Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

2022 Wrap Up: Buku Horor Bikin Merinding, Beli Sekarang dengan Diskon 50%!

2022 Wrap Up: Buku Horor Bikin Merinding, Beli Sekarang dengan Diskon 50%!

Buku-buku bergenre horor telah menjadi bagian dari dunia sastra sejak bertahun-tahun silam. Banyak orang menyadari betapa puasnya membaca cerita seram, dan membuat novel horor menjadi bacaan favorit mereka.

Merasakan adrenalin meningkat dan juga bulu kuduk berdiri, menjadi sensasi tersendiri saat membaca. Itulah yang menjadi alasan mengapa cerita horor tetap disenangi banyak kalangan. Terlebih, ada manfaat yang bisa menguatkan diri kita hanya dari membaca cerita horor.

Nah, demi memuaskan hasratmu akan cerita-cerita seram, Gramedia.com punya rekomendasi buku-buku horor terbaru yang baru rilis di tahun 2022. Apa saja, ya? Check this out!

Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2022

1. Peka

Selain Teh Risa Saraswati, sepupunya yang kerap disapa Teh Indy juga mampu berhubungan dengan para makhluk tak kasat mata. Bila Teh Risa bertemu bahkan berteman dengan hantu-hantu baik seperti Peter CS, Teh Indy malah lebih sering ditampaki dengan makhluk bersorot mata merah nan menyeramkan.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Di buku perdananya ini, Teh Risa membagikan kisah tentang dirinya yang sejak kecil sudah sering ditampaki makhluk-makhluk seperti hantu poci, Mr. G, dan penampakan berwujud hancur lainnya yang sering menerornya. Khususnya sosok Miss. K berwarna merah yang sering mengusik hidupnya.

Tak tahu mengapa ia hadir meneror kembali, seolah ada pesan yang ingin disampaikan pada Teh Indy. Lalu, apakah pesan itu akan menjadi kabar baik, atau sebaliknya, justru membawa celaka yang akah menimpanya?

2. Samex: Sawarga Malapetaka

Setelah vakum dua tahun karena pandemi, Teh Risa kini membagikan kisah nyata yang berasal dari keluarganya sendiri, lho! Untuk menghargai keluarganya tersebut, sosok itu ia tuliskan dengan nama samaran Samex.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Ia adalah keluarga dari Teh Risa dan Tim Jurnal Risa sendiri. Awalnya, semasa hidup ia adalah orang yang baik dan selalu bersilaturahmi dengan keluarga. Namun, entah mengapa saat ia telah tiada, ia malah membawa petaka terhadap keluarga Teh Risa dan memiliki paras menyeramkan.

Ia selalu menghantui keluarga Teh Risa, sampai membuat kakeknya harus menghadapi Samex agar tak lagi mengganggu. Sampai akhirnya, Samex datang kembali saat ia dibicarakan oleh Tim Jurnal Risa pada saat syuting Podcast. Hiiii, merinding ya Grameds. Tapi tenang, Teh Risa mengingatkan untuk tidak perlu takut membaca novel ini, karena sebenarnya ia ingin menjadikan cerita ini sebagai pengingat untuk kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik semasa hidup.


Baca juga: 8 Teman Hantu Risa Saraswati yang Kisahnya Dibukukan


3. Hilang dalam Dekapan Semeru

Fajar Raditya dari pemilik saluran Youtube RJL 5, juga membagikan kisah nyata dari para pendaki yang dihantui berbagai pengalaman mistis kala mendaki gunung. Buku ini hadir bukan hanya untuk membagikan kisah seram, tapi ingin menjadi pengingat bahwa mendaki gunung perlu memikirkan keselamatan dan kewaspadaan dalam proses pendakiannya.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Berawal dari cerita-cerita viral yang dibagikan di saluran Youtubenya, Fajar Aditya menuliskan kembali kisah mencekam dari beberapa teman yang merasakan sendiri kesakralan daerah pegunungan. Perjalanan di luar nalar ini, mampu memberikan kesan merinding ditambah dengan ilustrasi yang membuat pengalaman membaca jadi lebih menyeramkan!

Ada cerita dari Bagas dan Ariel saat nyaris menghilang di Gunung Arjuno, kisah Yoga dan Ucok yang tersesat berhari-hari di Gunung Sindoro, kisah Arif dan Bang Daing yang harus kehilangan temannya di Gunung Semeru, serta masih ada beberapa cerita lainnya yang tak kalah menakutkan.


Baca juga: Buku Hilang dalam Dekapan Semeru dari RJL 5 Ajak Kita Menjelajah Dimensi Lain dalam Pendakian Gunung


4. Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Kisah mistis yang dibagikan oleh Om Hao bersama tim Kisah Tanah Jawa memang selalu ditunggu-tunggu pecinta horor tanah air. Setelah menulis berbagai buku serial Kisah Tanah Jawa, kini tim kembali menuliskan kisah sejarah mengenai sihir di pulau Jawa.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Seperti biasa, Om Hao tak hanya sekadar memberikan kalimat-kalimat mistis penuh hantu di ceritanya, namun ada banyak informasi berdasarkan fakta sejarah dari masa lalu yang membuat cerita fiksi ilmiah dalam bukunya ini lebih kaya.

Berawal dari salah satu episode dalam saluran Youtubenya, buku ini akan membahas lebih dalam tentang berbagai fakta mengenai sihir Mesir yang dibawa ke Jawa pada awal Daendels hadir di sini. Membicarakan tentang Kitab Black Pullet, Freemason, Kanuragan, Macan Putih, tumbal, dan cerita-cerita dari masa lalu lainnya yang telah membentuk peradaban.

5. Pengakuan Dosa

Filo Sebastian dikenal sebagai Youtuber yang mampu melihat makhluk tak kasat mata dan kerap membagikan kisah-kisah mistis yang pernah dialaminya. Kini, ia menuliskan buku berdasarkan pengalamannya selama ini menjadi seorang indigo. Siapa yang sudah penasaran dengan si Kuning dan Maharani? Nah, di sini akan ia bagikan semua kisah awal bertemu dengan mereka.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Segala pengalaman pribadinya sejak awal mendapatkan keistimewaan tersebut diceritakan dengan penuh detail. Mulai dari terganggunya tiap malam karena selalu didatangi sosok-sosok tersebut, keluarga yang tidak percaya dengan hal-hal gaib hingga membuat mentalnya drop, sampai mendatangi berbagai pemuka agama untuk menutupi mata batinnya, tapi semuanya sia-sia.

Masa-masa awal Filo mampu merasakan makhluk-makhluk astral tersebut, sebetulnya sangat membuat fisiknya lelah dan stres. Ia tidak ingin malam-malamnya penuh teror. Di buku ini ia menceritakan bagaimana ia menghadapi kemampuannya ini dan solusi dalam menerima jika ia mampu berhubungan dengan mereka.


Baca juga: Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya


6. Kuyang – Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai

Indonesia memiliki beragam hantu nusantara yang terkenal di tiap daerahnya, contohnya saja Kuyang yang dikenal sebagai hantu asal Kalimantan. Sosoknya yang menyeramkan sering diceritakan turun temurun oleh orang-orang di daerah sana. Nah, Achmad Benbela atau yang kerap disapa Bang Beben ini, adalah putra asli kelahiran Kalimantan dan sudah akrab sekali dengan berbagai misteri, folklore, dan cerita mistis dari pulau tersebut.

Kuyang adalah novel pertama Bang Beben dan dituliskan berdasarkan kisah nyata. Awalnya, cerita ini sudah dibagikan di Kaskus dan Wattpad, bahkan cerita-ceritanya masuk pada video YouTube RJL 5 hingga Raditya Dika. Novel ini menceritakan tentang Beno dan istrinya yang merantau ke pelosok Kalimantan karena harus bertugas mengajar di sana.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Awalnya semua berjalan lancar, hingga akhirnya beberapa kejanggalan mulai dirasakan oleh Beno. Mulai dari penduduk yang hanya beberapa orang aja, tidak terlihat ada anak kecil, dan kemudian sesosok makhluk mengerikan mengincar istri dan calon anaknya.

Bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana asal-usul Kuyang, baik dari segi sejarah dan budaya, buku ini bisa kamu baca. Bang Beben dengan lengkap menjelaskan lebih dalam tentang Kuyang dan berbagai kisah adat istiadat, mitos, serta berbagai informasi tentang Kalimantan dengan suku Dayak dan Banjar yang kerap disandingkan pada hal-hal gaib.

7. Pesta Bunuh Diri

Melihat gambar sampulnya saja pasti sudah bisa membuat kamu bergidik ngeri karena balutan warna merahnya. Ya, kamu akan menemukan berbagai kejadian mencekam dari sebuah desa terpencil di tengah pulau kecil. Di sana ada Taman Kembar yang dikelilingi hutan dan para penduduk dilarang untuk masuk ke sana.

Terlalu banyak masalah dan misteri pada desa ini. Para penduduknya harus mengalami berbagai musibah, wabah, terbatasnya bahan pangan dan pengetahuan, bahkan gangguan binatang. Namun, itu bukanlah masalah besar bagi mereka, ada sesuatu yang jahat dan lebih sering mengganggu mereka. Kumpulan Sisik Hitam selalu datang tiap malam, mengundang penduduk ke sebuah pesta, namun pesta singkat karena selalu berakhir sebelum sempat dimulai.

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Ada banyak plot twist yang akan kamu temui dari novel ini. Buku ini menjadi pengawal dari seri Trilogi Timur karya Daniel Ahmad. Awalnya, cerita ini merupakan cerita horor terpopuler di Kaskus dan telah dibaca jutaan kali di Wattpad. Seri selanjutnya pun pada Eksekusi Tapal Kuda dan Barisan Keranda Merah, awalnya berasal dari tulisannya di Wattpad.

Daniel Ahmad memang sudah dikenal sebagai penulis horor yang apik. Penulis buku seri Midnight Hospital dan Midnight Restaurant ini jago menulis rima dan kalimat spesifik, sehingga mampu mengundang imajinasi kita dalam memahami cerita jadi lebih mencekam. Buku Pesta Bunuh Diri pun disisipi beberapa ilustrasi bergambar yang mampu membantu kita membayangkan suasana seram dalam kisah yang dibagikan.

8. KOLONI Sinawang

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Yang pernah baca webtoon di Ciayo Comics pasti tidak asing dengan judul komik yang satu ini karena ini memang judul yang sama! Tahun ini, penerbit m&c! menerbitkan komik horor lokal adaptasi webtoon buatan Dedy Koerniawan ini.

Cerita di komik ini sendiri merupakan kumpulan cerita pendek horor yang dialami oleh karakter di cerita ini. Ceritanya berbeda-beda dengan tiap chapter menggunakan nama jalan sebagai judul chapternya. Dan karena ini komik lokal, tentu saja makhluk seram yang menggentayangi karakternya adalah hantu lokal! Dan walaupun berbeda cerita, pada akhirnya ceritanya memiliki kesinambungan satu sama lain. Kira-kira apa yang menghubungkan cerita-ceritanya?

9. Setan-Setan Menggugat

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Kisah Tanah Jawa kali ini kembali lagi dengan cerita misteri horor terbaru mereka. Yang terbaru, mereka menerbitkan Setan-Setan Menggugat, cerita fiksi dengan latar sejarah Gresik tahun 1809, dimana saat itu pembangunan jalan raya pos sedang terjadi.

Cerita kali ini berfokus pada Sipong, yang bekerja menjadi kaki tangan penguasa rakyat. Sebagai kaki tangan, ia menyaksikan langsung banyak peristiwa memilukan yang membuat dirinya merasa bersalah. Ia bersumpah suatu hari akan membalaskan dendam para rakyat ke penguasa kejam itu. Akankah ia berhasil membalaskan dendam para rakyat?

10. Girls

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Yuki dan Atsuko adalah dua sahabat wanita yang  sedang mencari jati dirinya masing-masing. Kedua sahabat ini susah untuk jujur satu sama lain. Atsuko sangat khawatir karena takut dirinya dianggap berlebihan oleh Yuki sedangkan Yuki sendiri punya kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya. Tapi, dua sahabat yang renggang ini memiliki kesamaan, mereka memiliki ketertarikan terhadap kematian.

Setelah mendengar cerita dari salah satu anak pindahan yang pindah karena  melihat mayat dari temannya yang bunuh diri, keduanya menjadi semakin tertarik dengan kematian dan berlomba-lomba untuk menjalankan rencana mereka masing-masing untuk dapat menyaksikan kematian yang sempurna. Namun kegiatan mereka ternyata menjadi awal kejadian berantai yang menjadi semakin tidak terkendali.

Buku Minato Kanae yang satu ini sudah diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2016 dengan judul Night's Tightrope

11. BLACK SITE - Dark Urban Legend

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Di internet, banyak rumor beredar bahwa ada sebuah situs terlarang. Menurut rumor tersebut, harapan-harapan terdalam yang kalian inginkan akan terwujud. Namun situs sehebat itu tentu saja memiliki peraturannya sendiri yang tidak boleh dilanggar. Konsekuensi yang dihadapi jika melanggar dapat memunculkan nasib buruk kepada pelanggarnya. Nasib buruk apa saja yang akan menimpa para pelanggarnya?

12. UZUMAKI

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Kirie Goshima tinggal bersama keluarganya di kota Kurozu. Suatu hari, dalam perjalanan untuk menemui pacarnya, ia melihat ayahnya sedang memerhatikan cangkang siput di pinggir jalan. Setelah memberitahukan pacarnya, ia langsung mengajak Kirie untuk kabur dari kota ini dan mengatakan bahwa kotanya terkutuk dan terinfeksi oleh spiral!

Dan ternyata ketakutan Saito, pacar dari Kirie, benar adanya. Setelah melihat ayahnya memerhatikan cangkang siput, ia menjadi terobsesi dengan spiral dan dari situ, banyak rentetan kejadian mengerikan terjadi di kota tersebut. Dapatkah mereka menghentikan kutukannya dan kabur dari kota terkutuk itu?

Pada 2020, adaptasi anime UZUMAKI diumumkan dengan Drive sebagai studio animasinya. Hiroshi Nagasama akan berperan sebagai sutradaranya dengan Colin Stetson berperan sebagai komposer musiknya. Animenya akan dianimasikan dalam warna hitam putih saja. Tanggal rilisnya sekarang belum ditentukan karena animenya menunda perilisannya selama dua kali demi hasil yang lebih maksimal.

13. Spare Room

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Lisa, seorang wanita dengan trauma berat di masa lalunya tidak memercayai kalau dirinya mendapatkan keberuntungan setelah berhasil menyewa kamar di rumah besar yang bergaya Victoria.

Namun naas di hari pertamanya, ia menemukan secarik surat dari pria yang melakukan bunuh diri di ruangan tersebut. Ketika Lisa mencoba untuk mencari tahu kebenarannya, ia mulai menghadapi teror oleh orang-orang yang tidak ingin kebenarannya terungkap. Apa yang sebenarnya terjadi di rumah megah itu?

14. The Devil All The Time

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Pada era 1950an, Kota Meade, Ohio, dihuni oleh banyak orang-orang aneh, mulai dari pasangan pembunuh berantai yang selalu mencari mangsanya di jalanan, dua pemuka agama yang memanfaatkan agama untuk hal tidak baik, dan banyak lagi. Kotanya penuh sekali dengan hal-hal buruk seperti korupsi, pembunuhan, hingga balas dendam.

Di tengah-tengah para orang aneh itu, ada Arvin Russell, anak dari Willard Russell, seorang veteran perang dengan PTSD saat masa perang. Cerita dari para orang-orang aneh ini diceritakan secara lintas generasi yang ternyata berhubungan satu sama lain. Apa yang menghubungkan mereka semua?

Novel ini diadaptasi menjadi film pada tahun 2020 dan didistribusikan oleh Netflix. Filmnya disutradarai oleh Antonio Campos dan dibintangi oleh nama-nama besar seperti Tom Holland, Robert Pattinson, Mia Wasiwowska, Eliza Scanlen, dan banyak lagi.

15. Pedro Paramo

BukuRasakan Seramnya di Sini!

Dolores Preciado, ibu dari Juan Preciado, sedang sekarat dan sebagai permintaan terakhir kepada anaknya, ia meminta sang anak untuk mencari ayahnya, Pedro Paramo. Dan tentu saja, sebagai anak yang berbakti, ia menuruti kemauan ibunya dan pergi ke Comala untuk mencari ayahnya yang sebenarnya tidak ia sukai.

Namun alih alih menemukan kota indah tempat tinggalnya dulu, ia dihadapkan dengan kota yang terlihat sangat gersang. Kotanya terlihat sangat menakutkan dengan banyaknya arwah-arwah yang bergentayangan beserta bisikan-bisikan dan gumaman yang dapat didengar oleh Juan. Dari mereka pun, ia mendengar betapa sengsaranya kehidupan mereka di bawah kepemimpinan Pedro Paramo. Hal menyeramkan apa lagi yang kira-kira akan dihadapi oleh Juan?

Novel ini sebelumnya sudah pernah diterbitkan dan ini merupakan cetakan ulang terbaru yang diterbitkan tahun ini untuk para Grameds yang tertarik untuk membaca langsung cerita horor ini.


Baca juga: Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor


Apakah kamu sudah siap ditemani cerita-cerita horor di atas? 👻 Nah, kamu bisa menemukan banyak lagi koleksi novel lainnya, hanya di Gramedia.com.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

Agar koleksi buku horormu semakin lengkap, temui berbagai promo menarik yang sedang berlangsung dari diskon, harga spesial, dan penawaran spesial lainnya di bawah ini untuk kamu gunakan!

Nah, untuk kamu yang nggak sabar untuk koleksi buku-buku di atas, Admin punya kabar baik untuk kamu! Tanggal 29 Desember 2022 nanti, selama satu hari penuh, semua buku terbitan Gramedia akan didiskon sebesar 50% hanya di Gramedia.com! Bagi kamu yang ingin membaca buku-buku berikut ini dalam bentuk digital, Gramedia Digital juga menyediakan diskon 50% untuk semua Premium Package dan buku-buku pilihan terbitan Gramedia.

Selain diskon 50%, kamu juga bisa mendapatkan potongan ongkos kirim sebesar Rp5.000,00 dengan menggunakan jasa kirim KGXpress atau Anteraja. Tidak hanya itu, jika kamu memilih J&T Express sebagai jasa kirim, dengan minimal pembelian produk Rp50.000,00 saja, kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan doorprize Samsung Z Flip 4 dan hadiah-hadiah menarik lainnya!

Yuk, tanpa berlama-lama lagi, langsung checkout buku-buku yang kamu mau di Gramedia.com!⤵️

BumbastisKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021

1. Permainan Hantu-Hantu (A Game of Ghosts)

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!


Saat musim dingin menusuk dengan kegelapan yang kelam dan tak berujung, detektif swasta dilaporkan menghilang, dan Charlie Parker ditugaskan untuk melacak jejaknya. Jaycob Eklund adalah detektif yang luar biasa. Sebelum menghilang, ia melacak serangkaian pembunuhan dan orang-orang hilang yang ia hubungkan dengan laporan kemunculan hantu-hantu. Maka dari itu, atasan Parker ingin Eklund segera ditemukan.

Dan ternyata, sekarang malah Parker yang akan ditarik masuk ke dalam dunia Eklund. Di mana manusia tawar-menawar dengan malaikat, bahkan yang bersalah maupun yang tidak, sama-sama menjadi bidak dalam permainan hantu-hantu. Semua kisahnya akan membuatmu gusar dan semakin penasaran tiap kamu baca tiap babnya.

2. Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Beberapa kali tim Kisah Tanah Jawa (KTJ) mengeluarkan edisi-edisi terkait penemuan mereka akan kejadian dan sejarah yang terjadi di pulau Jawa. Tim yang juga populer dengan konten horor, misteri, serta sejarah di YouTube ini, kembali menghadirkan buku dengan cerita baru.

Awal tahun 2021, KTJ menceritakan tentang kisah tragis dari kecelakaan maut bus study tour di daerah Jawa Timur. KTJ mendatangi tempat tersebut yang memang dikenal sebagai kawasan rawan kecelakaan. Kamu akan merasakan mencekamnya kala kecelakaan itu terjadi. Tak hanya seram, emosimu juga akan ikut campur aduk, terlebih karena ini adalah kisah nyata.

3. Journal of Terror 2

rekomendasi
Rasakan Seramnya di Sini!

Setelah sekian lama, akhirnya komik Journal of Terror kembali hadir di awal tahun ini. Masih dengan cerita Prana yang setelah sakit, ia tiba-tiba bisa merasakan dan melihat hadirnya hantu. Hal ini ia dapatkan dari mata saudara kembarnya yang sudah meninggal. Ia sempat ketakutan, namun lama-lama Prana pun mampu memanfaatkannya dengan baik.

Masih sama dengan buku sebelumnya, kamu akan kembali melihat pengalaman Prana bertemu dengan sosok-sosok hantu dan berurusan dengan dunia gaib. Sayang, kini ia makin terjerat, dan ia merasa diincar oleh sekte pemuja iblis yang jahat. Komik ini akan memberikan kengerian dengan gambar-gambar hantunya, namun diimbangi dengan gambar wajah Prana yang begitu menggemaskan.

4. Ito Junji - Best of Best Short Story Collection

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kamu yang suka komik horor pasti tahu betul siapa itu Ito Junji. Ya, bisa dibilang ia adalah maestro kisah horor dari Jepang dengan gambar-gambarnya yang mencekam. Sebagai komikus fenomenal dengan berbagai prestasi, kisah-kisah horornya kerap memperkenalkan dengan dunia penuh fobia, kegelisahan, dan ketakutan akan hal-hal yang tidak kita ketahui.

Ada banyak sekali cerita yang sudah Ito Junji buat dengan imajinasinya yang tak terbatas. Selama tiga dekade, komik edisi spesial ini jadi kumpulan cerita terbaik. Ada 10 cerita yang akan membuatmu merinding, ditambah halaman berwarna yang semakin membuat bulu kudukmu berdiri.

5. Catatan Seram

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Masih dengan komik yang mampu memberikan gambarkan keseraman dari makhluk-makhluk tak kasat mata. Kali ini menceritakan tentang Edo yang bertemu dengan gadis cantik setelah diputuskan pacarnya.

Gadis itu ia temui di perpustakaan dan seketika langsung membuatnya jatuh hati. Tapi ternyata, Edo merasakan ada yang aneh dengan gadis cantik itu. Tak hanya Edo, ada juga pengalaman Chacha yang mengalami kejadian aneh selama melakukan kegiatan jurit malam, dan pengalaman menyeramkan dari Juwita ketika pulang sekolah terlalu malam.

6. Karya Agatha Christie: Kumpulan Kisah Terbaik Miss Marple

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kisah misteri dari tangan Agatha Christie sudah tak perlu diragukan lagi. Miss Marple memang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar. Ia adalah detektif yang mempunyai pengamatan jeli terhadap gerak-gerik semua orang di sekitarnya, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan mampu membuatnya memiliki analisis yang tajam.

Dalam buku ini terdapat tiga kisah Miss Marple yang paling disukai pembaca. Diantaranya The Murder at the Vicarage (Pembunuhan di Wisma Pendeta), A Murder is Announced (Iklan Pembunuhan), dan A Caribbean Mystery (Misteri Karibia), yang mampu memberikan kejutan dan plot twist magis di tiap penyelesaiannya.


Baca juga: 10 Rekomendasi Novel Terlaris Agatha Christie


7. Lewat Tengah Malam - Ganjil

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Masih dari Sweta Kartika, kali ini novel yang berawal dari kisah-kisah horor lokal yang ia tulis di Wattpad hadir dalam bentuk buku fisik, sekaligus menambahkan satu bonus cerita tambahan.

Kumpulan cerita pendeknya mampu membuat kalian bergidik ngeri, dan merasakan emosi karena menceritakan kekejian manusia, dari rasa tamak dan egois para tokoh demi memuaskan hasrat. Ada kisah tentang roh-roh halus penghuni RS Kembang Cempaka, Misteri bukit pemakan jiwa, kisah tragis perebutan singgasana lurah, misteri bocah pembisik, hingga pesugihan pembawa petaka.

8. Gong Nyai Gandrung

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kintan dan Waru adalah pengantin baru yang mendiami rumah di daerah Magelang. Sejak pertama kali melihat foto rumahnya, mereka sudah jatuh hati dan senang dengan rumah tersebut. Kala pertama kali datang mereka juga disambut hangat dengan sang penjaga rumah.

Namun semakin menulusuri tiap ruangan, Kintan dan Waru semakin bertanya-tanya. Terlebih pada pendopo di halaman belakang yang tak ditunjukkan dalam foto-foto, ruang bawah tanah, tempat koleksi buku-buku tua berbahasa Jawa dan Belanda, serta lukisan-lukisan sosok kuda, dan peralatan gamelan beserta gongnya yang menumpuk debu di gudang.

Setelah melihat tempat itu, Kintan dan Waru mulai sering dihantui mimpi buruk. Sering terbangun di tengah malam, mendengar suara kuda, hingga melihat sosok-sosok tak kasat mata.

9. Cerita Hantu di Sekolah: Korea

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kali ini ada kumpulan kisah seram dari sekolah di Korea. Kisah pertama tentang janji reuni setelah 10 tahun berlalu, yang malah memunculkan rasa sedih, karena dua sahabat Yumi yang telah meninggal. Yumi membuka kapsul waktu yang dikubur di halaman sekolah, dan ia pun kaget setelah melihat barang-barang yang ditinggalkan teman-temannya ternyata mengisyaratkan penyebab kematian mereka.

Tak hanya itu, masih ada cerita horor dari klub tari, kematian sang juara sekolah, hantu di ruang baca, dan masih banyak yang lainnya. Total ada 32 cerita horor yang akan membuat bulu kudukmu berdiri!

10. Haru Mahameru

Banyak yang sudah mengira jika gunung adalah tempat bagi "mereka". Buku yang satu ini akan membawa kamu dalam kisah perjalanan yang menegangkan dari tiga sahabat menuju puncak gunung Semeru.

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Dalam rangka kenaikan kelas, mereka memilih jalur Tawon Songo yang terkenal angker untuk menantang diri. Mereka naik gunung dengan semangat dan percaya diri yang tinggi, namun selama perjalanan mereka selalu menemuka berbagai kejadian aneh.

Di Mahameru Semeru itu, mereka bertemu dengan sang dewi penguasa gunung. Ada banyak "penguni" gunung yang kerap kali mengganggu perjalan mereka menuju puncak. Lalu, apakah mereka mampu untuk turun dan pulang dengan selamat?


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


Photo header by Dok. Gramedia.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter