Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis

Kategori Pertanian

Jurusan Agribisnis_[626 x 626]

Jurusan Agribisnis

Kategori Pertanian

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis berasal dari kata “agribusiness” yang merupakan gabungan kata dari agriculture bermakna pertanian dan business yang berarti bisnis. Jadi, jurusan ini akan mempelajari suatu bisnis yang bergerak di bidang pertanian beserta segala komponen pendukungnya. Agribisnis juga dapat diartikan sebagai bisnis yang berbasis pertanian atau bidang lain yang mendukung sektor tersebut, yaitu agribisnis dalam rantai sektor pangan (food supply chain).

Agribisnis sebagai cara pandang ekonomi untuk usaha penyediaan pangan, kamu akan mempelajari strategi dalam mendapatkan keuntungan dengan pengelolaan aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, proses pengolahan, hingga ke tahap pemasaran. Selain itu kamu akan mempelajari setiap elemen dalam produksi beserta distribusi pertanian sebagai salah satu aktivitas atau kegiatan agribisnis, edufriends.

Jurusan yang satu ini menggabungkan ilmu-ilmu IPA dan IPS. Ilmu IPA berupa pengolahan lahan, pemberian pupuk yang mebutuhkan analisis kimia yang baik, serta berbagai penyakit tanaman dan hama. Sedangkan untuk ilmu IPSnya, mahasiswa akan mempelajari menajemen, akuntansi, hingga administrasi bisnis untuk memasarkan produk pertanian yang telah kamu hasilkan.

Kenapa Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis cocok untukmu yang menyukai pelajaran Biologi, kamu juga akan mempelajari sistem bisnis, ekonomi, pemasaran produk hingga pengelolaan lingkungan alam. Jurusan Agribisni menjadi jurusan andalan bangsa Indonesia sebagai negara agraris. Dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, apalagi untuk sayuran dan rempah-rempahnya.

Kekayaan alam Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke yang mendukungnya menjadi salah satu negara penghasil komoditi pangan terbesar di dunia, dengan berkuliah di jurusan ini kamu tidak hanya sekadar mencari keuntungan semata namun turut serta melestarikan alam dan menjadi pelopor pangan baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya.

Lulusan jurusan agribisnis dapat bekerja tak hanya di sektor pertanian, tapi juga peternakan. Kamu bisa mulai membangun bisnismu sendiri dengan mengembangkan produk peternakan mulai dari budidaya hingga menghasilkan komoditi yang diimpor ke luar negeri misalnya daging sapi. Sisa proses seperti kulitnya dapat dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan barang bernilai jual lain. Dengan berbisnis di bidang ini kamu dapat menghasilkan banyak sekali produk (zero waste) yang berarti menghasilkan banyak keuntungan, edufriends.

Jurusan Agribisnis_[626 x 626]

Keahlian Jurusan Agribisnis

✓ Teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan berhitung

✓ Kemampuan melakukan riset

✓ Kemampuan menganalisis

✓ Kemampuan observan

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Agribisnis_[626 x 626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Agribisnis di Dunia Kerja

  • Manajer Agribisnis Professional, baik itu di perusahaan nasional ataupun multinasional yang bergerak di komoditas perkebunan, hortikultura, agroindustri, pangan, jasa logistik dan yang lain sebagainya, termasuk juga dalam lembaga perbankan
  • Lembaga Penelitian, Karir yang dapat dipertimbangkan seorang lulusan Agribisnis lainnya adalah menjadi peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau bisa juga di lembaga yang lainnya
  • Birokrat dan perencana pembangunan pertanian pemerintah di tingkat atau level nasional, provinsi dan kabupaten, serta di berbagai lembaga internasional contohnya World Bank, USAID dan lain sebagainya
  • Tenaga LSM, memiliki passion meningkatkan produktivitas petani atau memajukan pertanian Indonesia, menjadi tenaga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat menjadi pilihan terbaik. Sebagai tenaga LSM, kamu dapat memberikan penyuluhan serta pelatihan bagi para petani maupun peternak
  • Dosen, Berbagi ilmu agribisnis di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki jurusan agribisnis. Menjadi Tenaga pendidik seperti guru SMK maupun dosen dapat menjadi pilihan, namun menjadi dosen kamu perlu melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2 atau Magister, edufriends

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

Perkuliahan di Jurusan Agribisnis mempelajari mulai dari bisnis yang memproduksi benih beserta bahan kimia pertanian, pakan ternak, alat dan mesin pertanian, produksi biofuel, pemrosesan bahan pertanian, hingga wisata pertanian. Sebagai salah satu program studi, agribisnis memadukan ilmu antara soshum dan saintek, karena memang jurusan ini mempelajari segala aspek budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan, hingga pemasaran produk.

Kuliah di jurusan ini juga lebih banyak membahas bisnis dan tata cara dalam mengelola lingkungan, sehingga lebih efektif, efisien dan menguntungkan. Kamu akan mempelajari Ilmu Pertanian, Ekonomi Pertanian, Sistem Agribisnis, Ekonomi Makro, Pemasaran Agribisnis, Komunikasi Agribisnis, Perkebunan, Pengembangan Masyarakat, Rekayasa Agroindustri BEDP, Tanaman Pangan BEDP, Tanaman Hortikultura dan masih banyak lagi.

Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Agribisnis:

  1. Biologi Umum
  2. Fisika Umum
  3. Sosiologi Umum
  4. Kimia Umum
  5. Ekonomi Umum
  6. Dinamika Pasar Agribisnis
  7. Negosiasi dan Advokasi Bisnis
  8. Risiko Agribisnis
  9. Pembiayaan Agribisnis
  10. Koperasi dan Kelembagaan Agribisnis
  11. Pemasaran Produk Agribisnis
  12. Dasar Hortikultura
  13. Ilmu Tanaman Pangan
  14. Ekonomi Pertanian dan SDA
  15. Manajemen Usahatani
  16. Manajemen Agribisnis
  17. Sosial Ekonomi Pedesaan
  18. Pertanian Berkelanjutan
  19. Bisnis Glokal
  20. Koperasi dan Usaha Pertanian
  21. Agroklimatologi
  22. Modal Sosial Pertanian
  23. Kependudukan
  24. Perencanaan Program Pangan dan Gizi
  25. Pemberdayaan Masyarakat

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Agribisnis

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Agribisnis

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Agribisnis (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  2. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  3. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  5. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  6. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  7. Universitas Riau (UNRI), Riau
  8. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  9. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  10. Universitas Andalas (UNAND), Padang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

KONSULTAN PERTANIAN

Kamu dapat menjadi seorang konsultan pertanian tugasnya memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat luas terkait ilmu Agribisnis. Seorang konsultan yang handal mampu memberikan arahan, bimbingan dan juga analisis yang tepat sebelum menjalakan bisnis tersebut. Dengan menjadi seorang konsultan berpengalaman, dapat membuat kehidupanmu semakin mapan sebab perusahaan besar berani memberikan gaji mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah untuk profesi ini, edufriends.

PIONEER LSM

Seorang lulusan Agribisnis dapat bekerja di LSM yang memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait ilmu Agribisnis misalnya bidang peternakan atau pertanian. Dengan bekerja di LSM ini kamu dapat membantu para petani mendapatkan hasil panen atau ternak lebih besar dan membuka peluang karir yang lebih menjanjikan.

PEDAGANG KOMODITI BARU

Indonesia sebagai negara yang berlimpah kekayaan alamnya, sehingga Kamu dapat mencoba memperkenalkan komoditi baru yang terbentang mulai Sabang hingga Merauke ini. Berbekal ilmu pengetahuan selama kuliah, kesempatan menjadi pedagang komoditi baru terbuka lebar untuk menciptakan sebuah pasar komoditi baru.

BEKERJA DI BAPPEDA

Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah (BAPPEDA) berkontribusi mengedukasi masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan dan juga ladang yang baik.  Dengan menjadi petugas BAPPEDA kamu telah turut mensejahterakan rakyat, edufriends.

LEMBAGA PENELITIAN

Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Contohnya saja ilmu pemuliaan tanaman yang mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan mempercepat masa panen, juga beragam aspek lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Salah satu prospek kerja Lulusan Agribisnis adalah menjadi seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau berbagai lembaga lainnya.

PERUSAHAAN SWASTA

Lulusan agribisnis dapat bekerja di sektor formal seperti di lembaga pemerintah, atau sektor swasta dengan sistem kontrak yang lama kerjanya telah diketahui mulai dari diterima di perusahaan tersebut. Kamu dapat memilih untuk bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis ataupun komoditi. Atau, jika ingin membangun usahamu sendiri, kamu bisa menjadi supplier komoditas di bidang ini, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Agribisnis?

Mempelajari seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Pengajar Ilmu Agrikultural, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca, Manager Pertanian dan Peternakan, Peneliti Tanah dan Tumbuhan

Apa bidang Pelajaran di SMA yang membantumu memahami jurusan ini?

Matematika, Teknologi Infomasi dan Komunikasi, Biologi, Sosiologi, Ekonomi dan Akuntansi, edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *