5 Seri Novel Kriminal Cormoran Strike Karya J.K. Rowling

5 Seri Novel Kriminal Cormoran Strike Karya J.K. Rowling

. 5 min read

Penulis tersohor J.K. Rowling, yang kita semua kenal sebagai pencipta Harry Potter, juga telah mempunyai reputasi yang baik dalam novel bergenre crime untuk seri detektifnya, dengan nama samaran, Robert Galbraith.

Jika kamu belum membaca seri "Cormoran Strike", ini saat yang tepat untukmu. Serial ini kian menjadi hits di kalangan penggemar fiksi detektif.

Apalagi baru-baru ini, buku kelimanya pada Troubled Blood yang mengisahkan Strike dan Robin, segera rilis September 2021 ini di Indonesia lewat penerbit Gramedia Pustaka Utama. Sebuah kisah mencekam penuh dengan liku-liku menakjubkan ini jadi cerita yang paling seru dan memuaskan hingga sejauh ini.

Cormoran Strike mengangkat kisah seorang detektif partikelir yang nyaris bangkrut, mantan tentara dengan luka batin, hubungan yang rumit dengan keluarga, dan mantan kekasih.

Seri Cormoran Strike begitu memikat, menggabungkan kasus rumit, analisis tak terduga, saksi dan bukti-bukti mengecoh, sekaligus masalah pribadi Strike sendiri dalam jalinan ceritanya.

Penasaran seperti apa bukunya? Berikut Admin berikan panduan urutan buku dari seri Cormoran Strike dan lihat sinopsisnya di bawah ini!

5 Seri Novel Kriminal Cormoran Strike

1. The Cuckoo's Calling

Buku pertama ini akan memperkenalkanmu pada detektif swasta bernama Cormoran Strike, seorang veteran perang Afganistan dengan luka fisik dan luka batin. Ia tinggal di kantornya, sedang berjuang mendapatkan uang untuk memertahankan bisnisnya.

buku
Beli dan Koleksi Semua Serinya di Sini!

Kemudian datanglah seorang kakak dari seorang supermodel di London yang datang ke Strike untuk mendapatkan bantuan, karena tidak percaya bahwa adik perempuannya tewas jatuh dari balkon karena bunuh diri.

Kasus ini memberi Strike rejeki nomplok, namun menuntut imbalan pribadi yang mahal. Semakin jauh Strike terbenam dalam kasus ini, semakin kelam kenyataan yang ditemuinya, dan semakin besar pula bahaya yang mengancam nyawanya.

2. The Silkworm

Kali ini Cormoran Strike kembali beraksi bersama sang asisten, Robin Ellacott, dalam novel misteri kedua berjudul The Silkworm. Menceritakan kasus seorang novelis bernama Owen Quine yang menghilang. Sang istri mengira suaminya hanya pergi tanpa pamit selama beberapa hari seperti biasanya.

buku
Beli dan Koleksi Semua Serinya di Sini!

Namun, ketika memulai penyelidikan, Strike mendapati bahwa hilangnya Quine tidak sesederhana yang dikira. Novelis itu baru saja menyelesaikan naskah yang menjelek-jelekkan semua orang yang dia kenal. Jika novel ini diterbitkan, akan banyak reputasi hancur, yang artinya ada banyak orang yang ingin Quine dilenyapkan.

Tak lama, mayat Quine ditemukan dalam kondisi ganjil dengan bukti-bukti telah dibunuh secara brutal. Kali ini, Strike berhadapan dengan seorang pembunuh keji, jenis penjahat yang belum pernah dijumpainya.


Baca juga: 7 Novel Misteri Terlaris Agatha Christie


3. Career of Evil

Sebuah paket misterius dikirim kepada Robin Ellacott, asisten dari Cormoran Strike. Betapa terkejutnya dia ketika menemukan potongan tubuh wanita di dalamnya. Strike mencurigai empat orang dari masa lalunya yang mungkin bertanggung jawab atas kiriman mengerikan itu, empat orang yang sanggup melakukan tindakan brutal.

buku
Beli dan Koleksi Semua Serinya di Sini!

Tatkala polisi mengejar satu tersangka pelaku yang menurut Strike justru paling kecil kemungkinannya, dia dan Robin memutuskan untuk melakukan penyelidikan sendiri. Namun, waktu kian memburu mereka, sementara si pembunuh kejam kembali melakukan aksi-aksi yang mengerikan. Apakah mereka berhasil memecahkannya?

4. The Lethal White

Billy, seorang pemuda dengan gangguan kejiwaan, datang ke kantor Cormoran Strike untuk meminta bantuan menyelidiki kejahatan yang dilihatnya semasa kecil. Walaupun Billy jelas-jelas mengidap penyakit jiwa, namun ada kesan tulus pada dirinya dan cerita yang dia sampaikan sehingga membuat Strike resah dan tertarik.

buku
Beli dan Koleksi Semua Serinya di Sini!

Namun, sebelum Strike sempat menanyainya lebih jauh, Billy tiba-tiba kabur dengan panik dari kantornya. Untuk membuktikan kebenaran cerita Billy, Strike dan Robin menyelidiki kasus yang membawa mereka menelusuri kota London, hingga ke rumah megah namun mencurigakan, jauh di pedalaman.

Sementara penyelidikan berjalan, kehidupan pribadi Strike tak kalah berliku, saat ini ia sudah terkenal dan tidak bisa bekerja sembunyi-sembunyi lagi. Hubungan dengan Robin alias partner-nya, juga kian rumit karena ia telah menjadi bagian penting dalam bisnisnya, tapi hubungan mereka kini memasuki tahap yang benar-benar pelik.


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Serunya lagi, empat judul novel ini juga diadaptasi menjadi serial televisi, lho! Serial televisi berjudul C.B. Strike ini telah tayang sepanjang 4 season sejak tahun 2017 lalu. Jika kamu familiar dengan serial ‘Sherlock’, kamu pasti juga akan menikmati serial ini.

5. Troubled Blood

Buku Troubled Blood yang memiliki 900 halaman ini, merupakan seri kelima dari novel detektif partikelir Cormoran Strike. Pada pelucuran hari pertama di Inggris, buku ini terjual habis sebanyak 100.000 eksemplar, termasuk buku dalam bentuk fisik, e-book, dan buku audio.

Kali ini detektif Partikelir Cormoran Strike dan partner-nya sedang mengunjungi kerabat di Cornwall, saat seorang wanita menghampiri dan meminta Strike menemukan ibunya, Margot Bamborough, yang lenyap tanpa jejak pada tahun 1974.

Strike belum pernah menangani kasus lama, terlebih yang sudah berusia 40 tahun. Terlepas kasus yang berumur puluhan tahun tersebut, mereka berdua masih harus menangani kasus lain yang sama rumitnya, bahkan mengancam nyawa mereka.

Kendati demikian kemungkinan kasus misteri itu akan bisa terpecahkan, rasa ingin tahu Strike terusik. Ia pun menerima pekerjaan tersebut, lalu menambah jumlah kasus yang dia tangani bersama Robin Ellacott, partner di biro detektifnya.

bukuBeli dan Koleksi Semua Serinya di Sini!

Robin sendiri sedang terlibat proses perceraian yang sengit, sembari sibuk menampik perhatian pria yang tak diinginkan, dan berupaya menyangkal perasaan-perasaannya terhadap Strike.

Selama menyelidiki hilangnya Margot Bamborough, Strike dan Robin berhadapan dengan perkara rumit yang melibatkan kartu tarot, pembunuh berantai psikopat, serta saksi-saksi yang tak dapat dipercaya. Selain itu, mereka juga mendapati bahwa kasus yang sudah 40 tahun berlalu pun masih dapat mengancam nyawa mereka.

Disebut-sebut sebagai salah satu seri Cormoran Strike terbaik, para penggemar serial misteri pasti tidak sabar menunggu terbitnya Troubled Blood.  Jadi, ayo pecahkan misteri bersama Strike dan Robin!

Temukan seri lengkap novel dari J.K. Rowling a.k.a Robert Galbraith di Gramedia.com, dan kamu bisa juga mulai membaca seri novel lengkapnya dalam format e-books di Gramedia Digital!

Dan khusus bagi teman-teman #SahabatTanpaBatas, Admin berikan diskon spesial hingga 40% untuk kamu yang ingin segera membaca buku ini.

PromoKlik untuk Info Promo

Jangan lupa segera pesan bukunya melalui layanan terbaru Gramedia.com, Pesan Antar. Pesan melalui chat WhatsApp, kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), jadi paketmu lebih cepat sampai. Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Photo header by: GTRes/Dan Hallman & Dok. Gramedia.com