Jurusan Sastra Sunda

Jurusan Sastra Sunda

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Sunda_[473x314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Sunda

Jurusan Sastra Sunda mempelajari sastra, bahasa dan budaya Sunda secara komprehensif. Di masa perkuliahannya kamu akan banyak mempelajari Kesusastraan Linguistik Sintaksis dan lain sebagainya. Tidak hanya pandai dalam perkembangan linguistik, lulusan mata kuliah ini juga mampu menganalisis bahasa dan sastra Sunda dengan baik. Mereka dapat dengan fasih menerapkan banyak teori sastra Sunda dalam praktek sehari-hari baik secara lisan maupun tulisan.

Tidak hanya berfokus pada bahasa Sunda, Jurusan ini juga mempelajari bidang jurnalistik, penyiaran, dan pemandu wisata budaya dengan basis bahasa Sunda. Beragam kesenian daerah Sunda, karawitan, tari dan seni suara Sunda, serta kuliner bernuansa Sunda juga menjadi kajian bagi prodi ini. Gelar yang nantinya didapatkan oleh para lulusanya adalah Sarjana Humaniora atau (S.Hum), edufriends.

[algolia_carousel]

Kenapa Jurusan Sastra Sunda

Berkuliah di Jurusan Sastra Sunda akan memperluas wawasanmu, kamu akan belajar berbagai skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan. Berkuliah di Jurusan ini juga secara tidak langsung kamu telah Ikut Merawat dan melestarikan Sastra Sunda dan Budaya Indonesia.

Selain itu Prospek Kerjanya cukup luas mulai dari peneliti kebahasaan, sastra, dan pernaskahan di Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Bahasa, Pusat Bahasa, museum, hingga perpustakaan. Di sisi lain, profesi pengajar menjadi bidang kerja yang cukup banyak diminati alumni Sastra Sunda. Di bidang lainnya, Lulusannya juga dapat menempuh profesi sebagai presenter dan pembawa acara, baik di stasiun TV, radio, maupun instansi pemerintahan.

Jurusan Sastra Sunda_[473x314]

Keahlian Jurusan Sastra Sunda

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Sastra Sunda_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Sunda di Dunia Kerja

  • Prospek kerja pada program studi Sastra Sunda sangat terbuka. Lulusannya dapat bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), peneliti, dosen, guru, wartawan, presenter, karyawan swasta seperti perbankan, wirausaha, dan lain-lain.
  • Penulis Novel atau Cerpen Sastra, lulusan Sastra Sunda menjadi seorang penulis novel atau cerpen, edufriends
  • Akademisi, Peluang kerja berikutnya untuk jurusan Sastra Sunda adalah menjadi guru Bahasa Sunda. Bagimu yang senang mengajar dan berbagi ilmu, maka profesi ini sangat cocok untukmu. Jika ingin menjadi dosen, miliki gelar magister atau S2, edufriends
  • Penerjemah Bahasa, Translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Profesi ini bertugas menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa sumber ke bahasa Sunda, atau sebaliknya.
  • Penulis Script Film, tugasnya menciptakan jalan cerita Membuat Ringkasan sinopsis, Menciptakan dan menulis dasar acuan dalam bentuk naskah atau skenario atas dasar ide cerita sendiri atau dari pihak lainnya

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Sunda

Perkuliahan di Jurusan Sastra Sunda mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan aspek kemahiran kemampuan tata bahasa, komunikasi lisan dan tulisan. Kamu juga akan mengkaji Bahasa, Sastra dan Budaya Sunda secara mendalam, sehingga lulusan jurusan ini akan menguasai konsep teoritis kebahasaan dan kesastraan Sunda, menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan menguasai dasar-dasar metode penelitian kesastraan Sunda.

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan bahkan mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan sastra Sunda yang berkembang di masyarakat hingga merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalahnya.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Sunda

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Sunda:

  1. Keterampilan Aksara Sunda
  2. Leksikografi
  3. Produksi Kamus
  4. Manajemen Produksi Kearifan Lokal
  5. Kosakata
  6. Kreativitas Berbahasa
  7. Penerjemahan
  8. Karya Sastra
  9. Kreativitas Penciptaan Sastra Anak dan Remaja
  10. Kritik Naskah
  11. Penyuntingan
  12. Pragmatik
  13. Fonologi
  14. Morfologi
  15. Sintaksis
  16. Wacana
  17. Semantik
  18. Filologi
  19. Teori Sastra
  20. Khazanah Sastra Sunda
  21. Dialektologi
  22. Sejarah Sastra
  23. Kodikologi
  24. Teori Struktural
  25. Bahasa Sunda Kuno
  26. Reka Bentuk Folklor
  27. Kritik Sastra
  28. Sanksekerta
  29. Telaah Sastra
  30. Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara
  31. Sosiolinguistik
  32. Sosiologi Sastra
  33. Etnografi
  34. Transliterasi dan Rekonstruksi Teks
  35. Kritik Teks
  36. Edisi dan Terjemahan Teks

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Sunda

  • Teliti
  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Sunda

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Sastra Sunda (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Sunda

EDITOR

Saat ini, dunia penerbitan tak lagi seperti dahulu. Siapa saja memiliki hak untuk mengajukan tulisan dan memiliki kesempatan untuk dibukukan. Dampaknya, sederet nama penulis baru kini berhasil menghiasi rak-rak di toko buku. Buku yang dicetak oleh penerbit menjadi semakin banyak dan kian bervariasi, sama halnya dengan perkembangan media. Kantor berita juga sudah tersebar di mana saja, baik itu penerbit hingga yang berskala media, keduanya tentu membutuhkan editor bahasa.

INSTANSI PEMERINTAH

Tidak hanya di instansi swasta saja, kamu juga dapat melamar menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Instansi pemerintahan yang paling relevan untuk lulusan Bahasa dan Sastra Sunda ialah Pernaskahan di Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Bahasa, Pusat Bahasa,  edufriends.

JURNALIS

Wartawan, jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dimuat di media massa seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya, seorang jurnalis diharapkan menulis sebuah berita secara objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat

CONTENT WRITER

Dunia startup berkembang kian pesatnya. Fenomena yang berlangsung ini tak hanya menguntungkan lulusan ekonomi dan bisnis serta teknik saja, melainkan juga bagi lulusan sastra. Setiap perusahaan startup tentu memiliki website. Lulusan sastra berpeluang menjadi content writer yang mengisi website ini dengan tulisan atau konten-konten yang menarik.

LEMBAGA PENELITIAN

Menjadi seorang peneliti memang tak begitu populer di Indonesia. Padahal, di luar sana, tenaga peneliti sangat populer dan begitu dibutuhkan. Lulusan sastra Sunda dapat bergabung dengan lembaga penelitian, lembaga survey, atau bahkan bergabung dengan suatu perusahaan dan menjadi bagian dari Research and Development.

PRODUCTION HOUSE

Para lulusan sastra dengan segala skill bahasa yang dimilikinya memiliki kesemptan untuk berkarir di dunia pertelevisian atau di suatu Production House. Apalagi jika semasa kuliah sering mengadakan pertunjukan teater atau membuat suatu film pendek, bekerja menjadi seorang sineas tentunya akan sangat cocok bagimu, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Sastra Sunda?

Mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan Sunda.

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Editor, Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif, Penerjemah, Dosen, dan masih banyak lagi.

Apa gelar yang akan didapat oleh Lulusan Sastra Sunda?

Gelar yang nantinya akan didapatkan oleh mahasiswa lulusan jurusan Sastra Sunda ialah Sarjana Humaniora (S.Hum).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *