Jurusan Bioentrepreneurship

Jurusan Bioentrepreneurship

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Bioentrepreneurship-03

Jurusan Bioentrepreneurship

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Jurusan Bioentrepreneurship

Jurusan BioEntrepreneurship merupakan merupakan Ilmu  yang menggabungkan pengetahuan dasar dan keterampilan riset dalam ilmu kehidupan dengan kepemimpinan dan manajemen bisnis keterampilan serta kewirausahaan praktis, edufriends. Merupakan gabungan dari Biologi dan Kewirausahaan, kamu akan mempelajari aspek bisnis, kedokteran, biologi, kimia dan teknik dalam pengembangan, pengujian, validasi dan penyebaran inovasi dibidang kesehatan, farmasi, nutrisi dan pangan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu kehidupan dasar seperti biologi, mikrobiologi, biokimia, kimia organik, serta keterampilan manajemen bisnis, akuntansi, dan keuangan.

Cabang ilmu Biologi yang berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘bios’ yang berarti hidup atau kehidupan dan ‘logos’ yang berati ilmu pengetahuan, sementara Entrepreneurship adalah usaha kreatif  yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain. Di jurusan ini kamu akan mempelajari Bio energy, Kultur Jaringan yang dikomersialkan, Budidaya tanaman secara hidroponik dan komersialisasinya, Bisnis dengan memasarkan produk-produk dari rekayasa genetika, Bisnis dan budidaya Chlorella yang diproduksi menjadi obat herbal dan bahan makanan serta pemasarannya dan lain-lain edufriends.

Kenapa Jurusan Bioentrepreneurship

Dengan mengambil jurusan Bioenterpreneurship, kamu akan turut mendukung kehidupan berkelanjutan di masa depan, sebab Ilmu ini dapat diterapkan di berbagai industri, bidang dan pasar, mulai dari penelitian medis, energi, hingga pertanian dengan benang merah aktivitas komersial. Kamu mungkin sudah menyadari jika banyak produk sains yang berguna bagi kehidupan namun tidak dipasarkan dengan baik. Mengatasi masalah ini diperlukan ilmuwan berkualitas yang tak hanya pandai di bidang keilmuannya, tapi juga sisi bisnis dari pengembangan yang ia lakukan

Jurusan Bioentrepreneurship cocok untukmu yang ingin belajar mengidentifikasi, menciptakan peluang-peluang kewirausahaan baru dan inovasi dalam produk atau jasa dengan dampak global. Setelah lulus dari Program Studi Program Studi BioEnterpreneurship kamu akan menyandang gelar S.Bio K atau Sarjana Bio Kewirausahaan. Belum banyak orang yang memiliki gelar ini, lho. Jika masih ingi mendalami BioEntrepreneurship kamu bisa melanjutkan ke Program Magister Studi BioManagement, edufriends. Lulusan jurusan ini akan menjadikanmu bio-pengusaha yang dapat mengintegrasikan keterampilan kepemimpinan ilmiah dan kewirausahaan untuk memimpin proses komersialisasi inovasi ilmu kehidupan.

Jurusan Bioentrepreneurship-03

Keahlian Jurusan Bioentrepreneurship

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan pengembangan produk

✓ Kemampuan negosiasi

✓ Kemampuan inovasi

✓ Pemahaman bidang sains

✓ Pemahaman bisnis

Jurusan Bioentrepreneurship-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Bioentrepreneurship di Dunia Kerja

  • Lulusan Bioentrepreneurship semakin banyak dipandang sebagai jalur karir yang menguntungkan dalam bidang ilmiah, dan profesional.
  • Jurusan ini memberikan modal dasar yang kuat untuk menciptakan peluang bisnis baru ataupun berkarir di bidang pemasaran, manajemen proyek, pengembangan bisnis, konsultan atau modal ventura dalam bioteknologi, farmasi, teknologi medis atau di berbagai laboratorium penelitian, kantor paten, dan perusahaan berbasis ilmu pengetahuan swasta, lembaga sektor publik maupun pemerintah.
  • Lulusan jurusan ini akan menarik posisi seperti Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan, Ahli Teknik Biologi, Konsultan Bisnis, Ahli Biostatistik, Ahli Biomedis, Ahli Nanosistem, Ahli Mikrobiologi, Pengusaha/Wirausahawan, dan lain-lain
  • Kamu juga bisa menjadi Pengusaha di Bidang Bio Product atau Manajer Pengembangan Usaha Berbasis Bio Science, Konsultan Bio Bisnis (Bio Business Consultant) atau Marketing Executive di Bidang Bio Bisnis edufriends.
  • Prospek kerja di Bidang pemasaran, manajemen proyek, pengembangan bisnis, konsultan atau modal ventura dalam bioteknologi, farmasi, teknologi medis atau di berbagai laboratorium penelitian, kantor paten, dan perusahaan berbasis ilmu pengetahuan swasta, lembaga sektor publik maupun pemerintah.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Bioentrepreneurship

Perkuliahan di Jurusan BioEntrepreneurship akan menggabungkan konsep ilmu kehidupan dasar seperti biologi molekuler seluler, mikrobiologi, biokimia, kimia organik, dan genetika dengan keterampilan manajemen bisnis dasar dalam pemasaran, keuangan, dan akuntansi. Selain itu, kamu juga akan mempelajari 10 pilar kepemimpinan kewirausahaan seperti paradoks kewirausahaan, kreativitas kewirausahaan, peluang kewirausahaan, inovasi kewirausahaan, model bisnis, rencana bisnis, dana start-up, inkubasi, komersialisasi, dan mengelola pertumbuhan untuk membangun kewirausahaan pada pola pikir dan keterampilan kepemimpinan.

