Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Novel Best Seller Pachinko Kini Diadaptasi Menjadi Serial Drama Korea

Novel Best Seller Pachinko Kini Diadaptasi Menjadi Serial Drama Korea

Novel best seller Pachinko karya penulis asal Korea Selatan, Min Jin Lee, saat ini telah diadaptasi ke dalam sebuah serial drama Korea dengan tajuk yang serupa. Disutradarai oleh Kogonada dan Justin Chon, serial ini telah tayang di layanan streaming digital Apple TV+ sejak tanggal 25 Maret 2022 lalu, sebanyak delapan episode.

Serial ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama asal Korea Selatan, seperti Lee Min Ho, Youn Yuh Jung, Kim Min Ha, Jin Ha, serta beberapa aktor dan aktris pendatang baru asal Korea dan Jepang lainnya.

Latar Cerita Pachinko

Berdasarkan buku karya Min Jin Lee yang diterbitkan pada tahun 2017, buku atau serial ini menceritakan kisah perjuangan, harapan, dan impian empat generasi dari sebuah keluarga imigran asal Korea Selatan, dengan latar belakang mulai dari tahun 1910-an. Isu yang diangkat dan dibahas oleh penulis ke dalam cerita ini, yaitu terkait rasisme, stereotip, dan beberapa aspek lain yang dialami oleh keluarga imigran tersebut di Jepang.

Kemudian, karena ceritanya tidak hanya berfokus pada satu tokoh utama saja, tetapi juga berfokus kepada empat generasi keluarga Korea tersebut, cerita ini juga kemudian menjadi salah satu dari cikal bakal generasi Zainichi Korean (sebutan bagi warga Korea yang menjadi imigran di Jepang setelah Perang Dunia I).

Meskipun Pachinko merupakan cerita tentang sejarah Korea dan imigran Korea, namun produser sekaligus sutradara, Kogonada, dalam konferensi pers yang dilakukan secara online mengungkapkan, bahwa kisah Pachinko ini juga sangat relate dengan kehidupan imigran di berbagai negara saat ini, yang di mana untuk bertahan hidup saja mereka harus membuat keputusan yang sangat sulit (Soompi, 19/03/2022).

Sementara itu, dilansir dari Soompi (19/03/2022), sang series creator, Soo Hugh, juga berkata bahwa ia ingin membagikan emosi yang ada dalam Pachinko kepada seluruh masyarakat. Ketika penonton akhirnya bisa merasakan emosi tersebut, maka ia dan seluruh kru telah mencapai tujuan yang sebenarnya. Kata “Pachinko” itu sendiri diambil dari nama permainan yang selalu dimainkan oleh keluarga Sunja.

Sinopsis Buku dan Serial Pachinko

Kisah ini bermula ketika Sunja (Kim Min Ha), seorang gadis desa yang polos dan merupakan anak dari pemilik losmen kecil, terlibat asmara dengan Hansu (Lee Min Ho), seorang makelar kaya raya dan berkuasa, yang telah memiliki keluarga di Jepang.

Sunja yang mengetahui bahwa dirinya hamil dan merasa bahwa hubungan di antara mereka tidak berjalan dengan baik, akhirnya memutuskan untuk menikah dengan pria lain yang bernama Baek Isak (Noh Sang Hyun). Sunja yang ikut bersama suaminya untuk bermigrasi ke Jepang, mau tidak mau harus meninggalkan sang ibu di tanah kelahirannya.

Di Jepang, Isak adalah satu-satunya orang yang Sunja kenal selain saudara laki-laki Isak yang bernama Yoseb (Han Joon Woo) beserta istrinya, Kyung Hee (Jung Eun Chae). Di awal kepindahannya tersebut, Sunja sempat merasakan kesulitan untuk membiasakan diri dengan lingkungan barunya. Impiannya untuk memiliki kehidupan baru yang indah di Jepang rupanya tak berjalan dengan mulus. Sunja dan Isak malah mendapatkan stigma negatif dari penduduk Jepang yang saat itu tidak mudah untuk menerima kehadiran orang Korea di negara mereka.

Akhirnya, mereka pun sering mendapatkan berbagai macam hinaan dan diskriminasi dari orang-orang Jepang di sekitar mereka. Namun meskipun begitu, mereka harus tetap berjuang untuk bertahan hidup.

Penghargaan yang Diterima Buku dan Serial Pachinko

Buku karya Min Jin Lee tersebut telah mendapatkan banyak sekali penghargaan internasional, seperti New York Times Editor’s Choice, American Booksellers Association: Indie Next Reads, No. 1 Book Sense Pick, Wall Street Journal Juggle Book Club, American Library Awards Notable Book for 2018, dan penghargaan untuk buku terlaris nasional, yaitu Top 10 Novels of the Year for The Times of London, serta NPR’s Fresh Air and USA Today.

Selain bukunya yang mendapat banyak sekali penghargaan internasional, serial dramanya pun berhasil mendapatkan ulasan positif dari media luar negeri dan kritikus asing, seperti dari media Hollywood Collider yang menyebutkan bahwa serial Pachinko sebagai drama yang sangat indah dan memberinya skor sempurna, yaitu A+.

Selain media Hollywood Collider, majalah Amerika The Rolling Stones juga memberikan ulasan positif melalui kritikan dari Alan Sepinwall yang mengatakan bahwa Pachinko adalah drama yang sangat memuaskan dan bermakna.

Kemudian, majalah Amerika The Hollywood Reporter juga memuji Pachinko sebagai karya yang kuat, menyentuh, dan tak lekang oleh waktu. Serta beberapa ulasan dari media lainnya, seperti Outlet media Inggris Evening Standard, Playlist, Determiner, IndieWire, dan AwardsWatch.

Penasaran kan dengan kisah dalam buku Pachinko? Sebelum menonton serialnya, ada baiknya kalau kamu coba baca bukunya dahulu. Yuk, beli buku Pachinko sekarang di Gramedia.com!

novelBaca Bukunya Dahulu di Sini!

Jika kamu mau buku dengan sampul terbarunya yang diambil dari versi serial, kamu bisa beli di bawah ini. Ketampanan Lee Min Ho dan kecantikan dari Kim Min Ha terpampang nyata di cover buku ini. 😍

novelDapatkan Buku Pachinko Sampul Terbaru di Sini!

Untuk kamu yang lebih suka membaca via e-book, kamu juga bisa baca Pachinko di aplikasi Gramedia Digital, lho! Baca sekarang di sini >>> Pachinko

Yuk, dapatkan buku Pachinko dengan harga yang lebih hemat, langsung cek semua promo Gramedia.com yang bisa kamu gunakan di bawah ini. Dijamin belanjamu jadi makin maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: AsianWiki

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus