Rekomendasi Buku Sedih yang Dijamin Bikin Nangis Bombay!

Rekomendasi Buku Sedih yang Dijamin Bikin Nangis Bombay!

. 8 min read

Buku & Novel yang Bikin Nangis - Menuju liburan akhir tahun yang sepertinya harus di rumah saja, Admin mau memberikan rekomendasi buku yang sedikit berbeda. Setiap buku pasti punya jalan ceritanya masing-masing, mulai dari kisah-kisah yang membahagiakan, menegangkan, mengharukan, hingga yang berujung manis.

Tapi kali ini, kita tidak akan membahas yang berujung happy ending. Rekomendasi buku-buku ini memiliki alur yang sedih, seperti patah hati, konflik dalam keluarga, hingga nasib si karakter utama yang terlihat tidak begitu mujur, namun memberikan banyak pelajaran hidup di dalamnya.

Mau tau novel apa saja yang paling memilukan, sedih, dan bisa bikin kita nangis bombay? Ini dia rekomendasinya!

Rekomendasi Buku dan Novel Sedih yang Bikin Nangis

1. Sumur

Sumur adalah cerita pendek karya Eka Kurniawan yang masuk dalam nominasi Man Booker International Prize 2016 dan peraih penghargaan Prince Claus Laureate 2018. Cerita pendek ini pertama kali terbit dalam bahasa Inggris pada antologi Tales of Two Planets dengan judul “The Well”.

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Disini!

Sebenarnya, novel ini memperlihatkan tentang bagaimana situasi lingkungan setelah mengalami perubahan iklim dan begitu memengaruhi banyak aspek kehidupan. Di sini menceritakan kampung yang makin hari makin kekeringan dan hanya mengandalkan satu sumur tua untuk semua warga. Akhirnya, kampung ini pun ditinggalkan warganya satu per satu.

Selain itu, sumur ini bisa disebut sebagai saksi bisu sebuah kisah cinta dari Thoyib dan Siti beserta tragedi yang mengiringinya. Buku ini hanya setebal 60 halaman sehingga bisa dibaca dalam sekali duduk.


Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia


2. Cantik Itu Luka

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Masih dari karya Eka Kurniawan yang juga menjadi best seller, buku ini mengambil latar sejarah Indonesia dari penjajahan Belanda hingga masa G30S. Mengisahkan Dewi Ayu, wanita keturunan Indo-Belanda yang kecantikannya malah memberikan kehidupan yang kelam pada dirinya. Kecantikan dan ras yang menyelimutinya, membuat ia terpaksa harus memuaskan para tentara Jepang.

Novel ini memadukan kisah roman, hantu, kekejaman politik, mitologi, hingga petualangan yang begitu epik. Kisah yang lenyap ditelan kabut dan seorang ibu yang menginginkan bayi buruk rupa. Hal ini karena ia merasa suatu saat kecantikan anak-anaknya itu berakibat buruk juga bagi mereka sendiri.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Cantik Itu Luka

3. Funiculi Funicula

Buku ini berisi empat bagian cerita pendek dari kisah pengunjung kafe kecil tua di gang kota Tokyo yang ingin melakukan time travel. Dari seorang wanita muda, seorang perawat, seorang kakak, hingga seorang ibu yang ingin memperbaiki semua kesalahan dan penyesalan yang terjadi di masa lalunya.

Kafe ini memiliki satu tempat yang mampu membawa mereka ke masa lalu. Tapi sang pelayan yang bernama Kazu selalu mengingatkan bahwa saat menjelajahi waktu, tidak ada yang bisa benar-benar berubah jika garis takdir sudah berjalan dengan sendirinya.

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Disini!

Melakukan time travel di kafe ini pun tak semudah itu, karena mereka harus selalu duduk di tempat yang sudah ditentukan, harus menghabiskan kopinya sebelum menjadi dingin, serta sederet aturan lainnya yang jika tidak diikuti, akan terjebak selamanya dan tak bisa kembali.

Novel yang berasal dari sebuah pementasan drama ini memiliki pesan mendalam tentang arti hidup setelah kehilangan. Masa lalu tidak bisa diubah, tapi kita bisa berusaha memiliki masa depan yang baik saat kita selalu berusaha menjalani hidup dengan baik.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Funiculi Funicula


Baca juga: Funiculi Funicula: Tawarkan Perjalanan Ke Masa Lalu dengan Kopi Hangat


4. Di Tanah Lada

Novel ini mengisahkan Salva, anak kecil yang biasa dipanggil Ava, namun papanya memanggil dengan sebutan Saliva atau ludah, karena ia dianggap sebagai anak yang tidak berguna. Novel ini mengungkapkan bagaimana KDRT menjadi luka terdalam yang awet dalam benak tokoh anak-anak.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Pada suatu hari, Ava sekeluarga pindah ke sebuah Rusun Nero setelah Kakek Kia meninggal. Kakek Kia pernah memberikan Ava sebuah kamus sehingga membuatnya pintar berbahasa Indonesia. Sayangnya orang dewasa merasa ini hal biasa saja dan lebih penting pintar bahasa Inggris.

Tanpa diduga, kepindahan Ava ke Rusun Nero membuatnya bertemu dengan laki-laki bernama P yang mempunyai nasib sama dengan dirinya. Bagi mereka berdua rumah adalah tempat yang menyeramkan. Mereka pun berpetualang hingga sampai pada akhir yang mengejutkan.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Di Tanah Lada

5. Tokyo dan Perayaan Kesedihan

Novel ini mengisahkan Joshua Sakaguchi Widjaja yang meneruskan perjalanannya ke Tokyo untuk sejenak menjadi orang pemalas dalam hidupnya. Ia yang biasanya tidak bisa jadi pemalas akhirnya merasakan duduk santai di taman dan bertemu dengan banyak orang.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Joshua pun dipertemukan dengan Shira yang sedang bersedih dan meninggalkan banyak surat. Berbeda dengan Joshua, tujuan Shira ke Tokyo adalah melarikan diri untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama ini memusingkan benaknya. Lagi-lagi Joshua tidak bisa menjadi pemalas, ia pun sibuk menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan Shira yang menyayat hatinya.

Shira yang berharap terjebak dan tenggelam di lautan bersama penyesalannya langsung dicegah Joshua. Shira merasa menemukan jawaban dari Joshua yang datang tiba-tiba dalam hidupnya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Tokyo Dan Perayaan Kesedihan

6. Laut Bercerita

Novel bersejarah ini mengangkat peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa-masa reformasi sekitar tahun 1998. Laut Bercerita dibagi menjadi dua bagian melalui sudut pandang Biru Laut dan sudut pandang adiknya yang bernama Asmara. Meski fiksi, novel ini didasarkan pada kisah dan obrolan nyata para aktivis pra-reformasi.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Biru Laut adalah seorang aktivis yang berani menyuarakan isu sosial antara tahun 1991 sampai 1998. Kelompoknya dianggap berbahaya dan mereka pun ditangkap serta dihukum secara fisik dan mental.

Lalu, kisah pedih sebuah keluarga yang mengalami kehilangan juga dikupas dalam novel ini lewat cerita Asmara. Ia bersama keluarga bingung dalam mencari keberadaan Biru Laut. Bertahun-tahun mereka mencari kejelasan dimana Biru Laut berada.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Laut Bercerita

7. Autumn in Paris

Illana Tan dengan kisah tetralogi musimnya memang selalu sukses membolak-balikan perasaan pembaca. Buku ini diawali kisah yang manis namun berakhir dengan kejutan yang super duper pedih dan mengiris hati.

Seri ini biasanya memiliki kisah yang romantis dan sangat manis, sama halnya dalam buku ini yang menceritakan Tara Dupont. Ia sangat menyukai Paris dan musim gugur, ia juga merasa dirinya sudah memiliki segalanya dalam hidup ini, sampai ia bertemu Tatsuya Fujisawa yang karakternya sangat susah ditebak.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Berbanding terbalik dengan Tara, Tatsuya sangat benci Paris dan musim gugur. Ia datang ke Paris hanya untuk mencari orang yang telah menghancurkan hidupnya, namun ia tidak menduga akan terpesona pada Tara, yang lambat laun dapat mengubah dunianya.

Tara maupun Tatsuya sama sekali tidak menyadari benang yang menghubungkan mereka dengan masa lalu. Adanya rahasia yang menghancurkan segala harapan, perasaan, dan keyakinan. Ketika kebenaran terungkap, tersingkap pula arti putus asa, tak berdaya, dan kenyataan yang begitu menyakitkan, hingga mendorong salah satu dari mereka ingin mengakhiri hidupnya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Autumn in Paris


Baca juga: Penulis Misterius Illana Tan, Ini Dia Novel Tetralogi Empat Musim Terbaiknya!


8. Dikta & Hukum

Kerumitan kisah asmara Dikta dan Nadhira ini berpotensi membuat air mata jatuh membasahi pipi. Mulai dari kisah persahabatan hingga arti cinta sejati, semuanya terangkum epik di buku yang punya akhir cerita menyesakkan hati.

Buku ini mengisahkan Dikta, seorang mahasiswa hukum tingkat akhir yang pintar, sedangkan Nadhira adalah anak SMA kelas 12 yang pemalas dan mageran. Dikta yang serius dan disiplin sangat berbanding terbalik dengan Nadhira. Walaupun karakter Dikta dingin, ia sering membantu tugas-tugas Nadhira dan selalu menjadi penyelamatnya di kala tugas menyerang.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Mereka sudah berteman sedari kecil, hingga akhirnya mereka terjebak dalam perjodohan kedua orang tua, padahal Nadhira sudah punya pacar. Dikta pun sempat punya pacar, tapi akhirnya gagal karena diselingkuhi.

Sama-sama mengelak dan tidak menyetujui perjodohannya, tapi perhatiannya Dikta kepada Nadhira benar-benar bertolak belakang dengan pernyataannya itu. Dikta yang dingin ternyata sangat perhatian akan semua hal kecil tentang Nadhira.

Hingga akhirnya, Dikta menceritakan sedikit demi sedikit hal yang selama ini ia tutupi dan membuat hidupnya tak lama lagi kepada teman kecilnya ini. Ia juga mempunyai wish list, yang ingin ia lakukan bersama Nadhira, sebelum semuanya hilang.


Baca juga: Novel Dikta dan Hukum yang Viral Sampai Bikin Air Mata Bercucuran


9. Kudasai

Novel ini berhasil membuat hati tergores, walau awalnya bertebaran lelucon antara kisah Chaka dan Twidy hingga membuat pembaca tertawa tanpa henti. Tapi ternyata akhir kisah yang seperti roller coaster juga berhasil membawa emosimu naik turun seketika, hingga menangis tanpa suara.

Novel ini diawali dengan tindakan bodohnya Chaka yang terpaksa menikahi Twindy, seorang alpha female luar biasa yang memimpin sebuah firma arsitek terkemuka. Chaka yang seumur hidupnya hanya memiliki dua keahlian, yaitu bernapas dan memasak, mau tidak mau harus menjalani kehidupan pernikahan layaknya sedang menjalani tutorial siksa kubur.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Kehidupan mereka benar-benar dikelilingi penuh tangis dan tawa, hingga suatu ketika Chaka tidak sengaja bertemu dengan mantan pacar yang dulu ditinggalkannya untuk menikah dengan Twindy. Segala hal yang belum selesai di antara mereka membawa Chaka ke pusaran masalah.

Berbagai cara dilakukan, hingga puncaknya pilihan ada di Chaka antara memilih terseret dan tenggelam bersama masa lalunya, atau meraih uluran tangan Twindy yang ternyata sedang mengandung anaknya.

10. Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Mecintai seseorang yang tidak seharusnya dicintai membuat Tania memiliki beberapa kerumitan perasaan yang dialami. Buku ini dipenuhi dengan kalimat yang quoteable, namun memiliki akhir kisah yang siap membuat air matamu berderai seketika.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Tania dan Dede adalah saudara yang tinggal bersama ibunya dalam kesederhanaan. Kemudian mereka bertemu dengan Danar, seorang karyawan dan juga penulis buku anak-anak. Danar begitu baik dan membantu keluarga Tania saat keluarga Tania dilanda kesusahan dan ibunya Tania sedang sakit-sakitan.  

Ternyata Tania dan Danar saling menyimpan rasa. Namun Danar sadar bahwa Tania terlalu muda untuk dirinya. Danar pergi dan memilih mencari wanita lain yang setara dengan dirinya untuk bisa ia nikahi. Ratna namanya, jawaban atas sosok yang Danar dambakan. Namun ternyata kehidupan mereka kurang bahagia, yang membuat Ratna menceritakan semua masalah rumah tangganya kepada Tania, dan membuat Danar harus mengakui segala rasa yang pernah dipendamnya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin


Baca juga: 10 Novel Indonesia Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Itu dia rekomendasi novel paling menyedihkan dan menyayat hati dan mampu membuatmu menangis tersedu-sedu tanpa henti! Kamu juga bisa baca buku lainnya yang tersedia hanya di Gramedia.com.

Ayo, segera ikuti promo-promo menarik lainnya di Gramedia.com dengan klik gambar di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Baca juga rekomendasi novel lainnya berikut :


Sumber foto header: freepik.com