Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG)

Profile
  

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG)

Universitas 17 agustus 1945 Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang terkemuka di Indonesia berlokasi di Jalan Semolowaru, Surabaya. Universitas ini tergolong sebagai perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Pemberian nama Perguruan Tinggi tersebut disesuaikan dengan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan harapan dapat mewarisi semangat kebebasan bangsa. Universitas 17 agustus 1945 Surabaya resmi didirikan pada 30 Mei 1966 di Kota Metropolitan kedua setelah Jakarta. Kota tersebut juga dikenal sebagai kota dengan kehidupan yang dinamis.

Yayasan Perguruan 17 agustus 1945 Surabaya atau yang biasa disingkat YPTA merupakan badan penyelenggara pendidikan yang semula membina SMA dan SGA. Yayasan tersebut didirikan oleh orang berpandangan nasionalis yang sadar akan kondisi Indonesia yang baru terlepas dari penjajahan. Pendiri yayasan sadar akan pendidikan masyarakat yang sangat terbatas semasa penjajahan Belanda dan Jepang. Maka dari itu, didirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan sebagai solusi dari masalah pendidikan masyarakat yang terbatas. YPTA didirikan dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mengentas masyarakat dari kebodohan dan kemiskinan sebagai wujud masyarakat adil dan makmur. Tiga tahun berlalu, YPTA resmi membuka Akademi Administrasi Negara dan Niaga (AANN). Akademi tersebut berhasil membina 80 mahasiswa pada tahun pertamanya.

Mahasiswa dapat memilih jurusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat itu. Sementara penetapan kurikulum telah disesuaikan dengan arahan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta. Kemudian AANN Surabaya bergabung dengan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta pada tahun 1962. AANN Surabaya yang berstatus sebagai akademi cabang berganti nama menjadi Akademi Administrasi Negara dan Niaga Universitas 1945 Cabang Surabaya atau yang biasa disingkat AKADIANN.

AKADIANN terus berkembang sejalan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia berkembang menjadi Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK) pada tahun 1964. Kemudian pada periode 1963-1966 didirikan beberapa fakultas baru, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Sosial Politik, dan Fakultas Kedokteran Hewan. Seluruh fakultas baru yang didirikan terdaftar menjadi cabang Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya resmi memisahkan diri dari cabang Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Kemudian Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 juga menandatangani Akta Notaris R. Yuliman Reksohadi Nomor 14 pada tanggal 30 Mei 1966 atas keputusan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memisahkan diri dari cabang Jakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 789/UNTAG/K/1977 yang diterbitkan pada 5 Oktober 1977 berisi mengenai penetapan Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Statuta Umum Universitas 17 Agustus 1945 Induk Jakarta tidak berlaku lagi. Keputusan tersebut ditetapkan di Semarang pada 6 Juli 1969. Perjalanan Universitas 17 Agustus 1945 tidak berhenti sampai di situ. Berbagai fakultas di universitas tersebut terus mengalami perubahan, perkembangan, penutupan, dan penambahan.

Makna Lambang Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Lambang Untag Surabaya memiliki makna pada setiap komponennya. Logo Untag Surabaya yang berbentuk segi lima melambangkan 5 Sila Pancasila. Kemudian terdapat gambar pohon beringin pada logo perguruan tinggi swasta tersebut untuk melambangkan kebangsaan, pengayoman, dan pelindung. Makna wadah dan penyebar ilmu dilambangkan dengan burung hantu. Yang terakhir terdapat lambang obor untuk melambangkan makna penenang, penyuluh, dan semangat yang tak kunjung padam.

Visi, Misi, dan Tujuan Universitas 17 Agustus 1945

Visi

Terwujudnya Universitas Unggul berbasis Nilai dan Karakter Bangsa pada Tahun 2035

Misi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengacu pada standar pendidikan tinggi berskala nasional, regional, dan internasional;
  2. Menguatkan Tata Kelola Universitas yang baik (Good University Governance);
  3. Memberdayakan (empowering) sumberdaya universitas serta menjalin jejaring (networking) dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi; dan
  4. Menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai moral, akademik, budaya, dan karakter bangsa Indonesia bagi civitas academica.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompetensinya diakui secara nasional maupun internasional;
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang mutunya diakui secara nasional maupun internasional;
  3. Menerapkan karya-karya inovatif produktif melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan manusia;
  4. Menjalankan Tata Kelola yang baik yang mengacu pada pengelolaan berstandar Internasional (Good University Governance);
  5. Memiliki keunggulan SDM yang mampu diberdayakan untuk penguatan kompetensi Untag Surabaya;
  6. Memiliki jejaring kerjasama yang mampu mengoptimalkan tercapainya Visi, Misi Untag Surabaya; dan
  7. Memiliki civitas academica yang beridentitas nilai dan karakter bangsa Indonesia.

Akreditasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) : A

Secara institusi, Universitas 17 Agustus 1945 saat ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “A” berdasarkan Surat Keputusan Nomor 485/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Video Profil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Profil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dapat disaksikan pada tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=RKJSdu_wdu0

Fakultas dan Jurusan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG)

Biaya Kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) TA 2020f/2021

Rincian biaya kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dapat disimak di sini.

Jurusan Favorit di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fasilitas

Universitas 17 Agustus Surabaya berhasil menduduki peringkat ke-57 dalam 100 universitas terbaik Indonesia pada tahun 2019. Ranking tersebut naik sebanyak 24 tingkat dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, Universitas 19 Agustus 1945 Surabaya menyadari pentingnya fasilitas pendukung kegiatan akademik dan non akademik mahasiswa.

1. Ruang Serbaguna

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menghadirkan fasilitas ruang serbaguna yang diberi nama Graha Widya. Graha tersebut mampu menampung hingga 1.500 orang. Kemudian terdapat Lecture Theather Graha Wiyata yang memiliki daya tampung hingga 600 orang. Ruang serbaguna yang disediakan kerao digunakan untuk acara seminar dan diskusi, baik oleh mahasiswa, dosen maupun masyarakat luar.

2. Layanan Donor Darah

Fasilitas yang disediakan Universitas 17 Agustus 1945 cukup unik. Untag Surabaya menghadirkan fasilitas layanan donor darah yang bernama Gerai Unit Donor Darah. Fasilitas penunjang yang satu ini memberikan kemudahan kepada warga kampus dan masyarakat umum untuk mendonorkan darahnya sebagai wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, hadirnya fasilitas layanan donor darah dapat mendukung program PMI untuk memenuhi kebutuhan stok darah. Layanan ini dibuka dari hari Seni s.d. Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB.

3. Multifunction Hall

Gedung yang satu ini dibangun oleh Alumni Fakultas Ekonomi. Multifunction Hall kerap difungsikan sebagai pusat kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), pelaksanaan wisuda, olahraga, dan kegiatan lainnya.

4. Book Store

Untag Surabaya menyediakan fasilitas Book Store untuk menunjang pengadaan buku murah dengan koleksi sesuai kebutuhan kampus bagi warga kampus dan masyarakat umum.

Berikut deretan fasilitas penunjang lainnya yang bisa dinikmati di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

  • Ruang Kuliah
  • Perpustakaan
  • Laboratorium dan Studio
  • Sarana Seni dan Olahraga
  • Layanan Kesehatan
  • Kantor Pos
  • Bank dan ATM
  • Kantin
  • Masjid Kampus
  • Hotspot Area
  • Pojok Bursa Efek Indonesia

Organisasi Kemahasiswaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 memiliki kurang lebih 67 Organisasi Kemahasiswaan (Orkem) yang tergabung dalam Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Dilengkapi sarana yang memadai, UKM Untag Surabaya menyalurkan minat dan bakat di bidang seni, olahraga, bela diri, kerohanian, dan penalaran. Minat dan bakat yang disalurkan berupa musik, paduan suara, wind orchestra, sepak bola, bola basket, soft ball, tenis lapangan, bulu tangkis, pecinta alam, karate, kempo, dan lain sebagainya yang telah menorehkan prestasi nasional hingga internasional.

Beasiswa

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menawarkan beragam beasiswa sebagai wujud kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan generasi penerus bangsa. Berikut berbagai beasiswa yang ditawarkan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang berasal dari pemerintah maupun universitas sendiri.

Beasiswa BBP-PPA
Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi mahasiswa yang terkendala ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.

Beasiswa Alumni
Beasiswa Alumni merupakan bantuan pendidikan berbentuk pemberian keringanan biaya pendidikan untuk alumni Untag Surabaya yang ingin melanjutkan studi ke program magister dan program doktor di lingkungan Untag Surabaya.

Besiswa Bidikmisi
Beasiswa yang satu ini merupakan bantuan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik. Beasiswa yang diberikan untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program Beasiswa Bidikmisi telah diselenggarakan sejak tahun 2010.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memberikan kesempatan khusus bagi putra purnawirawan TNI/POLRI/Pensiunan PNS/PNS Golongan I/Keluarga YPTA/Saudara kandung mahasiswa aktif atau alumni, keluarga tidak mampu dengan melampurkan surat keterangan Lurah setempat untuk memperoleh keringanan sumbangan uang gedung sebesar 25%.

Sewa Kos

Terdapat cukup banyak tempat kos di sekitar lokasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Mayoritas tempat kos menawarkan pembayaran per bulan, dengan biaya sewa paling murah Rp 300.000. Fasilitas yang ditawarkan dengan harga tersebut adalah kasur, lemari baju, Wi-Fi, meja rias, kursi, kipas angin, dan kamar mandi luar dengan kloset jongkok saja.

Adapun biaya kos paling mahal di sekitar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah Rp 3.600.000 per bulan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu kasur, lemari baju, meja, kursi, TV, kamar mandi dalam dengan kloset duduk dan shower, Wi-Fi, dan AC.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Surabaya

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp720.000)
Rata-rata (Rp900.000)
Tertinggi (Rp1.350.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp400.000)
Rata-rata (Rp700.000)
Tertinggi (Rp1.500.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya?

Jl. Semolowaru 45, Kecamatan Sukolilo
Kota Surabaya, 60118

Bagaimana sistem biaya pendidikan di UNTAG?

Biaya Kuliah Untag Surabaya terdiri atas SPP perbulan dan DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) yang dibayarkan sekali selama kuliah. DPP dapat diangsur dengan skema angsuran pertama 50% pada saat daftar ulang, sisanya dapat diangsur sebanyak 10x dan harus lunas pada bulan Juni tahun berikutnya.

Apakah ada biaya tambahan selain semesteran?

Ada. Diantaranya biaya admisi Rp600.000 (dibayar sekali) dan biaya her-Registrasi Rp200.000 (setiap semester).

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video