Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Kategori Teknik

Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi adalah salah satu jurusan di teknik yang mempelajari tentang berbagai teknik dalam merancang sebuah mesin ataupun sistem yang dapat merubah atau mengkonversikan sebuah energi pada jenis energi lainnya.  Bentuk dari energi tersebut bisa dikonversikan, jadi jenisnya menjadi sangat luas. Misalnya saja energi air, energi gerak, energi panas, energi air, dan lain sebagainya.

Energi yang digunakan dalam Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi ini dapat berupa perubahan bentuk energi. Misalnya saja energi listrik yang banyak diperlukan dan merupakan salah satu sumber daya yang harus diperbaharui. Energi sendiri merupakan isu yang cukup penting dan strategis untuk pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong berbagai kegiatan ekonomi, dan tentunya membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga, jurusan yang satu ini banyak diminati oleh banyak orang untuk menjadi seseorang yang handal dalam pengelolaan energi.

Kenapa Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi?

Energi adalah salah satu isu yang cukup penting dan juga strategis untuk pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan kehidupan masyarakat, dan mendorong kegiatan perekonomian. Oleh sebab itu, pengelolaan energi yang andal, aman, dan dengan harga yang bersaing serta berwawasan lingkungan menjadi sangat penting dan menjadi skala prioritas utama untuk program pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Keahlian Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

✓ Kemampuan berpikir secara logis
✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan riset
✓ Kemampuan berpikir sistematis
✓ Kemampuan problem solving
✓ Kemampuan bekerja dalam tim

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Kebutuhan akan energi terbarukan yang bisa menghasilkan listrik secara optimal tanpa merusak lingkungan sedang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut secara otomatis membuat tenaga profesional yang paham tentang bagaimana cara mengkonversi berbagai sumber daya yang bisa diperbaharui untuk menjadi energi listrik dicari oleh banyak industri. Adapun lulusan dari Jurusan Teknik Konversi Energi juga bisa bekerja di berbagai perusahaan manufaktur, pembangkit listrik, perusahaan pertambangan, utilitas energi, atau menjadi akademisi.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi:

1. Matematika Terapan
2. Elektronika
3. Kimia Terapan
4. Rangkaian Listrik
5. Gambar Teknik Mesin
6. Termodinamika
7. Gambar Teknik Listrik

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Kritis
✓ Observan
✓ Terstruktur
✓ Senang berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset
✓ Senang memecahkan masalah
✓ Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi di Indonesia:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  2. Politeknik Negeri Jakarta

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Ahli Teknik Energi

Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi proyek ataupun program yang mempunyai hubungan dengan energi. Sehingga, dapat mengurangi biaya energi atau meningkatkan efisiensi selama perencanaan pembangunan ataupun tahap renovasi konstruksi.

Ahli Teknik Energi Angin

Profesi ini menuntut lulusan untuk bertanggung jawab dalam merancang sistem ladang kolektor angin di bagian bawah tanah atau permukaan. Kemudian, mereka juga dituntut untuk dapat mempersiapkan dan juga mengembangkan spesifikasi area untuk ladang.

Auditor Energi

Profesi ini bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan energi bangunan, sistem pemrosesan, dan sistem gedung. Hal itu diperlukan untuk bisa melakukan penilaian level investasi terhadap bangunan sistem tersebut.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi?

Mempelajari tentang teknik-teknik dalam merancang mesin ataupun sistem yang dapat merubah atau mengkonversi sebuah energi pada jenis energi lain.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Kontraktor, perusahaan manufaktur, pembangkit listrik, pertambangan, utilitas energi, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknologi Rekayasa Konversi Energi?

Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Teknik Energi Terbarukan, Sistem Pembangkit Energi, Teknik Konversi Energi, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *