10 Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!

10 Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!

. 6 min read

Tidak hanya populer dengan industri musik dan filmnya, saat ini Korea Selatan juga sedang menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra dan kepenulisan.

Dari penulis novel kontroversial Cho Nam-Joo hingga Kyung-Sook Shin yang karyanya laris di Amerika Serikat.

Beruntungnya, kamu bisa membaca karya terbaik penulis-penulis asal Korea Selatan tersebut yang kini tersedia di Gramedia.com.

Berikut rekomendasi novel Korea Terjemahan Indonesia yang dijamin nggak kalah seru dibanding drakor alias drama Korea. Apa saja ya?

1. Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer) - Kim Young-ha

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Menceritakan seorang mantan pembunuh berantai bernama Kim Byeong-su, yang mulai hilang ingatan akibat penyakit demensia.

Demi memertahankan ingatan yang tersisa agar tak terlupa, ia pun mencatat semua yang terjadi. Termasuk kehadiran sosok kekasih putrinya yang dicurigai sebagai pembunuh berantai, yang kini mengincar wanita di sekitar tempat tinggal mereka.

Kim Byeong-su berusaha untuk memastikan sang putri tidak menjadi korban berikutnya. Ia memutuskan untuk melakukan tindakan yang sudah lama tidak ia lakukan, sebelum ingatannya hilang seluruhnya.

2. Bone - Mijin Jung

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Menceritakan sosok Junwon, seorang lelaki yang dua tahun sebelumnya ditinggal pasangannya bernama Ha Jin.

Ketika ia sudah mulai melupakan gadis itu, tiba-tiba ia menerima sebuah paket dengan surat ancaman yang memintanya membawa sejumlah uang untuk menebus Ha Jin.

Batas waktunya mendesak. Jika tidak bisa menemukan Ha Jin, sudah bisa dipastikan ia tidak akan pernah lagi bertemu dengannya. Apakah Junwon berhasil menemukan Ha Jin?

Selain dibalut cerita romansa dan misteri, para pembacanya juga diajak untuk mengarungi perasaan dan pikiran Junwon yang terluka dalam buku ini.

Ditambah foto karya Oh Sunhye di dalam buku ini, dapat membantu pembacanya memvisualisasikan sosok Junwon, dan larut ke dalam kenangannya bersama Ha Jin.

3. I'll Go to You When the Weather is Nice - Lee Do Woo

rekomendasi
Beli bukunya di sini

I`ll Go To You When The Weather Is Nice termasuk novel yang populer di Korea Selatan, sehingga ceritanya juga diangkat menjadi drama Korea.

Bercerita mengenai sosok Haewon, ia terkejut saat pulang ke kampung halamannya, ketika melihat salah satu rumah tua berubah menjadi toko buku baru.

Tak disangka, pemiliknya adalah Eunseob, sosok lelaki yang juga teman sekolahnya dulu. Haewon mulai menjalin hubungan dengan orang-orang di desa itu, termasuk dengan Eunseob.

Ada banyak hal yang terjadi saat Haewon kembali, bahkan sebuah rahasia yang selama ini tersimpan rapat akhirnya terbongkar. Akankah Haewon tetap tinggal di desa itu? Lalu, bagaimana nasib hubungan Haewon dan Eunsob?

4. Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982 - Cho Nam-Joo

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982  menceritakan sosok Kim Ji-Yeong, sosok wanita yang mengalami perlakuan diskriminatif selama hidupnya.

Di tengah kehidupan yang masih menjunjung tinggi budaya patriarki, sebagai perempuan biasa ia berusaha tegar dan berjuang dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Berbagai permasalahan yang menyerang, membuat ia merasakan kesedihan yang mendalam sebagai perempuan, membuatnya terjebak dalam perasaan depresi.

Buku ini menyadarkan kita bahwa masalah diskriminasi dan kesetaraan gender masih menjadi tugas yang berat untuk diselesaikan. Tak hanya di Korea Selatan saja, namun juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

5. Ibu Tercinta (Please Look after Mom) - Kyung Sook Shin

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Berhasil menjadi sensasi serta buku terlaris yang telah terjual lebih dari 1,5 juta kopi, Please Look After Mom adalah sebuah kisah yang menakjubkan dan sangat menyentuh.

Menceritakan sepasang suami-istri yang berangkat untuk mengunjungi anak-anak mereka di kota. Ketika sang suami bergegas naik kereta, ia mengira istrinya telah mengikuti di belakang.

Ia baru menyadari ternyata sang istri tak ada di sisinya. Ia tertinggal di stasiun Seoul. Sosok ibu yang hilang itu tak kunjung ditemukan.

Anggota keluarga yang ditinggal, berusaha untuk mengatasi trauma. Satu per satu dari mereka sadar betapa pentingnya peran ibu, dan betapa selama ini mereka hanya sedikit mengenal dekat sang ibu. Apakah sang ibu berhasil ditemukan?


Baca juga: Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller


6. Cinderella dan Empat Kesatria #1 (Cinderella and Four Knights #1) - Baek Myo

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Jika kamu doyan nonton drama Korea, pasti kamu familiar dengan judul buku ini. Benar sekali! Drama ini ternyata berawal dari novel berjudul sama, yang ditulis oleh Baek Myo.

Menceritakan sosok Eun Ha Won, yang jalan hidupnya mirip dengan cerita Cinderella. Tak disangka bahwa kakek yang pernah ia tolong, ternyata adalah Direktur Kang, seorang pengusaha yang kaya raya.

Sebagai bentuk balas budi, Direktur Kang bersedia membantu Ha Won, yaitu untuk keluar dari rumah yang ditinggalinya bersama sang ibu tiri.

Ia pun kemudian tinggal di rumah mewah bersama tiga cucu tampan dan seorang pengawal pribadi sang direktur. Tapi, menjadi kaya bukan berarti kehidupannya menjadi mulus.

Banyak yang iri padanya, ditambah lagi Kang Ji Woon, sang cucu ketiga, membencinya sejak pertemuan pertama. Kapankah ia mendapatkan ketenangan yang diinginkannya?

7. The Purloined Book - You Sun Dong

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Kembali ke novel bergenre thriller, kini ada The Purloined Book yang menceritakan sosok Seo Dong-yoon, seorang dosen sekaligus penulis skenario, yang menjadi saksi atas kematian Yeong-ho.

Yeong-ho ditemukan dalam kondisi mengenaskan, karena pelaku memukul bagian kepala dan wajahnya tanpa ampun dengan pipa, hingga tidak bisa dikenali.

Mendengar berita kematian Yeong-ho, Dong-yoon terus termenung, mengapa ini bisa terjadi setelah semalam Yeong-ho berpisah dengannya?

Sementara itu, tak hanya Yeong-ho saja, seorang penulis pendamping juga ditemukan tak bernyawa setelah pergi minum-minum dengan Dong-yoon.

Mencoba menggali sisa-sisa ingatan, Dong-yoon berusaha mencari tahu kejadian yang terlihat jelas di matanya pada hari itu.

8. Anak Teladan (The Good Son) - Jeong You-Jeong

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Korea Selatan memiliki banyak sekali novel thriller yang menarik untuk dibaca, salah satunya adalah The Good Son karya Jeong You-Jeong.

Menceritakan kisah Yoo Jin, yang terbangun dan menemukan dirinya dalam keadaan berlumuran darah. Namun itu bukan darahnya. Jadi, darah siapa?

Pertanyaan itu terjawab setelah ia menemukan ibunya tergeletak tak bernyawa, dengan leher tergorok penuh genangan darah di apartemen mereka.

Sebagai penderita epilepsi, ingatan Yoo Jin seringkali tidak bisa mengingat apa pun yang terjadi, termasuk kejadian malam itu. Hanya suara ibunya yang memanggil namanya selalu terngiang-ngiang di telinga.

Apakah sang ibu memanggilnya untuk meminta tolong? Atau untuk memohon agar ia tidak membunuhnya? Yoo Jin pun berusaha menggali ingatannya, serta menguak rahasia lama tentang dirinya sendiri dan keluarganya.

9. Paint - Lee Hee-Young

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Para pembaca diajak untuk berkenalan dengan Jenu 301, seorang anak yang dibesarkan oleh institusi pemerintah bernama NC Center.

NC Center melakukan pencarian calon orangtua yang biasa disebut Parent’s Interview atau PAINT. Sayangnya, setiap calon yang ditemui Jenu 301 tidak tulus untuk mengasuhnya, namun hanya ingin mendapatkan keuntungan dari pemerintah.

Di tengah keputusasaannya, Jenu 301 kemudian bertemu dengan calon orangtua yang berprofesi sebagai penulis dan pelukis. Meski terlihat sederhana, namun ia bisa melihat sisi lain dari pasangan ini.

Berhasilkah Jenu 301 diadopsi oleh calon orangtua pilihannya? Mampukah ia meninggalkan NC Center yang selama ini membesarkannya?

Paint karya Lee Hee-Young adalah rilisan terbaru dari m&c! di bulan Juli lho, jadilah pembeli dan pembaca pertama buku ini ya!

10. School Nurse Ahn Eunyoung - Chung Serang

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Chung Serang merupakan seorang penulis kisah fiksi ternama asal Korea Selatan. Novel ini, yang merupakan salah satu karyanya yang laris di pasaran, akan segera diadaptasi menjadi serial di Netflix, lho!

School Nurse Ahn Eunyoung menceritakan sosok Ahn Eunyoung, yang merupakan seorang perawat sekolah yang ceria, ramah, dan sangat antusias dengan pekerjaan yang ia geluti.

Keunikannya adalah ia bukan perawat sekolah biasa, namun juga pemusnah roh jahat. Ia sudah merasakan firasat buruk sejak pertama kali menginjakkan kaki di SMA M. Banyak hal-hal aneh terjadi di sekolah itu.

Bersama gurunya yang juga merupakan cucu pendiri sekolah yaitu Hong Inpyo, mereka harus bekerja sama untuk menguak rahasia yang tersembunyi di SMA M. Apakah mereka berhasil?

Rencananya, School Nurse Ahn Eunyoung akan segera rilis di Indonesia pada bulan Agustus 2020. Jadi, pantengin terus update dari Gramedia.com ya!


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


Sudah tahu kan, buku apa saja yang merupakan karya dari penulis ternama asal Korea Selatan?

Jangan sampai kehabisan, ayo beli bukunya sekarang hanya di Gramedia.com, dan Gramedia Digital untuk versi e-book-nya!


Photo header by: kath-reads.com