Jurusan Teknik Komputer

Jurusan Teknik Komputer

Kategori Komputer dan Teknologi

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

.

Apa Itu Jurusan Teknik Komputer

Jurusan Teknik Komputer adalah suatu disiplin ilmu khusus yang mengkombinasikan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Teknik Komputer tidak hanya mempelajari hardware suatu komputer, tetapi juga software-nya. Program ini berfokus pada perancangan dan pembangunan komputer dan sistem berbasis komputer. Topik yang dipelajari adalah perangkat keras, perangkat lunak, sistem komunikasi, serta interaksi antara semua elemen tersebut. Sistem pendidikannya biasanya lebih banyak menganut pendekatan rekayasa atau terapan (engineering) daripada ilmiah (science).

Mahasiswa pada program Teknik atau Teknologi Komputer lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras digital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Perangkat lunak tetap dipelajari, namun fokusnya terletak pada interaksinya dengan perangkat keras. Sebuah sub-bidang yang cukup banyak diminati di Teknik atau Teknologi Komputer adalah sistem tertanam (Embedded Systems), yaitu pengembangan perangkat selain komputer yang sebetulnya memiliki sistem perangkat keras maupun lunak ‘tertanam’ di dalamnya, misalnya telepon seluler, sensor dan peralatan medis, dan lain-lain.

Kenapa Jurusan Teknik Komputer

Jurusan Teknik Komputer cocok untukmu yang senang mengutak-atik perangkat elektronik. Lebih tertarik dengan hardware dibanding software, ingin memperdalam Jaringan Komputer, dan mempelajari robotika. Di era digital seperti sekarang ini, komputer sangat dibutuhkan dalam banyak aspek kehidupan. Lulusan teknik komputer, akan membantu merancang, mengembangkan hingga menerapkan perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer.

Kehadiran lulusan teknik komputer juga dapat membantu mengaplikasikan ide kreatif dan berbagai inovasi baru. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi sebab Teknik komputer lebih dari sekedar pemrograman. Teknik komputer juga dapat menciptakan serta membangun solusi dari suatu masalah. Seorang insinyur komputer juga merupakan seorang seniman yang kanvasnya adalah komputer itu sendiri.

Profesi untuk lulusannya juga memiliki tawaran gaji yang sangat tinggi. Menurut majalah Forbes, seorang insinyur komputer merupakan salah satu profesi dengan sumber pendapatan tertinggi di dunia tahun 2016 silam. Mengingat pekerjaan di bidang teknik komputer harus detail, maka pekerjaan yang dilakukan sebanding dengan pendapatan yang diterima.

Selain pendapatan yang tinggi, ternyata bidang pekerjaan bagi lulusan sarjana dan pascasarjana dari jurusan teknik komputer ini juga termasuk salah satu jenis pekerjaan yang memiliki tingkat kepuasan kerja tertinggi. Berdasarkan hasil penelitian di Inggris, berhasil menemukan bahwa kepuasan kerja di bidang komputer dan IT, dua kali lipat dibandingkan sektor pekerjaan lainya. Dua alasan utamanya adalah kebebasan kerja serta fleksibilitas pekerjaan yang mereka miliki.

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Keahlian Jurusan Teknik Komputer

✓ Memiliki minat dalam bidang computer

✓ Pemikiran yang analitis

✓ Keterampilan logis dan penalaran yang baik

✓ Kemampuan problem solving

✓ Keterampilan matematika yang baik

✓ Kemampuan wawasan pengetahuan seputar IT

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Komputer di Dunia Kerja

  • Computer and Information Scientist and Researchers, bertugas memberikan solusi bagi permasalahan setiap hardware dan software yang ada di berbagai bidang.
  • Network Security Administrator, bertugas melakukan pendesainan, implementasi serta mengatur masalah network security policy dan konfigurasi security software
  • Software Engineer System Software, bertugas menganalisis kebutuhan dari pengguna komputer, beserta software yang berada dalam komputer itu sendiri. Profesi ini harus menguasai software structure, computing system hingga hardware
  • Software Engineer Applications, bertugas sebagai software developers yang harus berpikir kreatif dibalik terciptanya program-program komputer
  • Computer Hardware Engineer, bertugas memastikan komponen hardware komputer dapat berfungsi bersama dengan softwarenya juga melakukan test computer code
  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN, Selain menjadi PNS, bekerja sebagai pegawai BUMN juga terbuka bagi lulusan Teknik Komputer, khususnya di Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, juga Pertamina. Sampai saat ini, telah banyak lulusan dari Teknik komputer berkarier di BUMN

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Perkuliahan di Jurusan Teknik Komputer merupakan gabungan dari jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Apa yang  dipelajari banyak berhubungan dengan listrik arus lemah (elektro)  dan pemrograman komputer. Jurusan Sistem Komputer juga mempelajari tentang desain, rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer.

Mata kuliah elektro cukup dominan di Teknik Komputer. Ditambah dengan beberapa mata kuliah programming. Programming yang diajarkan lebih ke bahasa pemrograman mesin seperti bahasa assembly, yakni bahasa pemrograman yang langsung berhubungan dengan hardware. Jurusan ini juga cocok untukmu yang menyukai robotik, sebab membuat sebuah sistem embedded merupakan keahlian jurusan Teknik Komputer. Sistem embedded adalah menempatkan kemampuan komputer ke perangkat elektronik umum.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Komputer:

  1. Kalkulus
  2. Algoritma dan Pemrograman
  3. Pemrograman Web
  4. Matrik dan Vektor
  5. Struktur Data
  6. Organisasi Komputer
  7. Rangkaian Listrik
  8. Rangkaian Digital
  9. Arsitektur Komputer
  10. Rekayasa Perangkat Lunak
  11. Jaringan Komputer
  12. Analisis Kerja Sistem
  13. Elektronika
  14. Keamanan Komputer
  15. Komputasi Bergerak
  16. Sistem Operasi
  17. Sistem Basis Data
  18. Kriptografi
  19. Bahasa Pemrograman Rakitan
  20. Robotika
  21. Pemrograman Multimedia
  22. Simulasi dan Pemodelan
  23. Sistem Embedded
  24. Sistem Kecerdasan Buatan
  25. Pengolahan Sinyal Digital
  26. Sistem Mikroprosesor

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Komputer

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Komputer

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Komputer (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  5. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
  6. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  7. Universitas Sriwijaya (UNSRI), Palembang
  8. Universitas Gunadarma (UG), Depok
  9. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh
  10. Universitas Bina Nusantara (UBINUS), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer

NETWORK ENGINEER

Selain belajar software, di kampus IT juga diajarkan jaringan (networking) dan database. Keahlian di bidang ini juga sangat dibutuhkan, terutama di industri telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, XL, Biznet, dan lain-lain. Namun untuk dapat dikatakan sebagai ahli di bidang ini kamu harus mengambil juga sertifikasi pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate) atau Oracle Database Administrator.

IT KONSULTAN

Seorang IT Consultant bertugas mencari solusi atas permasalahan dan kebutuhan sistem yang ada. Pemecahan masalah adalah tantangan terberat yang ada dalam pekerjaan ini, kamu harus bisa berpikir kritis dengan mencari jalan keluar yang efektif dan tidak merugikan banyak pihak.

MOBILE APPLICATION DEVELOPER

Instagram, facebook, WhatsApp adalah sebagian kecil contoh dari hasil pekerjaan mobile application developer. Di bidang ini kamu akan menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile yang compatible pada berbagai sistem operasi di gadget. Kreativitasmu bisa sangat berguna ketika memutuskan menjadi seorang mobile application developer.

PROGRAMMER

Menjadi programmer adalah pekerjaan paling ideal untuk alumni bidang IT. Karena di jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer memang lebih fokus ke software, yakni membuat program yang profesinya disebut sebagai programmer. Bidang programmer sendiri sangat luas. Spesialisasi, programming juga memiliki pembagian tergantung dari aplikasi yang dibuat. Apakah aplikasi itu nantinya harus diinstall (desktop programming), berupa website (web programming), hingga aplikasi android (mobile programming).

SYSTEM ANALYST

System analyst adalah mereka yang bertugas menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan atau organisasi. Untuk menjadi seorang system analyst kamu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, sebab merangkai sebuah sistem membutuhkan banyak tahapan hingga akhirnya bisa berhasil.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Komputer?

Mahasiswa diharapkan dapat mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware.

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Pengembang perangkat lunak, analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer.

Apa gelar yang didapat oleh jurusan ini?

Lulusan Teknik Komputer akan mendapat gelar S.T (Sarjana Teknik), bukan S.Kom seperti layaknya jurusan komputer.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *