Profesi UI/UX Designer

profesi ui ux designer

Gaji UI/UX Designer

Rp. 5Jt - Rp. 8Jt / Bulan

Pendidikan UI/UX Designer

S1 Desain Komunikasi Visual

Sertifikasi UI/UX Designer

-

Daftar Isi

Deskripsi UI/UX Designer

Profesi UI/UX Designer bertugas mengurus User Interface, dan User Experience dengan memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi atau website. User Experience Design atau biasa disebut juga dengan UX Design merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna dalam membuat sebuah website atau aplikasi yang lebih mudah dan nyaman digunakan.

Tanggung jawab seorang UX designer sendiri memastikan bahwa setiap langkah penggunaan aplikasi atau website logis dan jelas. Sementara UI adalah tentang bagaimana suatu produk yang diciptakan terlihat seperti apa yang dapat dilihat oleh mata. Tujuan utama dari UI sendiri menampilkan interface yang memiliki keseragaman baik dari segi warna, layout, atau font.

Menjadi seorang UI/UX designer kita harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi user dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar. Cara kerja UI//UX Sendiri dimulai dari riset untuk memahami kebutuhan User (User Experience), Menuangkan hasil riset menjadi bentuk tampilan aplikasi (User Interface) yang user inginkan, melakukan test ulang hingga User Puas, dan terus melakukan improvement.

[algolia_carousel]

Peran dan Tanggung Jawab UI/UX Designer

  • Membuat user flow bersama dengan Product Manager dan UX Researcher, serta membuat konsep agar user nyaman menggunakan produk
  • Memetakan problem solving dari hasil riset yang sudah dilakukan oleh UX Research dalam bentuk wireframe yang nantinya akan diuji cobakan kepada user dalam proses usability testing
  • Membuat prototyping di Marvelapp untuk nantinya disampaikan kepada ke Frontend Engineer
  • Merencanakan dan mengimplementasikan desain untuk aplikasi atau perangkat lunak
  • Mengevaluasi dan mengoptimalkan desain antarmuka yang ada
  • Uji intuitif dan pengalaman pengguna
  • Berkomunikasi dengan klien untuk mengetahui dan memahami tujuan serta sasaran bisnis mereka
  • Membuat prototipe untuk produk baru
  • Melakukan penelitian terhadap reaksi dan pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi
  • Menguji ide-ide baru sebelum diimplementasikan
  • Bekerja sama dengan tim lain untuk mengembangkan produk

Keterampilan dan Pengetahuan UI/UX Designer

  • Desain, Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model
  • Kemampuan Memahami dan memvisualisasikan alur yang diikuti oleh pengguna atau user flow dalam menggunakan situs dan aplikasi
  • Pengetahuan tentang cara pembuatan  wireframing atau mock up sebagai rancangan awal dari desain situs atau aplikasi
  • Dapat membuat dan memahami prototyping dalam proses UI/UX Design
  • Memahami user interface dalam proses UI/UX Design yakni proses membuat antarmuka dalam situs atau aplikasi dengan fokus pada tampilan atau gaya
  • Mengerti tools yang digunakan oleh UI/UX Designer seperti Adobe XD, Figma, Marvel, Zeplin dan lain-lain
  • Mampu memecahkan masalah dari user berdasarkan riset dari UX Researcher dengan memberikan solusi berupa tampilan web dan aplikasi yang lebih mudah dimengerti
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kecakapan dalam presentasi produk.

Kepribadian UI/UX Designer

  • Berpikir Kritis, menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan serta kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  • Kreatif dan memiliki pemikiran yang out of the box
  • Orisinalitas, kemampuan mendatangkan ide-ide yang tidak biasa terhadap topik atau situasi yang diberikan, juga mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan suatu masalah
  • Kemampuan untuk mengerti dan berempati terhadap user, agar dapat menciptakan tampilan website yang ramah pengguna
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kecakapan dalam presentasi.
  • Kemampuan perencanaan proyek, pengelolaan sumber daya, melaksanakan proyek dan evaluasi suatu proyek.
  • Up to date, seorang UI/UX Designer haruslah up to date agar dia mengerti tren desain yang menarik saat ini.
  • Manajemen waktu, dalam menangani deadline yang biasanya diberikan dalam perancangan sebuah web
profesi ui ux designer

Cara Menjadi UI/UX Designer

1.  Pendidikan Strata 1

Pendidikan Strata 1 Desain Komunikasi Visual merupakan langkah awal untuk menjadi seorang UI/UX Designer. Pendidikan ini ditempuh dalam waktu 4 tahun. Pada perkuliahannya kamu akan dibiasakan menggunkan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dan lain-lain juga mempelajari Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Jurusan lainnya yang dapat ditekuni adalah Teknik Informatika, sebab profesi ini memang merupakan gabungan antara ilmu design dan programming.

Info lengkap mengenai jurusan Desain Komunikasi Visual dapat dilihat di Jurusan Desain Komunikasi Visual

 

2. Graphic Design Certification

Digital Media Design sertifikat akan didapat dengan mempelajari media arts. Mereka yang mengambil program ini akan mahir dalam penggunaan digital imaging dan alat media produksi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign, yang sangat berguna di profesi Designer. Selain itu terdapat banyak serrtifikasi yang dapat kamu ambil, diantaranya Adobe Certified Expert, ACE Print Specialist, Certified Macromedia Flash MX Designer.

Prospek Kerja UI/UX Designer

Peluang kerja sebagai UI/UX Designer akan selalu terbuka, karena:

Kian Berkembangnya Industri Kreatif di Indonesia

Tahukah Kamu lowongan pekerjaan sebagai UI/UX Designer dalam satu tahun terakhir mencapai hingga 6.800. Tak heran jika profesi ini masuk dalam daftar pekerjaan yang paling besar pertumbuhan pembukaan kerjanya versi indeks CJOF (Cognizant Jobs of the Future). Apalagi dengan Kian Berkembangnya Industri Kreatif di Pasar Global. Pertumbuhan industri kreatif berkembang sangat pesat di dunia seiring perkembangan teknologi dari tahun ke tahun yang pesat pula. UNCTAD memaparkan bahwa nilai global produk dan jasa kreatif di dunia tahun 2015 mencapai $509 miliar, naik drastis dibandingkan tahun 2002 yang hanya mencapai $208 miliar, dan akan terus berkembang hingga tahun-tahun kedepan.

Dimana UI/UX Designer Bekerja

Sebagai UI/UX Designer kamu dapat memulai karir di perusahaan start-up, perusahaan teknologi, atau perusahaan bidang lainnya. Seiring berjalannya waktu dan dengan bertambahnya jam kerja, kamu akan semakin kaya akan pengalaman. Selain itu Kamu pun dapat menapaki jenjang karier yang lebih tinggi, begitu pula dengan penghasilan yang akan kamu terima. Jenjang karir profesi ini dimulai dengan Junior UI/UX Designer, Senior UI/UX Designer dan Head of UI/UX Designer. Berikut ini beberapa peluang tempat kerja  UI/UX Designer, edufriends:

1. Perusahaan

Ruang lingkup pekerjaaan yang diemban sebagai UI/UX Designer di suatu perusahaan berada di bawah divisi Product Management. Selain harus bekerja sama dengan tim produk, kamu juga harus pintar-pintar berkolaborasi dengan divisi lain seperti divisi Frontend Engineer dan Marketing. Sebagai UI/UX Designer di perusahaan start-up, perusahaan teknologi, atau perusahaan bidang lain. Seiring berjalannya waktu kamu akan semakin kaya pengalaman, dan dapat menapaki jenjang karier yang lebih tinggi, tahapan jenjang karirnya diantaranya UI/UX Designer, Senior UI/UX Designer, dan Head of UI/UX Designer.

2. Advertising Agency

Di era digital ini, hampir semua brand membutuhkan website. Karenanya Penggunaan UI/UX Design untuk website merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan semua orang dan calon pelanggan dapat membedakan website atau mobile app mana yang memiliki tampilan menarik serta lebih mudah digunakan.  Maka dari itu, pekerjaan sebagai UI/UX designer sangat dibutuhkan salah satunya di advertising agency.

 

3. Freelancer

UI/UX dapat bekerja di coworking space atau bahkan di rumah sendiri dengan basis freelance atau paruh waktu. Keleluasaan ini tentu menjadi nilai lebih bagi para pekerja yang menginginkan suasana kerja yang informal. Kamu bisa menjadi seorang freelancer dan konsultan UI/UX untuk perusahaan-perusahaan di dalam maupun di luar negeri. Selain bekerja remote dari mana saja, kamu juga akan menerima gaji dalam bentuk dolar. Asiknya lagi tipe pekerjaan UI/UX Designer ini adalah pekerjaan kreatif yang lebih banyak membutuhkan kemampuan seni dan hubungan dengan manusia dibanding logika. Karenanya profesi ini sangat cocok untuk orang-orang yang mencintai bidang seni dan kreatifitas.

4. Start Up

Jika sudah memiliki skill UI/UX Designer, kamu dapat berperan sebagai CCO ( Chief Creative Officer ) di startupmu sendiri, sebab Ahli UI/UX merupakan salah satu komponen founder paling utama dalam membangun Startup teknologi, edufriends.

profesi ui ux designer

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa saja keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan di profesi ini?

Kemampuan riset, Kemampuan melakukan analisis, Kemampuan berpikir kritis Kemampuan mendesain, Pengetahuan pemrograman, Kemampuan problem solving, Pengetahuan typography, Pengetahuan komunikasi dan media dan Penguasaan bahasa asing.

Apa tugas utama seorang UI/UX Designer?

Seorang UX Designer harus mengetahui bagaimana cara mengeksekusi, memfasilitasi dan menganalisis penelitian yang berhubungan dengan data. Sedangkan UI Designer harus mengetahui tentang komposisi yang tepat untuk jenis font, warna, tata letak dan lainnya sehingga membuat antarmuka menjadi menarik.

Apa saja ilmu yang harus dipelajari untuk menekuni profesi ini?

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, ilmu yang perlu kamu pelajari adalah: Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Desain, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Seni Rupa, dan lain-lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *