Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mengenal Keigo Higashino dan Novel-Novel Misterinya yang Ikonik

Mengenal Keigo Higashino dan Novel-Novel Misterinya yang Ikonik

Jika kamu menyukai kisah misteri dengan masalah yang rumit, berkelit, penuh twist, dan belum pernah membaca karya-karya Keigo Higashino, inilah saat yang tepat untukmu. Dijamin kamu akan langsung jatuh hati!

Keigo sering disandingkan dengan penulis novel misteri terkenal lainnya, seperti James Patterson, Dean Koontz, atau Tom Clancy. Bahkan, The Times menjulukinya sebagai The Japanese Stieg Larsson.

Lahir di Osaka, Keigo mengawali karirnya dengan menulis novel saat masih bekerja sebagai insinyur. Kesuksesannya sebagai penulis, membuatnya memutuskan untuk berhenti sebagai insinyur, lalu memulai karir sebagai penulis novel.

keigo
Potret Keigo Higashino (sumber: South China Morning Post)

Dalam karir kepenulisannya, ia berhasil memenangkan bermacam penghargaan, termasuk penghargaan prestisius di Jepang yaitu Naoki Prize untuk Novel Terbaik (setara dengan Man Booker Prize) lewat The Devotion of Suspect X dan Penghargaan Misteri Honkaku.

Tak ketinggalan, ia juga berhasil merengkuh penghargaan Japan Mystery Writers Association Award untuk karyanya, Himitsu di tahun 1999. Selain itu, ia juga berhasil meraih Edogawa Rampo Prize, yang dianugerahkan setiap tahun untuk karya misteri terbaik, pada tahun 1985 untuk novel Hōkago.

Ada enam novel misteri Keigo Higashino yang cukup ikonik dan menarik yang semuanya dapat kamu temukan di Gramedia.com. Apa saja ya? Simak selengkapnya di bawah ini.

6 Novel Misteri Keigo Higashino yang Ikonik dan Melegenda

1. The Devotion of Suspect X (Kesetiaan Mr. X)

The Devotion of Suspect X merupakan novel yang masuk dalam serial Detektif Galileo yang populer, seperti Salvation of a Saint dan A Midsummer's Equation. Buku ini meraih penjualan tertinggi kedua di seluruh Jepang, baik itu fiksi atau nonfiksi, dengan lebih dari 800 ribu eksemplar terjual.

Saking larisnya, novel ini juga diadaptasi menjadi film di Jepang, dan berhasil menduduki puncak box office selama 4 minggu. Film ini pun berhasil menjadi film terlaris ketiga pada tahun 2017.

Buku
Beli Sekarang!

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Devotion of Suspect X (Kesetiaan Mr. X)

Kisah dimulai saat mantan suami dari Yasuko Hanaoka datang untuk memerasnya dan keadaan menjadi tak terkendali, hingga membuat sang mantan suami terbujur kaku di lantai apartemennya. Ketika berniat menghubungi polisi, Yasuko mengurungkan niatnya ketika Ishigami, tetangganya, menawarkan bantuan untuk menyembunyikan mayat tersebut.

Saat mayat tersebut ditemukan, penyidikan dari Detektif Kusanagi mengarah kepada Yasuko sebagai tersangka. Meski begitu, alibi wanita itu sulit untuk dipatahkan. Merasa kesulitan, Kusanagi berkonsultasi dengan sahabatnya, Dr. Manabu Yukawa, atau yang dikenal sebagai Detektif Galileo, yang ternyata teman kuliah Ishigami.

Diselingi nostalgia, Yukawa yang sebenarnya adalah pakar fisika, beradu kecerdasan dengan Ishigami, sang genius matematika. Ishigami berjuang melindungi Yasuko dengan berusaha mengakali Yukawa, yang baru kali ini menemukan lawan paling cerdas dan bertekad baja.

Buku
Beli Sekarang!

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Kesetiaan Mr. X (Devotion of Mr. X) - cover baru

2. Keajaiban Toko Kelontong Namiya (The Miracles of the Namiya General Store)

Higashino tidak hanya menulis kisah misteri yang menegangkan, ia juga menulis cerita young adult. Sebuah kisah mengharukan bertabur imajinasi dan keajaiban, yaitu The Miracles of the Namiya General Store.

Menceritakan tiga pemuda terlantar, yaitu Atsuya, Kohei, dan Shota, yang berusaha membobol sebuah toko yang kosong untuk bersembunyi, karena mereka sedang dikejar-kejar oleh aparat penegak hukum.

Buku
Beli Sekarang!

Namun, saat mereka bersembunyi di gedung yang gelap tersebut, sesuatu yang menakjubkan terjadi. Ada sebuah surat masuk melalui kotak surat, meskipun tidak ada orang di sisi lain pintu yang mengirim surat itu.

Lebih aneh lagi, surat itu sudah tua, yang ditulis bertahun-tahun yang lalu, dan isinya adalah untuk meminta pertolongan. Bagaimana nasib ketiga pemuda itu? Apa yang sebenarnya terjadi dengan surat itu?

Meskipun ditargetkan untuk pembaca young adult, namun buku ini tetap terasa menyenangkan bagi pembaca dari segala usia, yang menginginkan sebuah cerita yang menarik hati dan memberi kehangatan.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Keajaiban Toko Kelontong Namiya (The Miracles of the Namiya General Store)


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


3. The Newcomer (Pembunuhan di Nihonbashi)

Dalam The Newcomer, Keigo Higashino dengan apik menampilkan prosedur penyelidikan polisi secara mendetail, yang menunjukkan keahliannya sebagai penulis novel misteri yang andal.

The Newcomer merupakan novel dari seri Detektif Kaga, yang menceritakan kisah dari Detektif Kaga Kyoichiro, yang baru saja pindah tugas ke Nihonbashi, Tokyo.

Buku
Beli Sekarang!

Meski termasuk pendatang baru, tapi Detektif Kaga sangat berpengalaman menangani kasus kriminal. Ia kemudian bergabung dengan tim untuk menyelidiki pembunuhan seorang wanita.

Semakin ia terlibat dalam kasus tersebut, makin banyak pula tersangka baru yang bermunculan. Bahkan, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di Nihonbashi, bisa dikategorikan sebagai pelaku.

Kaga berusaha untuk mengulik masa lalu korban, mulai sejarah keluarganya, hingga hari-hari terakhir korban sebelum tiada, untuk membawa petunjuk yang mengarah kepada pelaku utama.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Newcomer (Pembunuhan di Nihonbashi)

4. Malice (Catatan Pembunuhan Sang Novelis)

Dalam Malice, Higashino berhasil memberi twist menarik kepada pembaca dengan kisah yang menghibur, serta menyajikan psikologis karakter yang mendalam dan luar biasa.

Menceritakan sosok novelis yaitu Hidaka Kunihiko, yang ditemukan tewas tercekik di rumahnya pada malam hari jasadnya ditemukan di kantornya yang terkunci oleh istrinya, serta sahabat yang merupakan rekan sesama penulis, Nonoguchi Osamu. Namun, keduanya masing-masing memiliki alibi kuat.

Buku
Beli Sekarang!

Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, ternyata berbeda dengan apa yang diceritakan oleh Nonoguchi.

Uniknya, Nonoguchi mendokumentasikan penyelidikan atas pembunuhan sahabatnya itu, sebagai sebuah karya tulis berupa memoar, dan ini membuat Detektif Kaga cemas.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Malice (Catatan Pembunuhan Sang Novelis)

5. Salvation of a Saint

Kasus yang diceritakan dalam buku ini cukup rumit. Pembaca akan dibuat menebak-nebak pelaku utamanya, hingga bisa membuatmu tergocek berkali-kali akan siapakah tokoh antagonis dalam buku ini.

Salvation of a Saint kisahkan kasus seorang lelaki yang ditemukan tewas di rumahnya akibat kopi beracun. Istrinya menjadi satu-satunya tersangka yang paling kuat, karena ia telah dicampakkan sang suami belakangan ini.

Buku
Beli Sekarang!

Masalahnya, pada hari pembunuhan terjadi wanita itu berada ribuan kilometer dari tempat kejadian. Berbagai opini yang bertentangan dilontarkan oleh Detektif Kusanagi dan Detektif Utsumi Kaoru saat penyelidikan.

Detektif Utsumi merasa jika Detektif Kusanagi terlalu berempati terhadap istri korban yang telah melarikan diri itu. Oleh karenanya, Detektif Utsumi segera bertindak dan meminta bantuan Profesor Manabu Yukawa untuk meluruskan logika Detektif Kusanagi, sekaligus membantunya pada saat mereka berada di kepolisian.

Namun ternyata, sosok ilmuan jenius yang dijuluki sebagai Detektif Galileo itu kebingungan juga, karena tidak mungkin seseorang memasukan racun kopi dari jarak sejauh itu. Di sinilah kecerdasan sang profesor diuji, ia harus menguak trik bagaimana racun itu muncul di waktu yang tepat, tempat yang sempurn, dan tidak salah sasaran.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Salvation of a Saint

6. Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama

Novel terbaru Keigo Higashino ini kisahkan pembunuhan yang bisa terjadi dimana saja, bahkan saat dunia sedang mengalami kondisi krisis dan wabah pandemi Covid-19 yang tidak ada habisnya ini, orang-orang jahat masih tetap berani untuk melakukan aksinya.

Mungkin tidak ada yang mengira, jika kota kecil, terpencil dan nyaris terlupakan ini akan menjadikan target sasaran sebuah tempat pembunuhan. Apalagi, yang dibunuh merupakan seorang mantan guru SMP yang tewas tercekik di halaman rumahnya sendiri.

Buku
Beli Sekarang!

Mantan Guru SMP ini dikenal sangat ramah di lingkungannya dan disegani oleh para muridnya. Walaupun ia telah pensiun sekalipun, ternyata para muridnya sering mengunjunginya berulang kali untuk bertukar cerita, meminta bantuan ataupun nasihat kepadanya.

Polisi kebingungan apakah ini jenis pembunuhan terencana, pembunuhan disengaja, atau aksi pencurian yang berakhir dengan pembunuhan. Mantan murid dan para murid guru SMP itu termasuk orang yang dicurigai, karena beberapa dari mereka ada yang datang untuk menghadiri reuni bersama mantan guru yang menjadi korban pembunuhan ini.

Situasi yang semakin ricuh dan polisi yang tidak mendapatkan bukti apapun dari kasus ini, berakhir membuat sang pembunuh lega karena identitasnya tidak diketahui. Tanpa ia sadari, bahwa akhirnya sang putri korban dan pamannya yang seorang mantan pesulap eksentrik berusaha keras untuk menyelidiki kasus ini, akan apa yang sebenarnya terjadi dan mencari tahu siapa dalang dibalik kasus yang membuat Kamio Eiichi terbunuh di depan halaman rumahnya sendiri.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Black Showman Dan Pembunuhan Di Kota Tak Bernama


Baca juga: Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan yang Seru Abis!


Sudah tahu kan, profil serta karya-karya dari penulis hebat asal Jepang yang satu ini? Lalu novel karya Keigo mana yang ingin kamu baca?

Masih banyak lagi novel-novel terjemahan terbaik lainnya yang dapat kamu baca, hanya di Gramedia.com!

Gramedia.com juga masih punya banyak diskon spesial buat kamu. Buruan cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Kini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari seluruh toko Gramedia, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: instagram.com/unlimited.reading


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus