Mengenal Keigo Higashino dan Novel-Novel Misterinya yang Melegenda

Mengenal Keigo Higashino dan Novel-Novel Misterinya yang Melegenda

. 5 min read

Jika kamu menyukai kisah misteri dengan masalah yang rumit, berkelit, penuh twist, dan belum pernah membaca karya-karya Keigo Higashino, inilah saat yang tepat untukmu. Dijamin, kamu akan langsung jatuh hati

Keigo sering disandingkan dengan penulis novel misteri terkenal lainnya, seperti James Patterson, Dean Koontz, atau Tom Clancy. Bahkan, The Times menjulukinya sebagai The Japanese Stieg Larsson.

Lahir di Osaka, Keigo mengawali karirnya dengan menulis novel saat masih bekerja sebagai insinyur.

Kesuksesannya sebagai penulis, membuatnya memutuskan untuk berhenti sebagai insinyur, lalu memulai karir sebagai penulis novel.

keigo
Potret Keigo Higashino (sumber: South China Morning Post)

Dalam karir kepenulisannya, ia berhasil memenangkan bermacam penghargaan, termasuk penghargaan prestisius di Jepang yaitu Naoki Prize untuk Novel Terbaik (setara dengan Man Booker Prize) lewat The Devotion of Suspect X dan Penghargaan Misteri Honkaku.

Tak ketinggalan, ia juga berhasil merengkuh penghargaan Japan Mystery Writers Association Award untuk karyanya, Himitsu di tahun 1999.

Selain itu, ia juga berhasil meraih Edogawa Rampo Prize, yang dianugerahkan setiap tahun untuk karya misteri terbaik, pada tahun 1985 untuk novel Hōkago.

Ada lima novel misteri Keigo Higashino yang cukup ikonik dan menarik, tiga di antaranya dapat kamu temukan di Gramedia.com.

Apa saja ya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. The Devotion of Suspect X (Kesetiaan Mr. X)

keigo
Beli bukunya di sini

The Devotion of Suspect X merupakan novel yang masuk dalam serial Detektif Galileo yang populer, seperti Salvation of a Saint dan A Midsummer's Equation.

Buku ini meraih penjualan tertinggi kedua di seluruh Jepang, baik itu fiksi atau nonfiksi, dengan lebih dari 800 ribu eksemplar terjual.

Saking larisnya, novel ini juga diadaptasi menjadi film di Jepang, dan berhasil menduduki puncak box office selama 4 minggu. Film ini pun berhasil menjadi film terlaris ketiga pada tahun 2017.

Kisah dimulai saat mantan suami dari Yasuko Hanaoka datang untuk memerasnya dan keadaan menjadi tak terkendali, hingga membuat sang mantan suami terbujur kaku di lantai apartemennya.

Ketika berniat menghubungi polisi, Yasuko mengurungkan niatnya ketika Ishigami, tetangganya, menawarkan bantuan untuk menyembunyikan mayat tersebut.

Saat mayat tersebut ditemukan, penyidikan dari Detektif Kusanagi mengarah kepada Yasuko sebagai tersangka. Meski begitu, alibi wanita itu sulit untuk dipatahkan.

Merasa kesulitan, Kusanagi berkonsultasi dengan sahabatnya, Dr. Manabu Yukawa, atau yang dikenal sebagai Detektif Galileo, yang ternyata teman kuliah Ishigami.

Diselingi nostalgia, Yukawa yang sebenarnya adalah pakar fisika, beradu kecerdasan dengan Ishigami, sang genius matematika.

Ishigami berjuang melindungi Yasuko dengan berusaha mengakali Yukawa, yang baru kali ini menemukan lawan paling cerdas dan bertekad baja.

2. The Miracles of the Namiya General Store

keigo
The Miracles of the Namiya General Store (sumber: Amazon)

Higashino tidak hanya menulis kisah misteri yang menegangkan, ia juga menulis cerita young adult.

Sebuah kisah mengharukan bertabur imajinasi dan keajaiban, yaitu The Miracles of the Namiya General Store.

Menceritakan tiga pemuda terlantar, yaitu Atsuya, Kohei, dan Shota, yang berusaha membobol sebuah toko yang kosong untuk bersembunyi, karena mereka sedang dikejar-kejar oleh aparat penegak hukum.

Namun, saat mereka bersembunyi di gedung yang gelap tersebut, sesuatu yang menakjubkan terjadi, ada sebuah surat masuk melalui kotak surat, meskipun tidak ada orang di sisi lain pintu yang mengirim surat itu.

Lebih aneh lagi, surat itu sudah tua, yang ditulis bertahun-tahun yang lalu, dan isinya adalah untuk meminta pertolongan. Bagaimana nasib ketiga pemuda itu? Apa yang sebenarnya terjadi dengan surat itu?

Meskipun ditargetkan untuk pembaca young adult, namun buku ini tetap terasa menyenangkan bagi pembaca dari segala usia, yang menginginkan sebuah cerita yang menarik hati dan memberi kehangatan.


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


3. Under the Midnight Sun

keigo
Under the Midnight Sun (sumber: Amazon)

The Devotion of Suspect X sudah membuat pusing pembacanya karena kecerdasan yang dimiliki oleh karakternya, serta plot cerita yang luar biasa.

Namun, Higashino mencoba untuk meningkatkan level kepenulisannya, dengan cerita detektif epik yang menampilkan plot rumit, yang kasusnya berlangsung selama dua dekade dalam Under the Midnight Sun.

Menceritakan Detektif Sasagaki, yang sedang menyelidiki kasus penikaman terhadap pemilik pegadaian Yosuke Kirihara di sebuah gedung yang ditinggalkan.

Dilihat dari kerapian pakaian korban, serta tanda-tanda lainnya, menunjukkan tidak ada perlawanan, Sasagaki menyimpulkan bahwa pembunuh korban merupakan orang yang dekat dengannya

Kemudian ia mencoba untuk mewawancarai istri Kirihara serta rekan kerjanya, namun tidak membawa hasil, namun Sasagaki menolak untuk menyerah pada kasusnya.

Semua penyelidikan yang telah dilakukannya itu, ternyata berbeda dengan apa yang dikisahkan putra Kirihara yang berusia 10 tahun, Ryo, dan Yukiho Nishimoto, putrinya.

Akankah Sasagaki berhasil memecahkan kasus ini?

4. The Newcomer (Pembunuhan di Nihonbashi)

keigo
Beli bukunya di sini

Dalam The Newcomer, Keigo Higashino dengan apik menampilkan prosedur penyelidikan polisi secara mendetail, yang menunjukkan keahliannya sebagai penulis novel misteri yang andal.

The Newcomer merupakan novel dari seri Detektif Kaga, yang menceritakan kisah dari Detektif Kaga Kyoichiro, yang baru saja pindah tugas ke Nihonbashi, Tokyo.

Meski termasuk pendatang baru, tapi Detektif Kaga sangat berpengalaman menangani kasus kriminal. Ia kemudian bergabung dengan tim untuk menyelidiki pembunuhan seorang wanita.

Semakin ia terlibat dalam kasus tersebut, makin banyak pula tersangka baru yang bermunculan. Bahkan, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di Nihonbashi, bisa dikategorikan sebagai pelaku.

Kaga berusaha untuk mengulik masa lalu korban, mulai sejarah keluarganya, hingga hari-hari terakhir korban sebelum tiada, untuk membawa petunjuk yang mengarah kepada pelaku utama.

Apakah Kaga berhasil menemukan pelakunya?

5. Malice (Catatan Pembunuhan Sang Novelis)

keigo
Beli bukunya di sini

Dalam Malice, Higashino berhasil memberi twist menarik kepada pembaca dengan kisah yang menghibur, serta menyajikan psikologis karakter yang mendalam dan luar biasa.

Menceritakan sosok novelis yaitu Hidaka Kunihiko, yang ditemukan tewas tercekik di rumahnya pada malam hari.

Jasadnya ditemukan di kantornya yang terkunci oleh istrinya, serta sahabat yang merupakan rekan sesama penulis, Nonoguchi Osamu. Namun, keduanya masing-masing memiliki alibi kuat.

Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, ternyata berbeda dengan apa yang diceritakan oleh Nonoguchi.

Uniknya, Nonoguchi mendokumentasikan penyelidikan atas pembunuhan sahabatnya itu, sebagai sebuah karya tulis berupa memoar, dan ini membuat Detektif Kaga cemas.

Siapakah pembunuh novelis tersebut, mungkinkah Nonoguchi? Apakah Kaga berhasil menemukan pembunuh Hidaka, dan menguak motif sang pembunuh yang sebenarnya?


Baca juga: Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan yang Seru Abis!


Sudah tahu kan, profil serta karya-karya dari penulis hebat asal Jepang yang satu ini? Lalu novel karya Keigo mana yang ingin kamu baca?

Masih banyak lagi novel-novel terjemahan terbaik lainnya yang dapat kamu baca, hanya di Gramedia.com!


Photo header by: AlphaGirls Reviews