Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Kategori Teknik

Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat adalah salah satu pendidikan vokasi jenjang Sarjana Terapan yang sudah ada sejak 2001. Program Stdui Alat Berat ini menerapkan sistem link dan match atau keterkaitan dan kesepadanan ataupun pembelajaran yang menyelaraskan dunia pendidikan dengan dunia industri. Selain itu, prodi Alat Berat ini juga merancang kurikulum pembelajaran bersama, sehingga nantinya akan didapatkan kompetensi lulusan Alat Berat yang relevan dengan kebutuhan industri alat berat yang ada.

Kompetensi utama dari Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat ini adalah bisa merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengoordinasikan pencegahan adanya kerusakan, perawatan, serta perbaikan alat berat, dan menganalisis gangguan kerusakan pada Alat Berat.

Kenapa Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat?

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari seorang lulusan Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat, antara lain:

1. Kamu tentu sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Untuk itu, alat berat ini mempunyai peran yang cukup penting dalam mengelola sumber daya alam, seperti misalnya kegiatan pertambangan dan konstruksi. Oleh sebab itu, lulusan dari Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat ini banyak dibutuhkan di negara yang memiliki banyak sumber daya alam.

2. Di beberapa perguruan tinggi, Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat ini seringkali bekerja sama dengan perusahaan pertambangan ataupun konstruksi. Hal itu bisa memudahkan kamu dalam mengikuti program magang dan memperoleh pekerjaan.

3. Pembelajaran yang ada di jurusan ini lebih fokus pada praktik di lapangan. Sehingga kamu bisa secara langsung memahami seluk beluk mesin, mulai dari jenisnya hingga bagaimana cara merawatnya.

Keahlian Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

✓ Pemahaman Fisika
✓ Pemahaman Matematika
✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan bekerja sama
✓ Kemampuan riset

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Untuk kamu lulusan dari Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat, tidak perlu khawatir lagi tentang prospek kerjanya. Seperti yang kita sudah ketahui bahwa di Indonesia banyak sekali perusahaan tambang, pabrik, konstruksi, dan juga industri lain yang membutuhkan lulusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat. Tidak hanya itu saja, gaji untuk para lulusan ini juga bisa dikatakan cukup tinggi.

Salah satu pekerjaan yang dapat kamu geluti adalah welding engineer. Welding engineer ini adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan pengelasan, mulai dari membuat desain pengelasan, pembuatan Welding Procedure Specification atau WPS, dan juga menghitung kekuatan mesin sambungan. Pekerjaan yang satu ini mudah untuk ditemukan di berbagai industri, seperti misalnya turbin listrik, pipa tambang, dan kilang minyak.

Untuk bisa menjadi seorang Welding Engineer, kamu harus memahami semua ilmu yang berhubungan dengan pengelasan, seperti material logam yang akan digunakan, jenis kawat las, perlakuan dalam pengelasan, dan lain sebagainya.

Selain bisa menjadi Welding Engineer, beberapa profesi yang dapat kamu geluti sebagai lulusan dari Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat adalah Perancang dan Teknisi Mesin, Teknisi dan Operator Pabrik, dan lain sebagainya.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat:

1. Matematika Teknik
2. Fisika Teknik
3. Praktek Gambar Teknik
4. Mekanika Struktur
5. Bahan Teknik
6. Metrologi
7. Listrik Dasar
8. Thermodinamika
9. Elektronika
10. Elemen Mesin
11. Perpindahan Panas
12. Mesin Listrik
13. Mekanika Fluida
14. Mesin Diesel
15. Pengantar Alat Berat
16. Kinematik dan Dinamika Teknik
17. Kontrol dan Otomasi
18. Sistem Hidrolik
19. Sistem Penggerak
20. Sistem Pendingin
21. Undercarriage and Tyre
22. Perawatan Mesin
23. Standarisasi dan Sistem Mutu
24. Bahan Bakar dan Minyak Pelumas
25. Praktek Pengelasan Logam

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang bekerja sendiri
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Politeknik Negeri Jakarta

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat

Perancang Mesin

Profesi ini bertugas untuk merancang sebuah mesin, yang dimulai dengan menggambarkan model hingga memilih bahan serta proses pembuatannya.

Insinyur Pengelasan

Profesi yang satu ini banyak sekali jenisnya dan juga tekniknya, seperti misalnya di bawah air. Oleh karena itu, kamu harus memperoleh sertifikasi untuk bisa ikut bekerja di bidang ini.

Pertambangan

Industri pertambangan sendiri membutuhkan alat-alat besar, untuk mengoperasikan dan juga memperbaiki berbagai alat tersebut. Oleh karena itu, mereka selalu membutuhkan lulusan dari teknik alat berat yang handal.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat?

Mempelajari tentang cara merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengoordinasikan pencegahan kerusakan, perawatan dan perbaikan alat berat serta menganalisis gangguan kerusakan pada alatberat..

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Pertambangan, Perminyakan, Perancang dan Teknisi Mesin, Teknisi dan Operator Pabrik, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat?

Jurusan Teknik Alat Berat, Teknik Pertambangan, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Mesin, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *