Jurusan Bioteknologi

Jurusan Bioteknologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Bioteknologi-03

Jurusan Bioteknologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Bioteknologi

Jurusan Bioteknologi adalah ilmu yang akan mempelajari pemanfaatan makroorganisme (hewan, tumbuhan, dan lain-lain) ataupun mikroorganisme (bakteri, virus, fungi) berbasis teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, sebagai contoh bahan bakar ramah lingkungan, tumbuhan tahan hama dan kekeringan, buah-buahan yang tidak mudah membusuk, produksi insulin dari bakteri, pemanfaatan antibodi, dan biosensor untuk mengontrol dan mengatasi pencemaran lingkungan. Jurusan Bioteknologi juga sebagai multi-disiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi edufriends. Ilmu Bioteknologi secara umum digolongkan menjadi 4 ruang lingkup, yaitu:

  • Bioteknologi Putih: Membahas segala yang berkaitan dengan industri, baik itu industri dalam bidang pangan, kesehatan, produk-produk kecantikan, bahan bakar dan lainnya)
  • Bioteknologi Biru; Membahas lingkup perairan dan kelautan, seperti pemanfaatan alga sebagai sumber energi, dan lainnya
  • Bioteknologi Hijau: Membahas bidang pertanian, dan penerapannya yaitu tanaman tahan hama, rekayasa tanaman dan lainnya
  • Bioteknologi Merah: Membahas kesehatan atau ilmu kedokteran, adapun aplikasinya seperti pembuatan antibodi dan vaksin, stem cell, tissue engineering, artificial blood, drug delivery, nanomedicine, dan lainnya.

Kenapa Jurusan Bioteknologi

Mempelajari Ilmu Bioteknologi tentunya sangat menarik, sebab tahukah kamu ilmu ini sangat berfungsi di berbagai lini kehidupan kita. Misalnya saja di bidang pertanian, dimana dengan bantuan bioteknologi, petani dapat mempercepat penerapan dan pemanfaatan benih transgenik sehingga memajukan masa panen, pengolahan susu pada Yogurt, Keju dan Mentega yang kemudian sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Bioteknologi juga membantu mengurangi pencemaran lingkungan, sebab beberapa bakteri dapat dimanfaatkan untuk membantu proses daur ulang.

Jurusan Bioteknologi masuk ke dalam 8 besar jurusan terbaik dengan prospek kerja yang menjanjikan lho edufriends. Hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan Bioteknologi sejalan dengan terus meningkatnya kebutuhan manusia. Hal ini dapat dipahami mengingat Bioteknologi menjanjikan suatu revolusi pada hampir semua aspek kehidupan, mulai dari bidang pertanian, peternakan dan perikanan hingga kesehatan juga pengobatan. Beberapa bidang pekerjaan yang dapat kamu tekuni diantaranya analis dan peneliti di lembaga pemerintahan, bekerja di Kementrian Pertanian, Industri Makanan dan Minuman, Industri Agrikultur, dan bahkan industri farmasi serta kosmetika.

Jurusan Bioteknologi-02

Keahlian Jurusan Bioteknologi

✓ Kemampuan riset

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan menganalisis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Pemahaman biologi

