Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Kategori Teknik

Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Teknik Pembangkit Tenaga Listrik adalah cabang dari bidang teknik energi dan diartikan sebagai rekayasa serta teknologi yang diperlukan untuk produksi stasiun pusat tenaga listrik. Umumnya, di dalam Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik ini, kamu akan belajar tentang instalasi pembangkitan dan juga sistem distribusi daya, manajemen operasional, perawatan dan menghitung biaya operasional pembangkitan daya.

Teknik yang satu ini difokuskan pada pembangkit listrik untuk industri dan juga komunitas, tidak hanya untuk produksi listrik rumah tangga. Bidang ini merupakan bidang disiplin yang menggunakan dasar teori teknik mesin dan juga listrik. Aspek teknik manajemen pembangkit listrik sudah berkembang dengan teknologi dan menjadi semakin rumit.

Pengenalan teknologi nuklir dan juga kemajuan teknologi lain yang ada sudah memungkinkan daya diciptakan dengan lebih banyak cara dan pastinya dalam skala yang lebih besar dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Selain itu, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik ini adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik yang berkaitan dengan tenaga listrik dan juga permasalahannya. Sehingga tenaga listrik bisa disalurkan dengan baik. Teknik Pembangkit Tenaga Listrik ini secara khusus berhubungan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Kenapa Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik?

Perkembangan yang terjadi di bidang ilmu teknik tenaga listrik berlangsung sangat cepat pada beberapa dekade terakhir. Listrik dinilai semakin penting dalam kehidupan modern. Sehingga perlu dikembangkan teknologi pengadaan listrik yang lebih efisien. Selain itu, kamu juga akan banyak bersinggungan dengan bidang ilmu komputer, karena operasi sistem tenaga listrik modern membutuhkan Real Time Computers untuk membantu tenaga pelaksana dalam mengelola sistem tenaga listrik.

Keahlian Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Lulusan dari program studi Teknik Pembangkit Tenaga Listrik bisa bekerja di bidang pembangkitan, transmisi, distribusi, dan juga pemanfaatan tenaga listrik sebagai peneliti, perancang, insinyur operasi, dan juga pemeliharaan sistem dan peralatan tenaga listrik di instansi pemerintahan dan berbagai industri ketenagalistrikan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik:

1. Pengantar Analisis Rangkaian
2. Rangkaian Elektrik
3. Sistem Digital & Mikroprosesor
4. Matematika Teknik
5. Rekayasa Termal & Mekanika Fluida
6. Sistem Pengukuran
7. Sinyal & Sistem
8. Medan Elektromagnetik
9. Elektronika
10. Mesin-mesin Listrik
11. Analisis Numerik Untuk Tenaga Listrik
12. Analisis Sistem Tenaga
13. Material Elektroteknik
14. Sistem Kendali
15. Ekonomi Teknik
16. Pembangkit Tenaga Listrik
17. Elektronika Daya
18. Teknik Tegangan Tinggi
19. Proteksi Sistem Tenaga
20. Pemanfaatan Energi Listrik

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di Indonesia:

  1. Politeknik Negeri Lhoksumawe

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Software Developer

Software Developer atau pengembang perangkat lunak merupakan salah satu prospek kerja dari lulusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tidak hanya harus mahir terkait teknologi, seorang software developer juga harus memahami kebutuhan pengguna dan mendesain ataupun mengembangkan software tersebut.

Manufaktur

Lulusan dari Teknik Pembangkit Tenaga Listrik akan sangat dibutuhkan di industri manufaktur. Untuk proses produksi, kelistrikam akan mempunyai peran yang sangat penting. Di industri manufaktur, kamu dapat menjadi engineer ataupun teknisi. Bahkan, kamu juga bisa menjadi staf produksi.

Project Engineer

Salah satu prospek kerja dari lulusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik yaitu menjadi Project Engineer. Profesi yang satu ini akan bertugas mempersiapkan, menjadwalkan, dan juga mengoordinasi serta mengawasi keberlangsungan proyek terkait bidang teknik yang dilakukan oleh perusahaan. Disini, Project Engineer harus memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan peraturan dan kode etik perusahaan serta standar kualitas yang berlaku.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik?

Mempelajari tentang instalasi pembangkitan dan sistem distribusi daya, manajemen operasional, perawatan dan menghitung biaya operasional pembangkitan daya.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang ketenagalistrikan, peneliti, insinyur, Ahli Teknik Elektronik, Auditor Energi dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik?

Jurusan Teknik Listrik, Teknik Sipil, Teknik Telekomunikasi, Metrologi, Teknik Mesin, Teknik Listrik Bandara, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *