Jurusan Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Fiskal

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Administrasi Fiskal_[473x314]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Fiskal sebagai studi pengelolaan transaksi keuangan dan anggaran yang masuk dan keluar untuk institusi publik, pemerintah, institusi pendidikan, dan entitas terkait lainnya. Administrasi fiskal khususnya berkaitan dengan penganggaran, pajak, alokasi, dan akuntansi perusahaan publik. Semua yang mampu mempengaruhi ekonomi makro suatu negara. Kebijakan fiskal digunakan oleh pemerintah untuk mempengaruhi permintaan agregat dalam perekonomian untuk mencapai tujuan ekonomi, seperti stabilitas harga, pertumbuhan, dan lapangan kerja penuh.

Bidang Administrasi Fiskal membantu pemerintah mencapai tujuan tersebut. Di lapangan, Administrasi Fiskal meningkatkan transparansi pemerintah dengan melakukan audit terhadap belanja pemerintah dan anggaran. Dalam lingkup yang lebih luas,Administrasi Fiskal bertugas meningkatkan kualitas birokrasi, membentuk pemerintahan yang akuntabel dan responsif, serta memperbaiki kebijakan ekonomi sebuah negara, edufriends.

Kenapa Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Fiskal tersedia dalam jenjang studi D3, D4 dan S1, Administrasi Fiskal merupakan salah satu program studi dari tiga jurusan yang ada di dalam Fakultas Ilmu Administrasi. Jurusan Administrasi Fiskal sebagai program studi yang mempelajari bidang perpajakan. Tidak hanya sekedar belajar perpajakan, tapi juga mempelajarinya dari berbagai macam perspektif. Mulai dari perspektif ekonomi, akuntansi, hingga perspektif hukum.

Jurusan ini cocok untukmu yang teliti, terorganisir, dan terperinci. Juga mampu melihat kekurangan dan ketidaksesuaian. Menimbang bahwa hal tersebut berkaitan dengan dana pemerintah dan lembaga publik, Administrasi Fiskal cocok dipelajari oleh seseorang yang menjunjung tinggi integritas, kejujuran, dan objektivitas. Oleh karena itu, kamu dapat benar-benar dapat berkontribusi terhadap transparansi pemerintah dan keadilan ekonomi.

Lulusan Jurusan ini memiliki peluang berkarir di Kementerian Keuangan dan Ditjen Pajak. Tidak hanya di instansi pemerintahan, kamu juga dapat berkarir di instansi atau organisasi swasta. Sebab setiap perusahaan wajib membayar pajak, maka dari itu perusahaan-perusahaan tersebut pastinya membutuhkan ahli di bidang perpajakan. Lulusan jurusan ini juga dapat berwirausaha sebagai konsultan pajak dengan melewati ujian sertifikasi konsultan pajak terlebih dahulu, edufriends.

Jurusan Administrasi Fiskal_[473x314]

Keahlian Jurusan Administrasi Fiskal

✓ Kemampuan manajerial

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan berpikir strategis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan mengelola organisasi

✓ Pemahaman matematika

Jurusan Administrasi Fiskal_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Administrasi Fiskal di Dunia Kerja

  • Lulusan Administrasi Fiskal (Pajak) memiliki jenjang karir yang menjanjikan di perusahaan. Kamu bisa memulai karirmu sebagai tax Accountant saat fresh graduate, dan bukan tidak mungkin kamu akan menduduki posisi tax manajer bahkan tax director, edufriends.
  • Selain itu kamu juga dapat mengabdi pada negara lewat ikatan dinas sebagai Pegawai Pajak, Pegawai Bea Cukai, Pegawai Dinas Keuangan Daerah, dan masih banyak lagi.
  • Berkarir di Perusahaan BUMN sebagai staf keuangan atau konsultan perpajakan. Ada banyak perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan administrasi fiskal seperti Pertamina, PLN, bank BRI, bank Mandiri dan lain-lain.
  • Akademisi, kamu juga dapat bekerja sebagai tenaga pengajar di berbagai lembaga pendidikaan keuangan ataupun menjadi dosen peneliti. Jika kamu kamu memiliki jiwa pembelajar yang tinggi maka menjadi Akademisi adalah prospek kerja yang cocok untukmu, edufriends.
  • Enterpreneur, Seorang lulusan administrasi fiskal bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Kamu dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk terjun langsung ke masyarakat sebagai pengusaha, edufriends.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Administrasi Fiskal

Perkuliahan di Jurusan Administrasi Fiskal mempelajari bagaimana caranya menyusun laporan pajak yang benar dan sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Kamu juga akan mempelajari bagaimana caranya menyelesaikan masalah administrasi perpajakan. Tidak hanya itu, kamu juga dituntut untuk menghafal karena di Administrasi Fiskal akan dihadapkan pada aturan-aturan perpajakan serta tarif pajak yang banyak dan berbeda-beda.

Mata kuliahnya mulai dari hukum, Administrasi Keuangan Negara, Akuntansi Perpajakan, Pemeriksaan Pajak, Kepabeanan Ekspor dan Impor, Hukum Bisnis, Akuntansi Sektor Publik, juga perpajakan yang mempelajari perpajakan mulai dari sisi sejarah hingga perkembangannya di masa kini, mempelajari Pajak penghasilan yaitu caranya menghitung dan membuat laporan pajak. administrasi keuangan, auditing, hingga Akuntansi Keuangan yang mempelajari akuntansi yang berhubungan dengan penyajian laporan keuangan perusahaan kepada pihak eksternal berupa laporan neraca, rugi, dan laba.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Fiskal

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Administrasi Fiskal, edufriends:

  1. Pengantar Ilmu Hukum
  2. Akuntansi Keuangan
  3. Pengantar Pajak
  4. Akuntansi Biaya
  5. Pajak Penghasilan I & II
  6. Pajak Pertambahan Nilai
  7. Akuntansi Keuangan
  8. Kepabeanan dan Ekspor Impor
  9. Administrasi Keuangan Negara
  10. Pajak Penghasilan
  11. Akuntansi Perpajakan
  12. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  13. Pajak Internasional
  14. Peradilan Pajak
  15. Sistem Informasi Akuntansi
  16. Auditing
  17. PPN dan PPN BM
  18. Manajemen Keuangan
  19. Hukum Bisnis
  20. Akuntansi Sektor Publik
  21. Pabean dan Cukai
  22. Pemeriksaan Pajak
  23. Perpajakan Internasional
  24. Penilaian Properti
  25. Praktikum Pemotongan dan Pemungutan PPH

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Administrasi Fiskal

  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Administrasi Fiskal

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Administrasi Fiskal di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Brawijaya (UB), Malang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Lulusan Administrasi Fiskal memiliki peluang karir yang sangat luas, karena jumlah lulusannya yang masih sangat minim, sedangkan kebutuhan profesi tersebut masih sangat tinggi. Berikut ini beberapa prospek karir untuk lulusan Administrasi Fiskal, edufriends:

KEMENKEU

Lulusan Administrasi Fiskal dapat bekerja di Kemenkeu Tugas utama dari seorang staf Kementerian Keuangan adalah melaksanakan segala urusan di bidang keuangan dan kekayaan negara. Pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang satu ini memang diperuntukan bagi mereka yang sudah ahli dalam mengurusi keuangan. Penghasilan yang akan didapat oleh pegawai Kemenkeu cukup menjanjikan lho, mulai dari Rp 5 juta – Rp 100 juta perbulannya, tergantung dari kebijakan yang diterapkan oleh Menteri Keuangan, edufriends.

DINAS KEUANGAN

Seorang pegawai Dinas Keuangan Daerah biasanya bertanggung jawab penuh untuk membantu bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan, terutama di bidang keuangan, edufriends.

PEGAWAI BEA CUKAI

Pilihan pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal lainnya adalah pegawai Bea Cukai, dengan tugas yang cukup beragam, dimana mereka berhak merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, serta optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai aturan perundang-undangan.

PRODUCT MANAGER

Product Manager merupakan salah satu pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang mewajibkan karyawannya untuk merancang sebuah produk baru dengan daya tarik tinggi. Pekerjaan ini membutuhkan karyawan yang mampu menciptakan ide menarik sekaligus handal dalam membuat strategi penjualan.

AKADEMISI

Kamu juga dapat bekerja sebagai tenaga pengajar di berbagai lembaga pendidikaan keuangan ataupun menjadi dosen peneliti. Jika kamu memiliki jiwa pembelajar yang tinggi maka menjadi Akademisi adalah prospek kerja yang cocok untukmu, edufriends.

ENTERPRENEUR

Selain bekerja di instansi pemerintah, lulusan Administrasi Fiskal juga dapat bekerja di dunia bisnis. Apalagi bagimu memiliki passion dibidang ini. Pilihlah bisnis yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya kuliner. Kamu bisa membuka kedai makanan dengan merek sendiri atau franchise dari beberapa merek ternama.

LAINNYA

Peluang karir lainnya mulai dari Pengawas Imigrasi, Pemeriksa dan Pengumpul Pajak, dan Agen Revenue, Akuntan, Ahli Perencanaan Pajak, Konsultan Bisnis Penilai (Pajak dan Keuangan), Pegawai Pajak atau Pegawai Persiapan Pajak, Akuntan Publik dan masih banyak lagi.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah Pengetahuan dan Keahlian yang memudahkanmu berkuliah di Jurusan Administrasi Fiskal?

Kemampuan manajerial, Kemampuan melakukan analisis, Kemampuan berpikir strategis, Kemampuan komunikasi, Kemampuan mengelola organisasi dan Pemahaman matematika.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Administrasi Fiskal?

Mempelajari berbagai hal terkait kebijakan fiskal, pengarsipan, keadministrasian dan perpajakan.

Apa saja prospek karir untuk para lulusannya?

Lulusannya dapat berkarir di Instansi Pemerintahan, Perusahaan BUMN dan Swasta, Departemen Keuangan, Konsultan pajak, Akuntan, Bea Cukai, dan Tenaga Pendidik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *