Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler yang Wajib Kamu Baca

Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler yang Wajib Kamu Baca

. 9 min read

Hanya dengan membaca buku saja, kamu bisa melihat dunia, memahami berbagai sudut pandang dan realitas kehidupan. Serta tentunya menambah wawasan akan beragam kebudayaan, tanpa perlu susah payah keliling dunia. Yap, buku memang jendela dunia.

Novel terjemahan dari berbagai negara, bisa memberikan kamu pengalaman membaca yang unik dan berbeda. Terlebih, ada banyak sekali penulis mancanegara yang telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, dan kamu tidak boleh ketinggalan untuk membacanya.

Berbagai macam novel terjemahan dengan banyak genre, telah berhasil menyabet perhatian dan bergelar best seller selama tahun 2021. Berikut daftar novel terjemahan paling populer di Gramedia.com, berdasarkan pencapaian buku best seller di tahun 2021.

12 Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler dan Best Seller

12. Midnight Sun (Matahari Tengah Malam) – Amerika

Buat kalian yang nge-ship banget sama Edward Cullen dan Bella Swan pasti menunggu-nunggu kehadiran novel prekuel Twilight Saga di Indonesia. Apalagi, buku ini mengambil sudut pandang dari Edward Cullen. So, kamu akan melihat segala yang terjadi dalam Twilight Saga, hanya saja berasal dari pemikiran Edward.

novelMulai Baca Sekarang!

Walaupun begitu tebal, tapi buku ini pasti tetap bisa buat kamu senyum-senyum sendirian. Kamu akan mengetahui perasaan Edward yang jatuh cinta ketika pertama kali melihat Bella kala tiba di Forks. Edward merasa Bella adalah manusia yang berbeda dengan lainnya. Bella justru membuatnya pusing hingga takut, karena Bella sangat sulit ditebak.

Selain menceritakan pertemuan pertama mereka, kamu juga akan mengetahui detail dari masa lalu sang vampir, isi hati, dan isi kepalanya yang semakin rumit, karena cintanya pada Bella merupakan pertentangan hidupnya yang terbesar. Bagaimana mungkin ia begitu egois mengikuti kata hatinya, jika itu berarti membahayakan hidup Bella?

11. The Good Son (Anak Teladan) – Korea Selatan

Korea Selatan nggak pernah kalah sama novel thriller-nya yang menarik untuk dibaca, salah satunya buku ini yang sudah menjadi international best seller book. Mengawali cerita pada Yoo Jin yang terbangun di kasurnya sendiri, namun berlumuran darah dan itu bukan darahnya sendiri.

novelMulai Baca Sekarang!

Setelah ia menemukan ibunya tewas tergeletak dengan leher tergorok di kaki tangga apartemen mereka, Yoo Jin baru mengetahui darah siapa yang melumuri badannya itu. Yoo Jin mengidap epilepsi yang membuat ingatannya sering bermasalah. Yang ia ingat sebelum kejadian hanyalah suara ibunya, yang memanggil nama Yoo Jin dan selalu terngiang-ngiang di telinga.

Apakah hal tersebut karena ibunya memanggil minta tolong, atau memohon agar Yoo Jin tidak membunuhnya? Yoo Jin berusaha mencari tahu atas kejadian yang terjadi, menggali kembali ingatannya, dan menguak rahasia lama tentang dirinya dan keluarganya.


Baca juga: 10 Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!


10. Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) – Jepang

Novel tipis yang bisa dibaca sekali duduk ini menyita perhatian banyak pembaca. Hal ini membuat sang penulis menyabet penghargaan bergengsi, yaitu Akutagawa Prize. Buku ini membahas tentang bagaimana ucapan dari orang lain yang mampu membuat diri kita tergganggu.

novelMulai Baca Sekarang!

Keiko Furukara, wanita yang sepanjang hidupnya bekerja sambilan di sebuah minimarket dan ketika usianya mendekati angka 40-an, ia ditekan oleh orang-orang sekitarnya untuk menjadi ‘normal’ dengan segera menikah dan mencari pekerjaan lainnya, selain hanya menjadi pegawai di sebuah minimarket.

Sebetulnya, Keiko merasa nyaman-nyaman saja dengan hidupnya saat ini. Namun tekanan dari orang lain ini lah yang membuat batinnya bergejolak. Jika ia keluar dari zona nyamannya yang mungkin kata orang lain ini sesuatu yang ‘tidak normal’, kehidupan seperti apa yang menantinya? Lalu, apakah Keiko mampu memenuhi tuntutan hidup ‘normal’ tersebut, atau tetap pada pendiriannya?

9. Second Sister (Putri Kedua) – Hong Kong

Masuk ke novel dari penulis asal Hong Kong, novel ini menceritakan tentang kelamnya dunia maya. Mengawali cerita pada Siu-Man yang lompat dari lantai 20 sehingga membuatnya tewas seketika, namun kakaknya yang bernama Nga-Yee, menolak kenyataan jika adiknya itu bunuh diri. Kakak yang membesarkan Siu-Man sejak kecil akhirnya meminta bantuan hacker untuk menyelidiki kematian adiknya.

novelMulai Baca Sekarang!

Hacker yang dikenal dengan nama N terbawa dalam penyelidakan amatir dan kejar-kejaran ke seluruh penjuru kota Hong Kong, dan dunia deep web bersama Nga-Yee. Terutama pada platform online gossip, di mana tempat tersebut adalah tempat nama baik Siu-Man dijatuhkan tanpa ampun oleh seseorang. Dari kasus pelecehan seksual di transportasi umum hingga kasus bully di dunia maya, hal ini yang membuat Siu-Man menyerah.


Baca juga: Kenali Literatur Asia Timur Melalui Buku-Buku Ini


8. Perpustakaan Tengah Malam (The Midnight Library) - Inggris

Pernah membayangkan kamu bisa mengubah, bahkan merasakan jalan hidup yang berbeda? Coba rasakan lewat buku yang telah menyabet beragam penghargaan dan menjadi best seller di Gramedia.com pada bulan Desember 2021.

novelMulai Baca Sekarang!

Berawal dari Nora Seed yang merasa hidupnya payah dan tidak ada lagi alasan untuk dirinya tetap hidup. Ia merasa segala yang dilakukannya berujung buruk dan salah. Sampai suatu ketika ia pergi ke sebuah perpustakaan, di malam ia ingin mengakhiri hidupnya.

Ternyata, perpustakaan tersebut memberikan Nora kesempatan baru untuk menjalani kehidupan atau keputusan yang berbeda, setiap ia membuka satu buku. Ya, Nora dihadapkan pada kemungkinan ia bisa mengubah hidupnya di sana. Namun, apakah Nora akan mendapatkan kehidupan yang bisa memberinya kebahagiaan sejati?

7. Gadis Pendongeng (The Story Girl) - Kanada

Kali ini dari cerita klasik karya L.M. Montgomery yang terkenal karena serangkaian novelnya pada tahun 1900-an. Gadis Pendongeng jadi salah satu karyanya yang terkenal, menceritakan tentang Bev yang bertemu dengan Gadis Pendongeng di tanah keluarga King.

novelMulai Baca Sekarang!

Bev pergi ke tanah keluarga King yang ajaib, di mana ada pohon willow besar, kebun buah yang terkenal, dan menghabisakan hari-hari di sana bersama para sepupu dan teman-teman. Bev juga bertemu si Gadis Pendongeng dan mendengarkan kisah-kisah yang diceritakannya dengan suara emasnya yang misterius.

Kisah-kisah yang didongengkan oleh Gadis itu begitu indah, hingga membuat pendengarnya bisa meresap masuk ke dalam kata-kata. Bahkan, hanya dengan mendengar ceritanya saja akan terasa seperti bertemu langsung dengan para pahlawan, putri, dewa, bahkan sang Kematian sendiri.

6. Almond– Korea Selatan

Novel yang dibaca oleh para anggota BTS ini mampu membangkitkan rasa empati kita. Tokoh utama dalam novel ini mengidap penyakit Alexithymia atau ketidakmampuan mengungkapkan emosi maupun merasakannya. Hal ini membuatnya tidak tahu bagaimana rasanya sedih, bahagia, takut, dan sebagainya.

novelMulai Baca Sekarang!

Anak laki-laki ini bernama Yoonjae. Ia kesulitan membaca emosi orang lain sehingga mengalami kebingungan dalam merespon emosi. Hal ini membuatnya dijuluki “monster” karena ia tak mampu menyatakan empati pada temannya yang jatuh terluka. Walaupun begitu, ibu Yoonjae tak pernah menyerah.

Ia mengajarkan anaknya berbagai respons yang harus dilakukan ketika ada orang yang merasa sakit, takut, bahagia, dan lainnya. Hal ini membuat Yoonjae terbiasa merespon terhadap lawan bicaranya, walaupun ia tidak bisa menampakkan ekspresi seperti orang normal lainnya. Buku ini bisa menjadi pelajaran untuk kita mengelola empati dengan baik.


Baca juga: Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller


5. Republik Naga (The Dragon Republic) – Amerika

Buku kedua yang menceritakan perjuangan Rin, perempuan yang berhasil masuk akademi militer elite Kekaisaran Nikan banyak diserbu Grameds! Walaupun kerap jadi bulan-bulanan karena ia adalah anak kampung miskin, namun Rin memiliki kekuatan supernatural yang mematikan bernama Syamanisme. Kekuatan ini membuatnya diintai oleh Federasi Mugen.

novelMulai Baca Sekarang!

Nah, pada buku keduanya ini, Rin merasa bersalah atas tindakan keji yang ia lakukan setelah tiga kali bertempur dalam Perang Opium. Rin juga rela mengorbankan apa saja demi menyelamatkan negerinya. Maharani, seseorang yang telah mengkhianati tanah airnya, membuat Rin bertekad membalas dendam padanya. Namun, Rin takut jika ia harus terpaksa menggunakan lagi kekuatan mematikannya itu.

novelMulai Baca Sekarang!

4. Kecamuk Darah (Troubled Blood) - Inggris

Kala pra pesannya dibuka beberapa bulan yang lalu, Troubled Blood langsung ludes terjual! Hal ini karena ditunggu-tunggu oleh para pecinta Cormoran Strike, detektif partikelir yang nggak kalah menyita perhatian.

Novel yang ditulis oleh pencipta Harry Potter ini membuat novel dengan cerita yang tak terduga, kasus rumit, saksi dan bukti yang mengecoh, namun tetap membagikan masalah pribadi yang dialami si detektif. Pokoknya, pemecahan kasusnya selalu memberikan plot twist yang tak disangka-sangka!

novelMulai Baca Sekarang!

Pada novel kelima dalam seri ini, Cormoran Strike diminta seorang wanita untuk menemukan ibunya yang hilang tanpa jejak pada tahun 1974. Sebetulnya, ia juga sedang menangani kasus lain yang rumit bahkan mengancam nyawa, namun kasus lama yang sudah berumur 40 tahun lalu ini mengusik rasa ingin tahunya.

Strike menerima kasus ini dan menambah jumlah kasus yang harus ditangani bersama Robin, sang partner di biro detektifnya. Saat menjalani kasus ini pun Robin sedang melalui proses perceraian yang rumit dan berupaya menyangkal perasaan-perasaannya terhadap Strike. Troubled Blood menyajikan kisah lika-liku menakjubkan tak hanya dari kasusnya saja, namun juga dari kisah pribadi mereka.


Baca juga: 5 Seri Novel Kriminal Cormoran Strike Karya J.K. Rowling


3. Funiculi Funicula (Kōhī Ga Samenai Uchi Ni - Before the Coffee Gets Cold) – Jepang

Memasuki top 3, kita akan disuguhi oleh novel-novel terbaik dari Asia. Pertama, ada novel yang berawal dari pementasan drama Jepang. Novel ini menceritakan tentang sebuah kafe mungil di gang kecil yang berada di kota Tokyo. Bukan sembarang kafe, karena kafe ini bisa membuat orang berkelana dalam perjalanan waktu.

novelMulai Baca Sekarang!

Hal ini membuat orang-orang yang merasa menyesal atau ingin menemui kembali dengan orang di masa lalu, hadir ke kafe untuk melakukan perjalanan waktu dan menemui orang terkasih mereka. Terlihat mudah untuk melakukan time travel, tapi ternyata mereka dihadapkan pada banyak aturan yang harus dilakukan.

Peraturannya seperti harus tetap duduk di kursi, menghabiskan kopi sebelum dingin, dan masih banyak lainnya, yang jika tidak dilakukan mereka tidak akan bisa kembali. Pergi ke masa lalu tidak bisa merubah apapun di masa sekarang. Meskipun hal ini sudah diberitahukan oleh pelayan kafe, apakah perjalanan ini sepadan bagi mereka?


Baca juga: Funiculi Funicula: Tawarkan Perjalanan Ke Masa Lalu dengan Kopi Hangat


2. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 – Korea Selatan

Novel yang dibaca oleh banyak seleb di Korea Selatan ini telah membuat bukunya semakin terkenal hingga ke seluruh dunia. Bahkan, saat ini kamu juga sudah bisa menonton versi filmnya. Novel ini memperlihatkan budaya patriarki dan isu kesetaraan gender.

novelMulai Baca Sekarang!

Kim Ji-yeong lahir dalam keluarga yang mengharapkan anak laki-laki, ketika sekolah menjadi bulan-bulanan para guru pria, ketika diganggu lelaki saat pulang malam dari sekolah, yang disalahkan ayahnya adalah Ji-yeongnya sendiri. Ketika kuliah tidak pernah direkomendasikan untuk magang di perusahaan ternama, ketika bekerja dan menjadi karyawan teladan tidak pernah dipromosikan, hingga setelah ia menikah, ia melepaskan karir dan kebebasannya demi mengurus rumah tangga.

Kim Ji-yeong adalah ibu rumah tangga yang tengah mengalami depresi. Ia kerap kali bertingkah seperti ibunya, kakaknya, atau temannya. Hal ini dirasakan oleh sang suami setelah Ji Yeong menjalani rutinitas majemuk yang melelahkan kala mengurus rumah tangga. Kim Ji-yeong mulai bertingkah aneh, ia kehilangan jati dirinya sendiri, dan yang dirasakannya adalah bagian dari semua perempuan di dunia.

1. Keajaiban Toko Kelontong Namiya (Namiya Zakkaten no Kiseki) - Jepang

Ini dia yang paling menyita banyak perhatian Grameds semua! Keajaiban dalam toko kelontong Namiya berhasil membuat semua orang tertarik mengikuti ceritanya. Berawal dari tiga pemuda berandal yang bersembunyi di toko tak berpenghuni setelah melakukan pencurian, mereka menemukan surat misterius yang masuk dalam lubang surat.

novelMulai Baca Sekarang!

Tak disangka, surat tersebut malah membawa mereka ke perjalanan melintasi waktu. Surat itu berisi permintaan saran, yang ternyata dahulu ada seorang kakek pemilik toko yang menghabiskan waktunya memberikan nasihat kepada orang yang meminta bantuan. Tiga pemuda berandal itu sekarang menggantikan peran si kakek, hanya untuk satu malam. Namun saat fajar menjelang, hidup ketiga pemuda itu tidak akan pernah sama lagi.

Selain keajaiban toko kelontong yang bisa membawa tiga pemuda masuk dalam petualangan time travel, kamu juga bisa merasakan pemecahan kasus-kasus misteri dari Keigo Higashino juga! Seri-serinya tak kalah terkenal dan juga masuk menjadi best seller selama tahun 2021, lho.

Seperti Pembunuhan di Nihonbashi (The Newcomer) yang menceritakan detektif berpengalaman dan baru pindah ke Nihonbashi. Ia pun bergabung untuk menyelidiki kasus pembunuhan seorang wanita.

novelMulai Baca Sekarang!

Lalu, pada novel Catatan Pembunuhan sang Novelis (Malice), menceritakan tentang novelis terkenal yang ditemukan tewas dalam ruang kerjanya yang terkunci.

novelMulai Baca Sekarang!

Dosa Malaikat (Salvation of a Saint) juga jadi best seller. Menceritakan tentang lelaki yang ditemukan tewas di rumahnya sendiri karena kopi beracun. Istrinya yang mencampakkan sang suami memiliki motif kuat sebagai tersangka. Namun ternyata saat kejadian itu sang istri berada jauh dari tempat kejadian.

novelMulai Baca Sekarang!


Baca juga: Novel Misteri Detektif Terbaru Keigo Higashino Siap Dipecahkan!


Semua judul-judul buku di atas oke banget untuk kamu baca! Kamu tidak akan menyesal karena ceritanya begitu seru dan bermakna dalam. Dari buku-buku ini, kamu juga bisa belajar budaya serta wawasan baru lainnya di negara lain yang mampu memperkaya pengetahuan.

Jangan lewatkan semua bukunya dan belum terlambat untuk mendapatkan diskon spesial! Intip semua diskon yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com dengan klik gambar di bawah ini. ⬇️⬇️⬇️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Tak perlu khawatir ongkir mahal, karena saat ini belanja di Gramedia.com dapat diantar dan diambil di beberapa toko Gramedia. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Dok. Gramedia.com