Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021

Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021

. 6 min read

Buku-buku bergenre horor telah menjadi bagian dari dunia sastra sejak bertahun-tahun silam. Banyak orang menyadari betapa puasnya membaca cerita seram, dan membuat novel horor menjadi bacaan favorit mereka.

Merasakan adrenalin meningkat dan juga bulu kuduk berdiri, menjadi sensasi tersendiri saat membaca. Itulah yang menjadi alasan mengapa cerita horor tetap disenangi banyak kalangan. Terlebih, ada manfaat yang bisa menguatkan diri kita hanya dari membaca cerita horor.

Nah, demi memuaskan hasratmu akan cerita-cerita seram, Gramedia.com punya rekomendasi buku-buku horor terbaru dari novel hingga komik yang rilis di tahun 2021. Apa saja, ya? Check this out!

Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021

1. Permainan Hantu-Hantu (A Game of Ghosts)

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!


Saat musim dingin menusuk dengan kegelapan yang kelam dan tak berujung, detektif swasta dilaporkan menghilang, dan Charlie Parker ditugaskan untuk melacak jejaknya. Jaycob Eklund adalah detektif yang luar biasa. Sebelum menghilang, ia melacak serangkaian pembunuhan dan orang-orang hilang yang ia hubungkan dengan laporan kemunculan hantu-hantu. Maka dari itu, atasan Parker ingin Eklund segera ditemukan.

Dan ternyata, sekarang malah Parker yang akan ditarik masuk ke dalam dunia Eklund. Di mana manusia tawar-menawar dengan malaikat, bahkan yang bersalah maupun yang tidak, sama-sama menjadi bidak dalam permainan hantu-hantu. Semua kisahnya akan membuatmu gusar dan semakin penasaran tiap kamu baca tiap babnya.


Baca juga: Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya


2. Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Beberapa kali tim Kisah Tanah Jawa (KTJ) mengeluarkan edisi-edisi terkait penemuan mereka akan kejadian dan sejarah yang terjadi di pulau Jawa. Tim yang juga populer dengan konten horor, misteri, serta sejarah di YouTube ini, kembali menghadirkan buku dengan cerita baru.

Awal tahun 2021, KTJ menceritakan tentang kisah tragis dari kecelakaan maut bus study tour di daerah Jawa Timur. KTJ mendatangi tempat tersebut yang memang dikenal sebagai kawasan rawan kecelakaan. Kamu akan merasakan mencekamnya kala kecelakaan itu terjadi. Tak hanya seram, emosimu juga akan ikut campur aduk, terlebih karena ini adalah kisah nyata.

3. Journal of Terror 2

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Setelah sekian lama, akhirnya komik Journal of Terror kembali hadir di awal tahun ini. Masih dengan cerita Prana yang setelah sakit, ia tiba-tiba bisa merasakan dan melihat hadirnya hantu. Hal ini ia dapatkan dari mata saudara kembarnya yang sudah meninggal. Ia sempat ketakutan, namun lama-lama Prana pun mampu memanfaatkannya dengan baik.

Masih sama dengan buku sebelumnya, kamu akan kembali melihat pengalaman Prana bertemu dengan sosok-sosok hantu dan berurusan dengan dunia gaib. Sayang, kini ia makin terjerat, dan ia merasa diincar oleh sekte pemuja iblis yang jahat. Komik ini akan memberikan kengerian dengan gambar-gambar hantunya, namun diimbangi dengan gambar wajah Prana yang begitu menggemaskan.

4. Ito Junji - Best of Best Short Story Collection

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kamu yang suka komik horor pasti tahu betul siapa itu Ito Junji. Ya, bisa dibilang ia adalah maestro kisah horor dari Jepang dengan gambar-gambarnya yang mencekam. Sebagai komikus fenomenal dengan berbagai prestasi, kisah-kisah horornya kerap memperkenalkan dengan dunia penuh fobia, kegelisahan, dan ketakutan akan hal-hal yang tidak kita ketahui.

Ada banyak sekali cerita yang sudah Ito Junji buat dengan imajinasinya yang tak terbatas. Selama tiga dekade, komik edisi spesial ini jadi kumpulan cerita terbaik. Ada 10 cerita yang akan membuatmu merinding, ditambah halaman berwarna yang semakin membuat bulu kudukmu berdiri.

5. Catatan Seram

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Masih dengan komik yang mampu memberikan gambarkan keseraman dari makhluk-makhluk tak kasat mata. Kali ini menceritakan tentang Edo yang bertemu dengan gadis cantik setelah diputuskan pacarnya.

Gadis itu ia temui di perpustakaan dan seketika langsung membuatnya jatuh hati. Tapi ternyata, Edo merasakan ada yang aneh dengan gadis cantik itu. Tak hanya Edo, ada juga pengalaman Chacha yang mengalami kejadian aneh selama melakukan kegiatan jurit malam, dan pengalaman menyeramkan dari Juwita ketika pulang sekolah terlalu malam.

6. Karya Agatha Christie: Kumpulan Kisah Terbaik Miss Marple

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kisah misteri dari tangan Agatha Christie sudah tak perlu diragukan lagi. Miss Marple memang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar. Ia adalah detektif yang mempunyai pengamatan jeli terhadap gerak-gerik semua orang di sekitarnya, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan mampu membuatnya memiliki analisis yang tajam.

Dalam buku ini terdapat tiga kisah Miss Marple yang paling disukai pembaca. Diantaranya The Murder at the Vicarage (Pembunuhan di Wisma Pendeta), A Murder is Announced (Iklan Pembunuhan), dan A Caribbean Mystery (Misteri Karibia), yang mampu memberikan kejutan dan plot twist magis di tiap penyelesaiannya.


Baca juga: 10 Rekomendasi Novel Terlaris Agatha Christie


7. Lewat Tengah Malam - Ganjil

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Masih dari Sweta Kartika, kali ini novel yang berawal dari kisah-kisah horor lokal yang ia tulis di Wattpad hadir dalam bentuk buku fisik, sekaligus menambahkan satu bonus cerita tambahan.

Kumpulan cerita pendeknya mampu membuat kalian bergidik ngeri, dan merasakan emosi karena menceritakan kekejian manusia, dari rasa tamak dan egois para tokoh demi memuaskan hasrat. Ada kisah tentang roh-roh halus penghuni RS Kembang Cempaka, Misteri bukit pemakan jiwa, kisah tragis perebutan singgasana lurah, misteri bocah pembisik, hingga pesugihan pembawa petaka.

8. Gong Nyai Gandrung

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kintan dan Waru adalah pengantin baru yang mendiami rumah di daerah Magelang. Sejak pertama kali melihat foto rumahnya, mereka sudah jatuh hati dan senang dengan rumah tersebut. Kala pertama kali datang mereka juga disambut hangat dengan sang penjaga rumah.

Namun semakin menulusuri tiap ruangan, Kintan dan Waru semakin bertanya-tanya. Terlebih pada pendopo di halaman belakang yang tak ditunjukkan dalam foto-foto, ruang bawah tanah, tempat koleksi buku-buku tua berbahasa Jawa dan Belanda, serta lukisan-lukisan sosok kuda, dan peralatan gamelan beserta gongnya yang menumpuk debu di gudang.

Setelah melihat tempat itu, Kintan dan Waru mulai sering dihantui mimpi buruk. Sering terbangun di tengah malam, mendengar suara kuda, hingga melihat sosok-sosok tak kasat mata.


Baca juga: Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor


9. Cerita Hantu di Sekolah: Korea

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kali ini ada kumpulan kisah seram dari sekolah di Korea. Kisah pertama tentang janji reuni setelah 10 tahun berlalu, yang malah memunculkan rasa sedih, karena dua sahabat Yumi yang telah meninggal. Yumi membuka kapsul waktu yang dikubur di halaman sekolah, dan ia pun kaget setelah melihat barang-barang yang ditinggalkan teman-temannya ternyata mengisyaratkan penyebab kematian mereka.

Tak hanya itu, masih ada cerita horor dari klub tari, kematian sang juara sekolah, hantu di ruang baca, dan masih banyak yang lainnya. Total ada 32 cerita horor yang akan membuat bulu kudukmu berdiri!

10. Haru Mahameru

Banyak yang sudah mengira jika gunung adalah tempat bagi "mereka". Buku yang satu ini akan membawa kamu dalam kisah perjalanan yang menegangkan dari tiga sahabat menuju puncak gunung Semeru.

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Dalam rangka kenaikan kelas, mereka memilih jalur Tawon Songo yang terkenal angker untuk menantang diri. Mereka naik gunung dengan semangat dan percaya diri yang tinggi, namun selama perjalanan mereka selalu menemuka berbagai kejadian aneh.

Di Mahameru Semeru itu, mereka bertemu dengan sang dewi penguasa gunung. Ada banyak "penguni" gunung yang kerap kali mengganggu perjalan mereka menuju puncak. Lalu, apakah mereka mampu untuk turun dan pulang dengan selamat?


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


Apakah kamu sudah siap ditemani cerita-cerita horor di atas? 👻 Nah, kamu bisa menemukan banyak lagi koleksi novel lainnya, hanya di Gramedia.com.

Temui berbagai promo menarik yang sedang berlangsung dari diskon, harga spesial, dan penawaran spesial lainnya di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil di beberapa toko Gramedia yang tersebar di Jabodetabek, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Photo header by fotografierende from Pexels