Kuliah di jurusan juga akan memberikanmu kesempatan untuk memperdalam ilmu ilmiah serta belajar tentang topik-topik lanjutan di biomedis, bioteknologi, ilmu pangan, teknologi pangan, dan bioinformatika edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Bioentrepreneurship

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Bioentrepreneurship, edufriends:

  1. Molecular Biology & Celular
  2. General & Kimia Organik
  3. Biostatistik
  4. Prinsip Ilmu dan Teknologi Pangan
  5. Mikrobiologi Umum
  6. Prinsip Bioteknologi & Bioentrepreneurship
  7. Biokimia
  8. Prinsip Biomedik
  9. Gen & Pengembangan
  10. Peluang Penilaian dan Bisnis Modeling
  11. Perilaku Konsumen
  12. Perilaku Organisasi
  13. Strategi kewirausahaan dan Mengakses Sumber Daya
  14. Ilmu Bioanalytical
  15. Sel Signaling
  16. Pemasaran Wirausaha
  17. Manajemen Strategis Teknologi dan Inovasi
  18. Komersialisasi Teknologi Lingkungan
  19. Proses dari Penelitian untuk Komersialisasi Teknologi
  20. Customer Relationship Management
  21. Desain eksperimental

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Bioentrepreneurship

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Bioentrepreneurship

Hanya ada satu universitas yang menawarkan Jurusan Bioentrepreneurship di Indonesia, yakni Indonesia International Institute for Life Sciences edufriends. Indonesia International Institute for Life Sciences atau i3L memiliki dua program studi untuk jurusan ini diantaranya:

  • BioEnterpreneurship atau Bio Kewirausahaan pada jenjang sarjana S1
  • BioManagement pada jenjang S2
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Bioentrepreneurship

Seperti yang kita tahu, banyak produk sains yang berguna bagi kehidupaan namun tidak dipasarkan dengan baik. Mengatasi masalah ini diperlukan ilmuwan berkualitas yang tak hanya pandai di bidang keilmuan tapi juga pemasaran.

Lulusan Bioenterpreneurship akan memberikan keahlian, keterampilan, dan kompetensi pengetahuan bidang ilmu kehidupan di bidang biologi (biologi molekuler dan sel, mikrobiologi, biokimia), manajemen bisnis, dan pilar kewirausahaan, mampu mengembangkan pola pikir kewirausahaan dan pemahaman tentang dinamika industri ilmu kehidupan, mampu menerjemahkan inovasi ilmiah menjadi produk yang inovatif dan peluang bisnis yang layak, menunjukkan keterampilan penelitian mahir untuk dapat melakukan penelitian ilmiah independen, hingga menguasai seni komunikasi yang efektif untuk khalayak ilmiah dan bisnis, edufriends.

Sebab meskipun bisnis dan sains merupakan dua hal berbeda (Sains berorientasi pada pengetahuan dan pemahaman baru sedangkan bisnis bertujuan untuk menciptakan nilai dari suatu produk) namun dengan meningkatnya kebutuhan kehidupan yang berkelanjutan dan pengembangan bioteknologi di seluruh dunia, BioEntrepreneurship atau bio-ekonomi sangat dibutuhkan. Lulusan Bioentrepreneurship semakin dipandang sebagai jalur karir yang menjanjikan dalam bidang ilmiah, dan profesional.

Dengan modal dasar yang kuat untuk menciptakan peluang bisnis baru maupun berkarir di bidang pemasaran, Prospek kerja lulusan BioEntrepreneurship diantaranya sebagai manajemen proyek, pengembangan bisnis, konsultan atau modal ventura dalam bioteknologi, farmasi, teknologi medis di berbagai laboratorium penelitian, kantor paten, perusahaan berbasis ilmu pengetahuan swasta, dan lembaga sektor publik maupun pemerintahan edufriends.

Selain itu kamu juga bisa menjadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul dan sel, peneliti dan ahli teknologi pangan, ahli teknik biologi, konsultan bisnis, ahli biostatistik, ahli biomedis, ahli nanosistem, ahli mikrobiologi, pengusaha di bidang bio product, manajer pengembangan usaha berbasis bio science (business development manager), konsultan bio bisnis (bio business consultant), marketing executive di bidang bio bisnis – akademisi, dan lain-lain.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa gelar yang akan didapat oleh Lulusan Bioentrepreneurship?

Setelah lulus dari Program Studi Program Studi BioEnterpreneurship ini kamu akan menyandang gelar S.Bio K atau Sarjana Bio Kewirausahaan edufriends.

Apa tipsnya agar sukses berkuliah di Jurusan Bioentrepreneurship?

Perbanyak informasi dari dua sisi edufriends, yaitu Sains dan Sosial.

Apa saja bidang kerja untuk lulusan Jurusan Bioentrepreneurship?

Kamu bisa menjadi Enterpreneur, manajer di perusahaan-perusahaan life science atau analis, lembaga riset dan perusahaan negeri maupun swasta edufriends

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *