mengendalikan mode beruangnya. Nah, kekuatannya ini membantu teman-temannya dalam menghadapi berbagai rintangan. Gentleman banget kan?

Admin baru ceritain karakter tokoh utamanya aja udah seru banget kan? Tentu saja, tiap novel dari serial BUMI ini aja selalu laku keras dan ditunggu-tunggu penggemar.

Yuk, ikuti kisahnya masing-masing dalam perjalanan menyelamatkan klan-klan di dunia paralel lewat serial BUMI ini. Nih, Admin kasih tau urutan ceritanya yang musti kamu ikutin yaa.

1. Bumi

Menjadi novel pertama yang menceritakan lebih banyak tentang kisah hidup Raib. Dari siapa dia, apa rahasianya, bagaimana kehidupan di sekolah, dan bagaimana jati dirinya. Awal kisah persahabatan bersama Seli dan Ali juga diceritakan di sini, yang membawa mereka pada awal petualangan seru.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Diawali kejadian robohnya tiang listrik di belakang sekolah, hingga pertemuan mereka dengan sosok antagonis yang membawanya ke Klan Bulan, yang ternyata ada Dunia Paralel di mana kehidupannya bersisian dengan bumi. Mereka bertarung dengan sosok antagonis tersebut, Tamus, yang ingin menyelamatkan si Tanpa Mahkota dan bersama menguasai bumi.

2. Bulan

Melanjutkan petualangan yang terhenti di Dunia Paralel, pada buku ini mereka mengunjungi Klan Matahari. Ini adalah bentuk usaha ketiga sahabat karib ini dalam menyelamatkan dunia paralel yang akan hancur. Mereka menunggangi empat ekor harimau salju dalam menghadapi medan berbahaya, dan binatang buas dalam hutan yang siap menyerang.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Mereka melakukan urusan diplomatik untuk menyatukan kekuatan Klan Bulan dan Klan Matahari. Di buku ini juga kamu akan mengetahui sosok Seli lebih jauh dan lebih dalam.

3. Matahari

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Ali sang genius dan punya rasa penasaran yang tinggi membuatnya bersemangat untuk mempelajari segala hal tentang dunia paralel, hingga ia menemukan teori tentang Klan Bintang. Di sini barulah sosok Ali dibeberkan lebih banyak dan lebih dalam, mengapa ia urakan namun geniusnya luar biasa, sampai Klan Bintang kagum dengan segala penemuannya. Ditemani pesawat kapsul yang jadi teman baru mereka, perjalanan jadi semakin seru dan menarik!

4. Bintang

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Pada buku ini benar-benar dipenuhi rintangan dan pertarungan yang menegangkan! Misi mereka dalam menyelamatkan Klan Bumi adalah harus menemukan pasak bumi yang ada di Klan Bulan, dengan pesawat kapsul demi mencegah kehancuran Bumi. Mereka ditemani dan dibantu oleh teman-teman dari tiga klan lainnya.

5. Ceros dan Batozar

Dibagi menjadi dua bab, ceritanya mempunyai kisah unik tersendiri. Sesuai dengan judul bukunya, ketiga sahabat karib ini bertarung untuk menaklukkan dua makhluk misterius.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Ceros, dua raksasa berkepala badak berbadan manusia yang kehilangan suatu bagian dari mereka, dan membuatnya tak dapat mengendalikan diri menghancurkan apa pun di sekitarnya. Batozar, kriminal paling berbahaya dari Klan Bulan yang berhasil lolos dan kabur ke Bumi.

6. Komet

Petualangan mereka berlanjut ke pulau dengan banyak tumbuhan aneh, Klan Komet. Mereka berusaha agar datang duluan, agar si antagonis bernama Tanpa Mahkota gagal mendatangi Klan Komet untuk menggenapkan kekuatannya.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Mereka tersesat pada pulau-pulau yang dinamakan dengan nama-nama hari, dari Pulau Hari Senin hingga Pulau Hari Minggu. Mereka bertemu dengan orang berwajah sama, tetapi berbeda nama di setiap pulau dan banyak ujian yang harus dilalui pada tiap pulau.

7. Komet Minor

Pertarungan melawan Tanpa Mahkota berlangsung sengit dan banyak mengeluarkan banyak pengorbanan serta ambisi. Sedih, cerita pada buku ini diawali dengan ketidakmampuan Raib, Seli, dan Ali dalam melawan Tanpa Mahkota, karena mereka diikat.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Ada tokoh dalam buku sebelumnya yang membantu tiga sahabat karib ini dan buku ini menjadi akhir pertarungan mereka. Apakah mereka berhasil melawan Tanpa Mahkota?

8. Selena

Buku ini dengan Nebula sebenarnya adalah seri spin-off yang lebih banyak menceritakan tentang guru matematika Raib, Seli, dan Ali, yang juga mempunyai kekuatan dan membantu mereka berpetualang.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Miss Selena atau yang dipanggil Miss Keriting ini ternyata berteman dengan ibu Raib. Diceritakan pula bagaimana Miss Selena bisa masuk ke sekolah Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan, dan ia mengasah kemampuannya di sana.

9. Nebula

Kisah cerita dari Miss Selena berlanjut di sini dengan kegiatan yang dilakukannya selama masa liburan kuliah. Akan diberitahukan karakter paling kuat yang ada di Dunia Paralel, dan mengungkap banyak rahasia baru dari Klan Bulan.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Tentang persahabatan tiga mahasiswa yang memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh namun berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme, dan pengkhianatan. Buku ini menjadi awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

Setelah menunggu satu tahun lamanya, akhirnya kelanjutan dari seri Bumi ini berlanjut kembali! Si Putih menceritakan tentang kucing peliharaan Raib. Si Putih adalah salah satu kucing yang ia dapatkan saat ulang tahunnya yang ke-9.

Sinopsis Si Putih:

Bagaimana jika hewan kesayangan kalian ternyata hewan dengan kekuatan terbesar di dunia paralel? Bagaimana jika hewan yang terlihat imut, menggemaskan, ternyata bisa menjadi salah satu petarung paling hebat?

Kali ini kita akan bertualang di klan baru, dengan tokoh-tokoh baru. Termasuk mengetahui bahwa pandemi yang menyusahkan penduduk juga terjadi di klan-klan jauh. Tapi ingatlah selalu, setiap ada kesusahan, selalu muncul hal-hal menarik yang positif.

Kisah ini tentang si Putih, kucing kesayangan Raib. Masa lalu si Putih tidak kalah menarik, sebelum akhirnya kucing itu diletakkan di depan pintu rumah sebagai hadiah ulang tahun Raib. Buku ini adalah buku ke-10 dari serial Bumi.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Nggak cuma berhenti disitu saja, kerinduan kalian dengan munculnya kembali karakter Raib, Seli, dan Ali akan terbayarkan dalam buku ke-11, yaitu Lumpu! Petualangan mereka kembali dan sama-sama mengetahui bahwa pandemi menyusahkan hingga ke klan-klan jauh.

Sinopsis Lumpu:

Yes! Akhirnya, Raib, Seli, dan Ali kembali bertualang. Kalian sudah kangen dengan trio ini? Misi mereka adalah menyelamatkan Miss Selena, guru matematika mereka. Tapi, apakah semua berjalan mudah? Siapa yang bersedia membantu mereka?

Kali ini, si genius Ali memutuskan meminta bantuan dari sosok yang tidak terduga, karena musuh dari musuh adalah teman. Apakah Raib bisa melupakan masa lalu itu dengan memaafkan Miss Selena? Bagaimana dengan Tazk? Apakah Raib bisa bertemu lagi dengan ayahnya, atau itu masih menjadi misteri? Bagaimana dengan jejak ekspedisi Klan Aldebaran 40.000 tahun lalu?

Benda apa saja yang ditinggalkan oleh perjalanan besar tersebut? Pertarungan panjang telah menunggu mereka. Dan lawan mereka adalah Lumpu, petarung yang memiliki teknik unik, yaitu melumpuhkan kekuatan lawan. Itu teknik yang amat menakutkan, karena Lumpu bisa menghabisi teknik bertarung. Jangan-jangan… Siapa di antara Raib, Seli, dan Ali yang akan kehilangan kekuatan di dunia paralel? Buku ini adalah buku ke-11 dari serial Bumi.

serialBeli dan Koleksi Sekarang!

Udah nggak sabar mengikuti petualangan mereka kembali, yuk langsung ikutan pre-order dari buku Si Putih dan Lumpu di Gramedia.com ya, karena ada diskon spesial 20%.

promoIkuti Pre-Order Sekarang!

Karakter keren dengan ramuan fantasi, petualangan, dan pengetahuan ini benar-benar lahir dari novelis lokal kebanggaan kita! Penasaran dengan kisah lengkap mereka semua? Yuk, lengkapi semua serinya dengan mengoleksi bukunya di Gramedia.com. Langsung klik di tiap gambarnya ya!

Selamat bertualang!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com