✓ Pemahaman ekologi

Jurusan Bioteknologi-02

Kebutuhan Lulusan Jurusan Bioteknologi di Dunia Kerja

  • Lulusan Bioteknologi banyak dibutuhkan pada lembaga penelitian pemerintah seperti LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), Dosen di Perguruan Tinggi Negeri ataupun lembaga penelitian swasta seperti LBM (Lembaga Biologi Molekuler) Eijkman dan Dosen di Perguruan Tinggi Swasta, serta di masih banyak lembaga penelitian lainnya.
  • Karir di bidang produksi biasanya ditemukan pada perusahaan yang memproduksi produk berbasis bioteknologi (farmasi, kosmetik, pangan probiotik, dan lainnya). Peran praktisi ini biasanya meliputi pemetaan parameter proses untuk menjaga keberlangsungan proses produksi agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Pengawasan dan penjamin mutu, salah satu tugasnya adalah menjamin produk aman dan bebas kontaminasi, mengontrol level toksin, kontaminasi mikroba dan sebagainya pada perusahaan ataupun industri-industri yang ada di Indonesia sebagai QC (Quality Control), QA (Quality Assurance), ataupun R&D (Research and Development)
  • Lulusan Bioteknologi juga memiliki peluang kerja di bidang manajemen. Pada bidang ini, manajer dengan basis pendidikan bioteknologi mengawasi kinerja dari perusahaan seperti proses penelitian dan pengembangan, proses produksi, dan quality control.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Bioteknologi

Tedapat empat bidang peminatan pada kurikulum Bioteknologi yaitu Bioteknologi Pangan, Bioteknologi Lingkungan, Bioteknologi Kesehatan dan Forensik, dan Bioteknologi Tanaman. Hal-hal pokok yang dipelajari diantaranya Teknik Fermentasi, Teknologi Enzim, Analisa Mikroorganisme, Analisa DNA, Separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Selain mempelajari tentang teori, proses perkuliahannya juga banyak berisi praktek di laboratorium.

Pada tahun ajaran akhir, mahasiswa bioteknologi juga diwajibkan menjalankan program kerja praktek selama dua bulan dan penelitian selama enam bulan. Kerja prakteknya dapat dilakukan di berbagai perusahaan hingga institusi pemerintah seperti BPOM, kementerian di Indonesia juga berbagai perusahaan swasta misalnya Bayer, Prodia, Kalbe, Martha Tilaar, Monsanto, Sampoerna, Greenpeace, dan masih banyak lagi.

Mata Kuliah Jurusan Bioteknologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Biologi, edufriends:

  1. Matematika
  2. Biologi Sel
  3. Bioteknologi Dasar
  4. Bioetika
  5. Kimia Dasar
  6. Biologi
  7. Fisika Dasar
  8. Genetika Dasar
  9. Instrumentasi Bioteknologi
  10. Kimia Organik
  11. Anatomi dan Fisiologi Hewan
  12. Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan
  13. Bioteknologi Pangan
  14. K3 Bioteknologi
  15. Mikrobiologi
  16. Bioteknologi Kedokteran
  17. Rekayasa Genetika Teknologi DNA dan Protein
  18. Biostatistika
  19. Kultur Jaringan
  20. Immunologi
  21. Genomi dan Protenomik
  22. DNA Forensik
  23. Teknologi Fermentasi
  24. Teknologi Enzim
  25. Toksikologi
  26. Nanoteknologi
  27. Stem Cell
  28. Terapi Gen
  29. Nutrigenetika dan Nutrigenomika
  30. Virologi
  31. Bioproses
  32. Aplikasi Bioinformatika
  33. Biodiversity

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Bioteknologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Bioteknologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk jurusan Bioteknologi (Terareditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia :

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  2. Institute Pertanian (IPB), Bogor
  3. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  4. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  5. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  6. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  7. Universitas Andalas (UNAND), Padang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Bioteknologi

Seperti yang kita ketahui bahwasanya bioteknologi akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK, sehingga bioteknologi memiliki peluang yang sangat besar dalam dunia kerja kedepannya. Bioteknologi sendiri masuk ke dalam 8 besar jurusan terbaik dengan prospek kerja menjanjikan lh, edufriends. Berikut ini beberapa area pekerjaan di bidang bioteknologi yang dapat menjadi pilihanmu:

BIOKIMIAWAN

Biokimiawan atau ahli biokimia mempelajari sifat-sifat kimia dari makhluk hidup dan proses biologis, seperti pengembangan sel, pertumbuhan sel, keturunan, dan penyakit. Profesi ini melakukan proyek penelitian yang kompleks, sering menganalisis, dan mensintesis protein, lipid, DNA, karbohidrat, dan molekul lainnya. Mereka juga meneliti efek obat, hormon, dan nutrisi pada jaringan dan proses biologis untuk mengembangkan produk dan proses yang dapat meningkatkan kesehatan manusia.

INSINYUR BIOMEDIS

Insinyur biomedis menggunakan pengetahuan teknik, biologi, dan bidang medis untuk mengembangkan alat dan produk baru yang lebih baik bagi pasien. Insinyur biomedis mengembangkan produk seperti prostesis (anggota badan buatan), organ buatan, sistem informasi, dan sistem pencitraan. Selain itu, ada juga rekayasa biomedis yang melibatkan pengembangan produk untuk di dalam tubuh. Ini termasuk perangkat untuk mengatur detak jantung atau insulin.

EPIDEMIOLOG

Epidemiolog adalah profesional kesehatan masyarakat yang menyelidiki pola dan penyebab penyakit dan cedera pada manusia. Beberapa di antaranya melakukan kerja lapangan untuk melakukan wawancara dan mengumpulkan sampel untuk dianalisis. Profesi Epidemiolog sangat penting untuk memastikan keamanan rantai makanan.

AHLI MIKROBIOLOGI

Ahli mikrobiologi mempelajari virus, bakteri dan sistem kekebalan untuk menghasilkan produk biomedis dan industri. Para profesional ini melakukan proyek penelitian yang kompleks untuk membantu dalam diagnosis dan pengobatan penyakit menular.

SPESIALIS BIOMANUFAKTUR

Spesialis biomanufaktur menggunakan alat dan metode untuk menjamin produk memenuhi persyaratan ketat akan kemurnian, keamanan, potensi, dan kualitas selama proses produksi, edufriends.

TEKNISI LABORATORIUM BIOLOGI

Seorang teknisi laboratorium biologi bertanggung jawab atas semua alat hingga proses yang terjadi di dalam laboratorium. Pekerjaan ini dibutuhkan terutama untuk industri-industri yang memang berorientasi pada produksi pangan.

RESEARCH & DEVELOPMENT

Research & Development Pangan pada Bagian riset dan pengembangan memiliki cakupan pekerjaan yang luas, mulai dari meningkatkan kualitas produk, menguji secara langsung produk terbaru, hingga mengelola anggaran yang digunakan untuk riset dan pengembangan itu sendiri. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh setiap perusahaan pangan, sehingga kesempatan kerjanya terbuka luas, edufriends.

QUALITY ASSURANCE (QA)

Quality Assurance (QA) adalah pekerjaan yang juga ditawarkan bagi lulusan teknobiologi. Tugasnya menguji dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi sebuah produk. Jadi kualitas sebuah produk sangat tergantung pada hasil pemeriksaan oleh seorang QA.

QUALITY CONTROL (QC)

Sekilas Quality Assurance sama dengan Quality Control (QC), namun sebenarnya berbeda. Jika QA menjamin kualitas produk yang dihasilkan, maka QC bertugas untuk memastikan kembali semua produk sesuai dengan kualitas yang diharapkan, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Bioteknologi?

Ilmu bioteknologi adalah ilmu yang menggabungkan teknologi dan biologi. Sehingga yang dipelajari adalah proses biologi tingkat seluler dan biomolekuler seperti bakteri, fungi, virus pada makhluk hidup (enzim, alkohol) didalam proses produksinya hingga menghasilkan barang dan jasa.

Adakah jurusan kuliah yang mirip dengan jurusan Bioteknologi?

Ada, jurusan teknologi bioproses, sebab teknologi ini juga mempelajari beberapa hal yang dipelajari di jurusan bioteknologi, bedanya bioproses lebih berfokus pada proses produksi yang melibatkan agen biologis (misalnya fermentasi) sementara bioteknologi mempelajari susunan genetika makhluk hidup dan merekayasanya hingga dapat diaplikasikan dalam proses produksi.

Apa saja pelajaran di SMA yang akan membantu memahami jurusan ini?

Ada 4 mata pelajaran yang akan membantumu lebih memahami jurusan bioteknologi edufriends, diantaranya Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *