Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Novel Islami Romantis yang Wajib Kamu Baca

10 Novel Islami Romantis yang Wajib Kamu Baca

Mau coba baca novel romantis yang nggak hanya buat senyum, tapi bisa juga menangis dan mendapatkan ilmu baru seputar agama?

Selain kisah cinta dalam pernikahan, tapi ada juga tentang masalah-masalah yang mungkin bisa terjadi dalam kisah romantis tersebut. Nah, beberapa novel Islami ini sudah banyak yang terbit lagi. Apa saja sih bukunya? Keep scrolling ya, Grameds!

Rekomendasi Novel Islami Terbaru

1. Nawaitu Cinta

Berisi kumpulan curahan hati seorang influencer islami muda, Natta Reza. Dalam buku ini dituliskan bagaimana awal mula dirinya dengan Wawa, sang istri tercinta, yang akhirnya bersama membangun rumah tangga.

nawaituBeli Sekarang di Sini!

Saling mencintai bukan berarti semuanya mulus berjalan tanpa konflik, tapi bagaimana rintangan itu semua bisa diatasi dengan rasa saling mengerti dan menyayangi. Mau tahu gimana Natta dan Wawa melewati hari-hari di tahun pertama pernikahan mereka? Buku ini akan menjawab semua pengalaman rumah tangga mereka.

2. Istri Kedua Gus

Buku ini membahas tentang isu poligami. Penulisan dengan POV orang ketiga, membuat kamu bisa mengetahui keseluruhan isi hati dari tiap karakter di dalamnya. Berkisah tentang Nisa, wanita yang mempunyai luka di wajahnya, dan merasa tidak akan ada lelaki yang mau menjadikannya istri. Tapi ternyata, ia akan dilamar Gus, namun untuk dijadikan sebagai istri kedua.

istriBeli Sekarang di Sini!

Dengan dukungan orang tua, Nisa pun menerima lamaran sang Gus. Dan, setelah resmi menjadi istri kedua sang Gus, Nisa harus menghadapi segala tekanan, mulai dari lingkungan sekitar hingga istri pertama sang Gus. Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari cerita masing-masing karakter dalam buku ini.

3. Layangan Putus

Mungkin ada yang ingat dengan cerita viral dari akun Facebook seorang ibu dari 4 anak, yang ditinggal menikah kembali oleh suaminya? Yap, akun Mommy ASF kala itu langsung menjadi pembicaraan masyarakat, dan kini kisah tersebut dibukukan, bahkan sudah diangkat menjadi web series.

layanganBeli Sekarang di Sini!

Menceritakan tentang Kinan, remaja polos yang menemukan cinta di kota besar. Aris, lelaki mandiri dan tangguh, mengenalkan Kinan dengan dunia baru yang indah. Kinan dan Aris pun berjanji dalam ikatan pernikahan. Kinan melupakan mimpi jadi wanita karier, dan memilih merawat keluarga di rumah, sesuai permintaan Aris, sambil kembali mengenal Tuhan.

Kinan punya mimpi pergi ke Capadocia. Aris pun menyaksikan keindahan kota tersebut, namun Kinan hanya menikmati dari foto-foto yang ia temukan di ponsel Aris, bersama wanita lain. Akankah Aris kembali berhasil membuat Kinan mengerti akan pilihannya?


Baca juga: Kisah Nyata Novel Layangan Putus, Kini Jadi Serial Terpopuler!


4. Langkah Kaki

Bisa bayangkan kamu menikah dengan lelaki yang tidak mencintaimu kembali? Wah, pasti pernikahan akan berat ya. Ada banyak pesan moral yang bisa diteladani dari kisah ini. Karakter dalam novel ini merasakan hal berat itu, namun ia percaya Allah akan menumbuhkan rasa cinta sang suami padanya.

langkahBeli Sekarang di Sini!

Suatu saat ada kejadian yang membuat sang suami malah membencinya dan menumbuhkan kekecewaan mendalam. Rumah tangga pun di ambang kehancuran. Apakah mereka bisa melaluinya? Terus berjalan meski tertatih untuk menggapai rumah sakinah, atau justru pernikahan malah terhenti?

5. Raihan & Raisya

Untuk yang ini, kisahnya cocok banget buat remaja, tapi tak kalah sarat makna. Ada Raihan yang cerdas, jarang bicara dan sukanya menyendiri, ternyata disukai banyak perempuan. Karena itu walaupun dia suka menyendiri tapi malah punya tingkat kepedean yang tinggi.

raihanBeli Sekarang di Sini!

Raisya, perempuan pelupa, pemalas, cerewet, labil, dan memiliki ambisi mengejar cinta kakak kelas bernama Bejo. Laki-laki hitam manis yang selalu membuatnya terkesima. Nah, Raihan dan Raisya ini berteman sejak kecil, tapi juga sering berantem ributin hal-hal yang nggak penting. Suatu saat, karena sebuah kesalahpahaman, keputusan sulit diambil di usia muda, dan malah jadi bencana bagi mereka berdua. Hmm, masalah apa ya?

6. Shaf

“Satu shaf shalat di belakangnya adalah mimpi buruk.”

Kalimat itu menjelaskan kondisi Shafira yang kini menjadi sekretaris untuk seorang manajer perencanaan bernama Athaya Khalil Adnan. Sebenarnya, Shafira hidup dalam stigma bahwa bahwa profesi sekretaris hanyalah seorang "yes-man", menuruti semua kemauan atasannya tanpa memikirkan atau mempertimbangkan benar-salahnya. Intinya, konotasinya selalu negatif.

bukuBeli Sekarang di Sini!

Mungkin karena pola pikir yang buruk itu, Allah seolah menghukumnya dengan cara membuat Shafira terjebak dalam profesi yang sangat dia hindari, menjadi sekretaris dan membuatnya masuk dalam labirin yang tidak memberikannya pilihan.

Karakter dan kebiasaan Athaya sangat kontradiksi dengan prinsip-prinsip Islam yang Shafira pegang. Namun, pria ini justru menyetujui segala hal yang tidak Shafira lakukan. Lalu, bagaimana jadinya kalau dua makhluk yang saling bertolakbelakang itu menjalankan takdir yang sama?

7. Bidadari Bermata Bening

Berikutnya ada novel dari penulis Habiburrahman El Shirazy yang terkenal akan novel-novel islaminya. Bukunya yang berjudul Bidadari Bermata Bening ini mengisahkan tentang seorang santriwati yang miskin bernama Ayna. Ia adalah sosok yang cerdas, sabar, dan kuat dalam menghadapi ujian hidup.

Ia memendam rasa cinta kepada Gus Afif, putra penerus pesantren. Namun, banyak rintangan yang menghalangi kisah cinta mereka berdua. Ia terpaksa menikah dengan seorang konglomerat bernama Yoyok. Pernikahannya tak berlangsung dengan baik, Yoyok tak pernah beribadah dan selalu mabuk-mabukan. Hingga pada suatu saat, Yoyok ditangkap karena tindakan korupsi yang dilakukan bersama bapaknya.

bukuBeli Sekarang di Sini!

Ayna kabur dan hidup susah di jalanan kota Bandung. Di sisi lain, Gus Afif yang sempat sakit karena patah hati, kemudian mulai hidup sederhana dan berdagang di Bogor. Akankah keduanya bertemu kembali? Dan apakah dengan kisah cinta mereka di masa lalu akan berlanjut?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Bidadari Bermata Bening

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!

8. Sabr

Kali ini ada kisah tentang dua orang kembali dipisahkan oleh takdir. Faiha mendapatkan surat cinta dari Faiq yang merupakan putra seorang kyai. Saat itu adalah tahun terakhirnya di Sekolah Dasar, jadi ia menolak cinta Faiq dan ingin fokus pada pendidikannya terlebih dahulu serta ingin menjalani hidup sesuai syariat Islam.

bukuBeli Sekarang di Sini!

Faiq sadar bahwa tindakannya itu keliru. Kemudian, ia pun pindah ke sebuah pesantren di provinsi yang berbeda. Ia meninggalkan Faiha tanpa pesan apapun. Apakah mereka akan bertemu kembali?

9. Hijrah Itu Cinta

Senja dan Satria saling menyukai satu sama lain. Senja yakin Satria bisa menjaga dirinya, terlebih lagi karena pertemuan pertama mereka yang mengesankan. Mereka semakin dekat hingga pada suatu malam Senja dijebak oleh Satria di sebuah hotel, tetapi ia berhasil menghindari hal yang tak diinginkan itu.

bukuBeli Sekarang di Sini!

Suatu hari, Senja mendapat surat wasiat dari mendiang ayah kandungnya. Di sana, ayahnya menuliskan tentang pertobatan dari perbuatan zina. Senja mengajak Satria untuk bertaubat dan hijrah. Di tengah proses menjalani hijrah, datang teman lama Senja, yakni Fajar. Tekadnya untuk hijrah pun semakin kuat.

10. Surat Cinta dari Bidadari Surga

Buku berikutnya berkisah tentang Latifah yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Karena posisinya itu, tak mudah baginya untuk membuka hati kepada lelaki. Di sisi lain, ada Rustam yang mencintai Latifah dalam diam.

bukuBeli Sekarang di Sini!

Waktu terus berlalu, tetapi Rustam masih memendam rasa cintanya kepada Latifah. Padahal, rasa cintanya begitu besar. Apakah Rustam sempat untuk menyatakan cintanya kepada Latifah?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Surat Cinta dari Bidadari Surga


Baca juga:

Yuk, Pertebal Iman dengan 10 Buku Islami Terpopuler!

Rekomendasi Novel Islami Romatis


Itu dia 10 novel cinta bernapaskan Islami. Tentunya, cerita-cerita tersebut bisa menambah sudut pandang kamu, menambah ilmu, dan tentunya sarat akan makna mendalam.

Masih ada banyak buku-buku islami lainnya di Gramedia.com yang bisa kamu jajal lho, Grameds! Jangan lupa langsung masukan ke keranjang dan checkout sekarang.

Mau tahu promo yang sedang berlangsung di Gramedia.com? Diskon menarik, special price, harga spesial pre-order, dan penawaran spesial lainnya? Coba tengok di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Selamat membaca!


Sumber foto header: tabloidbintang.com

Penulis: Almira Rahma Natasya & Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus